Jawa Barat

6 Tempat Wisata Alam Di Jabodetabek Yang Wajib Diketahui

Jabodetabek merupakan singkatan dari beberapa kota metropolitan yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Kota-kota tersebut terkenal dengan banyaknya gedung tinggi menjulang di setiap daerahnya, khususnya Jakarta. Dibalik hal itu, beberapa kota tersebut masih memiliki tempat wisata alam yang bisa dikunjungi wisatawan saat penat dengan pekerjaan. Beberapa tempat wisata alam di Jabodetabek yang wajib diketahui adalah :

1. Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan tempat wisata alam di Jabodetabek yang masuk ke dalam wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta. Wisatawan bisa menggunakan transportasi berupa kapal ferry tradisional dari pelabuhan Muara Angke Jakarta untuk menuju ke pulau ini. Tempat  ini cocok dipilih untuk wisatawan yang ingin melepaskan penat setelah seminggu bekerja.

Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini akan disuguhkan dengan keindahan pantai dan laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba berbagai wahana air yang disediakan seperti cano, banana boat, angsa laut, jetsky, snorkeling, diving, dan donut boat.  Adanya banyak pohon rindang yang menghiasi sepanjang bibir pantai menambah kesan ketenangan dan kesejukan tempat ini.

2. Kebun Raya Bogor

Obyek wisata Kebun Raya Bogor merupakan kebun dengan luas 87 hektar yang dikembangkan oleh Thomas Stamford Raffles. Kebun ini berisi koleksi tanaman dari berbagai macam spesies mulai dari anggrek hingga rafflesia arnoldi. Kebun ini tepatnya berada di Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Baca Juga :   5 Tempat Rekreasi Favorit di Garut dan Sekitarnya SELAIN Kampung Sampireun dan Sabda Alam

Tempat wisata alam di Jabodetabek yang satu ini menghadirkan beberapa spot menarik yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Diantara spot yang disuguhkan disini adalah monumen lady raffles, danau gunting, patung the little mermaid, pemakaman belanda kuno, taman dan tugu teijsman, museum zoologi, dan griya anggrek.

3. Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas beralamatkan di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor. Tempat wisata alam di Jabodetabek ini memberikan panorama kebun teh yang luas dan indah. Kawasan ini terletak di ketinggian 1200 meter dengan suhu berkisar antara 18 hingga 22 derajat celcius.

Banyak hal yang wisatawan bisa lakukan disini seperti mengunjungi pabrik pengolahan teh, menikmati pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede, dan mencoba paralayang. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati sensasi berkeliling kebun dengan menyewa seekor kuda. Wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar sepuluh ribu rupiah saja.

4. Taman Bunga Wiladatika

Tempat wisata alam di Jabodetabek ini terletak di daerah Cibubur, Depok. Taman ini merupakan taman bunga yang dibangun sejak tahun 1980 dan memiliki luas sebesar 15 hektar. Wisatawan bisa menikmati pohon tua yang rindang dengan duduk bersantai maupun berjalan kaki bersama dengan keluarga tercinta.

Taman Bunga Wiladatika juga menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati pengunjungnya seperti kereta api mini, becak mini, bola air, perahu air, sepeda, flying fox, kolam renang, masjid, air mancur, dan gazebo. Selain itu, taman ini juga sering digunakan untuk lokasi syuting berbagai sinetron di tanah air.

Baca Juga :   6 Oleh Oleh Khas Bogor Yang Awet Tahan Lama, Terkenal Enak dan Harganya Murah

5. Bendungan Pintu Air Sepuluh

Bendungan Pintu Air Sepuluh atau yang biasa disebut dengan Bendungan Pasar Baru Irigasi Cisadane ini berada di Jalan Sangengo, Karawaci, Tangerang. Tempat wisata alam di Jabodetabek yang satu ini merupakan peninggalan dari kolonial Belanda yang telah dibangun sejak tahun 1927. Bendungan ini dialiri oleh sungai Cisadane yang merupakan sungai utama yang mengalir di Provinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat.

Bendungan ini memiliki panjang 125 km diatas sungai Cisadane dengan sepuluh pintu air yang memiliki lebar masing-masing sepuluh meter. Wisatawan yang berkunjung ke bendungan sungai ini bisa menikmati keindahan sungai Cisadane dan juga mengabadikan momen di tempat bersejarah ini.

6. Pantai Muara Beting

Tempat wisata alam di Jabodetabek yang terakhir ini berlokasi di daerah Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembing, Bekasi. Pantai ini memiliki pemandangan pasir yang berwarna cokelat terang dan hutan bakau dengan luas sekitar 70 hektar di bibir pantai. Tempat wisata ini jarang diketahui sehingga masih belum banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Wisatawan yang berkunjung pada bulan September hingga Februari bisa menemui kawanan burung yang bermigrasi dari Laut Cina Selatan. Beberapa fasilitas seperti tempat parkir, toilet, dan mushola juga disediakan di tempat ini.

Itulah beberapa tempat wisata alam di Jabodetabek yang bisa dijadikan referensi untuk liburan akhir pekan. Semua tempat tersebut cocok dipilih bagi wisatawan yang ingin bersantai sejenak dan menikmati kedamaian jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Baca Juga :   7 Jajanan Khas Bandung Murah Yang Sedang Trend Terbaru 2018 : Combro, Misro, Cireng DLL

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker