Yogyakarta

23 Tempat Wisata di Jogja Yang Sangat Indah Dan Murah Meriah

sewa mobil jogja banner

Tempat wisata di Jogja sangatlah banyak dengan beragam objek wisata yang menarik. Sebagai daerah istimewa, jogja juga memiliki keistimewaan akan tempat wisatanya. Tempat wisata Jogja terkenal indah dan instagramable, beberapa di antaranya juga bernilai sejarah dan menegdukasi sehingga sangat wajib dikunjungi. Kelebihan lain dari wisata jogja adalah terkenal  lebih murah dibandingkan beberapa kota wisata lain. Untuk berwisata ke Jogja, berikut tempat-tempat yang dapat dipilih beserta informasinya.

Wisata Museum dan Taman di Jogja

Ullen Sentalu Museum

museum ullen sentalu wisata di jogja

Tempat wisata di Jogja yang satu ini menyerupai istana Eropa dari luar, tetapi di dalamnya sangat kental dengan corak budaya Jawa. Beberapa yang sangat menarik dari museum ini adalah koridor Retja Landa, Guwo Selo Giri, ruang seni dan gamelan, kampung kembang, buekenhof of restaurant, dan taman kaswargan.

Museum ini buka dari jam 08.30 sampai 16.00 WIB di hari kerja, dan 08.30 di akhir pekan. Terletak di Boyong km 25, Kaliurang Barat, Sleman, Jogja, museum ini memiliki tiket masuk 40.000 untuk dewasa dan 20.000 untuk anak-anak. Sayangnya, saat melakukan perjalanan di museum ini, pengunjung dilarang membawa kamera.

Gembira Loka Zoo

harga tiket masuk ke gembira loka

Gembira Loka Zooo merupakan tempat wisata di Jogja yang menyuguhkan pemandangan alam, satwa, dan juga wahana permainan. Di tempat wisata ini akan ditemukan berbagai macam satwa menarik dari berbagai negara. Selain itu, beberapa cafe dan resto di tempat ini menjual kuliner yang sangat enak.

Tempat ini dibuka dai pukul 07.30 sampai 17.30 WIB dengan beragam wahana seperti petting zoo, gajah tunggang, zoo express, terapi ikan, dan masaih banyak lagi. Lokasi tempat ini berada di Kebun Raya, Rejowinangun, Kotagede dengan tiket masuk mulai dari 20.000.

Karena wisata ini sangat terkenal, sehingga dipadati pengunjung pada saat liburan. Oleh sebab itu, carilah waktu di saat sepi pengunjung untuk berwisata ke tempat ini.

Pantai Timang

pantai timang

Di pantai ini banyak spot foto dan beragam area yang indah dan cocok untuk bersantai. Tempat wisata di Jogja ini memiliki banyak objek wisata, seperti gondola, bukit karang, jembatan gantung, dan beragam aneka kuliner laut.

Pantai Timang terletak di dusun Danggolo, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Jogja. Untuk masuk ke tiket ini cukup dengan membayar 10.000. Sayangnya, di pantai ini beberapa wahana dipatok dengan harga tiket sendiri untuk menikmatinya. Selain itu, akses jalannya juga cukup sulit.

Tebing Breksi Jogja

Lokasi Tebing Breksi

Tempat wisata di Jogja bernama tebing Breksi ini terkenal mirip dngan Brown Canyon. Saat naik ke atasnya, pemandangan indah kota Jogja akan terhampar terutama di malam hari. Gratan tebing batunya yang khas menjadikan tempat wisata ini sangatlah cantik dan wajib dikunjungi.

Tebing Breksi terletak di dusun Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Tiket masuknya pun gratis dengan jam buka mulai 05.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Karena beberapa jalannya yang terjal dan berbatu, disarankan saat berwisata ke Bukit Breksi ini menggunakan alas kaki. Selain itu, tempat ini minim pepohonan dan cukup berdebu dikarenakan bekas pertambangan, sehingga cukup panas di siang hari.

Hutan Mangrove Kulon Progo

hutan mangrove kulonprogo

Hutan Mangrove Kulon Progo menyuguhkan suasana pinggir pantai yang dipenuhi mangrove cantik. Untuk menyusuri hutan ini bisa dengan mengendarai perahu ataupun mengitarinya dengan berjalan di jembatan kayu yang disediakan.

Baca Juga :   9 Deretan Wisata Terbaru Di Jogja Anti Bosan

Tempat ini berada di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di dusun Pasir Mendit, kecamatan Temon. Tarif yang harus dibayar untuk masuk sebesar 3000 rupiah. Dikarenakan berada di kawasan pantai, tempat ini sangatlah panas dengan terik matahari. Sehingga disarankan untuk berwisata ke tempat ini pada pagi hari untuk menikmati kesejukan dan kesegarannya.

Pasar Beringharjo

pasar beringharjo dalam

Di bagian depan dan belakang pasar ini menyediakan berbagai jajanan seperti bakpia, brem, sehingga cocok untuk berburu oleh-oleh. Tak hanya makanan, pasar ini juga menyediakan koleksi batik yang lengkap. Meski begitu, perlu untuk berhati-hati saat berbelanja kesini, untuk menghindari kejahatan copet.

Pasar tradisional bernama pasar Beringharjo terletak di Jalan Margo Mulyo no 16 Ngupasan, Gondoman, Jogja. Jam buka pasar ini mulai dari 08.30-21.00.

Pantai Indrayanti

pantai indrayanti pulang syawal wisata di jogja

Pantai pulang syawal atau lebih dikenal dengan nama pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai cantik Jogja. Terdapat beberapa tebing yang dapat didaki untuk melihat sunrise maupun sunset di pantai ini. Di sekitar pantai ini, terdapat banyak resto dan juga cafe yang menyediakan kuliner yang enak.

Lokasi pantai Indarayati terletak di desa Tepus, kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Tarif yang dikenakan untuk masuk ke pantai ini sebesar 10.000 rupiah. Untuk bermain di pantai bersih dan terawat ini harus berhati-hati karena berbatasan langsung dengan samudera yang bergelombang besar.

Malioboro Street

wisata di jogja dekat malioboro

Tak lengkap rasanya, jika ke Jogja belum mampir ke wisata belanja legendaris jalan Malioboro. Banyak oleh-oleh yang dapat dibeli di Malioboro, mulai dari makanan, pakaian, souvenir. Selain itu, malioboro memiliki pemandangan yang sangat indah dan sangat instagramable.

Terletak di jalan Malioboro Sosromenduran Gedong Tangen Jogja, tempat ini dipenuhi dengan banyak toko dan pedagang kaki lima. Di sepanjang jalan Malioboro bukan hanya banyak penjual, tetapi juga pengamen. Selain itu, pintar-pintarlah menawar ketikan ke Malioboro.

Kampung Wisata Taman Sari

taman sari jogja

Tempat wisata di Jogja yang tak boleh dilewatkan adalah kampung wisata taman sari yang termasuk wisata edukatif bersejarah. Taman yang memiliki bangunan-bangunan bersejarah ini memiliki gaya Portugis Jawa. Dulunya, tempat ini merupakan benteng pertahanan yang memiliki masjid bawah tanah.

Lokasi tempat ini berada di jalan Tamanan, Patehan Keraton, Jogja. Kampung wisata taman sari buka dari jam 09.00 sampai 18.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 5000 rupiah. Karena berbentuk perkampungan, terkadang tempat ini membngungkan pengunjung untuk keluar. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menyewa jasa pemandu saat ke tempat ini.

Keraton Yogyakarta

keraton yogyakarta

Keraton Yogyakarta menyuguhkan pagelaran seni, musik gamelan, wayang golek menak, pertunjukan tari, macapat, dan wayang orang. Lokasinya berada di jalan Rotowijayan blok no 1 Panembahan, Kraton, Jogja  memiliki banyak koleksi-koleksi bersejarah dan sangat edukatif. Jam buka dari Keraton Yogyakarta yaitu pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.

Tiket masuknya pun cukup 7000 untuk wisatawan lokal dan 12.500 untuk wisatawan mancanegara. Karena tempat ini merupakan istana, pengunjung harus berpakaian rapi dan berperilaku sopan dan tidak membuat kegaduhan saat ke tempat ini.

Sindu Kusuma Edupark

sindu kusuma edupark

Tempat wisata di Jogja yang tak boleh dilewatkan adalah Sindu Kusuma Edupark. Banyak wahana yang dapat dinikmati seperti cakra manggiling, pit engrang, montor tumbur, panggon lunjak, kuris mabur, dan masih banyak lagi.

Taman edukasi yang terkenal sangat cantik ini terletak di jalan Jambon Sleman dengan tiket masuk sebesar 15.000 rupiah. Sindu Kusuma Edupark dibuka mulai dari jam 09.30 sampai 22.00. Disarankan ke tempat ini di waktu-waktu yang sepi pengunjung, karena Sinu Kusuma Edupark terkenal sangat ramai.

Taman Pintar Yogyakarta

Salah satu tempat wisata di Jogja yang edukatif dan sangat seru adalah taman pintarYogyakarta dengan beragam wahana. Tempat ini memiliki lima zona dengan 3500 alat peraga permainan edukatif. Terdapat banyak wahana di taman ini, seperti wahana bahari, playground, kampung kerajinan, planetarium, science theater, zona perpustakaan, dan lain-lain.

Baca Juga :   8 Tempat Wisata Di Jogja Pantai Yang Penuh Pesona

Berlokasi di jalan Panembahan Senopati no 1-3, taman ini dibuka dari 08.30 sampai 16.00 WIB. Harga tiket masuknya pun mulai dari 12,000 untuk anak-anak dan 20.000 untuk dewasa.  Karena tempat ini cukup panas terutama di siang hari, usahakan memakai tabir surya saat berwisata ke tempat ini.

Merapi Park

Tiket The World Landmark Merapi Park

Merapi park merupakan tempat wisata di Jogja yang juga terkenal dengan nama The World Landmark. Tempat ini memiliki banyak miniatur dari beragam negara seperti kincir angin Holandia, menara Eifel paris, menara Pisa, dan lain-lain. Taman ini dipenuhi bunga yang segar dan cantik dan juga memiliki museum gunung merapi.

Berlokasi di jalan Klaiurang Hargobinangum, Pakem Sleman, tempat ini buka dari 09.00-17.00 dengan tiket masuk 20.000. sayangnya, jalan menuju lokasi Merapi park memiliki banyak tanjakan dan berliku. Sehingga, disarankan untuk berhati-hati saat berwisata ke tempat ini.

Pantai Wisata di Jogja

Pantai Nguluran

 

Tempat wisata di Jogja yang tak kalah menarik adalah pantai Ngluran yang terletak di Grikarto, Panggang, kabupaten Gunung Kidul. Dibuka dari jam 09.00 sampai 17.00 WIB, harga tiket masuk pantai ini sebesar 5000.

Keunikan dari pantai ini adalah jembatan kacanya yang sangat indah dan patut dikunjungi, untuk menaikinya pun cukup dengan membayar 20.000. Sayangnya, akses jalan yang terjal menuju pantai ini cukup menjadikannya harus ekstra hati-hati untuk dikunjungi. Selain itu, spot foto di jembatan sering kali penuh antrian.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Air terjun Sri Gethuk tak kalah menarik dengan tempat wisata di Jogja yang lainnya. Suasana menyegarkan dipadukan dengan pemandangan yang indah menjadikan tempat ini patut diunjungi.

Dengan harga tiket masuk 10.000, tempat ini dibuka dari jam 08.00 sampai 16.00. Selain itu, tempat ini dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti penyewaan pelampung, ban, dan rakit. Meski begitu, tebing-tebing dan bebatuan di sekitar tempat ini cukup licin. Sehingga, berjalan menuju air terjunnya pun harus sangat hati-hati agar tidak jatuh.

Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Jogja way Waterpark terletak di jalan stadion Manguwoharjo, Depok, Sleman. Tempat wisata di Jogja yang satu ini dibuka dari jam 09.00 sampai 19.00 di hari kerja dan dibuka jam 08.00 saat akhir pekan. Tempat wisata di Jogja yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga terutama untuk menikmati kolam renang bertema bajak laut.

Tiket masuknya mulai dari 60.000 sampai 70.000 untuk anak-anak dan 90.000 sampai 70.000 untuk dewasa. Banyak wahana terutama wahana air yang ditawarkan seperti memo racer, bekti adventure, south beach, hip playground, dan donte wid river. Usahakan datang di hari-hari kerja untuk berwisata ke tempat ini, karena tempat ini sering kali ramai.

Goa Jomblang

Keindahan dari goa Jomblang juga tidak kalah dengan tempat wisata di Jogja yang lain. berlokasi di padukuhan Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, tempat ini sangat cocok bagi pecinta wisata ekstrim. Biasanya lantai goa agak licin karena gerimis. Selain itu, disarankan untuk tidak caving di Goa ini pada saat hujan, karena sangat berbahaya.

Dengan menelusuri sekaligus berpetualang di dalam goa, banyak keindahan yang bisa dinikmati, seperti cahaya indah yang disebut cahaya surga. Untuk harga masuknya pun gratis dengan menggunakan peralatan sendiri, sedangkan saat menggunakan jasa operator dikenakan tarif mulai dari 450.000. Dibuka dari jam 08.00 sampai 14.00 WIB.

Museum Pariwisata di Jogja

Museum Affandi

Museum Affandi merupakan tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Tempat yang dulunya merupakan galeri dari seniman terkenal bernama Affandi ini menyimpan beragam koleksi sang seniman dan barang berharga lainnya. Banyak koleksi yang dapat dinikmati terutama lukisan-lukisan dengan nilai seni yang tinggi.

Jam buka museum ini mulai dari 09.00 sampai 16.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 20.000. alamatnya berada di jalan Adisucipto, Caturtunggal, Depok, Sleman.  Meski terdapat beberapa spot yang diperbolehkan untuk difoto maupun berfoto. Namun, di museum ini lukisan-lukisan dilarang untuk difoto secara close up.

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung menawarkan kecantikan matahari terbit di atas awan yang menghadap ke ufuk timur. Keindahan bak di negeri awan dengan beragam spot foto yang tentunya antimainstream dan sangat instagramable ini patut dicoba.

Baca Juga :   Wisata Pantai Dekat Malioboro Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Bukit Panguk Kediwung berada di  Bantul, tepatnya dusun Kediwung, Mangunan. Harga tiketnyapun sangat murah, sebesar 2.500 rupiah. Sayangnya, jalanan menuju bukit ini banyak yang terjal, sehingga harus sangat berhati-hati.

Taman Pelangi Jogja

Tempat wisata di Jogja yang memiliki pesona warna-warni salah satunya terletak di taman pelangi Jogja. Taman pelangi Jogja memiliki banyak lampion berwarna-warni dengan beragam bentuk dan karakter. Tak heran, jika berwisata kesini serasa melihat pelangi di malam hari bersama berbagai miniatur. Terdapat pula, permainan seperti trampolin, speed boat, bola air dan lain-lain.

Terletak di jalan Ringroad utara Jongkag, Sariharjo, Sleman menjadikan tempat ini mudah ditemukan. Tiket masuknya pun cukup murah sebesar 10.000 di jam kerja dan 15.000 di akhir pekan yang dibuka mulai jam 17.00 sampai 23.00. Karena lampion akan terlihat indah di malam hari. Sayangya wisata ini hanya cocok dikunjungi di sore sampai malam hari.

De Mata Museum Jogja

Tiket untuk memasuki museum de mata Jogja mulai dari 30.000 rupiah dengan beragam fasilitas dan kuliner yang enak. Berlokasi di jalan Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta, museum ini dibuka dari jam 10.00 sampai 15.00 dan 15.01-20.00.

Beragam wahana menarik yang dimilikinya, seperti whana de area, wahana d’walk, horror room, dan wahana anti gravity. Beberapa spot foto di tempat ini mensyaratkan pengunjung untuk melepas alas kaki, demi efek trick eye. Oleh sebab itu, pakailah sandal yang mudah dilepas dan dipakai.

Museum Sonobudoyo

Sebagai kota budaya, Jogja tidak pernah kehabisan akan destinasi budayanya. Salah satu tempat wisata di Jogja berupa museum adalah museum Sonobudoyo. Museum ini memiliki koleksi bersejarah dengan puluhan ribu artefak dan beragam karya seni. Beberapa diantara koleksinya yang wajib dilihat adalah koleksi keris, buku kebudayaan, dan batik.

Alamat museum ini berada jalan Pangurakan Ngapusan, Gondaoman yang diuka dari jam 08.00-15.30 WIB. Tiket masuknya pun cukup murah sebesar 3000 rupiah.  Sayangnya, di museum ini pengunjung dilarang membawa makanan saat perjalanan mengelilingi museum. Oleh sebab itu, pengunjung disarankan makan terlebih dahulu atau makan setelah tour museum.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Terbaru Di Jogja Yang Hits

Kebun Buah di Jogja

Puncak Kebun Buah Mangunan

Puncak kebun buah Mangunan merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang terletak di desa Mangunan, Dlingo, Bantul. Dengan harga tiket sebesar 5000 rupiah, puncak kebun ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa terutama saat sunset dan sunrise. Di tempat ini pula, terdapat pemandangan sungai Oya yang berkelok melintang memberikan gradasi warna yang mempesona.

Dibuka dari jam 04.30 sampai 18.00, tempat ini memiliki aneka tanaman buah tanaman hias. Pada saat bulan purnama, di tempat ini angin akan bertiup lebih kencang, sehingga momen sunrise yang cantik sulit didapatkan akibat kabut yang menghilang. Oleh sebab itu, usahakan berwisata ke tempat ini di bulan purnama,

Itulah dua puluh tiga tempat wisata di Jogja yang dapat dipilih. Jogja selain terkenal indah dan penuh pesona juga sangat murah akan tempat wisata. Oleh sebab itu, jangan hanya mengunjungi satu atau beberapa wisata saja dan jangan lupa beli oleh-oleh saat ke Jogja.

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh