Jawa Tengah

Sekilas Info Dan Daftar Oleh Oleh Tegal

Tegal merupakan daerah otonom di Provinsi Jawa Tengah. Tegal merupakan pionir dari berdirinya korps marinir pada 15 November 1945. Posisi geografis dari Tegal ini sangat strategis sebagai jalur perekonomian nasional maupun regional. Untuk itu Tegal memiliki pesona sendiri untuk di datangi. Ketika berkunjung jangan lupa untuk membawa oleh oleh Tegal.

Sekilas Info Tentang Tegal

Sebelum membeli oleh oleh Tegal, ada baiknya untuk mengetahui wisata yang ada di Tegal beserta informasi lainnya. Tegal memiliki sejarah yang panjang dan pada akhirnya berdiri sendiri sebagai wilayah otonom pada 12 April 1580. Awalnya Tegal merupakan bagian dari Kabupaten Pemalang.

Tegal sendiri berasal dari kata tegalan atau tetegil yang memiliki arti ladang. Asal muasal daerah ini berawal dari Kerajaan Pajang. Daerah ini sangat strategis dimana dari barat ke timur melintasi kota Jakarta-Tegal-Semarang-Surabaya. Dari wilayah tengah ke selatan melewati Jakarta-Tegal-Purwokerto-Yogyakarta-Surabaya.

Tegal memiliki beberapa wisata yaitu diantaranya adalah Pantai Alam Indah, Pantai Muarareja, Trans Studio Mini Transmart Tegal, dan lain sebagainya. Fasilitas penginapan di Tegal juga lengkap dan juga tersedia hotel kelas internasional disana. Jadi, bisa memanjakan wisatawan untuk betah liburan disana.

Baca Juga :   30 Tempat Wisata di Solo Terbaru 2018 Yang Wajib Dikunjungi Dekat Stasiun Pada Malam Hari

Oleh Oleh Khas Tegal

Setelah mengetahui sekilas tentang Tegal, pastinya ketika berkunjung akan membawa oleh-oleh khas daerah Tegal.  Berikut daftar oleh-oleh khas Tegal yang bisa di bawa oleh wisatawan.

1. Kacang basi

kacang basi tegal

Masyarakat Tegal biasa menyajikan kacang ini sebagai suguhan untuk tamu. Rasa dari kacang ini adalah gurih, renyah, manis dan asin. Kacang ini bisa di dapat dengan bandrol IDR 35.000,00. Kacang ini bisa di dapatkan di semua toko oleh oleh Tegal.

2. Olos

Olos Makanan Khas Tegal

Bagi pecinta masakan pedas, olos merupakan alternatif pilihan camilan khas Tegal yang patut untuk di coba. Cemilan ini berbahan dasar sayuran dan bentuknya bulat. Cemilan ini biasanya dijual di gerobak-gerobak. Untuk harga olos hanya dibandrol sebesar IDR 500,00 per buah. Lebih enak lagi olos di makan saat hangat.

3. Latopia

latopia tegal coklat

Jika di Jogja terkenal akan bakpia, maka Tegal memiliki latopia. Cemilan khas sebagai oleh oleh Tegal ini memiliki tekstur yang padat dan memiliki rasa yang gurih. Isian dari latopia juga berbagai macam, seperti kacang hijau, coklat dan strowbery. Untuk harga latopia cukup murah yaitu sebesar IDR 2.500,00 sampai dengan IDR 4000,00. Makanan ini bisa di dapatkan di toko oleh oleh Tegal.

4. Gembong Ocar-Acir

Cemilan unik ini bisa sebagai alternatif makanan disaat lapar. Gembong ocar-acir memiliki karbohidrat yang tinggi karena bahan utamanya adalah ketan dan memiliki toping  kelapa parut beserta gula aren yang dicairkan. Untuk mendapatkannya bisa dicari di pasar tradisional Tegal. Harga yang dibandrol hanya IDR 5000,00 per porsi.

Baca Juga :   Inilah  7 Tempat Wisata Dі Tegal Yаng Populer Ьіѕа Anԁа Kunjungi

5. Kue Tempel

oleh oleh tegal

Bahan utama dari kue ini adalah tepung beras yang diberi pisang. Kue tempel memiliki isian kelapa muda dan gula jawa yang cair. Rasa kue tempel gurih dan renyah, terutama jika dimakan saat masih hangat. Harga yang di bandrol cukup murah yaitu sekitar IDR 5000,00 per porsi.

6. Glothak

glothak khas tegal

Asal muasal diberi nama glothak karena saat proses pembuatan bahan utama yaitu tulang ayam dan gembus menimbulkan suara glothak-glothak saat di dalam panci. Glothak ini biasanya disajikan dengan rasa pedas. Tapi, bagi yang tidak suka pedas bisa juga memesan tanpa menggunakan rawit. Harga seporsi hanya IDR 5000,00.

7. Rujak Teplak

Yang membedakan rujak ini dengan rujak lainnya adalah sambelnya yang memiliki bahan tambahan singkong. Rujak ini termasuk unik karena terdiri dari berbagai macam sayuran seperti kangkung, daun singkong, pare, tauge dan lain sebagainya.

Dari berbagai penjelasan di atas bisa disimpulkan jika Tegal memiliki pesona tersendiri untuk dikunjungi dan berbagai macam kuliner yang bisa dijasikan oleh-oleh. Untuk mendapatkan makanan khas tersebut bisa membeli do toko oleh oleh Tegal ataupun pasar tradisional.

Artikel Lainnya

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh