Pulau Belitung

Pulau Belitung Objek Wisata dan Potensi Daerah

Menjadi sangat populer semenjak kehadiran novel yang kemudian di susul dengan film “Laskar Pelangi” Belitung menjadi sorotan publik terutama mengenai keindahannya. Alam pulau belitung yang tadinya tidak terekspos menjadi incaran wisatawan untuk berlibur berkat karya Andrea Hirata. Berikut adalah objek wisata menarik di Pulau ini:

Pulau Batu Berlayar

pulau batu berlayar belitung

Berjarak tempuh hanya 15 menit dari pelabuhan Tanjung Kalayang, keindahan pulau batu berlayar sangat sayang untuk dilewatkan. Penamaan ini diambil dari bentuk pulau yang memiliki sayap  seperti akan berlayar yang terdiri dari dua batu, masing-masing batu berada di sebelah kanan dan kiri yang membentuk posisi persisi akan terbang.

Berenang di pantai ini pun menjadi sangat nikmat karena airnya yang sangat jernih. Hingga dasar laut menjadi sangat jelas terlihat dari permukaan air. Kedamaian berada di pulau ini akan melupakan betapa penat kesibukan di hari kerja.

Dermaga Kirana

dermaga kirana belitung timur

Berada di wilayah Lenggang, Gantung, Bangka Belitung, dermaga kirana wajib untuk dikunjungi saat tiba di pulau satu ini. Tidak hanya fungsional sebagai dermaga, namun keindahan yang dimiliki Dermaga Kirana memang seindah namanya.

Dalam kawasan dermaga terdapat beberapa bangunan rumah keong. Sebuah bangunan sederhana dengan arsitektur unik yang dibangun melengkung mirip dengan cangkakng keong. Bangunan ini teramat nyaman untuk digunakan beristirahat sembari menikmati damainya dermaga kirana.

Baca Juga :   Wisata Kuliner di Sekitar Bandara Belitung

Tirta Marundang Pemandian Alami

tirta marundan bangka belitung

Tidak semua wisata di pulau Belitung adalah pantai dan gugusan pulau. Terdapat pula pemandian alami di kawasan Belitung yang disebut dengan Tirta Marundang. Berada di Air Seruk TanjungPandan, kolam pemandian ini tidak hanya diminati oleh wisatawan lokal saja. Namun banyak wisatawan mancanegara antusias mandi di Tirta Marudang.

Bukan pemandian alami biasa, namun tirta marundang memiliki pesona yang begitu menghipnotis. Dengan alam yang masih asri, sekeliling tirta marundang adalah pepohonan lebat. Nuansa pedesaan sangat kental dan sangat asri.

Baca Juga : Pesona Wisata dan Potensi Bangka Belitung

Pantai Tanjung Tinggi

pantai tanjung tinggi

Pantai yang sangat indah tidak akan membuat kecewa siapa pun yang telah jauh-jauh berkunjung ke pulau ini. Memiliki pasir putih, air yang jernih seakan mencerminkan keindahan yang semuanya tertumpah di Pantai Tanjung Tinggi.

Di pantai ini pemandangan sangat indah sehingga membuat siapapun enggan untuk melangkah pulang. Bersantai di atas batu-batuan granit di tepi pantai adalah hal paling menarik dari pantai bersih ini.

Museum Kata Andrea Hirata

museum kata andrea hirata

Sebagai orang yang sangat berpengaruh dalam mengenalkan keindahan pulau Belitung di dunia luar. Ada sebuah objek yang tidak kalah menarik dari alam Belitung. Yaitu Museum Kata, yang merupakan milik dari pencipta Novel tetralogi yang sangat berpengaruh yaitu Laskar Pelangi.

Berada di Lenggang, gantung Bangka Belitung, tidak akan ada satu pengunjung pun yang tidak terpana bila berada di museum ini. Museum beriksikan mengenai kata-kata karya sang penulis sensasional. Di objek ini wisatawan dapat menikmati Kupi Kuli, Kopi terbaik di pulau Belitung. Dan dapat pula berbelanja oleh-oleh di tepat ini.

Baca Juga :   5 Pantai Belitung Yang Indahnya Kebangetan

Baca Juga : 5 Wisata di Bangka Belitung Bukan Hanya Pantai

Pulau Pasir Temporary

pulau pasir belitung

Wisata yang tidak selalu bisa dinikmati oleh wisatawan yang satu ini bernama Pulau pasir. Hal ini dikarenakan hanya saat ari surut sajalah pulau ini akan muncul dan kembali hilang bila air pasang. Untuk menjangkau pulau pasir dibutuhkan perjalanan singkat selama 15 menit dari Tanjung Kelayang.

Sebuah pulau kecil, ditengah perairan laut jernih dengan pasirnya yang putih bersih seakan tanpa noda. Mengunjungi pulau ini pengunjung akan merasakan seperti berada di pulau milik sendiri.

Itulah beberapa objek wisata yang menjadi tujuan wisata kebanyakan wisatawan karena keindahannya. Masih banyak pesona Belitung atau Belitong yang asri dan terjaga. Pulau ini seakan memunculkan surga-surga yang mereka sembunyikan selama ini.

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker