Yogyakarta

Deretan Tempat Wajib Dikunjungi Di Jogja

Yogyakarta kota yang tak ada habisnya untuk dijelajahi. Wisata belanja, kuliner, gunung, hingga pantai bisa ditemui disini. Wisatawan dapat memulai perjalanan dari stasiun Tugu dan mulai berjalan-jalan santai di tempat wajib dikunjungi di Jogja dalam daftar berikut.

Malioboro

wisata di jogja dekat malioboro

Kawasan ini adalah tempat wajib dikunjungi di Jogja, karena menjadi surga bagi pecinta belanja. Malioboro menyediakan berbagai jenis tempat berbelanja mulai dari pedagang kaki lima dengan kaos dan daster batik andalan, toko-toko, hingga mall besar yang menjajakan beragam jenis pakaian dan makanan.

Di pedestrian sebelah timur terdapat tenda-tenda penjual makanan yang menjajakan makanan ringan dan berat untuk memuaskan keinginan wisata kuliner. Setelah berjalan-jalan dan berbelanja, wisatawan dapat meneruskan perjalanan ke arah selatan menuju alun-alun utara, dan selatan.

Alun-Alun Utara Dan Selatan

alun alun utara jogja

Kedua alun-alun yang merupakan tempat wajib dikunjungi di Jogja ini hanya berjarak kurang dari 1 km. Alun-alun utara berada di sebelah selatan Malioboro, dan merupakan halaman dari Keraton Yogyakarta. Disinilah biasanya diadakan gelaran Sekaten yang memberikan hiburan murah bagi rakyat Yogyakarta dan sekitarnya.

Di Sekaten terdapat beragam permainan khas pasar malam seperti bianglala, komedi putar, kora-kora, rumah hantu dan lain sebagainya.Bergerak ke arah selatan, wisatawan dapat menemukan alun-alun selatan yang akan sangat ramai jika dikunjungi pada malam hari.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata Di Jogja Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

Disini, wisatawan dapat menaiki kendaraan hias yang dikendarai bersama seperti mengayuh sepeda. Meski kadang menyebabkan kemacetan, namun sensasi bersepeda malam dengan kendaraan hias yang menyala dalam gelap akan sangat menyenangkan.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Sekitar 1 jam ke arah selatan Malioboro, terdapat pantai yang menjadi tempat wajib dikunjungi di Jogja yaitu Parangtritis di kabupaten Bantul, Yogyakarta. Disini, Anda bisa menikmati pantai dengan ombak yang tinggi dan kawasan pasir yang luas. Pantai ini memiliki pasir lembut berwarna hitam dan cocok untuk bermain anak-anak karena aman dari binatang laut berbahaya.

Tak perlu khawatir jika merasa haus dan lapar, karena di kawasan parangtritis terdapat banyak rumah makan seafood lengkap dengan mushola dan kamar mandi. Jika ingin menginap,,tersedia banyak hotel dengan harga terjangkau.

Pantai Depok

 

Tak jauh dari Parangtritis, terdapat pantai Depok yang merupakan tempat wajib dikunjungi di Jogja oleh pecinta seafood. Disini Anda akan menemukan perahu-perahu nelayan yang berwarna warni dan cocok dijadikan spot foto. Harga seafood disini lebih murah jika dibandingkan dengan seafood di kota, dan tentu lebih segar karena didapat langsung dari nelayan.

Anda dapat menikmati seafood langsung disini dengan cara memesan jenis ikan dan jenis masakan di rumah makan yang tersedia, atau bisa juga berbelanja ikan dan hewan laut mentah di pasar pada kawasan pantai Depok.

Baca Juga :   Rekomendasi Tempat Wisata Terkenal Di Jogja

Pantai Samas

Pantai Samas terletak di wilayah Sanden, Bantul. Disini terdapat beberapa hal menarik yang sayang untuk dilewatkan. Sebagian wilayah pantai ini, digunakan untuk konservasi penyu sehingga bisa digunakan sebagai destinasi wisata siswa sekolah.

Yang unik dari pantai ini adalah adanya jembatan bambu sepanjang 210 meter yang mengarah ke gundukan pasir di seberang pantai Samas. Spot ini tentu menjadi spot favorit untuk berfoto oleh para pengunjung. Terlebih jembatan ini berada di hadapan tulisan Pesona Pengklik, yang merupakan pertemuan dua sungai yang juga membentuk laguna.

Pantai Goa Cemara

Pantai ini berada di daerah Srandakan, Bantul ciri khas dari tempat wisata ini adalah adanya pohon cemara yang berbentuk seperti goa. Kumpulan pohon cemara ini adalah gerbang masuk ke pantai dan sangat instagramable. Disini juga terdapat mercusuar yang masih berdiri tegak dan akan memberikan spot foto unik untuk koleksi di media sosial.

Kaliurang

kaliurang tlogo putri jogja

Kaliurang terletak di kaki gunung Merapi. Disini wisatawan dapat berkeliling dengan menyewa Jeep di kawasan bekas letusan gunung Merapi tahun 2010 silam. Selain itu, terdapat juga The Lost World Castle yang memiliki pemandangan indah gunung, berpadu dengan arsitektur istana yang cocok untuk latar berfoto.

Udara yang sejuk di kawasan ini menambah daya tarik karena memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang ingin sejenak menjauh dari kebisingan kota, dan menjadi tempat wajib dikunjungi di Jogja.

Baca Juga :   Foto Pantai Sundak di Gunung Kidul Jogja + Harga Tiket Masuk dan Letak Rute Alamat Peta Map
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh