17 Tempat Ngabuburit di Surabaya Yang Pas Asik Murah Enak

8815 views

Inilah 17 Referensi Tempat Pas Buat Ngabuburit di Kota Surabaya Yang Asik Murah Enak

Dalam hitungan hari ke depan, seluruh umat muslim di dunia akan menyambut datangnya bulan penuh berkah, bulan suci Ramadhan. Salah satu moment yang paling ditunggu adalah saat berbuka puasa atau yang biasa kita sebut Ngabuburit.

Untuk anda yang menetap atau sedang berada di Surabaya, admin kami telah menyiapkan beberapa referensi tempat Ngabuburit yang asik, enak, nyaman dan tidak menguras kantong anda aka murah meriah.

1. Taman Bungkul Surabaya

17 Referensi Tempat Pas Buat Ngabuburit di Kota Surabaya Yang Asik Murah Enak
Tempat ini dapat menjadi salah satu tujuan alternatif anda ngabuburit. Suasananya yang sejuk dengan pemandangan bunga dan pohon yang rindang serta beberapa permainan yang tersedia, membuat pengunjung tidak akan bosan di tempat ini. Seperti yang ketahui, Surabaya memiliki banyak taman yang dapat kita kunjungi antara lain:

Taman Bungkul (Ruang terbuka hijau sekaligus Makam Mbah Bungkul)
Lokasi: Jl. Darmo
Fasilitas: Batu untuk refleksi kaki, Jogging trek, Air mancur, Playground, Pujasera & Toilet)

2. Taman Ekspresi


Taman Ekspresi (Taman untuk mengekspresikan karya masyarakat)
Lokasi: Jl. Genteng Kali
Fasilitas: Open Stage (hasil karya masyarakat), Sarana olahraga, Taman baca, Diorama prasejarah & Toilet)

Baca Juga : 45 Tempat Wisata di Surabaya Yang Baru Dekat Bandara Timur

3. Taman Lansia


Taman Lansia (Taman alternatif untuk para Lansia)
Lokasi: Jl. Kalimantan
Fasilitas: Jogging trek yang bisa digunakan untuk kursi roda, pekarangan bunga, tempat duduk)

4. Taman Mundu


Taman Mundu (Taman hiburan, murah dan sehat)
Lokasi: Jl. Tambak Sari
Fasilitas: Jogging trek, Playground, Kolam air mancur, Air minum gratis & Toilet)

5. Taman Persahabatan


Taman Persahabatan (Taman kerjasama Pemkot Surabaya & Korea Selatan)
Lokasi: Jl. Dr. Soetomo
Fasilitas: Taman dari kurleb 50 jenis bunga, monumen dan tempat duduk

6. Taman Prestasi


Taman Prestasi (Taman sebagai media prestasi, ditampilkan berbagai replika penghargaan milik kota Surabaya)
Lokasi: Jl. Ketabang Kali
Fasilitas: Jogging trek, Mushola, Panggung musik & Toilet)

Untuk menu berbuka puasa, anda tidak perlu khawatir. Di sekitar taman banyak terdapat penjual-penjual makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

7. Jembatan Suramadu


Jembatan yang merupakan penghubung antara Surabaya dan Madura serta menjadi ikon kebanggaan warga Surabaya ini, saat menjelang berbuka puasa tak lepas oleh pengunjung yang nongkrong untuk ngabuburit.

Selepas pukul 4 sore, biasanya sudah ramai oleh pedagang yang menjajakan makanan dan minumannya. Saat berada disini, anda dapat menikmati menu berbuka sambil melihat keindahan jembatan yang berhiaskan lampu-lampu nan cantik.

8. Kawasan Ampel


Kawasan Ampel atau Kampung Arab Ampel. Kebanyakan masyarakat mengenalnya sebagai salah satu wisata religi Islam di Surabaya.

Dimana kita bisa berwisata sejarah menyusuri bangunan-bangunan kuno, kuliner makanan khas Timur Tengah yang memiliki rasa gurih, maupun berbelanja busana muslim dan perlengkapan haji serta oleh-oleh.

Akan terasa lengkap jika anda sekeluarga menghabiskan waktu ngabuburit hingga solat Tarawih berjamaah di sini.

9. Kebun Bibit Wonorejo


Sesuai dengan namanya, lokasi kebun bibit ini berada di kawasan Wonorejo, kecamatan Rungkut-Surabaya. Dengan luas sebesar 5.9 hektar, hawa sejuk serta asupan udara yang kaya akan oksigen membuat pengunjung tidak terasa untuk melewati waktu ngabuburit disini.

Ada banyak spot menarik di sini. Seperti Danau, Jogging Track, Playground, Fitnes Area, taman Bunga, Terapi Batu, Bibit Tanaman, Toilet, sentra Wisata Kuliner dsb.

Untuk tiket masuk anda tidak perlu khawatir karena disini tidak dipungut biaya apapun alias GRATIS & terbuka untuk umum.

10. Mall


Surabaya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, tentunya tidak dapat dipungkiri jika jumlah mall di kota ini sangatlah banyak. Diantaranya Tunjungan Plaza, Plaza Surabaya, Grand City, Galaxy Mall dan masih banyak lagi.

Tidak ada salahnya jalan-jalan di mall, dijadikan salah satu destinasi ngabuburit bersama teman dan kerabat.

11. Mangrove Pamurbaya

Hutan mangrove yang berlokasi di Pantai Timur Surabaya ini merupakan salah satu ekosistem yang memiliki peran penting, baik secara ekologi maupun ekonomi.

Fasilitas pendukung untuk menghabiskan waktu sambil ngabuburit jelang berbuka, seperti tempat ibadah, pusat kuliner, area parkir hingga akses jalan untuk menikmati hutan mangrove sudah lebih baik.

Berbagai aktifitas juga bisa dilakukan disini. Selain menikmati sejuknya pemandangan alam ditengah tumbuhan mangrove, selama perjalanan menuju pusat pantai, pengunjung juga diberi wawasan tentang berbagai satwa dan tumbuhan dengan papan informasi yang di pasang di setiap tepi jalan.

12. Masjid Agung Surabaya


Disini kita bisa memanjakan perut dengan berbagai macam makanan dan minuman yang banyak dijual. Mulai dari makanan yang memang khas Surabaya sampai makanan khas dari kota lainnya.

Selain makanan, disini kita juga bisa mencoba berbagai macam minuman segar atau hanya sebatas makan jagung bakar dan makanan ringan lainnya.

13. Masjid Al Akbar

Banyak kampung atau pasar ramadhan yang menjadi pilihan warga, salah satunya di sekitar Masjid Al Akbar. Disini dipenuhi dengan stand-stand mulai dari pakaian, mainan, makanan dan minuman pastinya.

Saat bulan Ramadhan, pihak masjid menyiapkan takjil untuk para pengunjung yang berbuka puasa. Untuk hari biasa menyiapkan kurang lebih 2000 porsi. Namun untuk weekend jumlahnya ditambah menjadi 3000 porsi.

Takjilnya berupa air minum kemasan gelas, kurma dan setelah shalat ada nasi bungkus. Semua kegiatan dilaksanakan di area air mancur masjid. Pengunjung baru bisa mengambil nasi bungkus di pintu keluar, selepas shalat Maghrib.

Selain masjid, tempat menarik yang sering di kunjungi disini adalah menara masjid yang tingginya mencapai 99 meter.

14. Monkasel (Monumen Kapal Selam)


Adalah monumen kapal selam terbesar di Asia yang merupakan bangunan yang dibangun dengan konsep skala penuh (bukan replika).
Hanya dengan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Anda besera keluarga bisa melihat dari dekat, KRI Pasopati 410 yang sesungguhnya sekaligus bisa mengajarkan anak-anak anda tentang sejarah.

Monumen ini memiliki fasilitas pendukung seperti Video Rama yang menyajikan film sinematik mengenai Kapal Selam KRI Pasopati 410 di saat menjalankan tugasnya, Cafetaria, Kolam Renang untuk anak-anak, Rekreasi Air, Stand Souvenir & Area Parkir

Jam buka Monkasel setiap hari pukul 08.00 – 22.00. Lokasinya yang sangat strategis dan berada di pusat kota, sudah pasti anda tidak akan sulit menemukannya.

15. Pakuwon City Food Festival


Biasanya para kawula muda dan keluarga mendatangi kawasan ini ngabuburit sambil menanti adzan Maghrib berkumandang. Seperti layaknya pusat kuliner yang lain, anda harus datang paling tidak setelah ashar.

Karena tempat ini akan dipadati oleh pengunjung yang sudah mulai memesan makanan bahkan 1 jam sebelum waktunya berbuka.

16. Pantai Kenjeran


Pantai ini merupakan salah satu yang dapat di kunjungi. Di sana anda bisa meghabiskan waktu ngabuburit sambil melihat matahari terbenam, di tambah angin sepoi-sepoi serta ombak laut yang berdesir.

Untuk penjual makanan pasti ada, karena tempat ini memang merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya.

17. Pasar Blauran


Lokasi ini bisa jadi pilihan untuk ngabuburit sambil berburu berbagai makanan. Disini anda bisa menemukan aneka jajanan tradisional yang menggugah selera, seperti ragam kue basah, bubur Madura sampai hidangan modern yang siap mengisi perut anda.