Nusa Tenggara Timur

8 Panduan Tips Liburan ke Pulau Komodo Murah

Tips Liburan dan Wisata Murah ke Pulau komodo – Pulau Komodo merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia Timur. Keberadaan Komodo sendiri yang merupakan spesies langka serta keindahan alam khas Nusa Tenggara yang memukau sukses menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Pulau Komodo sendiri tepatnya terletak di sebelah timur Pulau Sumbawa yang terpisah oleh selat Sape. Pulau Komodo sendiri terletak di ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau Komodo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo dan dikelola oleh pemerintah pusat, pulau ini merupakan salah satu objek wisata di nusa tenggara timur.

Untuk populasi dari Komodo sendiri total ada 2500 ekor, dengan persebaran utama di Pulau Komodo, ada juga di pulau Rinca dan Gili Motang. Diluar wilayah Taman Nasional komodo ada sekitar 100 ekor yang dikembangbiakkan di Cagar Alam Wae Wuul di flores. Selain terdapat komodo, pulau ini juga memiliki beberapa tumbuhan yang juga tumbuh di seputar pulau.

Tumbuhan yang ada disana seperti berbagai kayu sepang yang berguna untuk pewarna pakaian dan obat. Sekitar tahun 1986, UNESCO memberikan penghargaan kepada Pulau Komodo dan berbagai pulau lain di kawasan taman nasional Komodo sebagai situs warisan dunia.

Sejarah ditemukannya Pulau Komodo

Berdasarkan informasi yang kami rangkum dari wikipedia, sekitar 40 jt tahun lalu spesies Komodo berasal dari daratan Asia yang kemudian bermigrasi ke Autralia, dan sekitar 15 juta tahun silam spesies komodo ini bermigrasi ke wilayah di Asia Tenggara yang saat ini dikenal dengan Indonesia. Setelah zaman es mencair Komodo tidak bisa kembali ke habitat aslinya dan tetap bertahan di Indonesia.

Awalnya Komodo ditemukan oleh seorang pasukan Belanda yang kemudia melaporkan kepada atasan mereka Letnan Steyn van Hens Broek dia mendapat laporan bahwa ada hewan raksasa yang menyerupai naga di sebuah pulau di Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

pulau komodo nusa tenggara
pulau komodo

Ia kemudian membawa satu sampel untuk diteliti di Museum dan Botanical Garden di Bogor, selanjutnya direktur museum Zoologi di Bogor , Peter A. Ouwens mempublikasikan kepada dunia dalam disertasinya pada tahun 1912. Dalam berita yang dia sampaika, ia member saran nama kadal raksasa itu Varanus komodoensis untuk komodo sebagai pengganti julukan Komodo Dragon (Komodo Naga).

Pulau Komodo sendiri juga pernah mendapatkan penghargaan dalam New Seven Wonders of Nature, ini merupakan penghargaan atas 7 tempat wisata alam terbaik di Dunia. Hasil pemenang untuk acara ini berasal dari voting para ahli dimana pulau komodo berhasil memenangkan voting tertinggi mengungguli berbagai tempat wisata lain di dunia.

Tips Wisata ke Pulau Komodo Murah

Pulau Komodo memiliki berbagai alasan untuk didatangi, namun bagi anda yang ingin mendapatkan berbagai tips berwisata ke pulau komodo. Kami akan memberikan berbagai saran untuk anda.

  1. Bagi anda yang mengunjungi pulau komodo dan berjalan jalan melihat komodo, jangan membuat gerakan yang tiba-tiba, maupun suara gaduh. Komodo sangat peka terhadap gerakan dan suara.
  2. Komodo mendeteksi mangsanya melalui bau darah, bagi anda yang sedang dalam menstruasi harap melapor kepada ranger yang mendampingi.
  3. Jangan pernah pergi sendirian, selalu pergi bersama ranger yang telah berpengalaman.
  4. Jangan pernah memberi/menawarkan makan kepada komodo. Komodo bisa tiba tiba agresif dan bergerak sangat cepat.
  5. Bawa tongkat saat trekking di Pulau Komodo, Komodo sendiri sangat takut dengan gertakan tongkat
  6. Gunakan selalu Sepatu, di kawasan tinggal komodo terdapat 12 jenis Ular dan 3 diantaranya beracun.
  7. Bawalah Lotion nyamuk karena sangat banyak nyamuk di Pulau Komodo
  8. Hati hati dalam bermain api, mayoritas wilayah di pulau komodo merupakan padang rumput dan sangat mudah terbakar.
Baca Juga :   4 Hal yang Dapat dilakukan ketika Wisata ke Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur

Hotel di Pulau Komodo

Bagi anda yang ingin menginap di Pulau Komodo, jangan berharap dapat menginap dengan nyaman karena sebenarnya pulau komodo merupakan pulau tak berpenghuni, dan mayoritas wisatawan memilih menginap di Labuan Bajo dan lain tempat. Namun kami memberikan beberapa opsi menginap di Pulau komodo yaitu:

· Perahu Motor Sewaan

· Rumah-rumah penjaga Pulau Komodo bergaya Ekologi

· Resor Puri Komodo

· Pondok Ekologi Bajo Komodo

· Akomodasi Perahu dari Labuan Bajo

· Akomodasi Perahu dari Bima

Objek Wisata di Pulau Komodo

  • Pink Beach
  • Taman Nasional Komodo
  • Hewan Purba Varanus Komodoensis alias Komodo
  • Danau Kelimutu
  • Desa Prailiu
  • Labuan Bajo
  • Liang Bua
  • Selat Pantar
  • Gua Batu Cermin
  • Festival Bahari Nuhanera
  • Batu Samsia
  • Crystal Rock

Cara Menuju ke Pulau Komodo

  • Pesawat

Bagi anda yang ingin menggunakan pesawat untuk ke Pulau Komodo, anda dapat memilih berbagai rute yang ada. Saat ini ada 2-3 penerbangan setiap hari dari Bali dengan durasi sekitar 1,5 jam. Anda dapat dengan mudah mencari di berbagai aplikasi pemesanan tiket online.

  • Kapal dan Perahu Motor

Bagi anda yang ingin melalui jalur laut ke pulau komodo anda dapat memilih berbagai pilihan perahu motor yang bersandar ke Pulau Komodo. Perahu ini bila memungkinkan akan selalu hilir mudik dari pulau Sape. Ada juga cara lain yakni menaiki kapal Pelni yang berangkat dari Bali dan Lombok setiap 2 minggu sekali.

  • Bus
Baca Juga :   5 Makanan Khas NTT dan Penjelasannya Adalah Kolo, Catemak Jagung DLL

Untuk jalur transportasi menggunakan BUS dapat ditempuh dari Flores ke Timur rute Ruteng, Bajawa,Ende dan Maumere. Sementara kalau ke arah barat rutenya agak jauh dari Flores menuju Maumere, Moni, Kelimutu, Ende, Bena, Bajawa, Ruteng dan terakhir Labuan Bajo (Pulau Komodo).

Transportasi di Pulau Komodo

Selama di pulau komodo anda hanya bisa trekking dan jalan kaki, sementara untuk berkeliling dan mengitari pulau tersedia persewaan kapal dan anda ikut Live on Board dengan biaya lebih murah. Ini merupakan sebuah pengalaman tinggal beberapa malam di atas kapal dengan keberangkatan dari Bangsal Lombok menuju Gili Bola dan Pulau Rinca. Kapal keren ini juga mengitari pantai merah dan pulau bidadari.

Artikel Lainnya

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close