Jawa Barat

Lokasi, Keindahan Serta Fasilitas Yang Ada Di Pantai Santolo

Garut terkenal dengan makanan manis khas Garut yang biasa disebut dodol Garut. Namun tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Garut hanya untuk menikmati dodol Garut. Terdapat pantai indah yang cantik untuk dikunjungi di kabupaten ini, yaitu pantai santolo. Lebih lanjut mengenai keindahan dan lokasi pantai ini, dijelaskan melalui uraian berikut.

Lokasi Pantai Santolo

pantai santolo garut

Baca Juga :

Pantai santolo terletak di Desa Pameungpuek, Kecamatan Cikelat, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jarak yang ditempuh untuk mencapai pantai ini sekitar 90 km dari pusat kota atau sekitar 3 sampai 3 jam perjalanan. Medan yang dilalui untuk sampai di pantai ini sangat mengagumkan. Sebab pengunjung harus melewati hamparan sawah, pedesaan, hingga jalan yang membentuk huruf U. suasana pedesaan masih sangat asri. Sehingga sangat cocok dijadikan destinasi wisata liburan.

Jam operasi pantai ini dibuka dari pukul 08.00 sampai pukul 18.00 WIB. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai ini setiap hari. Jika beruntung pengunjung juga dapat menikmati indahnya sunset di pantai ini.

Keindahan Pantai Santolo

lokasi pantai santolo

Setiap pantai memiliki daya tarik magnet tersendiri bagi pengunjungnya. Begitu pula pada pantai yang bernama santolo ini. Salah satu pesona dari pantai ini yaitu hamparan pasir pantai yang luas. Tersedianya hamparan pasir pantai yang luas memungkinkan pengunjung lebih leluasa untuk bermain di bibir pantai.

Baca Juga :   Pantai Santolo Garut 2018 Harga Tiket Masuk + Peta Map Jalan Menuju Lokasi

Pantai yang ada di Garut ini memiliki gelombang ombak yang sedang. Dengan demikian pantai ini aman untuk berenang, tidak hanya untuk dewasa tapi juga untuk anak-anak. Namun sebagai pengunjung yang bijak, tetap harus mengindahkan peraturan yang ada. Meskipun tidak memiliki ombak yang tinggi pengunjung tetap harus waspada dengan keselamatan diri sendiri.

Untuk menikmati kejernihan air lautnya, pengunjung dapat menikmati dengan menyewa perahu penyebrangan. Biaya untuk menyewa perahu penyebrangan ditetapkan tarif sebesar Rp. 2.000 per orang. Dengan harga Rp.2.000 pengunjung dibawa keliling di atas permukaan laut untuk menikmati suasana sejuk di atas laut.

Disamping itu, pengunjung juga dapat menikmati makan ikan di pinggir pantai. Ikan tersebut bisa didapat dari hasil tangkapan memancing sendiri. Namun dapat juga diperoleh dari membeli melalui TPI yang terletak tidak jauh dari pantai.

Fasilitas Di Pantai Santolo

fasilitas di pantai santolo

Sama seperti pantai pada umumnya, pantai ini juga memiliki fasilitas yang lengkap. Di pantai ini tersedia toilet umum, parkir yang luas, mushola, dan warung makan. Peralatan untuk berenang juga disediakan. Dimana untuk menyewanya pengunjung perlu merogoh kantong sebesar Rp. 10.000.

Tak hanya itu, fasilitas penginapan juga disediakan di pantai ini. Tempat bermalam seperti vila, hotel dan homestay teah tersedia dan dapat disewa mulai dari Rp. 150.000. tempat penginapan di sini juga telah dilengkapi dengan AC, TV, kipas angina dan berbagai penunjang kebutuhan lainnya. Tak salah jika pantai santolo dijadikan tujuan berbulan madu bagi pasangan baru.

Baca Juga :   5 Tempat Rekreasi Favorit di Garut dan Sekitarnya SELAIN Kampung Sampireun dan Sabda Alam

Keamanan pantai ini sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya pantai ini selalu dijaga dan diawasi oleh pengawas pantai. Bahkan dari beberapa sumber menyebutkan bahwa pantai ini juga diawasi oleh SAR dari Bandung. Meskipun begitu pengunjung harus tetap berhati-hati dan tidak dianjurkan untuk berenang melebihi batas yang telah ditentukan.

Demikian informasi mengenai keindahan beserta fasilitas yang ada di pantai ini. Pantai santolo memiliki daya tarik pada bentangan bibir pantai yang panjang. Pantai di Garut ini, memang sudah menarik banyak perhatian wisatawan. Terlebih pada hari libur dan lebaran. Pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun bagi pasangan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker