Jawa Barat

11 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung

sewa mobil jogja banner

Tempat Wisata di Bandung – Kota Bandung yang seringkali disebut sebagai Kota Paris di Indonesia ini menyimpan banyak cerita dan pemandangan alam yang indah. Selain banyak peristiwa bersejarah yang tercipta, Bandung juga terkenal akan kuliner dan objek wisatanya yang beragam. Berikut adalah rekomendasi beberapa tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata di Bandung

Kawah Putih Ciwidey

tempat wisata bandung kawah ciwidey

Terletak di Jl. Raya Soreang Ciwidey KM 25, Bandung tidak membuat banyak orang enggan mengunjungi objek wisata satu ini. Kawah Putih Ciwidey terbentuk karena letusan dari Gunung Patuha. Disebut sebagai kawah putih karena tanah yang ada di objek wisata ini berwarna putih.

Unsur pasir putih ini dikarenakan adanya campuran belerang. Berbeda dengan objek wisata kawah lainnya, tempat wisata di Bandung satu ini memiliki air kawah yang berwarna putih kehijauan. Warna airnya juga akan berubah-ubah tergantung dari konsentrasi belerang, cuaca dan suhu di tempat tersebut.

Dibalik kelebihan dan eksotisme yang ditawarkan, objek wisata ini juga memiliki kekurangan. Diantaranya adalah jarak dari gerbang utama menuju objek wisata cukup jauh, sehingga beberapa pengunjung mengeluhkan lelah. Adanya bau belerang yang terkadang sangat menyengat serta udara yang cukup dingin di pagi hari.

Informasi Tiket dan Parkir

  • HTM : Rp15.000,00 / orang
  • Mobil (Parkir Atas) : Rp150.000,00
  • Motor (Parkir Atas) : Rp35.000,00
  • Mobil (Parkir Bawah) : Rp6.000,00
  • Motor (Parkir Bawah) : Rp5.000,00
  • Bus (Parkir Bawah) : Rp25.000,00
  • Ontang Anting : Rp13.000,00

Berbicara soal fasilitas yang ada di objek wisata ini bisa dibilang cukup memadai. Fasilitas umum seperti musholla, toilet, warung dan lain sebagainya tersedia disini. Jika penasaran dengan tempat wisata di Bandung ini, bisa mengunjunginya setiap hari pada pukul 07.00 – 18.00 WIB.

Farm House Lembang

tempat wisata di bandung farm house lembang

Objek wisata di Lembang, Kabupaten Bandung memang memiliki daya tarik tersendiri. Seperti halnya objek wisata Farm House Lembang yang sudah beroperasi sejak 2015 silam. Tempat wisata di Bandung ini hingga saat ini masih digemari banyak orang, terlebih ketika musim liburan tiba.

Lokasi Farm House Lembang adalah di Desa Gadangkahuripan, tepatnya di Jl. Raya Lembang No 108. Karena lokasinya berada di pedesaan, maka tidak mengherankan jika banyak orang menjadi betah berlama-lama di tempat wisata ini. Selain sejuk, ada banyak hal yang bisa pengunjung coba dan lakukan.

Pengunjung bisa menikmati sensasi berada di Eropa pada salah satu spot di tempat ini. Bangunan dan desainnya dibuat sedemikian rupa untuk menonjolkan sisi yang unik. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga bisa menyewa baju layaknya noni Belanda.

Informasi Tiket dan Parkir

  • HTM : Rp20.000,00
  • Motor : Rp5.000,00
  • Mobil : Rp10.000,00

Perlu diketahui bahwa harga tiket masuk tersebut sudah termasuk welcome drink yang berupa susu dan juga sosis bakar. Namun, perlu dicatat bahwa HTM tersebut tidak termasuk harga menyewa wahana dan fasilitas yang ditawarkan disana.

Sayangnya yang menjadi salah satu kekurangannya adalah pada saat parkiran utama penuh. Jadi, pengunjung mau tidak mau harus parkir di luar area objek wisata yang tarifnya lebih mahal. Maka dari itu, datanglah lebih pagi.

Kebun Teh Sukawana Lembang

kebun teh sukawana wisata bandung

Berada di Kecamatan Cisaura, tepatnya di Desa Kertawangi objek wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang unik. Tempat wisata di Bandung ini memang tidak seluas Kebun Teh Rancabali, namun masih digemari oleh banyak pengunjung. Begitu memasuki daerah ini, pengunjung akan disambut oleh hamparan kebun teh yang rapi dan menyegarkan pengelihatan.

Baca Juga :   25 Tempat Wisata di Cirebon Terbaru 2018 Dekat Stasiun dan Sekitarnya : Laut Pantai Menarik, Taman Ade Irma DLL

Jika cuaca sedang cerah, pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Tangkuban Perahu dan Burangrang. Tidak jauh dari lokasi wisata, terdapat pabrik pengolahan teh dari kebun teh tersebut. Pengunjung bisa melihat proses pengolahannya hingga menghasilkan produk yang bisa dijual. Akan tetapi, pengunjung harus izin terlebih dahulu kepada satpam dan menyetujui beberapa persyaratannya.

Informasi Harga Tiket dan Fasilitas

Untuk bisa memasuki tempat wisata di Bandung ini, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp5.000,00 saja. Jika ingin mendirikan tenda di sekitar objek wisata, maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000,00. Sayangnya fasilitas seperti toilet umum belum tersedia disini. Namun pengunjung bisa menggunakan toilet yang ada di musholla atau menumpang di warga sekitar.

Pesona keindahan Kebun Teh Sukawana Lembang memang menarik, sayangnya jalan menuju objek wisata belum bagus. Belum ada perbaikan lebih lanjut terkait jalan tersebut, sehingga pengunjung perlu berhati-hati karena medannya yang cukup sulit.

Gunung Tangkuban Perahu

Pesona-Wisata-Pesona-Tangkuban-Perahu

Tempat wisata di Bandung selanjutnya masih berada di daerah Lembang, tepatnya di Jl. Gunung Tangkuban Perahu. Objek wisata Gunung Tangkuban Perahu tidak luput dari cerita sejarahnya yang sangat melegenda. Gunung dengan ketinggian 2084 mpdl ini terakhir meletus pada tahun 2015 masih masuk pada kategori gunung aktif.

Secara umum, Gunung Tangkuban Perahu memiliki 2 kawah yang terkenal, yaitu Kawah Ratu dan Kawah Domas. Kawah Ratu merupakan kawah terbesar dan berada di bagian paling atas. Kawah Domas terletak 1,2 km di bawah Kawah Ratu. Pengunjung bisa merebus telur hingga matang di Kawah Domas, mengingat suhu air belerangnya sangat tinggi.

Informasi Harga Tiket, Jam Operasional dan Fasilitas

  • Weekdays (Lokal) : Rp20.000,00
  • Weekend (Lokal) : RP30.000,00
  • Weekdays (Mancanegara) : Rp200.000,00
  • Weekend (Mancanegara) : Rp300.000,00

Objek wisata ini buka setiap hari pada pukul 07.00 – 17.00 WIB. Namun, jika terdapat suatu hal tertentu, objek wisata ini akan ditutup untuk sementara waktu.

Fasilitas umum seperti musholla, toilet serta rumah makan sudah tersedia di objek wisata ini. Jika ingin menginap juga tidak perlu cemas, karena sudah ada penginapan yang tidak jauh dari lokasi. Pengunjung juga bisa membeli berbagai pernak pernik yang ditawarkan di sekitar objek wisata.

Curug Maribaya

The Lodge Maribaya Lembang Bandung

Di setiap sudut kota Bandung hampir memiliki objek wisata yang berbeda-beda. Di sudut Cibodas, Lembang yang tepatnya di Kampung Cikondang ini terdapat objek wisata Curug Maribaya. Objek wisata ini buka pada pukul 09.00 – 18.00 WIB setiap harinya.

Di Curug Maribaya, pengunjung akan dimanjakan dengan panorama alam air terjun dan lingkungannya yang masih asri. Tidak mengherankan jika banyak pengunjung yang betah berlama-lama di objek wisata sambil mendokumentasikannya.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Tidak hanya berfoto di sekitar objek wisata saja. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain yang tentunya menyenangkan. Beberapa diantaranya adalah berjalan di Sky Bridge Tapak Halimun. Sesuai namanya, ini merupakan jembatan untuk menikmati keindahan Curug Maribaya dari sudut yang berbeda.

Jika membawa anak-anak, maka bisa diajak ke Children Playground. Disini ada banyak wahana permainan untuk anak yang berusia 3-7 tahun. Contohnya seperti jungkat jungkit, ayunan, Rumah Hobbit, papan seluncur dan lain sebagainya.

Informasi Harga Tiket Masuk, Parkir dan Fasilitas

  • HTM : Rp25.000,00 (Weekdays) dan Rp35.000,00 (Weekend)
  • Motor : Rp5.000,00
  • Mobil : Rp20.000,00

Fasilitas yang ditawarkan di Curug Maribaya tidak hanya fasilitas umum saja, melainkan juga Kolam Rendaman Air Panas Tirta Sawarna. Biaya yang dikeluarkan untuk bisa menikmati fasilitas tersebut tentunya beragam, tergantung jenis kolam yang dipilih.

Pasar Wisata di Bandung

Floating Market Lembang

floating market lembang bandung

Objek wisata ini merupakan konsep gabungan antara keindahan alam Lembang dengan pasar apung tradisional di Bangkok serta Sungai Kuin. Disini wisatawan bisa mencoba aneka kuliner khas Lembang yang dinikmati di atas perahu apung. Wisatawan nantinya akan dimanjakan dengan makanan tradisional khas Sunda, Jawa Barat, ikan segar dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Mengenal Tempat-Tempat Wisata Anak Di Bandung

Tidak hanya berwisata kuliner saja, tempat wisata di Bandung ini juga menyediakan fasilitas lain yang mengasyikkan. Ada banyak sekali wahana permainan yang bisa dicoba, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Di Floating Market ini terdapat sebuah miniatur kereta api sekaligus sebagai salah satu suvenir dari tempat ini.

Informasi Tiket Masuk, Parkir, Jam Operasional dan Fasilitas

  • HTM : Rp15.000,00 (Weekdays) dan Rp20.000,00 (Weekend)
  • Motor : Rp5.000,00
  • Mobil : Rp10.000,00
  • Senin – Jumat : 09.00 – 17.00 WIB
  • Sabtu – Minggu : 09.00 – 20.00 WIB

Perlu diingat bahwa tiket masuk bisa ditukarkan dengan pilihan minuman yang tersedia, seperti milo, lemon tea dan lain sebagainya. Biaya tiket masuk tidak termasuk tiket untuk mencoba wahana yang ada disana.

Fasilitas yang disediakan disana juga sudah lengkap, mulai dari toilet umum, musholla, warung makan dan lain sebagainya. Jika penasaran seperti apa sensasinya, pengunjung bisa mendatanginya di Jl. Grand Hotel No 33 E, Lembang.

Baca Juga : Rekomendasi  13 Tempat Wisata di Bandung Unik dan Menarik

Saung Angklung Udjo

saung angklung udjo wisata bandung

Siapa yang tidak kenal Saung Angklung Udjo? Tempat wisata di Bandung satu ini sudah terkenal di kalangan mancanegara. Wisatawan yang berkunjung disini bisa belajar banyak hal terkait angklung, seperti cara memainkannya. Ada pula pertunjukkan seni dan edukasi budaya yang ditampilkan disini.

Tidak hanya menambah wawasan saja, pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Sunda dengan cita rasa original. Kuliner tersebut bisa ditemukan di Dapoer Angklung, dimana menyajikan makanan khas Bandung seperti Batagor dan Siomay. Tidak perlu mencemaskan akan harganya, karena disini harganya sangat terjangkau.

Informasi Tiket Masuk dan Parkir

Biaya yang dikeluarkan untuk bisa memasuki wilayah Saung Angklung Udjo adalah Rp60.000,00 untuk wisatawan domestik dan Rp110.000,00 untuk mancanegara. Bagi pelajar domestik, tarifnya adalah Rp40.000,00 dan pelajar mancanegara adalah Rp60.000,00. Adapun tarif untuk parkir motor adalah Rp3.000,00 dan Rp5.000,00 untuk mobil.

Jika ingin mengetahui terkait Angkung Udjo mulai dari sejarah dan lain sebagainya, bisa dengan mendatanginya di Jl. Padasuka No 118, Bandung. Tempat wisata di Bandung ini buka pada pukul 08.00 – 22.00 WIB setiap harinya. Namun, jika ada acara khusus maka jam operasional sedikit berbeda.

Tempat Wisata Anak di Bandung

De Ranch

DeRanch Lembang Tempat-Wisata-Bandung Ala Texas

Berwisata sambil belajar merupakan kombinasi yang bagus, terlebih untuk menambah wawasan anak-anak. De Ranch Lembang yang berada di Jl. Maribaya No 17 ini menghadirkan wisata keluarga dengan konsep Western. Ada banyak sekali aktivitas yang pengunjung lakukan disini, salah satunya adalah menunggangi kuda sekaligus dengan menggunakan kostum koboy.

Anak-anak yang ingin menunggangi kuda juga bisa, tersedia kuda yang kecil untuk anak-anak. Di tempat ini juga terdapat wahana lain seperti outbond, wahana permainan air, permainan anak dan lain sebagainya. Konsepnya yang menarik, suasananya yang asri membuat para pengunjung menjadi betah berlama-lama di tempat ini.

Informasi Tiket Masuk

Harga tiket masuk De Ranch Lembang sangat terjangkau, yaitu hanya Rp15.000,00 saja. Nantinya tiket masuk juga bisa ditukar dengan susu murni. Namun, perlu dicatat bahwa tiket tersebut tidak termasuk untuk wahana permainan yang tersedia disana. Masing-masing wahana memiliki tarif yang berbeda-beda, meskipun demikian nantinya akan memberikan pengalaman yang berharga.

Tempat wisata di Bandung ini buka pada pukul 09.00 – 17.00 WIB pada saat weekdays dan 08.00 – 18.00 pada saat weekend. Jika penasaran, silahkan kunjungi De Ranch Lembang di Jl. Maribaya No 17.

Baca Juga :   7 Objek Wisata Di Cianjur Yang Murah Dan Indah

Amazing Art Bandung

amazing art bandung

Jika ingin mencoba objek wisata yang berbeda dari sebelumnya, Amazing Art Bandung bisa menjadi rekomendasinya. Tempat wisata di Bandung ini terletak di Sukasari, tepatnya di Jl. Setiabudi No 293. Objek wisata ini mengusung konsep 3D di hampir setiap sudutnya. Ada banyak sekali spot instagramable yang ditawarkan, sayang jika tidak diabadikan.

Beberapa spot menarik disini diantaranya adalah spot Dinosaurus, Aqua, Musim Dingin serta Fantasi. Karena keunikannya ini, tidak mengherankan jika Amazing Art Bandung ini ramai dikunjungi setiap hari. Tips jika ingin berkunjung kesini adalah datanglah lebih pagi ketika weekend agar tidak terlalu lama dalam antri foto.

Informasi Harta Tiket dan Operasional

Biaya yang dibebankan kepada wisatawan yang berkunjung adalah Rp100.000,00 untuk dewasa dan Rp80.000,00 untuk pelajar pada saat weekdays. Tarif untuk weekend sedikit berbeda, yaitu Rp130.000,00 untuk dewasa dan Rp100.000,00 untuk pelajar. Wisatawan yang ingin mengunjungi Amazing Art Bandung bisa datang pada pukul 09.00 – 21.00 WIB setiap harinya.

Tempat Wisata Air Panas di Bandung

Pemandian Air Panas Ciater

pemandian-air-panas-Ciater

Berwisata ke Pemandian Air Panas Ciater, Bandung pada saat weekdays maupun weekend sangatlah cocok. Pemandian ini berada di daerah Subang, yaitu di Jl. Raya Ciater, Nagrak. Pengunjung bisa merelaksasikan tubuhnya setelah lelah bekerja dengan berendam di kolam pemandian tersebut. Ada banyak kegiatan dan fasilitas yang bisa dicoba disini.

Bagi pengunjung yang berasal dari luar kota dan ingin menginap tidak perlu cemas, karena sudah ada penginapan di kawasan wisata. Bagi yang mengajak anak-anak berlibur, bisa mencoba area outbond khusus remaja dan anak-anak. Jika merasa lapar setelah bermain, sudah ada restoran enak yang menanti.

Informasi Harga Tiket

Memasuki area wisata, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp35.000,00. Nantinya jika ingin berendam di kolam, akan dikenakan tarif sekitar Rp20.000,00-Rp50.000,00 per orang. Harga parkirnya juga cukup tinggi, yaitu Rp20.000,00 untuk motor dan Rp30.000,00 untuk mobil pada saat weekdays. Tarif parkir weekend, Rp25.000,00 untuk motor dan Rp35.000,00 untuk mobil.

Curug Tilu Leuwi Opat

curug tilu leuwi

Berwisata menjelajah alam memiliki keistimewaan dan tantangan tersendiri. Meskipun nantinya melewati rute yang terjal, namun akan dibayarkan dengan pemandangan wisata yang alami dan indah. Jika ingin menguji adrenalin, cobalah untuk mengunjungi Curug Tilu Leuwi Opat.

Pengunjung tidak hanya menikmati air curug yang masih asri, namun juga mencoba outbond yang menantang. Ada juga wahana lain seperti bermain arung jeram di sekitar objek wisata yang memili aliran sungai yang cukup deras. Namun tidak perlu cemas, karena nantinya ada seseorang yang mendampingi.

Informasi Tiket Masuk, Operasional dan Alamat

Jika ingin menguji adrenalin di Curug Tilu Leuwi Opat ini, bisa datang ke Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp. Tempat wisata di Bandung terletak di daerah Parongpong. Untuk harga tiket masuk sangatlah terjangkau, yaitu Rp10.000,00 saja. Bagi yang ingin mengunjungi Curug Tilu ini bisa datang pada pukul 06.00 – 18.00 WIB setiap harinya.

Banyaknya tempat wisata di Bandung membuat kota ini menjadi salah satu kota wisata di Indonesia. Di atas adalah beberapa rekomendasi objek wisata yang bisa dikunjungi pada saat liburan bersama keluarga maupun hari biasa. Jangan lupa meluangkan waktu untuk berlibur sejenak ditengah sibuknya beraktivitas.

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh