Nusa Tenggara Timur

7 Tempat Wisata Di Labuan Bajo Yang Hits Dan Menarik

Labuan Bajo merupakan nama salah satu desa yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Desa ini sangat terkenal sebagai tempat berbagai macam destinasi wisata yang hits dan menarik. Banyaknya keunikan wisata yang dimiliki oleh daerah ini mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Beberapa tempat wisata di Labuan Bajo yang bisa dikunjungi adalah :

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan tempat wisata di Labuan Bajo yang sangat hits dan mendunia. Kawasan ini masuk ke dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO. Para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini disajikan dengan pemandangan kehidupan liar dari binatang komodo secara langsung.

Komodo yang bertempat di pulau ini diperkirakan mencapai jumlah 2.500 ekor. Sehingga, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini harus ditemani oleh jagawana atau pawang untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

2. Pulau Kalong

Tempat wisata di Labuan Bajo berikutnya merupakan tempat yang menarik untuk melihat keindahan sunset di sore hari. Sesuai dengan namanya, pulau ini digunakan sebagai tempat tinggal oleh populasi kalong atau kelelawar. Pulau ini berjarak sekitar 8 km dari Pelabuhan Labuan Bajo.

Baca Juga :   5 Makanan Khas NTT dan Penjelasannya Adalah Kolo, Catemak Jagung DLL

Tempat wisata ini merupakan kawasan hutan bakau, sehingga wisatawan hanya bisa menikmati pulau ini dari atas kapal. Selain bisa menikmati sunset, wisatawan juga bisa melihat keindahan ribuan kelelawar saat langit mulai sore sekitar pukul 18.00 WIT.

3. Pulau Rinca

Pulau Rinca sama seperti Pulau Komodo. Kawasan ini merupakan tempat wisata di Labuan Bajo yang termasuk ke dalam Taman Nasional Komodo karena di pulau ini hidup sekitar 1500 ekor komodo. Hal yang membedakan kedua pulau tersebut adalah Pulau Komodo didominasi oleh hutan, sedangkan Pulau Rinca didominasi oleh savana.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau ini bisa menggunakan transportasi berupa speed boat dari pelabuhan di Labuan Bajo dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam. Tempat ini menyajikan latar belakang lautan biru dan padang savana yang indah untuk tempat mengabadikan momen bersama teman maupun sahabat.

4. Pulau Bidadari

Tempat wisata di Labuan Bajo yang satu ini juga menarik untuk dikunjungi. Pulau ini menyajikan pemandangan pantai yang sangat indah dengan laut yang masih terlihat jernih. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini juga bisa melakukan olahraga air seperti snorkeling dan diving.

Jika ingin pergi ke tempat ini, wisatawan hanya harus menempuh waktu sekitar 30 menit dari Labuan Bajo dengan menggunakan perahu. Pulau ini sebenarnya dulunya bernama pulau bidara karena ditutupi oleh pohon bidara.

Baca Juga :   8 Panduan Tips Liburan ke Pulau Komodo Murah

5. Pulau Padar

Pulau Padar memiliki letak yang dekat dengan Pulau Rinca. Kedua pulau tersebut hanya dipisahkan oleh Selat Lintah. Tempat wisata di Labuan Bajo yang satu ini menyuguhkan pemandangan alam lautan biru dari atas ketinggian bukit. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pulau ini.

Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini harus waspada dan disarankan untuk membawa guide. Meskipun pulau ini bukan habitat komodo, namun pernah ada wisatawan yang menemukan komodo di kawasan ini.

6. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa merupakan salah satu tempat wisata di Labuan Bajo yang wajib dikunjungi. Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 35 hektar dengan pesona pantai dan bawah laut yang menakjubkan. Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini akan disambut dengan hamparan laut yang berwarna biru kehijauan dan pasir putih bersih.

Keindahan flora dan fauna laut seperti terumbu karang, ikan kecil, dan penyu bisa terlihat dengan jelas dari atas permukaan laut. Wisatawan juga bisa melakukan diving di Pulau Kanawa yang disediakan di diving center.

7. Gili Laba

Gili Laba merupakan tempat wisata di Labuan Bajo terakhir yang sangat hits dan menarik. Pulau ini sebenarnya juga merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo. Wisatawan yang hendak berkunjung ke tempat ini bisa memulai perjalanan dari Pulau Komodo dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Baca Juga :   4 Hal yang Dapat dilakukan ketika Wisata ke Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur

Gili Laba menyuguhkan keindahan yang luar biasa dari hamparan laut berwarna biru jernih dan pasir putih yang membentang dari atas bukit. Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan pulau komodo dari atas puncak Gili Laba. Selain itu, pulau ini juga menyuguhkan pesona keindahan sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari.

Beberapa ulasan terkait tempat wisata di Labuan Bajo diatas semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin mengunjungi Labuan Bajo. Jangan lupa untuk menyiapkan stamina dan bekal yang cukup karena banyak lokasi menarik yang berada di atas.

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker