Jawa Tengah

Cerita Dan Keindahan Dibalik Pantai Menganti

sewa mobil jogja banner

Pantai menganti merupakan pantai yang ada di Kebumen Jawa Tengah. Pantai ini selain terkenal keindahan air lautnya, juga memiliki pesona lain di pinggir pantai. Tak heran banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi wisata pantai di Kebumen ini. Namun  pantai menganti ternyata memiliki cerita asal usul yang terkenal. Berikut ulasan mengenai cerita, lokasi hingga keindahannya.

Lokasi Pantai Menganti

pantai menganti

Sebelum mengetahui asal-usul serta keindahan pantai ini, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu lokasi pantai ini. Pantai yang disebut sebagai pantai penantian ini berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.  Dari pusat Kota Kebumen, pantai ini berjarak sekitar 30 hingga 40 km.

Cerita Asal Usul Pantai Menganti

Memang sudah khasnya Indonesia bahwa hampir di setiap tempat wisata memiliki asal-usul cerita masing-masing. Begitu pula yang terdapat dalam sebuah nama pantai menganti. Bahkan disebut-sebut pantai ini memiliki dua versi cerita, yaitu:

lokasi pantai menganti

1. Versi Panglima Raja

Dahulu ada seorang Panglima yang melarikan diri ke daerah pesisir selatan bernama Jawa dwipa. Pelarian ini disebabkan karena Sang Raja tidak setuju Panglima menjalin hubungan dengan pujaan hatinya. Lalu mereka berjanji untuk bertemu di pinggir samudera yang indah itu. Namun hari demi hari sang pujaan hati tak kunjung datang. Panglima tetap menanti. Dari kisah penantian itulah kemudian pantai ini disebut pantai menganti.

Baca Juga :   31 Tempat Makan Wisata Kuliner di Semarang Daerah Bawah, Barat, Kota, Atas Dengan Viewnya Bagus Yang Enak 24 Jam Murah dan Terkenal

2. Versi Syekh Maulana Malik Ibrahim

Dikisahkan bahwa dahulu seorang Wali Songo bernama Syekh Maulama Malik Ibrahim dan sahabatnya Syekh Subakir melakukan perjalanan untuk menyebarkan Agama Islam. Namun perjalanan ini dilakukan terpisah dan berjanji untuk bertemu di pantai ini. Syekh Maulana Malik Ibrahim telah sampai terlebih dahulu, kemudian dia menanti sahabatnya. Sampai suatu ketika mereka bertemu dan melanjutkan perjalanan mereka kembali. Penantian Syekh Maulana Malik Ibrahim inilah yang menjadi asal mula pantai ini bernama menganti.

Keindahan Pantai Menganti

Terlepas dari kisah asal-usul pantai ini, pantai menganti memang memiliki keindahan yang membuat orang betah berlama-lama di sini. Beberapa keindahan yang disuguhkan pantai menganti yaitu :

1. Berada Satu Garis Lurus Dengan Pantai Selatan Pulau Jawa

Pantai ini masih berada dalam satu garis pantai selatan Pulau Jawa, maka tak heran ombaknya pun cukup tinggi. Kegagahan deburan ombak dijamin memanjakan mata pengunjung.  Karena ombaknya yang cukup besar pantai ini terbilang masih sepi. Namun karena hal itulah yang membuat pantai ini terasa masih asri dan sangat alami.

2. Terdapat Tebing-Tebing Tinggi Di Pinggir Pantai

Pemandangan hamparan tebing bukit di pinggir pantai juga sangat epic. Pengunjung bisa menikmati keindahan laut menganti dari atas bukit. Bukit-bukitnya ditumbuhi rerumputan berwarna hijau. Bahkan terdapat tebing raksasa yang kerap disebut sebagai tebing bidadari. Jika musim penghujan tiba, pengunjung data menikmati keindahan curug dari tebing-tebing itu.

Baca Juga :   4 Rental Motor di Solo 2018 Sewa Murah Surakarta Dekat Stasiun Balapan Jawa Tengah

3. Mendaki Bukit Di Pinggir Pantai

harga tiket masuk pantai menganti

Pengunjung dapat menaiki bukit yang berada di sebelah timur. Di atas bukit disediakan gubuk-gubuk dan gazebo untuk pengunjung. Dari gazebo ini pengunjung bisa menikmati keindahan hamparan pantai menganti dari ujung ke ujung dan luasnya laut Selatan Pulau Jawa. Pemandangan ini sangat cocok dinikmati saat pagi dan sore hari.

4. Terdapat Mercusuar Di Atas Bukit

Di pantai ini juga terdapat mercusuar peninggalan Belanda. Tinggi mercusuar tersebut diperkirakan mencapai 20 meter. Pemandangan yang disuguhkan dari atas mercusuar semakin menarik dan mengagumkan. Pasalnya pengunjung dapat menikmati burung beterbangan, laut biru, hamparan pasir, lekuk-lekuk perbukitan, dan tebing-tebing.

5. Hamparan Pasir Putih Yang Indah

Pantai ini memiliki pasir putih yang indah dan cukup luas. Saat liburan bersama teman ataupun keluarga adalah saat yang tepat untuk bermain pasir di pantai ini. Hamparan pasir yang luas, dengan latarbelakang lautnya yang indah ditambah gugusan bukit di pinggir pantai sangat recommended untuk dijadikan spot foto.

Keindahan pantai ini memang seolah memabukkan mata. Apalagi dengan sentuhan asal-usul di dalamnya, yang membuat pantai ini memikat wisatawan. Berbagai keindahan dan pesona pantai ini merupakan bentuk potensi wisata alam di Indonesia sangat melimpah. Pantai Menganti menjadi wisata pantai yang mengagumkan di Kebumen.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh