Yogyakarta

5 Tempat Wisata Di Jogja Kota Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jogja Kota – Jogja adalah daerah istimewa yang berada di Indonesia. Dengan berbagai macam julukan dan budaya yang membuat jogja ramai dengan wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan ada banyak sebutan untuk Kota Jogja antara lain, kota pelajar, kota seni dan budaya, kota istimewa, kota buku, kota seniman, kota pasar tradisional, kota batik, kota wisata, kota gudeg, kota komunitas, dan kota keraton. Berikut adalah tempat wisata di jogja kota:

Tempat Wisata di Jogja Kota

1. Pasar Beringharjo

pasar beringharjo dalam

Letak dari pasar ini di dekat malioboro. Tentunya kalian tau kan malioboro? Simbol dari Kota Jogja. Siapa saja yang ingin ke Jogja pasti tau tentang malioboro, pusat oleh-oleh yang berada di Jogja. Nah, di dekat malioboro itu ada Pasar Beringharjo yang mana pasar ini menjual berbagai macam batik.

Tentunya kalian harus tau julukan dari Kota Jogja sebagai Kota Batik dimana batik-batik yang dihasilkan sangat bagus oleh pengrajin asal Jogja. Jika kalian ke Jogja tidak mampir ke Pasar Beringharjo tentu sangat rugi.

2. Taman Pintar Jogja

taman pintar jogja

Seperti sebutannya di dalam taman pintar Jogja ini ada berbagai macam teknologi ataupun penjelasan tentang pelajaran. Baik itu biologi, tata surya, fisika, kimia, dan tentunya masih banyak lagi. Di gambarkan dengan menarik dan ada berbagai macam warna yang membuat taman pintar tidak membosankan dan belajar lebih senang.

Baca Juga :   Pantai Ngobaran Gunung Kidul Wonosari Yogya, Ini Rute Map Jalan Ke Alamat Lokasi

Letak dari taman pintar ini juga berada di dekat malioboro, tidak sampai 1 Km. Tentunya menyandang julukan Kota Pelajar bukan isapan jempol semata. Melainkan ada wisata edukasi yang biasanya menjadi tujuan wisata rekreasi bagi siswa SD, maupun SMP yang berada di luar daerah.

3. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Tempat wisata di Jogja kota berikutnya adalah bangunan yang menjadi kisah bahwa Belanda pernah menduduki Indonesia sekarang lebih dikenal dengan nama Museum Benteng Vredeburg. Berlokasi di Jalan A. Yani No.6, Gondomanan, daerah istimewa yogyakarta.

Museum ini masih dijaga, baik itu keasliannya dan struktur bangunan. Namun tentunya ada beberapa bagian yang telah direkontruksi seperti parit jagung yang berada di sekitar benteng. Bagi para pecinta sejarah, benteng ini memiliki nilai sejarah yang tinggi akan sangat rugi ketika berkunjung ke jogja tidak berkunjung ke Benteng Vredeburg.

4. Keraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta Pagelaran

Berlokasi di jantung kota yogyakarta atau lebih tepatnya sebelah selatan jalan malioboro. Keraton ini sebagai istana resmi kesultanan ngayogyakarta hadiningrat. Keraton ini berfungsi sebagai tempat tinggal sultan beserta keturunannya yang mana masih melakukan adat atau tradisi kesultanan sampai saat ini. Dikarenakan kesultanan yogyakarta telah bergabung dengan NKRI pada tahun 1950.

Saat ini keraton jogja sebagai tempat wisata favorit bagi para wisatawan. Dengan tiket masuk yang terjangkau. Loket dibuka pada jam 9 pagi sampai jam 2 siang. Para wisatawan asing atau lokal juga bisa menyewa guide agar bisa mengetahui lebih dalam tentang Keraton Yogyakarta.

Baca Juga :   8 Rental Sewa Mobil Yogyakarta Murah 2018 Lepas Kunci 6 Jam Tanpa Sopir / Dengan Supir

5. Sentra Gudeg Wijilan

Kawasan-Gudeg-Wijilan

Setelah mengetahuI wisata sejarah dan juga edukasi tentunya tidak afdol kalau tidak mengetahui tentang wisata kuliner di Jogja. Sentra Gudeg Wijilan adalah tempat dimana kalian bisa menemukan Gudeg, makanan khas yang berada di Kota Jogja.

Kalian juga bisa membeli dan membawakannya untuk keluarga atau sanak saudara kalian. Dimana nanti akan dibungkus kering. Walau begitu tidak akan bertahan lama karena gudeg ini tidak ada bahan pengawetnya. Lokasinya cukup strategis yaitu di sebelah timur alun-alun utara.

Cukup sekian dari artikel 5 Tempat Wisata di Jogja Kota. Bagi kalian yang ingin ke Jogja tidak salah membaca artikel ini untuk menjadi referensi kalian tentang tempat wisata di jogja kota.

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh