Yogyakarta

Berwisata Di Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro

sewa mobil jogja banner

Tempat Wisata di Jogja dekat Malioboro – Malioboro adalah pusatnya untuk membeli souvenir untuk dijadikan oleh-oleh khas jogja. Di sepanjang jalan, terdapat banyak toko hingga pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai barang dan kerajinan bertemakan budaya jawa. Jika tak ingin bepergian jauh karena takut tak sempat kembali untuk membeli oleh-oleh, berikut adalah daftar 7 tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang bisa Anda datangi.

1. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Merupakan benteng peninggalan masa penjajahan Belanda yang digunakan sebagai kantor kedudukan Belanda untuk menekan Keraton Kesultanan. Setelah masa kemerdekaan, bangunan benteng sempat difungsikan sebagai asrama militer kemudian menjadi penjara. Kini, benteng ini dijadikan sebagai museum. Selain ruang diorama tentang sejarah Indonesia, taman di benteng juga ditata apik dan pantas dijadikan latar foto.

Baca Juga: Tempat Wisata Di New Zealand Layak Dikunjungi

2. Taman Pintar

taman pintar jogja

Taman Pintar dibangun sebagai tempat untuk wisata edukasi. Biasanya pengunjung utama taman pintar adalah anak-anak usia sekolah. Namun tak jarang banyak orang dewasa yang sengaja datang karena merasa penasaran dengan taman ini. Di halaman taman, dibangun wahana-wahana yang akan melatih kerja otak anak jika dimainkan.

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata Di Bandung Dan Sekitarnya

Baca Juga :   Pantai Parangtritis Yogyakarta Terletak di Bantul + Biaya Harga Tiket Masuk 2018

3. Museum Sonobudoyo

museum sonobudoyo

Museum milik Keraton Kesultanan Ngayogyakarta ini menampilkan barang-barang koleksi milik keraton. Terdapat barang seni, peninggalan budaya, yang berhubungan dengan ritual keagamaan, hingga peralatan yang pernah digunakan di masa lalu. Museum Sonobudoyo terletak di dekat alun-alun, tepatnya di Jalan Pangurakan Nomor 6 Ngupasan, Gondomanan, Jogja.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Di Jogja Yang Instagrammable

4. Keraton

Satu tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang harus didatangi saat berkunjung ke Jogja, yaitu keraton. Keraton merupakan tempat kedudukan dan tempat tinggal Sri Sultan dan keluarganya. Jika sudah berada di keraton, sebaiknya sekalian berkeliling dan melihat-lihat ke bagian keraton yang dibuka untuk umum, seperti misalnya Museum Kereta Kencana.

5. Alun-alun Kidul

alun alun kidul jogja

Lebih sering dipanggil sebagai Alkid (singkatan), terkenal sebagai tempat nongkrong di malam hari. Letaknya tepat belakang keraton dan akan semakin ramai begitu hari mulai gelap. Berbagai jajanan khas kaki lima seperti jagung bakar dan wedang ronde banyak dijajakan.

Selain itu, kehadiran kendaraan berhiaskan lampu warna-warni yang disewakan untuk berkeliling alun-alun ikut meramaikan suasana. Jika datang membawa anak-anak, banyak mobil odong-odong yang siap untuk menjadi hiburan anak.

6. Tamansari

istana tamansari jogja

Tamansari dibangun sebagai kebun istana untuk keraton pada masa Hamengku Buwono I memerintah (1758 – 1765). Saat dibangun terdapat empat bagian dalam Tamansari, yaitu danau buatan, area pemandian, kompleks taman, serta perluasan dari danau buatan dengan jembatan gantung dan dermaga.

Baca Juga :   8 Tempat Wisata Alam Di Yogyakarta Yang Menarik Dikunjungi

Dari semua bagian Tamansari, yang tersisa saat ini dan dijadikan sebagai obyek wisata hanyalah bagian kedua yaitu area pemandian. Sementara ketiga bagian lainnya hancur akibat serangan Inggris pada 1812 serta perang lain yang terjadi setelahnya.

Baca Juga : 6 Daftar Wisata Hits Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

7. Warungboto

Dulunya situs ini merupakan pesanggrahan (tempat peristirahatan) yang dibangun sejak masa Hamengku Buwono I dan dilanjutkan oleh penerusnya. Juga merupakan tempat pemandian karena adanya umbul atau sumber mata air. Warungboto menjadi semakin terkenal setelah putri presiden RI ke-7 negeri ini melakukan foto pra pernikahan di sini.

Ada banyak tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang bisa Anda kunjungi tanpa perlu ke luar kota. Selain tujuh lokasi yang telah disebutkan di atas, masih ada lokasi-lokasi lain yang mungkin bisa menjadi destinasi wisata Anda. Misalnya jika Anda akan menuju ke Benteng Vredeberg dengan berjalan kaki, mampirlah ke Pasar Bringharjo atau sempatkan untuk berfoto di titik 0 kilometer. Dijamin Anda masih bisa melepas penat meski masih tetap berada di dalam kota.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh