Foto Keindahan Taman Laut yang Terletak di Raja Ampat Papua Barat

1310 views

Foto keindahan taman laut terletak di raja ampat papua barat manfaat nasional dimana artikel provinsi lokasi tujuan video penjelasan sejarah fungsi tentang definisi

Keindahan Tanpa Batas dari Alam Bawah Laut Raja Ampat

Indonesia termasuk sebuah negara yang beruntung karena memiliki Raja Ampat. Kawasan Raja Ampat ini menjadi sebuah kawasan berharga yang menyimpan potensi ekowisata yang luar biasa besar.

Bahkan, potensi ekowisata dari Raja Ampat ini tak hanya dikagumi oleh bangsa Indonesia semata, melainkan juga banyak mendapat perhatian oleh para wisatawan dari seluruh dunia.

Uniknya, antusiasme wisatawan mancanegara ke Raja Ampat nampak lebih besar ketimbang wisatawan domestik sendiri.

Kekayaan Alam Raja Ampat yang Berharga

Hal ini bukan karena hanya sedikit wisatawan domestik yang menghargai mahal karya alam dari Raja Ampat ini. Namun, lebih karena biaya wisata ke Raja Ampat yang memang relatif mahal bagi masyarakat Indonesia kebanyakan.

Sedangkan untuk masyarakat internasional, harga ini rasanya tak menjadi soal.

Sebenarnya, mahalnya biaya wisata ke Raja Ampat ini bukan tanpa sebab. Kondisi Raja Ampat yang berupa kepulauan dan terdiri dari ratusan bahkan ribuan pulau besar dan kecil, membuat Raja Ampat hanya memiliki satu alternatif sarana transportasi, yakni berupa kapal atau speedboat.

Kondisi inilah yang membuat biaya hidup termasuk biaya akomodasi wisata Anda menjadi mahal. Apalagi, upaya pemerintah untuk melestarikan kekayaan alam Raja Ampat ini juga dibarengi dengan adanya undang- undang yang membatasi jumlah kapal dan resort yang ada di Raja Ampat.

Dengan jumlah kapal yang terkontrol, serta jumlah resort yang wajar, diharapkan ekosistem alam di Raja Ampat, baik di darat mau pun di lautannya, bisa terjaga dengan baik.

Ulah manusia yang tidak bertanggung jawab memang dikhawatirkan berpotensi untuk merusak ekosistem alam yang sangat berharga di Raja Ampat.

Kekhawatiran ini wajar saja terjadi mengingat pernah ada oknum tak bertanggung jawab yang mengincar kekayaan alam laut Raja Ampat. Parahnya, mereka menggunakan bom dan menebarkan racun sianida yang berpotensi merusak kehidupan bawah laut Raja Ampat.

Potensi Wisata Alam Bahari Raja Ampat

Segala hal yang berpotensi mencederai kekayaan alam Raja Ampat memang pantas diberantas. Ini karena Raja Ampat merupakan harta yang sangat berharga karena taman lautnya yang begitu kaya dengan keanekaragaman hayati.

Taman laut Raja Ampat bahkan diakui sebagai perairan paling kaya akan flora dan fauna seantero dunia. Lokasinya yang berada tepat di jantung segitiga karang dunia membuat Raja Ampat menjadi tempat yang tepat bagi berkembangbiaknya 75% spesies karang dari seluruh dunia.

Benar – benar tak ada tempat lain di dunia ini, dengan luasan yang sama dengan Raja Ampat dan memiliki kekayaan yang setara dengan Raja Ampat. Pantas saja kalau taman laut Raja Ampat ini diakui sebagai tempat diving terbaik di dunia oleh banyak sekali masyarakat dunia.

Bayangkan saja, di kawasan perairan Raja Ampat, Anda bisa menemukan hingga 1.104 jenis ikan, 669 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 jenis hewan karang yang cantik. Bahkan, banyak pula diantara spesies ini yang tidak ditemukan di daerah lain di dunia ini.

Spot Diving Terbaik di Lautan Raja Ampat

Kawasan Raja Ampat memiliki tak kurang dari 610 pulau besar dan kecil. Terbentang diantara pulau – pulau ini, Anda pun bisa menemukan wilayah yang bisa jadi spot diving terbaik untuk memuaskan hasrat menyelam Anda.

Beberapa spot diving terbaik diantaranya adalah Tanjung Kri, Pulau Gam, Cross Wreck, Pulau Fam, juga Selat Dampier.

Di kawasan Tanjung Kri, Anda bisa menyelam hingga kedalaman 10 hingga 40 km. Di tempat inilah Anda bisa menemukan banyak sekali ikan dan terumbu karang yang cantik di kedalaman lautnya.

Di Pulau Gam, daya tarik utamanya adalah keberadaan ikan pari raksasa. Begitu pula di Selat Dampiar yang juga memiliki ikan pari eksotis yang dikenal dengan nama pari manta. Pari manta yang jinak ini pun siap untuk menemani Anda menyelam.

Bila Anda menyelam di Cross Wreck, maka Anda pun bisa menemukan hal unik yang sedikit berbeda dari panorama alam tempat lain. Yakni, adanya bangkai kapal laut jepang yang karam dan masih tergeletak disini.

Sedangkan di Pulau Fam, Anda bisa menemukan banyak spot menarik dimana Anda bisa menemukan aneka terumbu karang, sponges, soft coral serta nurdibranch atau kelinci laut yang merupakan hewan laut yang unik.

Tags: #Kekayaan Alam Raja Ampat yang Berharga #Pontensi Wisata Alam Bahari Raja Ampat #Spot Diving Terbaik di Lautan Raja Ampat