17 Tempat Ngabuburit di Jogja Yang Asyik Favorit Enak Murah

2896 views

17 Tempat buat ngabuburit di Yogyakarta yang paling asyik favorit enak murah
17 Tempat buat ngabuburit di Yogyakarta yang paling asyik favorit enak murah

Menunggu waktu berbuka di Jogja bisa menjadi pengalaman yang mengasyikkan, karena di kota gudheg ini ada banyak tempat ngabuburit yang bisa dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman terdekat.

Berikut ini adalah 17 tempat ngabuburit paling asyik di kota Yogyakarta yang bisa menjadi referensi bagi Anda selama bulan suci Ramadhan.

1. Sindu Kusuma EduPark

Sindu Kusuma Edupark Bianglala, Sumber : indodigitals.blogspot.com

Bagi Anda yang ingin menikmati keseruan ngabuburit sambil bermain di wahana permainan seru bisa datang ke Sindu Kusuma EduPark yang terlatak di Jalan Jambon, Sleman, Yogyakarta. Lengkapnya fasilitas yang ditawarkan menjadi magnet tersendiri bagi warga Jogja untuk menunggu waktu buka puasa dengan ngabuburit di tempat wisata ini.

2. Embung Donomulyo Asri

Foto panorama suasana pagi di Embung Donomulyo Asri Godean Sleman, Sumber : jogja.mblusuk.com

Ingin menikmati ngabuburit dalam suasana yang tenang dan damai? Embung Donomulyo Asri jawabannya, karena lokasi ngabuburit yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang sejuk dan asri dengan rerimbunan pohon yang rindang. Mengobrol santai bareng teman sambil menikmati ketenangan suasana yang ada bisa menjadi momen yang tak terlupakan.

Lihat Juga : 52 Tempat Wisata Di Jogja (Yogyakarta) Terbaru Pantai / Kota Malam Hari Romantis Ada Yang Sejalur + Gratis Harus Dikunjungi

3. Kampung Ramadhan Kauman

Kampung Ramadhan Kauman, Sumber : 50kulinerjogja.blogspot.com

Meski berada di gang sempit daerah Kauman, namun kepopuleran tempat ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi sebagai tempat ngabuburit paling asyik di Jogja.

Bahkan kampung Ramadhan di Kauman sudah ada sejak tahun 1973 sehingga tak heran jika berada di lokasi ini Anda akan terbawa dalam suasana tempo dulu terlebih dengan bentuk bangunan lawas yang masih mendominasi dan tetap dipertahankan hingga saat ini.

Salah satu menu istimewa yang banyak diburu oleh pengunjung saat ngabuburit di kampung Ramadhan ini adalah Kicak yang hanya bisa ditemui saat bulan Ramadhan saja.

4. Jalur Gaza

Jalur Gaza, Sumber : lembahsungaibedog.blogspot.co.id

Jalur Gaza yang satu ini tidak terletak di Palestina, namun merupakan singkatan dari Jajanan Lauk Sayur Gubug Ashar Zerba Ada yang berlokasi di sekitar Masjid Mutohirin di sepanjang Jalan Sorogenen, Yogyakarta.

Tempat ngabuburit yang satu ini menyuguhkan aneka camilan, takjil dan minuman segar yang menggugah selera, tak heran jika kawasan ini menjadi tempat favorit buat warga Jogja yang ingin ngabuburit sambil mencari makanan untuk keperluan buka puasa.

5. Alun-alun Kidul

Alun Alun Kidul, Sumber : ariningputri95.blogspot.co.id

Tempat ngabuburit di Jogja selanjutnya adalah Alun-alun Kidul yang juga menjadi tempat favorit anak-anak muda di Yogyakarta untuk nongkrong sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Bagi Anda yang penasaran bisa mencoba tradisi Masangin atau masuk di antara dua beringin kembar yang ada di Alun-alun ini.

Dengan mata tertutup Anda dan rombongan bisa merasakan sensasi berjalan di antara dua beringin kembar tersebut yang tentunya semakin menambah keseruan momen ngabuburit Anda, karena meski terlihat mudah tidak semua orang bisa berjalan lurus ketika melakukannya.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan saat ngabuburit di tempat ini adalah bersepeda ria beramai-ramai dengan menyewa sepeda hias yang banyak terdapat di tempat ini.

6. Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer, Sumber : ceriffeta.blogspot.com

Suasana yang ramai selalu terlihat di Titik Nol Kilometer Jogja terutama ketika sore hari menjelang berbuka puasa. Lokasi tempatnya yang mudah diakses dan berada di selatam Malioboro menjadikan tempat ini sebagai destinasi favorit untuk ngabuburit ramai-ramai bareng teman atau keluarga.

Salah satu pemandangan unik yang bisa dijadikan spot untuk berfoto bersama adalah keberadaan tokoh Bumble Bee salah satu figure robot dalam film Transrofmer yang fenomenal.

Selain itu sembari ngobrol santai menunggu waktu berbuka, di tempat ini Anda juga bisa menyaksikan berbagai aksi kreatif seniman jalanan dalam menghibur pejalan kaki. Tentunya momen ngabuburit akan terasa lebih seru dan menyenangkan.

7. Malioboro

Malioboro, Sumber : skyteers.blogspot.com

Di sepanjang Jalan Malioboro Anda bisa ngabuburit bersama teman-teman dalam suasana yang menyenangkan. Tempat favorit yang satu ini bukan hanya menjadi ikon kota Yogyakarta namun juga bisa dipilih sebagai tempat asyik untuk menunggu waktu berbuka.

Di lokasi ini Anda bisa jalan-jalan dan cuci mata atau sekedar duduk dan menikmati aksi permainan musik dari seniman jalanan yang memadukan serangkaian musik tradisional dalam harmoni yang unik.

8. Tugu Pal Putih Jogjakarta

Tugu Pal Putih, Sumber : masih-maribelajar.blogspot.com

Tugu Pal Putih Jogja merupakan ikon kota Yogyakarta yang penuh dengan nilai historis. Tempat ini termasuk tempat favorit warga Jogja maupun wisatawan untuk berfoto ria, tak heran jika sejak sore tempat ini sudah ramai pengunjung yang ingin ngabuburit dengan nuansa Jogja yang kental.

Anda bisa menikmati suasana Jogja sembari duduk santai di monumen yang terletak di selatan Tugu Pal Jogja.

9. Pasar Seni Gabusan

Pasar Seni Gabusan, Sumber : goapindulweb.blogspot.com

Tempat ngabuburit di Jogja yang satu ini berlokasi di Jalan Parangtritis Km 9 Bantul, Yogyakarta. Lokasinya yang relatif luas ditambah banyaknya pedagang yang menggelar dagangan jajanan enak dan murah menjadikan tempat ini banyak dipilih sebagai tempat untuk menunggu waktu berbuka bersama teman-teman atau keluarga.

Di tempat ini juga tersedia wahana permainan anak yang seru sehingga sangat cocok bagi keluarga yang ngabuburit bersama anak-anak.

10. Taman Pelangi

Taman Pelangi, Sumber : ajakanak.blogspot.com

Taman Pelangi merupakan salah satu tempat unik dan asyik yang bisa dikunjungi saat ngabuburit di Jogja. Terletak di Kawasan Monumen Jogja Kembali, tempat ini menyuguhkan suasana kemeriahan yang berbeda dengan aneka rangkaian lampion warna warni yang memanjakan mata.

11. Bukit Bintang Hargo Dumilah

Bukit Bintang Hargo Dumilah, Sumber : destinasijavawisata.blogspot.com

Bagi Anda yang ingin menikmati ngabuburit dalam suasana alam yang berbeda bisa mengunjugi Bukit Bintang Hargo Dumilah yang bisa dicapai dengan rute Jalan Wonosari ke arah Pathuk. Sambil menunggu waktu buka puasa Anda bisa menikmati kerlip lampu di kota Jogja yang menawan dari ketinggian Bukit Bintang ini.

12. Jalan Kaliurang

Takjil, Sumber : satyawinnie.com

Saat melewati kawasan Jalan kaliurang bisa dipastikan deretan pedagang yang menjajakan menu takjil maupun jajajan enak dan murah buat berbuka puasa. Di lokasi ini Anda bisa jalan-jalan bersama teman-teman atau keluarga sambil bersendau gurau menikmati suasana sore yang semakin meriah.

13. Glagah Sari

Takjil, Sumber : yahyaridwan.blogspot.com

Hampir sama dengan kampung Ramadhan lainnya, aneka menu takjil bisa Anda beli saat ngabuburit di kawasan Glagah Sari. Banyaknya menu jajanan yang ditawarkan sangat cocok buat hidangan berbuka puasa bersama keluarga atau teman-teman terdekat.

14. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko, Sumber : jdfoodiary.blogspot.com

Bagi Anda yang ingin ngabuburit sambil menikmati sunset dalam suasana yang berbeda bisa mengunjungi Candi Ratu Boko. Di lokasi ini acara ngabuburit terasa semakin asyik dan tak terlupakan, terlebih dengan pemandangan di sekitar Candi yang begitu memukau.

15. Lapangan Karang Kotagede

Sate Sapi di Lapangan Karang Kotagede, Sumber : diasporaiqbal.blogspot.com

Tempat ngabuburit yang satu ini menjadi salah satu lokasi favorit untuk ngabuburit menjelang berbuka puasa. Lokasi lapangan yang luas ditambah banyaknya pilihan kuliner yang tersedia di tempat ini menjadi alasan bagi mereka yang ingin nongkrong bareng teman sembari menunggu adzan Maghrib.

16. Kampung Ramadhan Jogokaryan

Kampung Ramadhan Jogokaryan, Sumber : catatannobi.com

Tempat nagbuburit yang satu ini masuk dalam daftar tempat favorit masyarakat Jogja untuk menghabiskan waktu sebelum berbuka.

Kampung Ramadhan Jogokaryan terletak di wilayah Mantrijeron, dimana setelah waktu Ashar kawasan di sekitar Masjid Jogokaryan berubah menjadai pasar takjil dadakan dengan aneka menu jajanan enak dan murah untuk berbuka puasa.

Bukan hanya terbatas pada takjil saja, di kawasan ini juga banyak pedagang yang menggelar dagangan berupa pakaian muslim dan keperluan ibadah lainnya.

Di Masjid Jogokaryan juga sering diselenggarakan berbagai event keagaaman seperti lomba adzan dan kegiatan mendongeng sebelum berbuka puasa, sehingga menambah nuansa Ramadhan yang semakin kental.

Bagi Anda yang ingin berbuka puasa di masjid ini telah disediakan setidaknya 1000 porsi hidangan buka puasa untuk para jamaah yang datang.

17. Lembah UGM

Lembah UGM, Sumber : jalankesanakesini.blogspot.com

Kawasan Lembah UGM merupakan salah satu tempat favorit untuk ngabuburit menjelang berbuka puasa. Lokasinya yang mudah dijangkau dengan dengan suasananya yang bersih dan nyaman semakin membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh warga di Yogyakarta.

Selain jalan-jalan dan cuci mata, di lokasi ini Anda juga bisa mencari menu takjil dan camilan yang dijual dengan harga relatif murah.

Itulah beberapa tempat ngabuburit di Jogja yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari tempat ngabuburit paling asyik di Yogyakarta. Jangan lupa kunjungi salah satunya ketika Anda ngabuburit bersama teman-teman atau keluarga tercinta dan dapatkan pengalaman seru yang menyenangkan saat berbuka puasa.