Yogyakarta

7 Tempat Bersejarah Di Jogja Yang Patut Dikunjungi

Siapa yang tak kenal Jogja, sebuah daerah istimewa yang pernah menjadi ibukota negara indonesia. Selain bicara tentang kuliner dan wisatanya, Jogja juga banyak terdapat tempat tempat bersejarah. Kota yang acap kali disebut kota gudeg atau kota pelajar ini punya sejuta keindahan alam dan sejarah para pejuang pejuang bangsa. Nah, dalam artikel ini akan dibahas beberapa tempat bersejarah di Jogja yang patut Anda kunjungi.

1. Keraton Jogja

Kraton Yogyakarta Pagelaran

Jika Anda sedang berlibur ke kota Jogja, tidak afdol rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi keraton Jogja. Yaitu salah satu tempat bersejarah di Jogja yang merupakan pusat kegiatan kesultanan berlangsung.

Di tempat bersejarah ini Anda bisa menikmati pertunjukan drama, gamelan, tari ataupun hanya sekedar jalan jalan mengelilingi komplek istana. Untuk harga tiket masuk Anda cukup membayar Rp. 5000 per orang.

2. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg atau disebut juga Loji gede yaitu sebuah loji tertua di Jogja dari keseluruhan komplek bangunan yang ada di titik nol kilometer. Loji gede dibangun pada tahun 1776 yang berfungsi untuk mengawasi gerak gerik aktivitas keraton pada saat itu.

Baca Juga :   17 Tempat Ngabuburit di Jogja Yang Asyik Favorit Enak Murah

Tempat bersejarah di kota Jogja ini terletak di ujung jalan Malioboro. Di dalamnya Anda dapat menikmati arsitektur khas belanda, namun terdapat juga diorama yang mengisahkan tentang perjuangan rakyat indonesia pada masa penjajahan. Untuk masuk ke tempat ini anda cukup membayar Rp. 2000 per orang.

3. Taman Sari

taman sari jogja

Taman sari adalah salah satu tempat bersejarah dari keraton Jogja yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Untuk taman ini di bangun sebagai tempat peristirahatan para istri-istri dan selir raja. Di tempat ini Anda akan menemukan bangunan khas Jogja, menara tempat pribadi sultan dan gedung kenongo.

4. Kotagede

Kota Gede Yogyakarta

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berada di era tahun 1700an, di Kotagede inilah tempatnya. Rumah-rumah di Kotagede ini merupakan rumah para bangsawan pada masa dulu. Di tempat inilah tempat panembahan senopati, pendiri kerajaan Mataram baru mendirikan istananya tahun 1575. Panembahan senopati merupakan keturunan langsung dari penguasa Mataram Kuno yang membangun candi borobudur dan prambanan.

5. Desa Wisata Kinahrejo

desa wisata kinahrejo

Salah satu gunung paling aktif di dunia terletak di Jogja, yaitu gunung merapi. Salah satu desa yang dekat dengan gunung merapi adalah desa kinahrejo. Desa ini mulai dikenal sebagai tempat wisata di Jogja yaitu sejak terjadinya letusan gunung merapi pada tahun 2010. Disini, anda bisa mengunjungi bekas rumah mbah Marijan, yaitu juru kunci gunung merapi yang ikut wafat pada aaat letusan gunung merapi.

Baca Juga :   7 Tempat Wisata Anak Di Jogja Yang Terrekomendasi

6. Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman

museum sasmita loka

Musem ini sangat mudah dijangkau jika Anda berkunjung ke Jogja. Museum ini berlokasi di jalan bintaran wetan 3, kota Jogja. Sasmitaloka berasal dari bahasa jawa yang berarti tempat pengingat. Museum ini adalah bekas kediaman Pak Dirman atau seorang pahlawan yang sering kita sebut Jenderal Sudirman. Di dalam nya dapat anda temui semua peninggalan Pak Dirman selama di Jogja dan masa perang gerilya.

7. Kampung Pecinan Ketandan

Tempat Bersejarah Di Jogja

Kampung ini berlokasi di pusat keramaian Malioboro. Di tempat ini merupakan tempat bersejarah tentang kesuksesan para pedagang Tionghoa yang berasal dari kampung ini. Kampung pecinan ketandan letaknya tepat di sebelah utara pasar Beringharjo. Di sekitaran kampung ini anda akan menjumpai ornamen khas Tiongkok, Toko Roti Djoen, dan Toko Obat Bah yang menjual obat tradisional Tiongkok yang terkenal kemajurannya.

Nah inilah 7 tempat bersejarah di Jogja yang patut Anda kunjungi jika sedang di kota Jogja.  Selain tempat tempat di atas masih banyak tempat bersejarah dan wisata lainnya yang juga menarik untuk Anda coba. Jadi, jika ke Jogja jangan lupa untuk mengunjungi tempat tempat tersebut untuk menambah wawasan Anda maupun keluarga Anda.

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh