5 Tempat Wisata di Purwakarta Jawa Barat: Wanayasa, Waduk Jatiluhur, Air Terjun Curug Cipurut DLL

5 Tempat wisata di purwakarta jawa barat wanayasa terbaru giri tirta kahuripan dekat stasiun objek obyek jelajahi waduk jatiluhur daerah desa kuliner jabar air terjun curug cipurut situ buleud cirataObjek Liburan Alam di Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat

Tempat wisata di Purwakarta bisa menjadi destinasi menarik bagi anda yang sedang menjalankan tugas dinas di Purwakarta maupun merencanakan liburan.

Salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat ini memang lebih dikenal sebagai tempat transit selama perjalanan dari Bandung ke Jakarta maupun sebaliknya.

Padahal, kota Purwakarta juga memiliki beragam tempat wisata menarik yang layak untuk dikunjungi, terutama wisata alam yang indah. Nah, jika anda penasaran tempat wisata di Purwakarta apa saja yang menarik untuk dikunjungi, simak ulasan berikut ini:

1. Waduk Jatiluhur


Waduk Jatiluhur adalah ikon wisata Purwakarta yang sudah cukup terkenal. Objek wisata yang memiliki luas hingga 8.300 hektar ini merupakan muara dari aliran Sungai Citarum.

Hingga saat ini waduk yang berada sekitar 9 km dari kota Purwakarta ini masih digunakan untuk irigasi, budaya perikanan, dan air minum.

Di objek wisata ini anda dapat melakukan aktivitas memancing maupun menyusuri waduk dengan menyewa perahu. Fasilitas yang tersedia di Waduk Jatilihur sangat lengkap, seperti hotel, bungalow, restoran, lapangan tenis, wahana rekreasi, perkemahan, dan beberapa olaharaga air.

2. Waduk Cirata


Selain Waduk Jatiluhur, anda juga bisa mengunjungi Waduk Cirata yang terletak di Kecamatan Plered yang berjarak 15 km dari pusat kota Purwakarta. Waduk Cirata digunakan sebagai PLTA yang merupakan PLTA terbesar se-Asia Tenggara.

Di objek wisata ini anda dapat menyaksikan pemandangan indah di sekitar waduk sambil menikmati jajanan khas Purwakarta yaitu peuyeum.

3. Situ Buleud


Situ Buleud atau kolam bundar adalah tempat wisata menarik yang terletak di Desa Nagri Klare, Kecamatan Purwakarta. Konon, dulunya objek wisata ini merupakan tempat mandi badak saat kota Purwakarta masih berupa hutan belantara.

Setelah itu, tempat ini dijadikan tempat peristirahatan bagi para kolonial Belanda di masa lalu. Namun, sekarang Situ Buleud yang berada di area seluas 4 hektar ini dijadikan sebagai tempat rekreasi dan olahraga masyarakat lokal.

4. Situ Wanayasa


Selain Situ Buleud, tempat wisata di Purwakarta yang bisa anda kunjungi adalah Situ Wanayasa. Objek wisata yang berada di Kecamatan Wanayasa ini memiliki pemandangan yang indah dan asri.

Situ Wanayasa memiliki luas 8 km persegi dan anda bisa mengelilinginya dengan menyewa perahu yang tersedia di sekitar tempat ini.

Sembari menikmati pemandangan, anda bisa mencoba mencicipi makanan khas kota Purwakarta, yaitu sate mranggi.

5. Air Terjun Curug Cipurut


Sekitar 3 km ke arah selatan dari Wanayasa, anda dapat menemukan tempat wisata menarik yaitu Air Terjun Curug Cipurut. Tempat wisata yang berada di ketinggian 750 m dpl ini banyak dikunjungi wisatawan untuk berekreasi, hiking maupun camping.

Tags: #Air Terjun Curug Cipurut #Situ Buleud #Situ Wanayasa #Waduk Cirata #Waduk Jatiluhur

  1. adi2 years ago

    wisata ke purwakarta paling penting itu ya waduknya, jatiluhur

    Reply
  2. World Net Tour Agen Tour Dan Travel Purwakarta1 year ago

    Purwakarta Emang keren Gan, jangan lupa kunjungi agen tour dan travel purwakarta worldnettour.net kami memiliki banyak paket wisata salah satunya wisata ke kota purwakarta

    Reply

Leave a reply "5 Tempat Wisata di Purwakarta Jawa Barat: Wanayasa, Waduk Jatiluhur, Air Terjun Curug Cipurut DLL"

Author: 
    author