Pantai Ngobaran Gunung Kidul Wonosari Yogya, Ini Rute Map Jalan Ke Alamat Lokasi

Lokasi Alamat : Terletak di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta
Rute Koordinat GPS Google Maps, Klik : Petunjuk Arah Ke Pantai Ngobaran
Range Biaya / Harga Tiket Masuk (HTM) : Rp.3.000 per orang* Sudah termasuk tiket masuk ke pantai Ngrenehan
Jam Operasional (Jam Buka / Jam Tutup) :
Nomer Telepon :
*Harga bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Pantai ngobaran gunung kidul wonosari yogya rute map jalan ke alamat lokasi di yogyakarta jogja letak sejarah video penginapan dari solo nguyahan ngrenehan regency harga tiket masukMungkin belum banyak yang tahu mengenai objek wisata Pantai Ngobaran yang unik dan menakjubkan. Pantai yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, jogja ini menyimpan sejuta pesona yang akan membuat para pengunjung terpukau.

Pada umumnya, anda akan disuguhi pemandangan pasir putih, gulungan ombak, batu-batu karang, maupun deretan pepohonan hijau saat mengunjungi pantai.

Akan tetapi, di Ngobaran anda akan mendapatkan sesuatu yang unik, yaitu pesona budayanya yang akan semakin menambah kepuasan liburan anda kali ini.

Perpaduan panorama alam yang indah dan pesona budaya itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini yang jarang ditemukan di pantai lain.

Selain sebagai tempat wisata, Pantai Ngobaran juga dikenal sebagai tempat ritual bagi para penganut agama maupun kepercayaan. Di areal pantai terdapat tempat peribadatan seperti masjid dan pura yang berdiri berdampingan menghadap pantai selatan.

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat beberapa arca dan stupa yang kerap digunakan sebagai tempat upacara keagamaan, dan terdapat pula tempat peribadatan bagi para penganut kepercayaan seperti kejawen.

Jika anda melihat di puncak bukit karang yang ada di sekitar pantai, anda akan menemukan sebuah rumah joglo yang didepannya terdapat kotak batu yang ditumbuhi tanaman kering dan dikelilingi oleh pagar kayu berwarna abu-abu.

Konon, kotak batu tersebut adalah tempat Prabu Brawijaya V membakar diri pada jaman dahulu. Dari peristiwa itulah kawasan pantai ini dinamakan “Ngobaran” yang berasal dari kata kobaran, berarti membakar diri atau terbakar.

Begitu memasuki areal pantai anda akan merasakan suasana mistis dengan deru ombak yang terpecah di batu-batu karang. Pemandangan pertama yang akan anda temui di pantai ini adalah sebuah prasasti yang dibangun diantara arca dan stupa.

Menurut cerita, prasasti tersebut dibuat untuk mengenang Prabu Brawijaya V yang menghilang di kawasan pantai.

Saat berjalan ke arah selatan, anda akan menjumpai sebuah pura yang berdiri di ujung bukit batu karang. Dari samping pura ini, anda bisa melihat pemandangan laut lepas yang sangat menakjubkan. Tak jauh dari lokasi pura terdapat sebuah rumah joglo dan bangunan mushola berlantai pasir.

Keunikan mushola ini adalah arah kiblatnya menghadap ke selatan. Namun bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah sholat di mushola ini tidak perlu khawatir, karena sudah terdapat tanda petunjuk arah kiblat yang sebenarnya.

Jika anda ingin menuju ke pantai, anda bisa berjalan ke arah barat mengikuti jalanan menurun. Begitu sampai di lokasi anda akan disuguhi pesona alam Pantai Ngobaran yang sangat mempesona, dengan hamparan pasir putih yang lembut dan batu-batu karang yang diselimuti rumput laut.

Pantai ini juga digunakan sebagai tempat para nelayan untuk mencari ikan dan berbagai jenis biota laut lainnya, seperti lobster, landak laut, kerang, dan rumput laut.

Jadi, selain dapat menyaksikan pemandangan yang begitu menakjubkan, anda juga bisa menikmati berbagai suguhan kuliner khas laut yang sangat lezat di pantai ini.

Leave a reply "Pantai Ngobaran Gunung Kidul Wonosari Yogya, Ini Rute Map Jalan Ke Alamat Lokasi"

Author: 
    author