Yogyakarta

8 Tempat Wisata Di Jogja Pantai Yang Penuh Pesona

Berbicara tentang Jogja, hal pertama kali yang biasanya terlintas adalah keraton, Malioboro, dan gudeg. Ketiga hal tersebut memang sangat terkenal dan sudah menjadi ciri khas dari sang kota pelajar. Namun banyak orang yang mengenal tempat wisata di Jogja pantai karena lokasi provinsi ini yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Jogja dikaruniai dengan garis pantai yang memiliki beragam keistimewaan khas. Mulai Parangtritis yang memiliki gubuk pasir, hingga pantai dengan tebing karang khas daerah kars di Gunung Kidul. Setiap tempat wisata di Jogja pantai selalu memiliki keunikan-keunikan tersendiri. Melihat potensi yang dimiliki, kini pantai-pantai di Jogja sudah banyak yang dikembangkan sebagai obyek wisata unggulan baik dengan target wisatawan lokal maupun mancanegara. Berikut adalah beberapa obyek wisata pantai eksotis yang ada di Jogja:

1. Parangtritis

Siapa yang tak kenal dengan Parangtritis? Pantai ini merupakan pantai yang paling terkenal dari Jogja. Bagi yang percaya, mitosnya disinilah jalan menuju ke istana Nyi Roro Kidul, sang penguasa pantai selatan. Sedangkan para ahli geologi menganggap penting pantai ini karena fenomena gubuk pasir yang terjadi. Parangtritis terletak tak begitu jauh dari kota sehingga banyak dikunjungi para wisatawan yang datang ke Jogja.

Baca Juga :   Pantai Sepanjang Gunung Kidul Jogja, Ini Letak Peta Lokasi dan Harga Tiket Masuk

2. Indrayanti

Dikenal juga sebagai Pantai Pulang Sawal, pantai ini berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Indrayanti telah dikembangkan sebagai tempat wisata di Jogja pantai dengan dibangunnya penginapan dan restoran. Selain itu tersedia pula watersport sebagai atraksi wisata.

3. Pok Tunggal

Masih dari Kecamatan Tepus, Pantai Pok Tunggal membutuhkan perjuangan ekstra untuk dicapai berupa jalanan yang sempit dan berliku. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan karang dan kurang begitu dikenal, sehingga cukup sepi. Nama Pok Tunggal diberikan karena ada satu pohon yang tumbuh di tengah-tengah pantai dan menjadi ikon dari pantai ini.

4. Glagah

Ada pemandangan tak biasa yang terdapat di Pantai Glagah, yaitu dibangunnya pemecah ombak di sepanjang pantai. Pantai ini juga terkenal sebagai lokasi yang bagus untuk memancing. Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini adalah bersepeda, motorcross, kano, dan/atau perahu. Selain itu terdapat pula agrowisata di sepanjang pantai.

5. Jogan

Salah satu tempat wisata di Jogja pantai yang paling eksotis, Pantai Jogan menyuguhkan pemandangan menakjubkan. Di mana terdapat air terjun yang langsung jatuh ke bibir pantai. Satu-satunya air terjun yang langsung terhubung ke laut yang ada di Jogja.

6. Baron

Pantai Baron terkenal karena keberadaan sungai air tawar bawah tanah yang langsung mengalir ke laut. Sungai bawah tanah ini merupakan fenomena yang hanya ada di daerah kars. Bukit-bukit karang yang mengelilingi pantai menambah keelokan pemandangan di pantai ini.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata di Yogyakarta dan Harga Tiket Masuk Beserta Alamatnya Bisa Untuk Anak

7. Krakal

Sebagaimana karakteristik pantai di Gunung Kidul lainnya, Pantai Krakal memiliki hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai dan disertai dengan dinding batu karang. Banyak peselancar yang datang untuk menjajal ombak di sini. Dan lagi, sudah terdapat fasilitas penunjang wisata berupa penginapan dan restoran yang dibangun di sekitar pantai.

8. Kukup

Dilihat sekilas, Pantai Kukup akan mengingatkan pada panorama di Pantai Tanah Lot, Bali. Hal itu dikarenakan keberadaan sebuah batu karang tunggal yang menjulang dari perairan. Bersama dengan Pantai Baron dan Krakal, biasanya para wisatawan sengaja datang untuk mengunjungi ketiga pantai tersebut dalam sekali perjalanan. Ini dimungkinkan karena lokasi ketiga pantai relatif berdekatan.

Tempat wisata di Jogja pantai memang terkenal akan keindahannya. Penyebabnya adalah karena secara geografis Provinsi Yogyakarta yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Dan juga kondisi geologis Gunung Kidul yang merupakan daerah kars menambah nilai keindahan pantai-pantai yang ada di Jogja.

Artikel Lainnya

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh