Jawa Timur

42 Tempat Wisata Batu Malang dan Sekitarnya Terbaru dan Murah

Jika kamu ingin berwisata bersama teman atau keluarga, Malang adalah salah satu destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi. Ya, hawa di Malang yang cenderung dingin akan membuat liburan menjadi lebih syahdu dan menyenangkan. Selain itu, ada cukup banyak ide wisata Malang yang bisa kamu kunjungi dengan bebas. Nah, di sini, kita akan membahas setidaknya 42 tempat wisata Malang di Batu dan sekitarnya yang unik, terbaru dan tentu saja terjangkau. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

pantai di malang

via : hipwee.com

Ide Tempat Wisata Malang Terbaik

Ada beberapa ide wisata terbaik di Malang yang sayang untuk kamu lewatkan bersama dengan keluarga. Nah, adapun beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Malang adalah sebagai berikut:

1)     Pantai Batu Bengkung Malang

Pantai Batu Bengkung terletak sekitar 57 km dari arah kota Malang ke selatan. Pantai ini tepatnya terletak di Gedangan, Malang. Untuk menuju ke tempat ini, kamu memang harus melakukan sedikit perjuangan yang melelahkan. Namun, lelahnya perjalanan akan terbayar lunas dengan kondisi pantai yang indah, pasir putih yang luas dan ombak yang tampak bersahabat.

2)     Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu terletak sekitar 75 km dari pusat kota Malang. Ide wisata ini terletak di daerah yang cukup terpencil dan tersembunyi di balik hingar-bingar kota Malang. Untuk dapat mencapai pulau ini, maka kamu harus menyeberang dengan perahu kecil dan berjalan kaki sekitar 2 jam. Namun, beratnya medan akan terbayar tuntas dengan keindahan pulau Sempu yang begitu mempesona.

3)     Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang di sebut dengan Tanah Lot-nya Malang. Terletak sekitar 57 km dari kota Malang, pantai ini menyajikan pemandangan eksotis seperti Tanah Lot di Bali. Tidak hanya itu, pantai juga memiliki ombak yang cukup menantang. Nah, buat kamu yang suka dengan selancar, Balekambang adalah salah satu spot terbaik.

4)     Omah Kayu

Omah kayu merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang unik. Bagi kamu yang ingin melihat pemandangan Malang yang indah dari atas, maka ide wisata ini bisa kamu masukkan ke menu liburan. Nah, omah kayu ini adalah penginapan yang ada di atas pohon yang menjulang di atas lembah. Tarif per malam penginapan ini hanya sekitar 250,000.

5)     Paralayang Malang

Kamu bisa merasakan sensasi terbang melayang seperti elang melintasi tebing, tumbuhan dan rumah di paralayang Malang. Bagi kamu yang ingin mengetes mental dan adrenalin, ide wisata ini sangat cocok untuk kamu coba bersama teman atau keluarga.

6)     Pantai Sipelot

Pantai Sipelot terletak di desa Pujiharjo, Malang. Pantai ini mendapat julukan Surga yang Masih Perawan. Hal ini dikarenakan masih cukup sedikit wisatawan yang mengetahui objek ini. Namun, ketika kamu berwisata ke pantai ini, maka pantai akan memanjakan mata dengan panorama yang begitu eksotis dan indah.

7)     Batu Night Spectacular Malang

BNS atau Batu Night Spectacular adalah ide wisata modern yang ada di Batu, Malang. DI tempat wisata ini, kamu akan melihat keindahan malam di kota Batu yang penuh dengan kerlip lampu dan lampion yang berwarna-warni. Selain itu, ada cukup banyak wahana permainan yang tersedia untuk dicoba. Ide wisata ini senantiasa ramai setiap malam.

8)     Alun-alun Kota Malang

Buat kamu yang ingin nongkrong dengan gratis dan dikelilingi oleh jajanan kuliner khas Malang yang istimewa, alun-alun kota Malang bisa menjadi destinasi wisata alternative terbaik. Tempat ini biasanya digunakan untuk menghabiskan waktu bersama teman, kekasih dan keluarga. Selain itu, di alun-alun ini juga terdapat taman yang indah di mana memiliki desain seperti taman Belanda.

9)     Jatim Park 1 Malang

Baca Juga :   5 Pantai di Malang Yang Belum Terjamah, Bisa Buat Snorkeling & Ada Penginapannya Dekat Dengan Surabaya

Jatim Park 1 Malang adalah ide wisata water boom yang menyediakan cukup banyak wahana yang lengkap, menarik serta menguji adrenalin anda. Nah, salah satu wahana yang terkenal di tempat ini adalah kolam renang raksasa yang dihiasi patung Ken Dedes serta Ken Arok. Lokasi taman ini ada di sekitar 20 km sebelah barat kota Malang.

10)  Jatim Park 2 Malang

Setelah sukses mendirikan Jatim Park 1, pemerintah Malang mendirikan Jatim Park 2 yang terletak di sekitar kota Malang. Taman ini memiliki konsep yang berbeda dengan sebelumnya di mana mengambil konsep bermain sambil belajar. Di taman ini terdapat zona kebun binatang, zona museum satwa dan lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

11)  Wisata Petik Apel

Apel merupakan buah khas Malang. Salah satu destinasi wisata Batu Malang terbaik dan menjadi ikon kota ini adalah wisata petik apel. Di kota Batu terdapat perkebunan apel dengan konsep wisata. Nah, kamu bisa memetik apel dengan bebas di perkebunan ini dan merasakan beragam olahan apel yang tidak ditemukan di daerah lain.

12)  Air Terjun Coban Rondo

Air terjun memang menjadi ide wisata menarik untuk dikunjungi. Malang memiliki cukup banyak air terjun yang bisa dijadikan menu liburan yang tepat. Salah satu air terjun terbaik untuk dikunjungi adalah air terjun Coban Rondo. Air terjun ini menyajikan panorama alam yang sangat indah dan cerita mitos mengenai kisah cinta Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma.

13)  Air Terjun Coban Pelangi

Selain Coban Rondo, Malang memiliki air terjun lain yakni air terjun Coban Pelangi. Air terjun ini menarik karena kamu akan melihat pelangi di sekitar air terjun yang muncul karena pembiasan cahaya. Letak air terjun ini ada di sekitar 30 km kota Malang dan membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan.

14)  Eco Green Park Malang

Eco Green Park adalah wisata edukasi yang sangat menarik di Malang. Ide wisata ini menggabungkan rekreasi dengan pembelajaran. Di tempat ini, terdapat beragam wahana unggulan, seperti rumah terbalik, jungle adventure dan lainnya.

15)  Museum Angkut Malang

Malang memiliki museum Angkut yang merupakan markas besar dari beragam jenis mobil antik. Salah satu ide wisata Malang ini sangat unik. Kamu berkesempatan melihat beragam jenis mobil tua dari Eropa, Amerika dan Asia. Tiket masuk di tempat ini diperkirakan sekitar 100,000an.

16)  Masjid Tiban

Masjid Tiban terletak tidak jauh dari pusat kota Malang. Masjid ini sering menjadi tujuan dari wisata religi dan cukup ramai didatangi oleh wisatawan berbagai daerah. Apa yang menarik dari masjid ini adalah desain masjid yang mirip dengan bangunan Timur Tengah dan masjid memiliki 9 lantai. Ada toko souvenir, toko makanan dan area satwa di sekitar masjid untuk hiburan.

17)  Air Terjun Sumber Pitu

Salah satu lokasi wisata yang sebaiknya kamu datangi adalah air terjun Sumber Pitu. Ini adalah salah satu air terjun terbaik yang berada di kecamatan Tumpang. Seperti namanya, air terjun ini memiliki tujuh sumber air yang sangat deras dan begitu cantik. Hingga hari ini, masih cukup jarang wisatawan yang mengerti ide wisata ini.

18)  Pantai Ngeliyep

Terletak sekitar 62 km dari kota Malang, Pantai Ngeliyep adalah surga yang tersembunyi. Pantai ini begitu indah dengan pasir halus dan ombak yang tenang. Keindahan pantai ini akan membuat kamu merasa betah. Cukup banyak wisatawan berpendapat bahwa pantai Ngeliyep memiliki detail yang mirip dengan pantai di Lombok.

Baca Juga :   8 Foto Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur, Lokasi Peta Google Map & Harga Tiket Masuk-nya

19)  Air Terjun Coban Talun

Air Terjun Coban Talun terletak hanya sekitar 3,5 km saja dari pusat kota Batu, Malang. Salah satu destinasi wisata di Batu Malang ini menyajikan panorama alam yang begitu cantik dan mengesankan. Terlebih, kamu akan melewati hutan pinus yang begitu rindang untuk mencapai lokasi air terjun.

20)  Museum Brawijaya

Suka dengan wisata sejarah? Nah, kamu bisa mengunjungi museum Brawijaya untuk berwisata. Di tempat ini, ada salah satu peninggalan sejarah yang begitu terkenal, yakni Gerbong Maut. Gerbong ini pernah membawa 100 pejuang Indonesia yang ditangkap penjajah. Dalam gerbong tersebut, sebanyak 88 pejuang tewas dan hanya 12 orang yang selamat.

21)  Museum Malang Tempo Dulu

Jika kamu ingin tahu sejarah kota Malang, maka mengunjungi Museum Malang Tempo Dulu bisa menjadi pilihan tepat. Di museum ini kamu bisa mengetahui sejarah Malang sejak tahun 1914. Tiket di museum ini juga murah hanya 15,000 saja.

22)  Pemandian Air Panas Cangar

Untuk mengembalikan kesegaran setelah berwisata, kamu bisa datang ke pemandian air panas Cangar. Lokasi pemandian ini berada di kawasan Batu. Di tempat ini, kamu bisa bersantai dan berendam di kolam air panas yang tentu akan membuat kesegaran kamu kembali.

23)  Agro Tawon Rimba Raya

Apakah kamu suka dengan madu? Nah, Malang punya Agro Tawon Rimba Raya untuk memberikan pengalaman melakukan panen madu langsung dari penangkaran. Di tempat ini, kamu bisa mencoba memanen madu ataupun menikmati sajian kuliner madu yang begitu istimewa.

24)  Sumber Air Krabyakan

Terletak di kecamatan Lawang, objek wisata ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di tempat ini, wisatawan bisa berenang langsing di sumber air dengan suasana alam yang begitu hijau dan tenang. Selain segar, objek wisata ini juga termasuk murah.

25)  Kebun Teh Wonosari

Buat kamu yang suka dengan teh, maka berkunjung ke tempat wisata ini dapat menjadi ide menarik. Di kebun teh Wonosari, kamu bisa merasakan sensasi memetik teh bersama petani dan menikmati teh langsung dari sumbernya yang begitu segar.

26)  Waduk Solorejo

Waduk Solorejo adalah salah satu ide wisata di Malang yang cukup menarik untuk dikunjungi. Ide wisata ini terletak di Ngantang, Malang dan menjadi tempat budidaya ikan, pembangkit listrik serta irigasi pertanian. Selain itu, di sekitar tempat ini terdapat cukup banyak pusat kuliner yang menyajikan makanan khas Malang.

27)  Wendit Water Park

Untuk kamu yang suka berenang, Wendit Water Park adalah ide wisata yang wajib dikunjungi. Kolam renang yang menarik ini terletak di sekitar alun-alun Malang. Di kolam renang ini, kamu akan merasakan sensasi berenang di kolam besar dengan kedalaman yang bervariasi.

28)  Kaliwatu Malang

Kamu rindu wisata rafting? Nah, Malang punya Kaliwatu yang merupakan salah satu spot rafting terbaik. Salah satu ide wisata Malang ini akan menantang adrenalin kamu untuk menyusuri sungai berbatu dengan arus yang cukup deras. Wisata rafting ini sangat dianjurkan untuk dicoba!

29)  Pantai Tiga Warna

Malang memiliki pantai unik dengan nama Tiga Warna. Pantai yang terletak di Kecamatan Sitiarjo ini memang memiliki warna yang berbeda, yang membuatnya terlihat indah. Namun, berhubung wisatawan yang datang cukup banyak, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

30)  Pantai Clungup

pantai clungup malang

Masih tentang ide wisata pantai, Malang memiliki Pantai Clungup untuk dikunjungi. Apa yang spesial dari pantai ini adalah keindahan pantai yang dikatakan mirip dengan Raja Ampat. Di salah satu wisata Malang Batu ini kamu bisa rafting sesuka hati!

Baca Juga :   Pantai Balekambang Terletak di Bantur Malang Jawa Timur, Ini Peta Lokasi + Harga Tiket Masuk-nya

31)  Teluk Kletekan

Suka menyelam di lautan? Nah, Malang menawarkan Teluk Kletekan untuk dicoba. Teluk ini sangat menarik dengan air yang sangat jernih. Selain itu, kedalaman teluk adalah 4-8 meter dengan biota laut yang sangat lengkap.

32)  Sumber Sirah Malang

Sumber Sirah adalah kawasan snorkeling ring 1 yang menawarkan biota laut yang begitu indah. Di tempat ini, kamu bisa menyelam dan bergaya diantara terumbu karang yang begitu indah, luas, dan tentu saja bersih.

Pantai di Malang Terbaru

33)  Pantai Bolu-bolu

Salah satu ide wisata Malang yang tidak bisa dilewatkan adalah Pantai Bolu-bolu. Pantai ini terletak tidak jauh dari pusat kota dan memiliki pemandangan yang indah dengan dua bukitnya. Selain itu, Bolu-bolu juga merupakan area snorkeling alternative.

34)  Air Terjun Banyu Anjlok

pantai banyu anjlok malang

Air terjun ini terletak di sekitar Pantai Bolu-bolu. Terletak di dekat pantai, air terjun satu ini sangat unik dan bisa menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Selain itu, airnya pun cukup segar untuk menenangkan diri saat panas menjalar.

35)  Pantai Lenggoksono

Buat kamu yang hobi memancing, Pantai Lenggoksono bisa menjadi alternative spot memancing. Pantai yang terletak di Tirtoyudo ini merupakan rumah bagi beragam jenis spesies laut dalam jumlah yang begitu banyak.

36)  Pantai Bajul Mati

Terletak di Gedangan, Malang, salah satu tempat wisata Malang ini menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi. Pantai Bajul Mati menawarkan pemandangan alam yang sangat mengesankan. Selain itu, ada mitos yang menyertai pantai ini sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung.

37)  Pantai Kondang Merak

Pantai ini terletak sekitar 68 km dari kota Malang. Nama Kondang Merak muncul karena di pantai ini sering terlihat kalangan merak di sore hari. Nah, dengan adanya merak tersebut, menikmati sunset di pantai ini tentu akan menjadi lebih menarik.

38)  Pantai Jonggring Saloko

Lokasi pantai ini berada di kecamatan Donomulyo, Malang. Pantai ini cukup spesial dengan adanya tebing yang menjulang dan bisa dijadikan spot foto. Namun, perjalanan menuju pantai ini cukup panjang dan terjal.

39)  Pantai Kondang Iwak

Pantai lain yang ada di Malang adalah Pantai Kondang Iwak. Panorama alam di pantai ini tergolong masih sangat asri dan belum terjamah. Selain dikelilingi oleh bukit hijau, pasir putih yang memanjang menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini.

40)  Waduk Sutami

wisata-bendungan-karangkates

Waduk Sutami dibangun pada tahun 1975 sebagai PLTA Malang. Kini, waduk Sutami berfungsi ganda yang salah satunya sebagai destinasi wisata. Di waduk ini, kamu bisa berlibur dan memainkan beberapa wahana air yang menantang.

41)  Air Terjun Coban Sewu

Coban Sewu adalah air terjun yang tidak hanya unik tetapi mengagumkan. Di salah satu ide wisata Malang ini, kamu akan menemukan air terjun yang berasal dari banyak sekali sumber air. Selain sensasi dingin yang didapatkan, pemandangan alam di sini sangat indah.

42)  Pantai Goa Cina

Terletak di Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Pantai Goa Cina adalah salah satu pantai yang sangat terkenal. Meskipun jalan menuju pantai ini sangat susah, namun kamu akan menemukan pantai yang biru dengan pasir putih panjang yang begitu indah.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai 42 ide wisata kota Malang terbaru yang bisa dikunjungi. Buat list menu liburan kamu dan nikmati liburan indah di Malang. Selamat berlibur!

42 Tempat Wisata Batu Malang dan Sekitarnya Terbaru dan Murah
Rate Postingan ini
Show More
Yunita DwiFajarwati

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close