Yogyakarta

8 Tempat Wisata Alam Di Yogyakarta Yang Menarik Dikunjungi

Wisata Alam di Yogyakarta – Yogyakarta selalu menjadi kota yang dirindukan, mulai dari keramahan masyarakat, budaya, kuliner, sampai tempat wisata alam pun selalu membekas dihati para wisatawan yang datang. Tak heran jika Yogyakarta wajib dijadikan pilihan untuk menghabiskan liburan. Berminat untuk liburan ke Yogyakarta? Coba 8 tempat wisata alam di Yogyakarta ini yang bisa dijadikan destinasi liburan menarik.

Wisata Alam Di Yogyakarta Instragammable dan Unik

1. Cave Tubing, Kalisuci

Wisata Alam Di Yogyakarta

Ini adalah kegiatan menyusuri goa yang terletak didalam perut bumi. Kalisuci terletak di desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul. Tempat ini disebut Kalisuci karena terdapat mana air diatas aliran sungai yang sangat jernih, dan konon akan tetap jernih walaupun air sungai mengeruh. Untuk menyusuri goa ini dapat menggunakan ban atau body rafting yang disediakan oleh penjaga kawasan wisata cave tubing ini.

2. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Objek wisata ini terletak di ngarai sungai Oya yang membelah Desa wisata Bleberan. Diantara tebing-tebing bebatuan air terjun mengalir dengan indahnya. Terdapat banyak bebatuan dibagian bawah membentuk gundukan-gundukan yang memuat unik air terjun ini.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Jogja

Tempat ini konon merupakan tempat menyimpan kethuk atau instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro, sehingga diberi nama Sri Gethuk. Meskipun agak sedikit mistis, tidak mengurangi keindahan air terjunnya. Dan banyak juga para wisatawan yang datang.

3. Bukit Parang Endog

Wisata Sunset di Bukit Parang Endog Jogja

Terletak di ujung Timur Pantai Parangtritis, tempat ini digunakan untuk landasan olahraga paralayang. Jika ingin menikmati paralayang disini, bisa kok. Terbang bersama pilot yang berpengalaman, dan bisa merogoh kocek cukup dalam.

Tapi jika tidak ingin naik paralayang, atau takut ketinggian. Bukit ini juga asik kok dijadikan untuk nongkrong, apalagi saat sore hari bisa menikmati sunset dengan sangat jelas sambil melihat indahnya Pantai Parangtritis dari ketinggian.

4. Gumuk Pasir Parangkusumo

gumuk pasir parangkusumo

Wisata ini satu-satunya yang ada di Indonesia, yang bisa dijadikan sandboarding atau meluncur diatas pasir. Letaknya di Pantai Parangkusumo, Yogyakarta. Jika ingin menikmati sensasi meluncur coba datang ke gumuk pasir parangkususmo ini.

Tapi ini tidak semudah yang dibayangkan, sama seperti bermain sakteboard menjaga keseimbangan harus dilakukan agar tidak tergelincir kebawah.

5. Puncak Suroloyo

puncak suroloyo magelang

Puncak ini terletak ditengah pegunungan Menoreh, Kulon Progo, DIY. Untuk mencapai puncaknya, harus menaiki kurang lebih 290 anak tangga. Pemandangan yang disuguhkan dari atas puncak ini adalah hamparan awal yang tidak kalah keren dari puncak-puncak gunung terkenal lainnya.

Di puncak ini juga bisa menikmati hangat dan indahnya matahari terbit yang bisa memanjakan mata. Tidak ada salahnya kan sesekali mendaki puncak untuk mendapatkan keindahan alam yang tidak biasa.

Baca Juga :   52 Tempat Wisata di Jogja (Yogyakarta) Terbaru Daerah Gunung Kidul, Kulon Progo, Kota Malam Hari Romantis Ada Yang Sejalur + Pantai Gratis

6. Bukit Panguk

bukit pangguk kediwung jogja

Lokasi wisata ini terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Bila berlibur kesini akan mendapat pengalaman yang beda dari biasanya, karena disini dapat menikmati alam dan udara yang sejuk di pagi hari sambil menikmati secangkir teh atau kopi diatas bukit.

Yogyakarta memang tidak ada habisnya menghadirkan wisata alam yang menakjubkan. Jika berlibur ke Yogya jangan lupa mampir ke bukit ini ya.

7. Hutan Pinus Mangunan

hutan pinus mangunan jogja

Hutan ini terletak di Kecamatan Dlingo, hutan yang cantik dengan pohon pinus yang menjulang tinggi menjadikan tempat ini ciamik untuk dijadikan spot foto yang kece. Foto Prewed di hutan ini pun bisa dilakukan karena spot fotonya yang memang kece.

Banyak pohon pinus yang tumbuh dan tersusun rapih disini, dilengkapi dengan bangku-bangku kayu panjang sehingga jika berada di hutan ini terasa seperti di negeri dongeng yang cantik.

8. Umbul Ponggok

Tempat Wisata Di Jogja Terbaru

Sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi tempat wisata alam di Yogyakarta. Kolam ini tidak seperti kolam renang pada umumnya yang dasarnya terbuat dari keramik, dasar umbul ponggok ini sangat masih sangat alami berupa bebatuan dan hamparan pasir yang luas.

Banyak aneka ikan warna-warna yang hidup di dasar kolam ini. Untuk bisa menikmati keindahan didalam umbul ponggok ini, bisa snorkelling atau diving. Tapi jika tidak bisa berenang bisa mengelilingi umbul ini dengan perahu.

Baca Juga :   Tempat Wisata Yang Ada Di Yogyakarta Yang Menarik

Indah bukan wisata alam di Yogyakarta? Nah, untuk menghabiskan waktu liburan atau merilekskan pikiran sejenak bisa memilih 8 tempat wisata alam di Yogyakarta ini untuk dijadikan destinasi wisata liburan yang menarik atau pilih salah satu juga tidak masalah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh