Jawa Barat

5 Daftar Tempat Wisata Di Cipanas, Paling Unik Dan Populer

sewa mobil jogja banner

Jawa Barat merupakan tempat yang memiliki beragam destinasi wisata populer. Salah satu tempat yang memiliki kawasan wisata menarik adalah Cipanas. Cipanas merupakan sebuah kecamatan yang dimiliki Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Wilayah ini termasuk ke dalam daerah pegunungan, kecuali pantainya. Jadi udara disana tergolong cukup sejuk. Wisata alam yang ada disana mulai dari pegunungan, danau, air terjun, taman wisata, perkebunan, dan beberapa lainnya. Sekarang mari kita bahas 5 daftar tempat wisata di Cipanas paling unik dan populer sebagai berikut:

Tempat Wisata Di Cipanas Populer

1. Istana Kepresidenan Cipanas

istana kepresidenan cipanas

Istana Kepresidenan Cipanas tepatnya berlokasi di Desa Sindangjaya, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Bangunan kuno yang berdiri sejak tahun 1740 ini memiliki banyak koleksi benda bersejarah. Dulunya, tempat wisata bersejarah ini didirikan sebagai tempat beristirahat bagi Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Istana Kepresidenan dibuka setiap hari pada pukul 08.00-14.00 WIB, kecuali hari Jum’at dan hari libur nasional.

Untuk bisa memasuki area wisata ini, pengunjung diwajibkan memakai pakaian bebas rapi seperti batik, kemeja dan bersepatu. Berhubung peminat pengunjung Istana Kepresidenan ini sangat tinggi, sebaiknya memesan jadwal kedatangan H-7.

Baca Juga :   3 Daftar Tempat Sewa Bus Pariwisata Bandung Harga Murah 2018

2. Telaga Biru Cipanas

telaga biru cianjur

Cipanas memiliki danau yang populer, namanya Telaga Biru. Dinamakan Telaga Biru karena warna telaga bernuansa biru. Warna biru ini tercipta karena ganggang biru di dalam telaga. Telaga Biru menghasilkan pantulan warna biru alami akibat pancaran sinar matahari. Semakin elok dipandang berkat pepohonan asri di sekelilingnya.

Danau ini berada di ketinggian 1.575 meter di atas permukaan laut. Memiliki luas kurang lebih 500 m². Berlokasi tepatnya di Desa Sindanglaya, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

3. Little Venice Cipanas

little venice di cianjur

Little Venice merupakan danau buatan berkonsep menyerupai Kota Venesia, Italia. Berlokasi tepat di Batulawang, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Kawasan wisata ini buka setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB. Harga tiket masuk hanya dengan Rp20.000,-. Rancangan di bangunan sekitar danau buatannya ini benar-benar mirip dengan gaya arsitektur di Italia.

Salah satu yang membuat kawasan wisata ini populer adalah gondola. Gondola ini yang akan dinaiki pengunjung untuk mengelilingi danau bernuansa kota Venesia. Selain gondola, ada juga Missisippi Boat. Untuk menikmati gondola atau perahu, dikenakan biaya sebesar Rp 50.000,-.

4. Kebun Wisata Inkarla Cipanas

kebun raya inkarla

Berlokasi tepat di Jalan Singabarong, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Bagi pecinta bunga, sangat diwajibkan berkunjung ke kawasan Wisata Inkarla. Pemandangan alam yang disajikan dengan beragam bunga cantik bermekaran. Mulai dari crysant, mawar, selosia, anyelir, tulip, dan bunga cantik lainnya.

Baca Juga :   5 Objek Wisata di Cirebon Jawa Barat Dekat Stasiun dan Sekitarnya Yang Indah dan Murah

Terdapat pula fasilitas kolam renang indoor, meeting room, play ground, hingga penginapan. Satu dari beragam tempat wisata di Cipanas ini berjarak 100 meter sebelum pintu gerbang Kebun Raya Cibodas.

5. Kebun Raya Cibodas Cipanas

Kebun Raya Cibodas

Beranjak dari Kebun Wisata Inkarla, sangat disayangkan jika tidak mampir ke Kebun Raya Cibodas, ditinjau dari jarak hanya 100 meter. Kebun Raya Cibodas menyuguhkan padang rumput membentang dengan koleksi tanaman langka. Selain itu terdapat pula air mancur, air terjun, sampai rumah kaca. Keunikan dari Kebun Raya Cibodas dibanding Kebun Raya lainnya adalah Taman Sakura.

Kurang lebih 435 pohon sakura ditanam di kebun ini sejak tahun 1971. Apabila bunga sakura di Jepang berbunga hanya di musim semi, lain hal dengan disini. Di kawasan wisata ini, bunga sakura bermekaran sebanyak dua kali dalam setahun. Tepat di bulan Januari – Februari dan Juli – Agustus.

Yap, itulah dia ulasan tentang 5 daftar tempat wisata di Cipanas paling unik dan populer.  Siapkan jadwal liburan untuk mengunjungi ke-5 tempat wisata di atas. Apabila bertandang ke Cipanas, 5 wisata tersebut paling wajib didatangi pertama kali. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat menyambut liburan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh