Jawa Timur

Rekomendasi Oleh Oleh Surabaya Yang Harus Dicoba

sewa mobil jogja banner

Surabaya, Ibu kota Jawa Timur merupakan salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi di Indonesia. Ada beberapa tempat wisata yang sayang jika tidak dikunjungi. Namun jangan lupa dengan makanan khas yang dijual di kota Pahlawan tersebut. Berikut makanan oleh oleh Surabaya yang cocok dijadikan buah tangan.

1. Sambal Bu Rudi

sambal bu rudy

Salah satu oleh oleh Surabaya yang terkenal adalah Sambal Bu Rudi. Bagi pencinta Kuliner pedas, pilihan ini pasti cocok. Resep Sambal Bu Rudi terkenal akan kelezatannya yang khas dan melegenda. Terdapat beberapa varian sambal yang ditawarkan. Yaitu Sambal bajak,Sambal Bawang, dan Sambal Udang.Harga per botol dipatok seharga Rp. 28.000.

Rekomendasi tempat untuk membeli buah tangan sambal Bu Rudi yaitu di Jalan Dharmahusada No 140. Karena store tersebut juga menyediakan pilihan jajanan dan kuliner Surabaya lainnya. Seperti aneka keripik maupun gorengan. Di belakang store juga ada tempat bagi yang mau mencicipi langsung kenikmatan sambal Bu Rudi dipadukan yang dengan nasi udang.

2. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran

Kenjeran merupakan nama sebuah pantai yang terletak di Surabaya. Hasil laut  di daerah tersebut sangat melimpah. Oleh karena itu penduduk setempat memanfaatkannya menjadi makanan olahan kerupuk. Banyak varian yang dijual seperti kerupuk ikan, kerupuk cumi, kerupuk kerang,hingga kerupuk rumput laut. Semua pilihan kerupuk memiliki rasa gurih yang dominan.

Baca Juga :   4 Tempat Wisata di Mojokerto Dekat Stasiun SELAIN Objek Patung Budha Tidur

Salah satu yang terkenal yang terkenal adalah kerupuk ikan Payus. Ikan Payus memang banyak dimanfaatkan oleh orang Indonesia sebagai bahan utama membuat krupuk termasuk Surabaya. Semua olahan kerupuk ini dijual dalam bentuk masih mentah maupun yang matang atau sudah digoreng sebelumnya. Harga yang ditawarkan untuk semua pilihan kerupuk ini bekisar antara Rp. 15.000 – Rp. 300.000 per kilonya.

3. Kue Bikang Peneleh

oleh oleh surabaya

Jajanan ini merupakan favorit orang Surabaya. Kue Bikang Peneleh ini merupakan sejenis kue basah dengan bahan dasarnya tepung beras, gula, san santan. Memiliki rasa yang gurih dan legit serta tekstur bagian atas kue yang empuk dan lembut namun bagian bawah kue yang garing.

Harga yang ditawarkan untuk membeli kue yang cantik ini hanya sekitar Rp 7.000 per buah. Tempat yang bisa didatangi jika ingin membeli kue ini ada di jalan Peneleh No. 32-34. Selain di Jalan Peneleh oleh oleh Surabaya ini juga dijual di Pasar Atom Surabaya Tahap III.

4. Bunarendang

Bunarendang merupakan kepanjangan dari Burger Nasi Rendang.Bentuknya mirip hamburger pada umumnya namun menggunakan nasi sebagai pengganti roti. Dengan isian berupa olahan daging rendang.

Salah satu oleh oleh Surabaya ini merupakan hasil kreasi Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).Jika dipergunakan sebagai buah tangan sebaiknya sebelum dimakan bisa dihangatkan dulu di Microwave. Harganya pun cukup terjangkau yaitu Rp. 10.000 saja per buah. Makanan ini bisa didapat langsung di Sekitar Daerah Dukuh Kupang, Swalayan Sakinah ITS atau Kawasan Jalan Manyar.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata di Sidoarjo dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

5. Guna-Guna Snack

Guna-Guna Snack ini adalah oleh oleh Surabaya yang dinilai paling modern. Karena telah menggunakan kemasan yang unik dengan konsep desain yang kekinian. Pemesanan makanan ini juga dilakukan lewat online jadi cocok untuk orang yang tidak punya banyak waktu untuk belanja.

Snack yang ditawarkan ada beberapa pilihan.Seperti keripik singkong,keripik kentang, samosa hingga bakso goreng. Untuk yang suka rasa manis ada juga varian kue semprit,keripik buah naga dan kue lapis kukus.Harga yang ditawarkan untuk camilan ini mulai Rp. 20.000.

Itulah rekomendasi 5 makanan oleh oleh Surabaya. Semua mempunyai daya tarik tersendiri. Tapi jaminan rasa semua sama yaitu pasti enak untuk dinikmati. Apabila anda ingin informasi wisata indonesia lengkap, semuanya ada di wisatatempat.com

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh