DKI Jakarta

5 Tempat Wisata Di Jakarta Selatan Yang Menarik Dikunjungi

Jakarta Selatan merupakan salah satu daerah di Jakarta yang berbatasan dengan Depok. Meskipun terletak di daerah kota, akan tetapi Jakarta selatan memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini merupakan tempat wisata di jakarta selatan yang kebanyakan adalah tempat wisata edukasi.

Setu Babakan

setu babakan

Bagi yang ingin mengenal budaya betawi lebih dalam, wisatawan bisa mendatangi Setu Babakan atau yang juga bisa disebut dengan Danau Babakan. Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata unik di Jakarta dengan memberikan anjungan budaya betawi kepada wisatawan. Sayangnya tempat ini kalah populer dibandingkan TMII.

Tempat wisata ini didirikan sekitar tahun 2000 dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan Betawi yang semakin hari semakin punah. Letak dari Setu Babakan berada di Jagakarsa, tepatnya di Srengseng Sawah. Pengunjung cukup dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 per orang dengan jam buka dari jam 07.00 sampai 23.00 WIB.

Baca Juga : Deretan Wisata Pantai Yang Populer di Pulau Bangka Belitung

Museum Reksa Artha

museum reksa artha

Pada tanggal 30 Oktober, Indonesia memperingati Hari Keuangan Republik Indonesia. Pada 68 tahun lalu di tanggal tersebut, bangsa Indonesia menyatakan mata uang yang sah yaitu Oeang Republik Indonesia atau ORI. Segala sejarah mengenai keuangan di Indonesia tersimpan dalam museum yang berada di Jakarta Selatan.

Baca Juga :   10 Tempat Wisata ԁі Jakarta Pаӏіng Seru ԁаn Wajib Dikunjungi Wisatawan

Museum Reksa Artha berdiri sampai saat ini menjadi sarana yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Walaupun bangunannya sudah kuno, akan tetapi museum ini bisa menjadi pusat informasi mengenai sejarah keuangan yang ada di Republik Indonesia. Tidak hanya mata uang Indonesia saja, mata uang Jepang dan Belanda juga ada di museum ini.

Museum Layang-Layang

museum layang layang

Untuk wisatawan yang gemar dengan permainan layang-layang rasanya tidak lengkap jika belum berkunjung ke Museum Layang-Layang. Lokasi dari tempat wisata yang berada di Pondok Labu ini menjadi museum layang-layang pertama di Indonesia. Tempat wisata edukatif ini buka pada hari Senin sampai Minggu dari jam 09.00 sampai 16.00 WIB.

Koleksi layang-layang yang ada di tempat ini tadinya hanya ada 600 layang-layang saja. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, koleksi layang-layang terus bertambah. Layang-layang tidak hanya dari Indonesia saja tapi juga berasal dari berbagai negara. Bahkan ada juga layang-layang yang berukuran paling besar di Indonesia pada museum ini.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Di Jakarta Dan Sekitarnya

Taman Langsat

taman langsat jakarta selatan
foto: airyrooms.com

Bagi yang ingin merasakan sejuknya alam dan rindangnya pepohonan di Jakarta Selatan, maka wisatawan bisa datang ke Taman Langsat. Letak dari taman yang berada di belakang Pasar Burung Barito ini berdiri di area seluas 3,6 hektar. Awalnya tempat ini menjadi salah satu tempat penampungan bibit tanaman.

Baca Juga :   6 Rental Mobil di Jakarta Timur, Bisa Lepas Kunci Atau Tanpa Supir

Akan tetapi sekarang menjadi tempat penyuluhan pertamanan dengan fasilitas yang bisa digunakan oleh siapa saja. Fasilitas tersebut antara lain wifi, arena permainan anak, jogging track, koleksi tanaman, dan lain-lain. Konon diduga ada banyak cerita misteri atau mitos yang berkembang di masyarakat sekitar Taman Langsat.

Museum Satria Mandala

Satu lagi tempat wisata di jakarta selatan yang menarik untuk dikunjungi adalah Museum satria Mandala. Tempat ini merupakan museum sejarah perjuangan TNI yang letaknya berada di Jalan Gatsu, Jakarta Selatan. Koleksi alutsista yang ada pada museum ini dinilai cukup lengkap dan juga museum ini menyimpan berbagai koleksi lain seperti tandu dan lambang TNI.

Jakarta Selatan adalah kota administratif yang ada di Jakarta Selatan yang letaknya berbatasan langsung dengan Depok. Bisa dibilang, kota administratif Jakarta Selatan menjadi kota yang paling kaya dengan banyaknya tempat wisata menarik. Tempat wisata di Jakarta selatan tersebut menarik untuk dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker