Yogyakarta

5 Tempat Wisata Alam Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Berwisata merupakan sebuah agenda yang menyenangkan terutama jika dilakukan bersama keluarga. Tidak hanya itu, cara ini tentunya cocok bagi para pekerja yang selalu sibuk bekerja setiap harinya. Saat ini sudah banyak kota yang menyediakan objek wisata menarik termasuk Jogja. Selain terkenal sebagai kota pelajar, ternyata banyak juga wisata alam menarik yang bisa dikunjungi. Dan berikut 5 tempat wisata alam Jogja yang wajib dikunjungi:

1. Tebing Breksi

Lokasi Tebing Breksi

Tempat wisata alam Jogja pertama yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke kota ini adalah Tebing Breksi. Objek wisata ini terletak tidak jauh dari pusat Kota Jogja yaitu di Desa Sambirejo, Sleman, Yogyakarta. Lokasi ini tentunya menarik karena menawarkan liburan yang berbeda dari tempat berlibur pada umumnya.

Di lokasi ini terdapat beberapa tebing batu yang bisa anda daki. Apakah berbahaya? Tenang. Disini sudah tersedia anak tangga yang bisa dimanfaatkan untuk naik ke atas. Selain berfoto, tempat ini juga bisa digunakan untuk sarana edukasi karena dulunya lokasi ini adalah bekas tambang.

2. Embung Nglangeran

embung nglanggeran

Embung merupakan sebuah sebutan untuk danau buatan atau tempat penampungan air hujan untuk sarana pengairan. Namun, karena keindahannya dan lokasinya yang menarik, kini objek semacam ini justru laris manis dituju sebagai lokasi wisata. Selain terdapat di beberapa kota, Jogja juga memiliki salah satu embung yang cukup terkenal yaitu Embung Nglangeran.

Baca Juga :   5 Wisata Pantai Di Yogyakarta Yang Sayang Dilewatkan

Untuk yang tertarik berkunjung ke tempat ini, bisa menuju daerah Gunung Kidul tepatnya di Nglangeran, Patuk, Yogyakarta. Meski jalan yang dilewati cukup berkelok, namun semua itu akan terbayar saat sampai keatas. Suguhan pemandangan serta angin yang berhembus sejuk akan membuat  betah berlama-lama di tempat ini.

3. Air Terjun Kedung Kandang

air terjun kedung kendang

Tempat Wisata alam Jogja lainnya yang patut dikunjungi saat berlibur bersama keluarga adalah Air Terjun Kedung Kandang. Sama seperti Embung Nglangeran, objek wisata ini terletak di daerah Gunung Kidul lebih tepatnya di Nglangeran, Kecamatan Patuk. Meski masih terbilang baru, namun nyatanya pengunjung yang datang kesini cukup banyak.

Selain memiliki aliran air yang jernih, Air Terjun Kedung Kandang juga memiliki nilai eksotis yang berbeda dari air terjun lain. Di lokasi ini, terdapat aliran air yang seakan turun dari bebatuan yang berbentuk seperti tangga. Tidak sampai disitu, pemandangan alam serta masih asri-nya lingkungan ini akan membuat tubuh rileks dan puas menikmati keindahan yang ditawarkan.

4. Gumuk Pasir Parangkusumo

gumuk pasir parangkusumo

Untuk yang tinggal di kota Jogja maupun sekitarnya, mungkin sudah tidak asing dengan tempat satu ini. Ya, Gumuk Pasir Parangkusumo namanya. Namun, jika belum mengetahui lokasi objek wisata ini, bisa menuju ke Jalan Pantai Parangkusumo atau Parangtritis di Daerah Bantul, Yogyakarta.

Gumuk Pasir Parangkusumo bisa dibilang merupakan salah satu tempat wisata alam Jogja yang sangat unik. Hal ini dikarenakan, bukit pasir ini hanya ada beberapa saja di dunia. Dan beruntung sekali Indonesia termasuk negara yang memilikinya. Selain cocok untuk berfoto, disini juga bisa menyewa papan untuk bermain sandboarding atau seluncur pasir.

Baca Juga :   7 Tempat Bermain Anak Di Jogja Yang Paling Direkomendasikan

5. Wisata Alam Kalibiru

Tempat wisata alam Jogja lainnya yang tidak kalah menarik untuk anda kunjungi adalah Wisata Alam Kalibiru. Objek wisata ini sangat cocok untuk anda yang ingin berlibur ke tempat eksotis . Lokasinya ada di Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Untuk sampai ke tempat ini, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan terlebih jika anda berasal dari luar kota/pulau. Nah, selain cocok untuk bersantai dan melepas penat, Wisata Alam Kalibiru cocok untuk  yang suka berfoto. Untuk mendukung semua itu, disini sudah tersedia berbagai spot menarik yang bisa dicoba.

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh