Yogyakarta

Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi Bernuansa Alam

sewa mobil jogja banner

Semua orang pasti tahu, bahwa selain sebagai kota tujuan migrasi penduduk selepas SMA untuk berkuliah, Jogja adalah juga menjadi tujuan wisata. Ada banyak tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, mulai dari yang bertemakan pendidikan, hiburan, alam, ataupun kuliner.

Berada di sisi selatan Pulau Jawa dan diapit oleh gunung (Merapi) dan lautan (Samudra Hindia) serta menjadi bagian dari deretan kars, membuat Jogja memiliki kekayaan pemandangan alam yang tak biasa. Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi yang berhubungan dengan alam:

1. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo Jogja

Berlokasi di Kulon Progo, sekitar daerah Samigaluh, ada satu dusun bernama Nglinggo yang memiliki perkebunan teh sekaligus tempat wisata. Menurut berbagai sumber, diceritakan bahwa dulunya lokasi ini merupakan markas Pangeran Diponegoro.

Berada di area perkebunan yang berada di dataran tinggi tentu saja membuat hawa di sini sangat sejuk, jadi jangan khawatir untuk merasa kepanasan. Hamparan perkebunan teh hijau berlatar pemandangan pegunungan, dijamin akan langsung mengusir stress dan penat. Dengan akses menuju lokasi yang mudah dan ada fasilitas home-stay, Kebun Teh Nglinggo perlu dimasukkan ke dalam daftar tempat wisata yang harus didatangi.

Baca Juga :   Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi Di Yogya

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Di Jogja Yang Instagrammable

2. Tebing Breksi

Lokasi Tebing Breksi

Merupakan salah satu obyek wisata yang paling terkenal di Jogja sejak sekitar 2 tahun lalu. Di lokasi ini akan didapati pemandangan tebing yang penuhi dengan ukiran dan pahatan yang indah. Dilihat dari segala sudut, tebing ini fotogenik, cocok untuk dikunjungi bagi yang hobi berfoto. Tebing breksi memang sengaja ‘dipermak’ untuk kepentingan wisata.

3. Hutan Mangrove

hutan mangrove kulonprogo

Berada di Desa Pasir Mandit Mendit Temon, Kulon Progo, hutan mangrove ini mulai dikelola oleh warga sekitar untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Dengan populernya pengunggahan foto lokasi-lokasi keren dan cantik ke media sosial, membuat bisnis pariwisata semakin berkembang. Termasuk di lokasi yang satu ini. Warga setempat berswadaya untuk membangun titik-titik sebagai spot foto bagi para wisatawan.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Di Jogja Yang Instagrammable

4. Gua Kalisuci

goa kalisuci

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi satu ini adalah bagi yang suka dengan tantangan. Atraksi yang bisa dilakukan di Gua Kalisuci ini adalah jelajah gua dan sungai, rafting, hingga cave tubing. Tempat wisata ini berada di Wonosari, Gunung Kidul yang memang kaya akan gua dan sungai bawah tanah karena kondisi geografis setempat yang merupakan kawasan kars.

5. Kalibiru

kalibiru jogja

Lokasi destinasi wisata yang satu ini bertujuan untuk menjadi ekowisata nomor 1 di Jogja. Sehingga pengelola beserta warga sepakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Pemandangan yang disuguhkan di sini adalah hijaunya pepohonan.

Baca Juga :   Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta + Harga Tiket Masuk & Jalan Menuju Lokasi

Biasanya wisatawan yang datang ke sini sengaja untuk naik ke dek yang sengaja dibangun di atas pohon untuk menikmati pemandangan dari atas. Selain hamparan pepohonan hijau, dapat terlihat pula Waduk Sermo dari kejauhan.

6. Gunung Api Purba

Terletak di Pathuk, Wonosari, lokasi ini adalah tempat terbaik untuk memandangi matahari terbit. Deretan bukit berselimutkan kabut, pancaran sinar matahari yang pertama menyapa bumi terlihat begitu indah. Biasanya wisatawan yang datang ke lokasi ini akan berkemah semalam. Untuk keamanan, sebaiknya waktu berkunjung ke Gunung Api Purba ini adalah saat musim panas.

7. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Selain air terjun sebagai tujuan wisata utama, sepanjang perjalanan mata akan dimanjakan dengan pemandangan hutan, hamparan sawah, dan sungai. Menjadikan Air Terjun Sri Gethuk menjadi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Bisa juga mendatangi lokasi ini dengan menyusuri sungai menggunakan perahu.

Demikian daftar beberapa lokasi wisata di Jogja yang wajib dikunjungi edisi kali ini. Selain sebagai kota budaya dan kota pelajar, Jogja juga telah membuktikan diri sebagai kota wisata. Setiap tahunnya banyak wisatawan yang sengaja datang ke Jogja. Dan setiap tahunnya pula kota gudeg ini memiliki obyek wisata alternatif baru yang ditawarkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh