Maluku

Oleh Oleh Ternate Yang Sangat Dicari Wisatawan

sewa mobil jogja banner

Ternate merupakan salah satu kota pulau kecil yang terletak di Indonesia bagian timur. Lebih tepatnya berada di Lereng Gunung Api Gamalama, yakni sebuah tempat wisata dengan keindahannya yang sangat eksotis. Sebelum memutuskan untuk meninggalkan kota Ternate, maka ada baiknya jika mencari oleh oleh Ternate. Berikut ini merupakan rekomendasi oleh oleh yang harus dibawa pulang.

1. Aksesoris Sisik Ikan

aksesori sisik ikan

Masyarakat Ternate sendiri memanfaatkan sisik ikan untuk dijadikan aksesoris yang menarik. Seperti dibuat kalung, gelang, anting, atau tusuk konde yang semuanya berasal dari sisik ikan. Sisik ikan yang digunakan biasanya berasal dari ikan kakap merah. Aksesoris ini pun sangat menarik perhatian konsumen dari luar negri seperti. Australia, Belanda, Serta Hongkong.

Salah satu produsen aksesoris sisik ikan yang sangat terkenal adalah CV Theodora yag beralamat di BTN Perumnas Wayame Permai, Ambon menyediakan berbagai macam aksesoris tersebut. jika ingin membawanya sebagai oleh oleh maka jangan ragu untuk mendatangi tempat tersebut.

Baca Juga :

2. Kerajinan Kulit Kerang

kerajinan kulit kerang

Selain aksesoris ikan, kerajinan kulit kerang dengan bahan baku kulit kerang mutiara biasanya bisa didapatkan di Kabupaten Kepulauan Aru. Kulit kerang sendiri sangat cantik dan menawan ketika dibuat menjadi berbagai macam kerajinan kerang seperti bros, pajangan dengan berbagai macam bentukĀ  seperti bunga, gambar pemandangan alam, ayat kursi, dll. Aksesoris tersebut dijual dengan harga yang bervariasi dari mulai Rp. 40.000 sampai Rp. 400.000 tergantung dari besar kecilnya sebuah kerajinan tangan tersebut.

Baca Juga :   7 Makanan Khas Maluku : Ikan Asar, Gohu, Papeda DLL yang Menarik Wisatawan

3 Makron

Kue asal Ternate yang khas ini bernama makron. Makron ini mirip seperti cookies chocolate chips dari salah satu merek ternama. Bahan pembuatan makron ini terbuat dari tepung terigu, kenari yang dihaluskan, telur, mentega, gula, dan bubuk vanili. Cemilan ini dibandrol dengan harga Rp. 25.000 untuk mendapatkannya bisa mengunjungi di pusat oleh oleh Ternate.

4 Manisan Dan Minuman Buah Pala

sirup pala ternate

Selama ini buah pala hanya dikenal sebagai bumbu dapur saja. Namun di Ternate sendiri buah ini dijadikan berbagai macam olahan yang sangat menyegarkan. Tak heran jika kini buah yang rasanya asam manis tersebut sangat populer dan banyak dicari oleh wisatawan. Makanan olahan dari buah pala di Ternate tersebut berupa manisan pala, selai pala, dodol pala bahkan tersedia juga sirop pala.

Manisan pala sendiri dijual dengan harga Rp. 7.000 per kemasannya, sedangkan untuk dodol sendiri dibandrol dengan harga Rp. 10.000 per kemasannya. Adapun sirop pala sendiri dibuat secara tradisional dengan cara mengekstrak daging buah pala tanpa campuran pengawet, yang kemudian dicampur dengan gula. Sirop pala pun bisa dinikmati dengan tambahan air dingin.

5 Batu Akik

Dan oleh oleh Ternate yang terakhir adalah batu akik. Di kota Ternate sendiri batu akik merupakan warisan kekayaan alam yang sangat luar bisa dan menjadi simbol kecantikan. Batuan tersebut telah memberikan nilai ekonomis yang luar biasa bagi masyarakat yang tinggal di Ternate. Batu akik bukan hanya dikenal sebagai batu mulia saja, namun juga keindahannya yang mewakili Ternate dan seluruh pelosok mutiara utara.

Baca Juga :   6 Daftar Makanan Khas Ambon : Papeda Gulung, Sambal Colo, Ikan Komu Asar DLL

Batu akik yang paling sering dicari oleh para wisatawan adalah pecahan batu bacan palamea. Warnanya yang hijau muda membuat banyak sekali yang memburu batu ini. Harga jualnya pun juga bervariasi mulai dari Rp. 10.000 sampai dengan ratusan ribu rupiah tergantung besar kecilnya batu akik tersebut.

Itulah beberapa oleh oleh Ternate yang bisa dibawa pulang. Selain untuk hiasan di rumah juga bisa diberikan pada kerabat terdekat sebagai oleh oleh.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh