Yogyakarta

7 Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro Yang Populer Dikunjungi

sewa mobil jogja banner

Jogja merupakan salah satu tempat yang sering dijadikan pilihan berwisata baik bagi pengunjung lokal maupun mancanegara. Kawasan ini memang terkenal dengan gudangnya tempat wisata yang bagus dan indah. Salah satu tempat wisata di Jogja yang paling sering dikunjungi adalah Malioboro. Namun, Jogja tidak hanya menyajikan kawasan Malioboro saja. Ada banyak tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang juga populer dikunjungi, diantaranya adalah sebagai berikut :

Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro Yang Populer

1. Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang pertama adalah Museum Benteng Vredeburg. Museum ini dapat ditempuh dengan melakukan perjalanan kaki sekitar 350 meter dari arah Pasar Beringharjo menuju ke selatan. Benteng ini merupakan salah satu peninggalan kolonial Belanda yang terkenal dengan bastion di keempat penjurunya.

Banyak berbagai macam senjata peninggalan Belanda, karya seni, patung, dan bangunan yang ditampilkan di museum ini. Selain itu, wisatawan juga bisa mengetahui kisah tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia melalui diorama-diorama yang bisa dilihat.

2. Nol Kilometer

titik nol kota jogja

Nol Kilometer merupakan tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang populer dan sering dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat ini sebenarnya adalah sebuah kawasan perempatan yang berada di Kantor Pos Besar Jogjakarta. Kawasan ini sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan juga berkumpul bersama komunitas.

Baca Juga :   7 Penginapan Murah di Jogja 2018 Dekat Malioboro, Tempat Wisata Pantai, Stasiun Lempuyangan

3. Kraton Jogjakarta

Kraton Yogyakarta Pagelaran

Wisatawan yang sedang berkunjung di Malioboro bisa menjajaki tempat wisata di Jogja dekat Malioboro lainnya yang juga tidak kalah populer seperti Kraton Jogjakarta. Istimewanya Jogjakarta adalah pemerintahan Kraton yang masih berjalan dengan baik sampai sekarang ini. Kraton Jogjakarta berfungsi sebagai tempat tinggal raja yang juga turut menjaga kebudayaan Jawa

Beberapa pertunjukan budaya Jawa bisa dinikmati di sekitar Kraton, seperti wayang orang, pertunjukkan musik gamelan, dan pertunjukan tarian tradisional. Wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini harus membeli tiket masuk terlebih dahulu di depan Alun-Alun Utara (Tepas Prajuritan) dan di Regol Keben (Tepas Pariwisata).

4. Museum Kereta Kraton

Museum-Kereta-Karaton

Obyek wisata Museum Kereta Kraton ini masih berlokasi di kompleks Kraton Jogja, sehingga kawasan ini masih merupakan tempat wisata di Jogja dekat Malioboro. Museum ini menampilkan 22 koleksi kereta Kraton mulai dari masa pemerintahan Hamengkubuwono I  hingga Hamengkubuwono VIII. Kereta-kereta ini ada yang buatan dalam negeri dan ada pula yang buatan luar negeri.

5. Pasar Beringharjo

pasar beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan tempat wisata di Jogja dekat Malioboro karena berlokasi di Jalan Malioboro bagian selatan. Tempat ini cocok dipilih oleh wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh khas seperti batik atau sekedar ingin mencicipi kuliner di Jogja. Di kawasan ini, wisatawan bisa menikmati pecel kembang turi yang sudah jarang ditemukan.

Baca Juga :   6 Rental Sewa Kamera Jogja Murah 24 Jam Daerah Sleman dan Kotagede

6. Taman Sari Jogjakarta

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro berikutnya adalah Taman Sari Jogjakarta. Wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini harus menempuh jarak sekitar 1,2 km dari Kraton Jogja. Tempat ini menyajikan pemandangan arsitektur kuno dari bangunan yang begitu indah.

Kawasan Taman Sari Jogjakarta ini juga menyajikan pemandangan berupa lorong-lorong bawah tanah, masjid, dan tiga kolam pemandian yang melegenda. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan sunset Jogja melalui gedung tertinggi di istana air ini sebelum melanjutkan perjalanan ke berbagai tempat wisata di Jogja dekat Malioboro lainnya.

7. Tugu Jogja

Obyek wisata Tugu Jogja yang memiliki nama lain Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih ini merupakan tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang populer hingga dijadikan ikon istimewa Jogjakarta. Tugu ini dibangun oleh Pangeran Raden Mas Sujana atau Sri Sultan Hamengkubuwono yang pertama pada tahun 1755.

Itulah ketujuh tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang populer dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Kawasan-kawasan tersebut bisa dijadikan sebagai pilihan untuk menghabiskan  momen yang berharga bersama teman atau sahabat tercinta.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh