Cerita PerjalananJawa Barat

10 Tempat Wisata Cirebon Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Cirebon adalah tempat menarik yang tidak kalah dengan wisata lain yang ada di kota besar seperti Bandung dan Jakarta. Kota kecil yang terkenal dengan sebutan Kota Wali ini belakangan ramai dikunjungi para pelancong dari luar kota untuk berekreasi. Hal tersebut ditandai dengan ramainya Kota Cirebon pada musim liburan.

Rupanya peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Cirebon disebabkan oleh pembangunan Tol Cipali. Oleh karena itu waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke kota Cirebon menjadi lebih cepat. Tunggu apa lagi, bagi yang ingin mengunjungi Kota Cirebon untuk berlibur, berikut adalah 10 tempat wisata Cirebon yang wajib dikunjungi :

Tempat Wisata di Cirebon

1.Taman Wisata Gua Sunyaragi

gua sunyaragi

Taman wisata Cirebon yang pertama adalah Gua Sunyaragi. Tempat wisata ini berada di kelurahan Sunyaragi, kecamatan Kesambi Kota Cirebon.  Seperti namanya, tempat wisata ini berbentuk gua yang menyerupai candi dan ada beberapa taman air di sekitarnya. Gua Sunyaragi memiliki tempat yang cukup luas,  yaitu sekitar 15 hektar.

Situs Gua Sunyaragi ini sudah berusia sekitar 400 tahun dan beberapa bagiannya sudah mengalami pemugaran.  Pada awal 2018 kemarin Gua Sunyaragi memiliki wajah baru. Namun, perubahan itu tidak mengubah bagian dari situs Gua-nya melainkan ada penambahan beberapa wahana.

Tentunya dengan adanya penambahan wahana tersebut diharapkan akan membuat pengunjung tertarik untuk mencobanya.  Wahana baru tersebut diantaranya Ayunan Terbang, Balon Terbang, Panahan dan Sepeda Terbang.

Untuk masuk ke tempat ini hanya dikenakan biaya Rp. 10.000 per orang. Dengan budget murah bisa sepuasnya menikmati liburan sambil berswafoto dengan sanak saudara, karena banyak sekali spot foto yang sangat instagramable.

Tidak hanya dijadikan tempat untuk berlibur, Gua Sunyaragi ini bisa dijadikan sebagai tempat edukasi sejarah juga loh. Jika berkunjung ke wisata Cirebon ini disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari, karena cuaca siang hari sangat panas. Sayangnya tempat ini belum dilengkapi dengan fasilitas tempat makan,  disarankan untuk membawa makanan saja dari rumah.

Keraton Kesepuhan Cirebon

keraton kasepuhan

Sangat disayangkan jika datang ke Kota Cirebon, namun tidak mengunjungi wisata Cirebon yang terkenal ini. Keraton Kasepuhan adalah salah satu dari tiga  keraton utama yang ada di Cirebon. Alamat lengkap Keraton Kasepuhan ini berada di Jl Kasepuhan No.43, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Letaknya tidak jauh dari pusat kota.

Bangunan Keraton Kasepuhan ini terdiri dari gerbang depan, area siti inggil, area tanjung agung, bangunan utama keraton dan museum.  Pada bagian museumnya terdapat benda pusaka dan lukisan kerajaan yang terbilang cukup lengkap. Salah satu benda pusaka yang terkenal adalah kereta Singa Barong.

Untuk masuk ke tempat ini, dikenakan biaya Rp. 15.000 per orang. Namun, harga tersebut belum termasuk tiket masuk ke museumnya. Jika ingin masuk ke museumnya dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 25.000 per orang.

Tempat wisata Cirebon ini sangat direkomendasikan untuk menambah wawasan dan pengetahuan, terutama untuk anak-anak yang masih sekolah. Selain itu, keraton Kesepuhan ini memiliki benda-benda pusaka yang lengkap. Bagi yang menyukai peninggalan masa lampau sangat dianjurkan untuk mengunjungi tempat ini.

Sayangnya wisata ini belum terawat dengan baik, terutama bagian luar keratonnya yang tampak kumuh karena banyak PKL yang tidak tertib. Sampah-sampah pun banyak berserakan dimana-mana. Namun, tenang saja bagian dalamnya tidak kotor seperti di luar.  

Keraton di Cirebon

3. Keraton Kanoman

kesultanan kanoman

Tempat wisata Cirebon yang selanjutnya adalah Keraton Kanoman. Tidak jauh berbeda dengan Keraton Kasepuhan, namun tempatnya saja lebih kecil.  Letaknya pun tidak terlalu jauh dengan keraton Kasepuhan, hanya berjarak 1,2 km.  Lokasi Keraton Kanoman ini terletak di Jl. Kanoman No.40, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Keraton ini memiliki luas 6 hektare dan berada tepat di belakang pasar kanoman.  Keraton Kanoman memiliki tempat yang luas dengan beberapa bangunan tua di dalamnya. Salah satunya adalah bangsal witana. Keraton ini juga memiliki museum yang terdapat benda pusaka seperti Paksi Naga Liman serta Jempana yang masih terawat.

Keraton Kanoman memiliki karakteristik tersendiri. Jika keraton yang lain memiliki ciri khas arsitektur dengan dominan menggunakan bata merah. Namun, Keraton Kanoman ini didominasi dengan tembok bercat putih dengan hiasan-hiasan piring dari Tionghoa di dindingnya.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini akan dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000 saja. Dan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 15.000 untuk masuk ke museum. Jangan khawatir jika berkunjung ke Keraton Kanoman menggunakan mobil, karena di tempat ini sudah disediakan tempat parkir yang luas.

Keraton Kacirebonan

keraton kacirebonan

Tempat wisata Cirebon selanjutnya yang tidak kalah keren adalah Keraton Kacirebonan. Keraton ini wajib untuk dikunjungi jika berlibur ke Kota Cirebon. Letaknya tidak jauh dari Keraton Kanoman, hanya berjarak sekitar 500 meter saja. Alamat lengkap Keraton Kacireboban ini terletak di JL. Pulasaren, Kel. Pulasaren, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.

Saat memasuki komplek keraton akan terlihat bangunan yang bergaya percampuran dari China, Kolonial dan Tradisional. Bentuk bangunan yang khas, menjadi daya tarik tersendiri saat mengunjunginya.  Keraton Kanoman ini terdiri dari beberapa bangunan diantaranya bangunan induk, Gedong Ijo, Pringgowati, Pinangeran, Kaputran dan Kaputren.

Keraton Kacirebonan adalah keraton yang paling muda, dan merupakan pecahan dari 2 Keraton sebelumnya. Bisa terbilang bahwa keraton ini adalah yang paling bersih dan terawat. Tempatnya pun sangat mudah untuk dijangkau karena berada di sisi jalan raya.

Untuk masuk wisata Cirebon ini, dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000 dan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 25.000 untuk masuk ke museum.  Kelebihannya Keraton Kacirebonan ini memiliki lahan parkir yang luas. Tempatnya pun sangat asri dan sejuk. Namun, kekurangannya harus mengeluarkan banyak uang untuk memasuki tempat yang menarik lainnya.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa / Masjid Agung Cirebon

masjid agung cirebon

Jika sudah mengunjungi beberapa wisata Cirebon, khususnya Keraton Kasepuhan tidak lengkap jika tidak mengunjungi Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid ini masih berada di sekitar komplek keraton Kasepuhan yakni di sebelah timur Keraton Kasepuhan. Alamatnya pun masih sama yakni di Jalan Keraton Kasepuhan 43, Kel. Kasepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan masjid yang tertua di Cirebon karena sudah berdiri sejak tahun 1480 M. Yang unik dari masjid ini adalah tidak ada kemuncak pada bagian atap sebagaimana masjid pada umumnya. Di bagian halamannya tersedia sumur zam-zam atau lebih dikenal dengan banyu cis-cis oleh masyarakat Cirebon.

Untuk memasuki tempat wisata Cirebon ini tidak ada biaya yang  harus dikeluarkan, karena mengingat ini adalah tempat beribadah. Kelebihan dari Masjid ini adalah tempatnya sejuk dan bangunannya unik. Namun, yang disayangkan dari tempat ini ada beberapa bagian dari masjid ini masih kurang terawat misalnya pada bagian atas yang berdebu.

Baca Juga : 9 Kuliner Yang Bisa Dijadikan Oleh Oleh Khas Cirebon

Baca Juga :   17 Tempat Wisata Keluarga Di Bandung dan untuk Anak anak

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Tempat wisata Cirebon ini tidak melulu tentang wisata religi. Adapula tempat wisata seperti Waterland juga loh. Jika ingin bermain air bersama keluarga, Cirebon Waterland Ade Irma Suryani adalah tempat yang cocok.

Tempatnya berada di pinggir pantai, namun tetap mudah untuk dijangkau saat mengunjungi Kota Cirebon. Alamat lengkapnya di Jalan Yos Sudarso No.1, Kel. Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Cirebon Waterland ini termasuk tempat rekreasi yang baru, karena baru dibangun kembali pada tahun 2016. Sebelumnya tempat rekreasi ini bernama Taman Ade Irma.

Fasilitas yang tersedia di Cirebon Waterland pun cukup lengkap. Diantaranya ada wahana air seperti water boom, perahu bebek, kolam arus, kolam olimpic, air mancur dan wahana air lainnya. Disini juga disediakan penginapan cottage dan wisata kuliner. Serta Adapula tempat yang instagramable untuk berfoto-foto di dermaga yang langsung menghadap pemandangan laut.

Untuk masuk ke Cirebon Waterland dikenakan biaya sebesar Rp. 60.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya berenang di waterboom.  Tempat ini adalah tempat yang cocok untuk didatangi dengan keluarga dan anak-anak. Wahana yang ada di tempat ini pun cukup banyak, sehingga anak-anak akan senang ketika bermain disini.

Namun, sangat disayangkan, biaya yang dikeluarkan ini tidak sebanding dengan kualitas dari wahana yang ada disini. Wahana anak banyak yang rusak dan bolong sehingga takut akan membahayakan anak-anak.  Jika ingin mengunjungi tempat ini harap untuk berhati-hati.

Baca Juga : 13 Rental Sewa Mobil di Cirebon Lepas Kunci Tanpa Supir yang Harga-nya Murah

Baca Juga :   5 Tempat Wisata Di Lembang Yang Baru

Pantai Kejawanan

Cirebon adalah kota pesisir. Tidak lengkap jika berkunjung ke kota ini tanpa menikmati pantainya. Tempat wisata Cirebon yang satu ini adalah Pantai Kejawanan. Pantai kejawanan ini terletak  Desa Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Namun letaknya lumayan jauh dari pusat kota yakni sekitar 5,8 km.

Pantai Kejawanan adalah satu-satunya pantai yang ada di Cirebon, oleh karena itu pantai ini banyak dikunjungi oleh masyarakat di hari libur. Tempat ini sangat cocok jika ingin berburu sunrise di pagi hari atau sunset di sore hari. Pemandangan yang disuguhkan pun sangat indah, apalagi saat matahari tenggelam.

Jika ingin menikmati angin laut yang menyegarkan, disini banyak para nelayan yang menyediakan kapalnya untuk dapat ditumpangi menuju ke tengah laut hanya dengan Rp 10.000 keatas. Untuk bisa masuk ke Pantai Kejawanan pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja yaitu Rp. 2000 untuk roda dua dan Rp. 5000 untuk pengendara roda empat.

Kelebihannya dari Pantai Kejawanan adalah biaya parkir yang tidak dihitung berdasarkan jamnya, jadi pengunjung bisa berlama-lama di Pantai dengan biaya tanpa khawatir dengan tarif parkir yang meningkat. Namun, jangan heran jika di Pantai Kejawanan ini banyak sekali sampah di pinggiran bibir pantainya, sebab tidak ada biaya perawatan untuk pantai ini.

Wisata Kera Plangon

Jika mencari tempat wisata sejuk di Kota Cirebon, wisata Kera Plangon adalah jawabannya. Seperti namanya tempat wisata Cirebon ini, memiliki banyak  kera. Wisata Kera Plangon ini terletak di desa Babakan, Kec. Sumber. Walaupun terletak di kaki Gunung Ciremai, tempat ini masih bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tempat Wisata ini dianggap kramat, karena terdapat makam dari Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan di puncak bukitnya. Tempat ini selalu ramai dikunjungi pada tanggal 27 Rajab dan tanggal 2 Syawal untuk berziarah ke makam. Katanya kera  jinak yang ada di Wisata Plangon ini adalah peliharaan Pangeran Panjunan.

Rupanya kera yang ada di Wisata Kera Plangon ini terbagi atas tiga bagian besar. Bagian yang pertama ada di puncak bukit dekat dengan makam. Lalu bagian yang kedua berada di tengah. Dan bagian ketiga berada di bawah berdekatan dengan jalan raya.

Untuk masuk ke tempat ini pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000-Rp. 5.000 saja. Sebelum masuk jangan lupa membeli kacang-kacangan untuk memberi makan kera yang ada di dalam. Jangan lupa juga untuk berhati-hati terhadap barang bawaan saat mengunjungi Wisata Kera Plangon ini kera yang ada disana sangat jahil.

Setu Patok

Tempat wisata Cirebon yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Setu Patok.  Lokasi  Danau Setu Patok terletak di Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Danau seluas 175 Ha ini letaknya cukup jauh dari pusat kota. Untuk sampai ke tempat wisata Setu Patok ini diperlukan waktu sekitar 20 menit – 30 menit dari pusat Kota.

Di tengah Setu Patok terdapat sebuah pulau kecil yang dikenal dengan nama Situ Gunung. Situ Gunung berbentuk sebuah bukit kecil yang di sekitarnya terdapat makam. Jika mendaki bukit ini maka, keindahan Setu Patok akan terlihat lebih jelas. Di tempat ini juga disediakan wahana bermain seperti sepeda air, kolam renang, dan perahu.

Untuk masuk ke tempat wisata Cirebon ini dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya masuk ke kolam renang yang ada di dekat Setu Patok. Kolam renang tersebut dikenal dengan nama Siwalk dengan lahan seluas 175 hektar, Wisata Siwalk terbagi atas 2 bagian, Wahana Bermain Waterboom dan Wahana Outbond.

Lokasi wisata yang dikelilingi hamparan sawah dan perbukitan, membuat nuansa alami terasa kental dengan udara yang sejuk dan segar. Tidak heran jika tempat ini menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin mengadakan kegiatan outbond. Terdapat banyak wahana permainan yang disiapkan bagi para pengunjung yang datang ke sini. Diantaranya kolam renang, kolam pemancingan.

Pink Ice Cream

Pink Ice Cream adalah wisata Cirebon selfie pertama yang ada di Cirebon. Bisa dikatakan Pink Ice Cream adalah tempat Dunianya Ice Cream di Kota Cirebon. Perancang dari Wisata Selfie Pink Ice Cream ini adalah Resti Stephanie Husada. Ia juga memiliki banyak wisata selfie lain yang terkenal seperti Rabbit Town.

Lokasi Pink Ice Cream ini berada di Jl. Tuparev No. 168, Kedawung, Cirebon. Lokasinya strategis dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum. Tempat wisata selfie ini berada di sebuah ruko berlantai 3 yang disulap menjadi studio.

Saat memasuki tempat ini kita akan disambut dengan warna pink yang cerah. Warna yang didesain cerah akan membuat suasana hati menjadi senang. Studio foto yang ada di Pink Ice Cream berjumlah 10 Tema foto berbeda mewakili dari setiap rasa Ice Cream, cukup unik bukan. Diantaranya adalah tema Cherry, Strawberry, Pisang, Bidak Catur dll

Untuk masuk ke tempat ini dikenakan biaya sebesar Rp. 45.000 per orang.  Tempat ini tidak hanya menyediakan Studio Foto saja, pengunjung pun bisa menikmati Ice Cream yang tersedia dengan 25 rasa. Untuk harga Ice Creamnya di banderol Rp. 25.000 per-conenya.

Kelebihannya dari tempat ini adalah harganya lebih murah dari tempat wisata selfie pada umumnya. Tempatnya pun bersih dan nyaman, tidak hanya itu para pelayan dan kasirnya pun melayani dengan sangat ramah.

Namun, kekurangan dari tempat ini adalah penataan tempatnya yang masih kurang baik, masih banyak tempat-tempat kosong yang belum dimanfaatkan. Selain itu, pencahayaan di setiap studionya pun masih belum maksimal.

Itu dia 10 tempat wisata Cirebon yang wajib dikunjungi saat berlibur di Kota Cirebon. Untuk perihal harga tiket masuk tempat wisata, bisa berubah sewaktu-waktu apabila menjelang hari libur. Jadi, jangan terlalu terpatok  dengan harga diatas.

 

Baca Juga :   9 Kuliner Yang Bisa Dijadikan Oleh Oleh Khas Cirebon

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker