Jawa Tengah

Sedang Di Jawa Tengah? Cobalah 6 Oleh Oleh Wonosobo Ini

Sedang berada di Jawa Tengah? Cobalah untuk berkunjung ke Kota Wonosobo. Selain udaranya yang sejuk, pemandangan alam di kota ini juga bisa memanjakan mata. Tidak hanya itu, disini pengunjung juga bisa membeli beberapa oleh oleh untuk buah tangan keluarga.

Dan berikut 6 oleh oleh Wonosobo yang patut anda coba:

Oleh Oleh Khas Wonosobo

1. Carica

Oleh oleh Wonosobo satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga wisatawan yaitu carica. Secara umum carica merupakan buah yang mirip dengan pepaya hanya ukurannya lebih kecil. Nah, dengan inovasi dari masyarakat sekitar akhirnya buah ini mampu di sulap menjadi sebuah makanan yang lezat.

Saat ini tidak sulit untuk menemukan makanan dengan cita-rasa manis dan segar ini. Hal ini dikarenakan banyak pedagang yang menjajakannya baik di toko maupun warung-warung sepanjang jalan Wonosobo. Selain membeli dalam bentuk manisan, wisatawan juga bisa membeli bibit atau buah carica yang diolah.

2. Dendeng Gepuk

dendeng gepuk

Oleh oleh lain yang juga perlu dicoba adalah dendeng gepuk. Dendeng khas Wonosobo ini umumnya dendeng pada umumnya yaitu menggunakan daging sapi. Hanya saja, penggunaan bumbu khas asli daerah sekitar lah yang membuat rasanya berbeda dari yang lain.

Baca Juga :   6 Makanan Khas Magelang : Kupat Tahu, Dari Singkong DLL Selain Pothil / Potel Jawa Tengah

Umumnya dendeng gepuk disajikan bersama nasi hangat sebagai tambahan lauk. Tidak hanya itu, agar lebih nikmat bisa ditambahkan sambal bajak. Dengan perpaduan tersebut nantinya cita-rasa dendeng gepuk khas Wonosobo akan menggoyang lidah penikmatnya.

3. Cenil

cenil khas wonosobo

Pernah mendengar kata cenil? Ya, mungkin untuk sebagian masyarakat nama cemilan ini cukup asing. Namun, untuk masyarakat Jawa Tengah cenil merupakan makanan yang cukup memiliki banyak peminat. Cemilan kenyal ini bahkan termasuk ke jenis makanan tradisional yang sulit dicari saat ini.

Tapi tenang di Wonosobo, wisatawan masih bisa menemukan makanan tradisional ini di toko oleh-oleh yang berada di sepanjang jalan. Selain dimakan langsung, cenil biasanya diberi tambahan siraman gula jawa dan kelapa parut. Sangat lezat pastinya. Tertarik? Langsung saja datang ke Wonosobo.

4. Keripik Jamur

Nah, selain makanan bertekstur basah di Wonosobo juga masih ada makanan lain yang bertekstur kering salah satunya keripik jamur. Makanan ini cukup familiar dikalangan pengunjung. Hal ini dikarenakan, selain untuk oleh oleh keripik ini juga bisa dimakan selama perjalanan. Dengan begitu perjalanan pun akan terasa menyenangkan.

Untuk menemukan makanan kering ini tidaklah sulit. Pengunjung bisa mengunjungi beberapa toko oleh oleh yang ada di pusat penjualan Kota Wonosobo. Atau juga bisa membelinya di toko oleh oleh Wonosobo di sepanjang jalan yang dilewati. Jangan lupa ketika pergi ke tempat wisata di Jawa Tengah untuk mampir ke Wonosobo dan bawa oleh oleh ini.

Baca Juga :   6 Tempat Wisata Di Semarang Dan Sekitarnya

5. Kacang Dieng

Pernah mendengar kacang babi? Ya, itu adalah sebutan khusus bagi kacang Dieng. Seperti kita tahu, kacang Dieng merupakan salah satu jenis kacang yang umumnya banyak tumbuh di dataran tinggi Dieng. Meski begitu, makanan ini juga bisa menjadi oleh oleh khas yang bisa dibeli saat berkunjung ke Wonosobo.

Secara umum penampakan kacang Dieng lebih besar dari kacang lainnya. Selain rasa original, biasanya produsen akan memberikan bumbu dalam produknya. Tidak hanya lezat, kacang Dieng juga cocok sebagai teman perjalanan anda.

6. Geblek

Oleh oleh Wonosobo lainnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah geblek. Geblek merupakan makanan khas Wonosobo yang diolah dengan cara digoreng. Meski memiliki warna putih pucat, nyatanya makanan dengan cita rasa gurih ini selalu laris dibeli wisatawan.

Meski terbilang makanan tradisional dengan tekstur yang sedikit alot, soal rasa jangan diragukan lagi. Pengunjung bisa membeli geblek di pedagang gorengan sepanjang jalan Wonosobo. Bahkan, jika tertarik pembeli bisa membeli dalam kondisi mentah untuk digoreng ketika sampai dirumah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker