30 Tempat Makan Wisata Kuliner di Semarang Daerah Bawah, Barat, Kota, Atas Dengan Viewnya Bagus Yang Enak 24 Jam Murah dan Terkenal

30 Rekomendasi tempat buka puasa di semarang murah favorit asyik referensi makan bersama untuk buat keluarga kota paket promo berbuka wisata kuliner instagram romantis jajanan enak daerah undip tembalang barat bawah simpang lima bandungan terkenal bakso 2017 siang malam facebook seafood di sekitar khas dekat tengah hari bondan meriah pedas unik pagi apa sepuasnya seafood rumah warung makanan delivery korea paragon dp mall tlogosari citraland java jepang paling

30 Tempat Makan Wisata Kuliner di Semarang Daerah Bawah, Barat, Kota, Atas Dengan Viewnya Bagus Yang Enak 24 Jam Murah dan Terkenal. Rekomendasi Buka Puasa Bersama Keluarga Favorit Asyik.

Buka puasa menjadi hal yang paling dinantikan oleh umat islam di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Tak terkecuali umat muslim yang mengunjungi ataupun yang berada di Kota Semarang.

Salah satu kota megapolitan terbesar kelima di Indonesia ini (Sesudah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan) memiliki potensi yang besar terutama dalam bidang industri, bisnis, pembangunan, pariwisata dan lain-lain termasuk didalamnya bisnis kuliner.

Maka tidak perlu khawatir, bagi Anda yang mengunjungi Kota Semarang di bulan puasa karena ada banyak tempat buka puasa favorit yang asyik dan rekomendasi di Semarang serta murah harganya

Karena biasanya tidak sedikit tempat makan yang mengadakan promo di bulan puasa. Berikut adalah tempatnya:

1. Soto Bangkong

Soto Bangkong Daging Sapi : maribuatmasakan.blogspot.com

Sesuai namanya, Soto Bangkok ini berlokasi di Jalan Bangkok yang sekarang bernama Jalan Brigjen Katamso No. 1, Semarang Jawa Tengah. Sudah sejak lama tempat ini menjadi objek wisata kuliner legendaris Kota Semarang, karena sudah berdiri cukup lama yaitu pada tahun 1950an.

Soto Bangkok Semarang ini terdiri dari bihun, kuah soto yang gurih, ayam suwir, irisan bawang dan tabuan bawang goreng, sangat pas di santap saat berbuka puasa.

Selain Soto, Anda bisa menemukan menu lainnya seperti Ayam Goreng dan Garang Asam yang tak kalah lezatnya. Harga satu porsi Bangkok Semarang adalah Rp. 9.000, sangat terjangkau untuk berbagai kalangan.

2. Nasi Ayam Bu Wido

Nasi Ayam Bu Wido : yummysemarang.blogspot.com

Pada umumnya, Nasi Ayam Semarang agak mirip dengan Nasi Liwet khas Solo. Namun yang membuatnya berbeda adalah, Nasi Liwet disajikan kering tanpa kuah sedangkan Nasi Ayam Semarang Sebaliknya.

Nasi Ayam Semarang biasanya dicampur dengan sayur labu dengan siraman kuah yang memiliki citarasa lebih pedas dan manis lalu disajikan di atas daun pisang sebagai alasnya.

Nasi Ayam Semarang Bu Wido berlokasi di Jalan Melati Selatan, Semarang Jawa Tengah. Harga per porsi Nasi Ayam Semarang ini dibanderol dengan Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 saja.

Lihat Juga : 52 Tempat Wisata di Semarang dan Sekitarnya Terbaru Malam Hari Dekat Stasiun Tawang Yang Romantis Daerah Bawah Selatan + Harga Tiket Masuk

3. Rumah Makan Kampung Laut

Rumah Makan Kampung Laut : parapemancing.blogspot.com

Jika Anda menginginkan suasana yang berebeda untuk menikmati buka puasa bersama keluarga, maka Rumah Makan Kampung Laut ini cocok untuk Anda kunjungi karena tempatnya yang benar-benar nyaman. Kita bisa menikmati suasana makan di atas saung-saung yang mengapung.

Dan uniknya lagi, Kita bisa menunggu makanan sambil memancing. Untuk menyewa pancingan, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 15.000 saja.

Rumah Makan yang berlokasi di Jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang Jawa Tengah ini menyediakan beraneka ragam Olahan Seafood, Iga Sapi dan Ayam yang pastinya enak dan nikmat.

4. Restoran Pesta Keboen

Restoran Pesta Keboen : anekainfounik.files.wordpress.com

Restoran yang berlokasi di Jalan Veteran No. 29, Semarang Jawa Tengah ini menyajikan nuansa tempo dulu yang terlihat dari bangunan dan desain interiornya. Kita juga bisa menikmati santapan berbuka puasa dengan memilih makan di area outdoor maupun indoor.

Setiap pengunjung Restoran Pesta Keboen ini mendapatkan Welcome Drink berupa beras kencur dan camilan berupa kripik singkong secara gratis. Menu yang ditawarkan pun beragam dan tidak asing lagi seperti Lumpia, nasi pecel, aneka jus, es buah.

Menu andalan yang patut dicoba ditempat ini adalah Udang masak bawang yaitu udang goreng yang diolah dengan campuran bawang putih dan daun jeruk, kemudian ditaburi bawang putih, irisan cabe merah dan paprika.

Serta minumannya yaitu Es Spesial Pesta Keboen yang terdiri dari jus sirsak di campur berbagai macam buah seperti semangka, melon, pepaya, pisang dan alpukat.

Semua menu bisa dipesan secara terpisah ataupun sistem paket. Dan uniknya menu paket di tempat ini menggunakan nama-nama ikon Semarang seperti Simpang Lima, Gereja Blenduk, Sam Pok Kong, Tugu Muda, dan lain-lain. Harga makanan mulai dari Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 85.000 per porsi.

Untuk minuman berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 60.000. Jika Anda membawa anak- kemari, tidak perlu khawatir. Karena tempat ini menyediakan fasilitas arena bermain untuk anak-anak.

5. Mangut Welut Warung Bu Nasima

Dalam bahasa Indonesia, Mangut Welut berarti Mangut Belut. Karena di tempat ini, Mangut Welut menjadi menu andalan di tempat ini.

Sempat diliput oleh Host kuliner TV terkenal di Indonesia yaitu Pak Bondan Winarno, Mangut Welut di Warung Bu Nasima ini memiliki rasa Mangut yang super pedas, sehingga rasa yang berbeda tersebut menjadikan tempat ini cukup dikenal oleh warga Semarang. Satu Porsi Mangut berharga Rp. 10.000.

Menu lainnya juga patut dicoba seperti kepala manyu (sejenis ikan laut), ikan goreng mujair, bandeng, lele, pindang dan cumi-cumi. Jika Anda penasaran, Anda dapat mengunjungi tempat ini di Jalan Menoreh Raya No. 10 Sampangan, Semarang Jawa Tengah.

6. Toko Oen

Bangunan Cantik Toko Oen : myteafactory.blogspot.com

Siapa yang tidak tahu Toko Oen ? Kedai yang sudah berdiri sebelum kemerdekaan Indonesia ini masuk kedalam daftar es krim paling enak di Indonesia. Anda bisa memilih berbagai varian es krim seperti es krim coklat, moka, vanilla, buah dan juga kopyor.

Menu lainnya juga tak kalah enaknya seperti es krim potong Tutti Frutti, nesselrode yang ditaburi sukade diatasnya serta disajikan dengan slagroom dan vruchten sorbet yang bisa Anda pesan dengan harga Rp. 17. 500 sampai dengan Rp. 20.000.

Dan yang menjadi primadona adalah Oen’s Symphony yang terdiri dari 5 Skop es krim dengan rasa yang berbeda. Toko Oen berlokasi di Jalan Pemuda No. 52, Semarang, Jawa Tengah.

7. Depot Sukses

Depot Sukses : ceritamakankita.blogspot.com

Buka puasa dengan makanan khas Jepang, Kenapa tidak ? Depot Sukses yang terletak di Jalan Melati, Semarang Jawa Tengah menyajikan makanan khas Jepang seperti Chicken Katsu, Ebi Furai, Chicken Teriyaki, Beef Yakiniku dan lain-lain dan harganya pun terjangkau.

Namun jangan salah, meskipun tempatnya tidak mewah dan besar seperti restoran jepang pada umumnya, namun makanan yang disajikan disini tidak kalah enaknya dengan restoran jepang kelas satu, karena ditangani oleh juru masak yang berkelas dan berpengalaman.

8. Waroeng Steak & Shake

Waroeng Steak & Shake : imgos-belajarlinux.blogspot.com

Waroeng Steak & Shake atau biasa disingkat WS merupakan tempat makan yang menyajikan olahan steak yang enak dengan harga murah. Beraneka ragam Olahan Steak mulai dari daging sapi, Ayam, udang, Ikan, dan Cumi tersedia disini.

Selain itu, sebagai pelengkap Anda bisa memesan menu lainnya seperti Kentang Goreng, Spaghetti, Mushroom, sayuran lengkap dan nasi putih untuk menemani santapan buka puasa Anda.

Rumah makan yang outletnya hampir tersebar di Seluruh Indonesia ini juga memiliki beberapa outlet di Semarang seperti di Jalan Imam Bonjol No 187 B Semarang Kota, Jalan Kelud Raya 2 Sampangan, Jalan Kartini No 43 dan Jalan Setiabudi No 60 Banyumanik/Tembalang.

Harga makanan di tempat ini mulai dari Rp. 2.500 hingga Rp. 34.000.

9. Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum

Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum : arjunarentcar.blogspot.com

Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum ini berlokasi Jalan MT Haryono/Mataram, Semarang, Jawa Tengah. Di tempat ini Anda bisa memilih makanan yang cocok untuk hidangan berbuka Anda sesuai selera seperti Nasi Gudeg, Ayam Goreng, Lontong Opor, Koyor, Babat Goreng, Sambal dan Opor.

Dan yang menjadi menu andalan favorit pengunjung adalah Nasi Koyor yaitu nasi dicampur koyor (bagian otot sapi) dimasak dengan sambal goreng dan kuah gurih yang agak pedas. Warung Makan ini mulai buka dari sore hari hingga tengah malam.

Cocok untuk hidangan berbuka puasa pada petang hari dan tengah malam jika lapar lagi. Harganya pun terbilang murah, untuk satu porsi opor Ayam dan teh panas hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 15.000 saja.

10. Nasi Goreng Babat Pak Hengky

Nasi Goreng Babat : kalibanteng.co.id

Saat bulan puasa maupun di luar bulan puasa tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Bahkan ketika weekend bisa lebih ramai dan banyak yang sampai rela antri untuk makan disini.

Rumah makan yang berlokasi di Jalan Pujasera Puri Anjasmoro, Blok K, Semarang Barat, Jawa Tengah ini sangat cocok untu dijadikan tempat berbuka puasa. Selain Nasi Goreng Babat yang luar biasa nikmatnya, makanan lain seperti Paru Goreng dan Babat Gongso nya wajib untuk dicoba.

11. Nasi Goreng Babat Pak Taman

Nasi Goreng Babat : pusatkulinersemarang.blogspot.com

Satu lagi Nasi Goreng Babat yang tak kalah enaknya di dengan Nasi Goreng Babat yang sebelumnya. Nasi Goreng Babat Pak Taman cukup mudah dicari lokasinya, yaitu tepat di Jalan Stadion Selatan, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Nasi Goreng Babatnya benar-benar menggugah selera. Nasi Goreng Babat ditambah dengan cita rasa bawang merah dan kecap manisnya yang menambah gurih masakan tersebut.

Selain Nasi Goreng Babatnya, menu seperti Babat Gongso di tempat ini juga memiliki cita rasa yang lezat serta menjadi favorit para pelanggan tempat ini.

12. Nasi Kebuli Djawas

Nasi Kebuli : kaya-reflections.blogspot.com

Ingin mencoba sensasi berbuka puasa dengan masakan khas Timur Tengah ? disini tempatnya. Nasi kebuli Djawas merupakan tempat makan yang digemari oleh warga Semarang. Meskipun yang disajikan makanan khas Arab, namun terasa pas di lidah orang Jawa.

Selain Nasi Kebuli, tempat ini juga menyediakan menu khas Timur Tengah lainnya seperti Nasi Bukhari Ayam, Nasi Briyani, Nasi Kambing Guling, Iga Bakar dan lain-lain.

Harga sepiring Nasi kebuli daging kambing lengkap dengan acar Arab dan salata di bandrol dengan harga Rp. 29.000. Jika Anda berminat untuk berbuka puasa di tempat ini, Anda bisa mengunjunginya di Jalan Gatot Subroto No 102 Ungaran, Semarang Jawa Tengah.

13. Gudeg Abimanyu

Nasi Gudeg Abimanyu : onikchan.blogspot.com

Seperti yang kita tahu, Gudeg merupaka makanan khas Jogja. Yang membedakan Gudeg Jogja dengan Gudeg Khas Semarang ini adalah terletak pada rasanya. Gudeg Jogja bercita rasa manis sedangkan Gudeg Jogja rasanya pedas.

Gudeg di tempat ini disajikan dengan daun singkong, sayur kol, kerecek pedas, telur pindang, koyor (urat sapi), opor ayam, serundeng basah, sambal udang dan areh kental dan yang pastinya dapat memuaskan rasa lapar Anda setelah seharian berpuasa.

Untuk satu porsi Gudeg harganya sangat terjangkau, dimulai dari Rp. 10.000 saja. Sama seperti namanya, Gudeg Abimanyu, rumah makan ini terletak di Jalan Abimanyu VII No. 6 Semarang Jawa Timur dan cabangnya di Jalan Kimangun Sarkoro, Semarang Jawa Tengah.

14. Nasi Pecel Mbok Sador

Nasi Pecel Mbok Sador : regina-fy.blogspot.com

Nasi Pecel Mbok Sador berlokasi di Jl. Simpang Lima, Semarang Jawa Tengah. Nasi Pecel nya terdiri dari daun ubi, daun papaya, kenikir, bayam, kacang panjang dan tauge.

Dan tak lupa dicampur dengan sambal kacang serta menu pelengkapnya seperti rempeyek kacang, rempeyek teri dan kerupung gendar untuk menambah gurihnya nasi pecel tersebut.

Selain Nasi Pecel, rumah makan ini juga menyediakan menu lainnya seperti sate keong, sate telur puyuh, ati ampela, kerupuk dan aneka jeroan sapi. Soal harga cukup terjangkau, sesuai dengan lauk yang dipesan.

15. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal : dapurzahira.blogspot.com

Makanan ini benar-benar tidak ada hubungannya dengan kaum Reagge, karena Tahu Gimbal merupakan makanan khas Semarang. Makanan Khas Semarang ini banyak dijual dan mudah ditemukan, salah satunya di Jalan Menteri Sueno, Kota Semarang Jawa Timur.

Tahu Gimbal terdiri dari Tahu Goreng, Rajangan Kol Mentah, Lontong, Toge, Telur dan Gimbal dicampur dengan bumbu kacang yang diolah dari petis udang.

Sedangkan Gimbal sendiri adalah udang yang digoreng dengan tepung sehingga rasanya gurihm manis dan juga pedas. Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menyantap makanan ini, karena harga satu porsi Tahu Gimbal berkisar antara Rp. 6.000 sampai dengan Rp. 11.000 saja.

16. Ayam Goreng Lombok Ijo

Ayam Goreng Lombok Ijo : anekakulinerjateng.blogspot.com

Anda penyuka makanan pedas ? Jika iya maka makanan ini cocok untuk Anda yang ingin berbuka puasa dengan makanan pedas nan lezat.

Berlokasi di Manggala Food Court, Jalan Gajah Mada No 119 B Semarang dan di Jalan Setiabudi No. 63A Tembalang Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, tempat ini menyediakan beraneka ragam menu.

Tentunya, sesuai dengan namanya, maka menu yang paling banyak dipesan ditempat ini adalah Ayam Goreng Lombok Idjo. Selain itu menu lainnya yang disajikan adalah Paha/dada Ayam goreng dan bakar, kepala goreng, empal penyet sambal terasi, ati ampela goreng, tahu tempe, sambal terasi, sambal ijo, sambal bawang.

Aneka minuman yang dijual juga cukup unik dan sangat menyegarkan tenggorokan seperti Soda Soemringah, es sedjoek, es tipis, wedang tomat, es kelapa muda, es kejer, djoes djeruk djoes semangka dan lain-lain.

17. Nasi Gandul

Nasi Gandul : harianresep.blogspot.com

Nasi gandul ialah nasi putih hangat yang disajikan dengan daging sapi dan jeroan lalu disiram dengan kuah kaldu dan santan yang encer dan warnanya yang kecoklatan. Nasi Gandul merupakan kuliner khas Pati, namun Anda tetap bisa menyantapnya meskipun berada di Semarang.

Yaitu bisa ke Nasi Gandul Pak Memet di Jalan Dr Cipto No.12 Citarum Karangtempel atau Nasi Gandul Pak Subur yang berada di Jalan KH.Ahmad Dahlan, sebelah timurnya Hotel Horison, seberangnya RS Telogorejo.

Satu porsi nasi gandul dengan lauk dan segelas es teh atau es jeruk sebesar Rp. 15.000 saja dan untuk pelengkap, tersedia juga tempe goreng, perasan jeruk nipis dan sambal. Sederhana namun tetap berkesan.

18. Kue Leker Paimo

Kue Leker Paimo : kulinernikmatalaicutt.blogspot.com

Lekker berasal dari bahasa Belanda yang artinya enak. Kue Lekker berbentuk menyerupai martabak dan memiliki berbagai varian rasa antara lain telur sosis, tuna keju, jagung manis, keju abon, sossis mozarella, pisang coklat dan lain-lain.

Harganya berkisar antara Rp. 1.000 sampai dengan Rp. 16.000 tergantung varian rasa yang dipilih.

Jika Anda ingin mencoba Kue khas Semarang ini sebagai makanan untuk berbuka puasa, Anda dapat mengunjunginya di Jalan Karang Anyar No. 37, Brumbungan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah, berada di tepat depan SMU Kolose Loyola.

19. Pisang Plenet

Pisang Plenet : fahmi-artcolection.blogspot.com

Pada umumnya, kita dapat menyantap pisang secara langsung ataupun digoreng menjadi pisang goreng. Namun berbeda dengan yang satu ini, Jajanan khas semarang yang langka ini mengolah pisang dengan cara dibakar di atas arang kemudian ditekan dengan papan kecil sehingga bentuknya menjadi pipih.

Pisang berbentuk pipih yang dibakar diatas arang ini disebut Pisang Plenet. Pisang Plenet memiliki beberapa varian rasa seperti Keju, Coklat atau Nanas. Harganya pun murah meriah, satu tangkup pisang plenyet dijual dengan haga Rp. 4.000.

Ingin mencoba berbuka puasa dengan makanan khas yang langka ini ? Anda dapat kunjungi di Jalan Pemuda, Semarang, Jawa Tengah. Dekat dengan gedung Lawang Sewu.

20. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik : ibupenyu.files.wordpress.com

Kedai ini berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Semarang, Jawa Timur. Es Cong Lik sendiri merupakan perpaduan antara parutan buah-buahan dengan es. Terdiri dari berbagai varian rasa seperti durian, kopyor, kelapa muda, alpukat, cokelat, leci, blewah, kelengkeng, kacang ijo dan sirsak.

Es Cong Lik menawarkan kesegaran yang asli, karena di buat tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan. Yang pasti cocok untuk berbuka puasa dan menjadi penawar bagi tenggorokan Anda yang kering selama berpuasa seharian penuh.

Satu porsi Es Puter Cong Lik berkisa antara Rp. 13.000 sampai Rp. 20.000 tergantung varian rasa yang dipilih.

21. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie Kopyok : jejakkakirani.blogspot.com

Satu lagi makanan khas Semarang yang sayang untuk dilewatkan adalah Mie Kopyok. Mie Kopyok Pak Dhuwur berlokasi di Jalan Tanjung No. 18A, Semarang, Jawa Tengah.

Makanan khas Semarang ini terdiri dari mie kuning yang disajikan dengan irisan tetelan daging, tahu, lontong, tauge dan kerupuk gendar (terbuat dari beras), kemudian Mie Kopyok lalu disiram dengan kuah yang telah diberi bumbu bawang putih, ditaburi seledri, bawang goreng dan diberi kecap manis.

Untuk menikmati makanan enak dan mengenyangkan ini, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup dengan Rp. 8.000 saja, Mie Kopyor siap disantap.

22. Warung Sate 29

Warung Sate 29 : swarabanget.blogspot.com

Bisa dikatakan bahwa Warung Sate 29 yang berlokasi di Jalan Gajah Mada No 87 Kota Semarang, Jawa Timur ini tak pernah sepi pengunjung. Rata-rata saat jam makan siang dan malam, orang-orang berbondong-bondong menuju tempat ini untuk makan sate, begitu pun saat menjelang berbuka puasa.

Menu yang disajikan diantaranya sate daging, sate campur yang terdiri dari irisan daging dan jerohan kambing, Sate Buntel, Otak dan Gulai Sumsum.

Sate Buntel : kreasimasakan.blogspot.com

Untuk menjaga kualitas sate, proses pembakaran sate tidak dilakukan dengan menggunakan kipas angin mesin, akan tetapi menggunakan kipas tangan dan memakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit.

Mungkin karena faktor kehati-hatian dan ketelitiannya untuk mengolah sate tersebut yang menjadikan tempat ini sebagai tempat favorit berbuka puasa.

Untuk satu porsi seluruh sate di dalam menu dibanderol Rp. 50.000 dan untuk dua porsi Sate Buntel juga dihargai Rp. 50.000, sedikit lebih mahal dari sate pada umumnya.

23. Bebek Goreng Pak Thori

pusatkulinersemarang.blogspot.com : Bebek Goreng Pak Thori

Berlokasi di Jalan Raya Manyaran Gunungpati Km 15, kota Semarang Jawa Tengah, Bebek Goreng Pak Thori telah cukup lama hadir sebagai penawar bagi penggemar kuliner olahan daging bebek di Semarang.

Ciri khas dari Bebek Goreng Pak Thori ini adalah daging bebeknya yang terasa empuk, gurih dan tak berbau amis. Ditambah dengn Sambal Ijo pedas atau Sambal Merah yang sedang menambah nikmat santapan berbuka puasa Anda.

Namun bagi Anda yang ingin menyantap menu lain selain bebek goreng, tidak perlu khawatir. Karena tersedia juga menu lainnya seperti Ayam Goreng, Lele Goreng dan Nasi Goreng. Walaupun tempatnya sederhana, Anda masih bisa merasakan kenyamanan makan di tempat ini.

24. Bakmi Jawa Pak Gareng

Bakmi Jawa Pak Gareng : inilahtempatwisata.com

Apabila Anda termasuk penggemar Bakmi, maka Bakmi Jawa Pak Gareng bisa menjadi solusi Anda untuk berbuka puasa bersama keluarga maupun teman-teman. Bakmi Jawa Pak Gareng dilengkapi dengan ayam suwir, telur, sawi dan kol.

Dan sebagai pelengkap Bakmi, Anda bisa memesan beraneka ragam sate untuk menambah nikmatnya sajian buka puasa Anda. Selain Bakmi, menu lainnya juga tersedia, seperti nasi ruwet, yaitu nasi goreng yang dicampur dengan mie yang kemudian disatukan sehingga tampilannya ruwet.

Harga satu porsi bakmi yang berlokasi di Jalan Wot Gandul Dalam, Semarang, Jawa Tengah ini dijual dengan harga Rp. 8.000 saja.

25. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar : airkangenbaru.blogspot.com

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar berlokasi di kawasan Kota Lama Semarang tepat berada di belakang gereja blenduk yaitu jalan MT. Haryono, Kota Semarang Jawa Tengah. Nama Bustaman diambil dari nama seorang kyai, yaitu Kyai Kertoboso Bustaman yang juga merupakan kakek buyut dari Raden Saleh.

Gulai kambing di tempat ini terbilang unik, Jika gulai kambing biasa memakai kelapa untuk dijadikan santan yang akan dijadikan kuah sehingga menghasilkan kuah yang kental nan gurih, maka Gulai Kambing Bustaman berbeda.

Kelapa tidak dijadikan santan namun diparut lalu di sangrai kering dan ditumbuk halus bersama bumbu-bumbu lainnya dan pada akhirnya menghasilkan kuah yang bening dan segar. Anda bisa menikmat satu porsi gulai kambing dengan nasi untuk berbuka puasa seharga Rp 27.000.

26. Soto Pak No

Soto Ayam : jawarentcar.blogspot.com

Rasanya akan terasa nikmat, bila kesegaran makanan berkuah ini menjadi hidangan untuk berbuka puasa. Berada di Jalan Thamrin no 28, Kota Semarang, Jawa Tengah dan Jl. Raya Sukun No.4 Banyumanik Semarang, rumah makan Soto Pak No sudah tidak asing lagi bagi warga Semarang.

Satu mangkuk kecil Soto Pak No terdiri dari nasi, bihun, tauge, suwiran ayam, irisan telur, daun bawang dan taburan bawang goreng.

Sebagai pelengkap, Anda perlu memesan sate kerang yang empuk dan sate telur puyuh untuk menemani hidangan soto yang gurih dan lezat ini. Satu porsi mangkuk kecil Soto Pak No dijual dengan harga yang murah meriah yaitu Rp. 4.000 saja.

27. Lumpia

Lumpia : tersedap.net

Di luar Kota Semarang, kudapan ini sudah sangat terkenal dan menjadi makanan yang dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang. Selain menjadi buah tangan, makanan khas Semarang ini juga cocok untuk menjadi kudapan pendamping makanan berat saat berbuka puasa.

Lumpia semarang berisikan bambu muda (rebung) yang renyah, udang atau ayam dan telur yang semuanya dibungkus dengan kulit Lumpia.

Cukup banyak tempat yang menyediakan Lumpia Semarang ini, namun Anda perlu coba untuk mengunjunginya di Jalan Kedungmundu Raya No. 16 Semarang, Jawa Tengah. Harga untuk satu lumpia berkisar antara Rp. 9.000 hingga Rp. 12.000.

28. Tahu Pong

Tahu Pong : mgifarizky.blogspot.com

Tahu pong termasuk kuliner khas Kota Semarang yang sudah dikenal sejak awal tahun 1930an. Namun karena Nama dari Tahu Pong sendiri berasal dari China, maka Tahu Pong dapat dikatakan termasuk resep akulturasi dari budaya peranakan.

Tahu Pong berasal dari kata kopong yang artinya kosong, yaitu tahu yang ketika kita iris didalamnya kosong tanpa ada isinya. Namun Tahu goreng ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi tahu komplit yang berisi pong, emplek, gimbal dan telor.

Tahu Kopyok Telor dan Tahu Pong Gimbal Telor. Harga Tahu Komplit (Pong, Emplek, Gimbal, Telor), Tahu Kopyok Telor dan Tahu Pong Gimbal Telor berkisar antara Rp. 18.000 sampai dengan Rp. 26.000.

Dan Anda bisa menemukan makanan khas Semarang ini salah satunya di Jalan Gajah Mada 63B, Semarang, Jawa Tengah.

29. Super Penyet

Super Penyet : blogramdani.blogspot.com

Ingin berbuka puasa dengan makanan yang enak dan murah ? Super Penyet solusinya. Rumah Makan yang berlokasi di Jalan Gajah Mada No 87 Kota Semarang ini menyediakan banyak pilihan menu seperti Udang Goreng, Ayam Goreng, Tahu Tempe Penyet dan Lele Penyet.

Dengan Aneka Sayuran untuk melengkapi sajian tersebut seperti cah kangkung, cah tauge ikan asin dan cah gingseng dan lain-lain.

30. Nasi Goreng Padang Bangjo

Nasi Goreng Padang : nasigorengpadang.com

Nasi Goreng Padang Bangjo merupakan Nasi goreng paling enak di Semarang. Cerita dibalik kata Bangjo nya pun menarik. Konon sebelum berjualan nasi goreng padang, si penjual berjualan ayam goreng yang menggunakan 2 macam sambal, yaitu sambal merah dan sambal hijau.

Setiap pelanggan yang membeli ayam goreng pasti akan ditanya, “bang atau Jo?” yang berarti “merah atau hijau?” dalam bahasa Jawa. Akhirnya Kata Bangjo pun melekat sampai sekarang.

Selain Nasi Goreng Bangjo, tempat ini juga menyediakan lauk tambahan yang tentunya akan sangat nikmat jika dicampur dengan nasi gorengnya, seperti Daging Kambing, Daging Ayam, Daging Sapi, Nanas, Keju, Telur, Ati Ampela, Keju, Pete dan masih banyak lagi.

Harga nasi goreng padang ini berkisar antara Rp. 9.000 hingga Rp. 13.000, tergantung dengan lauk yang dipilihnya. Tertarik untuk coba ? Anda bisa mengunjunginya di Jalan Hasanudin 1 No. 8 Semarang, Jawa Tengah.

Itulah 30 tempat buka puasa yang direkomendasikan di Kota Semarang yang tentu saja murah, enak dan menjadi tempat favorit yang asik bagi warga Semarang dan sekitarnya serta menjadi referensi bagi Anda yang berkunjung ke Kota Semarang.

Dari tempat tersebut, apakah Anda sudah ada rencana ingin berbuka puasa dimana ?

  1. 13 Tempat Asyik Ngabuburit di Kota Semarang dan Sekitarnya, ini Daftar Lengkapnya | WisataTempat.com1 year ago

    […] Baca Juga : 30 Tempat Makan Wisata Kuliner di Semarang Daerah Bawah, Barat, Kota, Atas Dengan Viewnya Bagus Yang… […]

    Reply
  2. author

    AfikRubik9 months ago

    Terimakasih infonya. Walaupun orang asli Semarang ternyata masih banyak tempat wisata kuliner yang belum saya kunjungi
    afikrubik.com

    Reply
  3. author

    Ita Maulani5 months ago

    Dulu, aku paling suka nongkrong di Soto Bangkong. Kuliner khas Semarang dengan harga yang tidak menguras isi kantung. Saya suka datang bersama keluarga, istri dan anak-anak.

    Tetapi, kini tidak pernah lagi akibat penyakit darah tinggi yang sering tak mau kompromi dengan sajian di rumah makan enak. Tetapi, teman-temanku masih banyak yang suka ke rumah makan legendaris ini kok.

    Bagi Anda yang bertempat tinggal di kota lain dan saat pergi ke Semarang ingin menikmati kuliner khas Semarang, salah satunya warung soto ini. Lokasinya juga mudah dijangkau di tengah kota.

    Yang lain tentu masih banyak, seperti jajanan lunpia, ikan bandeng, dsb.

    Reply
  4. author

    rumputsintetis.id4 months ago

    Seger banget kelihatannya, hehehe Bikin ngiler Min

    Reply

Leave a reply "30 Tempat Makan Wisata Kuliner di Semarang Daerah Bawah, Barat, Kota, Atas Dengan Viewnya Bagus Yang Enak 24 Jam Murah dan Terkenal"

Author: 
    author