Jawa Barat

Makanan Dan Barang Oleh Oleh Tasikmalaya

sewa mobil jogja banner

Tasikmalaya merupakan daerah yang terkenal dengan berbagai jenis kerajinan tangannya. Kalau sedang bepergian ke tempat ini, rasanya kurang lengkap kalau tidak membawa oleh oleh Tasikmalaya. Setidaknya orang rumah pasti akan sangat senang jika dibawakan oleh-oleh entah itu makanan atau pun berupa barang.

Untuk kerajinan tangan daerah ini tentunya sangat beragam mulai dari batiknya,  bordir, kelom geulis, mendong, dan anyaman bambu. Selain itu, di Tasikmalaya juga terkenal anak aneka makanan khasnya yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Apa saja itu? Agar lebih jelas berikut ini akan dibahas beberapa oleh oleh Tasikmalaya.

Kelontong

kelontong tasikmalaya

Kelontong merupakan salah satu cemilan khas Tasikmalaya yang terbuat dari beras ketan dan gula merah. Umumnya cemilan itu akan sangat laris pada saat hari raya besar. Cara membuatnya pun sangat mudah dan masih menggunakan cara manual dengan begitu cita rasa kelontong ini tetap terjaga. Hanya dengan uang Rp 40.000, pembeli sudah mendapat 2 kg kelontong.

Rengginang

rengginang tasikmalaya

Salah satu makanan yang juga dapat dijadikan oleh oleh Tasikmalaya adalah rengginang. Biasanya cemilan ini akan menjadi kue pelengkap pada saat hari raya besar. Bahan yang diperlukan untuk membuat cemilan ini juga tidak susah seperti beras ketan putih, masako, bawang putih, ketumbar, terasi, air, dan minyak goreng.

Baca Juga :   7 Tempat Wisata Kuliner Di Bogor Enak Dan Murah

Keripik Sukun

Jarang-jarang kan mendengar keripik sukun? Adapun yang sering kita jumpai adalah goreng sukun. Bagi siapa yang ingin mencoba keripik yang satu ini bisa berkunjung langsung ke Tasikmalaya. Untuk membuatnya tidaklah susah, cukup dengan mengiris-iris tipis buah sukun yang telah masak, lalu diberi bumbu dan digoreng.

Wajit

Wajit adalah makanan yang terbuat dari ketan dan gula merah serta kelapa yang telah dihaluskan. Cara pembuatannya yaitu cukup dengan mencampur semua bahan tersebut kemudian dipanaskan di atas api hingga teksturnya kenyal. Wajit memiliki rasa manis dan kenyal. Tidak heran ada banyak orang menjadikan wajit sebagai oleh oleh Tasikmalaya.

Bordir Tasikmalaya

Tasikmalaya sangat terkenal dengan kualitas bordirnya. Tak heran jika pemasaran bordir ini hingga ke manca negara seperti Malaysia, Brunei, Arab, Jeddah, dan Dubai. Salah satu tempat yang terkenal akan produksi bordir di Tasikmalaya yaitu berada di kecamatan Kawalu tepatnya di kampung Saguling.

Untuk pembuatan bordir sendiri ada yang masih menggunakan mesin manual namun ada juga yang sudah menggunakan mesin canggih. Biasanya pengunjung yang datang langsung ke lokasi akan dikenakan harga murah untuk pembelian  satu bordir. Jadi sangat rugi sekali jika sudah jauh-jauh ke Tasikmalaya tapi tidak menjadikan bordir sebagai oleh-oleh.

Kelom Geulis

Kelom Geulis ini adalah salah satu kerajinan Tasikmalaya yang dirancang khusus untuk alas kaki. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat Kelom Gulis ini adalah kayu. Agar mendapatkan hasil yang bagus, kayu tersebut diukir menyerupai alas kaki. Selain itu, untuk mempercantik tampilan, ukiran kayu akan diberi motif batik dan bunga.

Baca Juga :   13 Rental Sewa Mobil di Cirebon Lepas Kunci Tanpa Supir yang Harga-nya Murah

Kerajinan Mendong

Mendong adalah sebuah kerajinan tangan khas Tasikmalaya yang bahan utamanya menggunakan mendong. Mendong sendiri merupakan tanaman sejenis rumput yang tumbuh di rawa-rawa atau tempat yang memiliki cukup air. Awalnya mendong hanya digunakan untuk pembuatan tikar. Namun kini mendong dapat dibuat menjadi  sebuah tas, topi, dompet, toples, hingga furniture.

Itulah beberapa jenis makanan atau barang yang dapat dijadikan oleh oleh Tasikmalaya dan wajib dimiliki. Tidak lupa untuk membawa uang lebih saat akan berkunjung di Tasikmalaya agar barang-barang berkualitas di atas bisa dimiliki.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh