Jawa Timur

12 Tempat Wisata Di Medan Yang Keren Dan Beragam

Berwisata adalah kegiatan yang dapat dibilang wajib karena dapat membuat pikiran jauh lebih tenang akibat rutinitas harian. Untuk saat ini mencari tempat wisata tidaklah perlu hingga ke luar negeri karena Indonesia memiliki begitu banyak objek wisata keren. Salah satunya objek wisata di Medan yang dikenal keren namun tetap budayanya selalu dijaga dengan baik. Itulah yang membuat wisata Medan populer. Berikut  tempat wisata di Medan yang keren dan dapat dijadikan referensi:

Cagar Alam Sibolangit

cagar alam sibolangit

Pertama yang menjadi tempat wisata di Medan yang keren dan populer adalah Cagar Alam Sibolangit yang terletak di Deli Serdang, Medan. Sedangkan untuk tiket masuk sendiri sebesar Rp. 10.000,- per orang, cuku murah bukan. Wisata ini akan membuat wisatawan bertemu langsung dengan flora dan fauna sehingga pasti akan sangat menenangkan. Menjadi kawasan hutan tropis dengan ketinggian 500 meter membuat dominasi wisata ini adalah pepohonan dengan ukuran besar. Tempat ini selain menjadi tempat wisata juga menjadi objek penelitian bagi mahasiswa Medan.

Kelebihan tempat ini terlihat dari keadaan udara dan keadaan Cagar Alam Sibolangit sehingga akan menciptakan suasana romantis. Semua itu karena tempat ini mengusung tema penghijauan yang akan mengejutkan pemanasan global saat ini. Kekurangan yang ada di tempat ini dimana wisatawan harus menyiapkan perlengkapan Hiking sendiri karena tidak ada yang menyewakan. Perbekalan juga harus dipersiapkan karena yang ada disana hanya warung kecil saja.

Kampung Ladang

kampung ladang medan

Selanjutnya yang tidak kalah populer dan keren adalah tempat wisata kampung ladang. Dimana terletak di Tanjung Ano, Deli Serdang dimana tidak jauh dari wisata Cagar Alam Sibolangit. Hanya dengan membayar Rp. 5.000,- saja per orang, wisatawan sudah dapat menikmati keindahan alam disini dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Tempat wisata di Medan ini sangat cocok dijadikan destinasi berlibur keluarga karena telah tersedia Outbond dengan memberikan pemandangan mempesona. Bahkan banyak yang menjadikan tempat sebagai latar untuk foto prewedding yang tentu hasilnya akan sangat keren dan juga romantis.

Kelebihan dari tempat ini adalah tanaman bunga yang mengelilingi kolam serta beberapa gubuk yang tambah memperindah keadaan. Selain itu ada pohon beringin dan juga ayunan buatan yang biasa dijadikan spot foto favorit wisatawan. Bahkan tempat ini juga disewakan untuk acara pernikahan bagi yang ingin mengadakan disini. Hampir tidak ada kekurangan dari wisata ini, mungkin hanya jika ada yang sedang melakukan sesi foto prewedding, pengunjung akan dilarang mendekat.

Taman Labirin Simalem Resort

Taman Labirin Simalem Resort

Tempat Wisata di Medan dengan kemewahan dan romantisnya pasti sangat cocok dengan tempat satu ini, yaitu Taman Labirin Simalem Resort. Dimana ini merupakan sebuah resort dengan begitu banyak kelebihan yang tentunya sangat mewah. Letaknya ada di Bukit Merek tepatnya di Tanah Karo, Medan. Untuk itu harga tiket cukup mahal dimana Rp. 50.000,- jika tidak berkendara dan Rp. 85.000,- jika membawa kendaraan roda dua. Lalu untuk yang membawa mobil Rp 85.000,- berbeda jika membawa bus yaitu Rp. 250.000,- hingga Rp. 1.200.000,- tergantung ukuran bus.

Pada Taman Labirin Simalem ini akan ada objek wisata mulai dari outbond, paintball dan juga ada Treking pada sebuah air terjun yang tidak jauh yaitu air terjun kembar. Untuk yang lapar karena telah seharian berwisata disini tersedia resto yang enak. Taman labirin inilah yang terkenal disini karena sangat romantis dan keren karena pepohonan hijau tersusun dengan rapi membentuk sebuah labirin. Jelas akan semakin seru jika bermain petak umpet disini. Selain itu tempat ini sangat keren juga jika dijadikan spot untuk berfoto, apa lagi di pintu keluar ada sebuah Tugu air mancur yang indah.

Begitu banyak kelebihan dari wisata ini namun tentu saja ada juga kekurangannya. Dimana tempat ini memang tergolong tempat wisata di Medan yang mahal. Sehingga wisatawan harus membayar dengan lumayan kerena setiap wisata dikenakan tiket masuk berbeda lagi.

Baca Juga : 5 Oleh Oleh Khas Medan, Nomor 1 Paling Diburu

Baca Juga :   5 Rekomendasi Tempat Wisata Di Malang Yang Murah

Wonders Water World

wonder water park medan

Medan juga mempunyai wisata air buatan yang cukup besar yaitu Wonders Water World yang terletak di Jalan Padang Golf, Suka Damai. Dimana tempat ini dibuka mulai pukul 10 pagi hingga jam 7 malam dengan membayar Rp. 100.000,- hingga Rp.120.000,- tergantung hari. Luas tempat ini hingga 5,3 Ha dan merupakan wisata air yang berskala hingga internasional sehingga wajar wisatawan akan ramai berkunjung.

Wisata ini tentu saja sangat cocok untuk keluarga dimana anakan seru jika membawa anak-anak ke sini. Tersedia begitu banyak wahana yang dapat dicoba mulai dari wahana anak Kids Zone yang memiliki fasilitas lengkap yang baik untuk anak. Bahkan ada air terjun buatan yang tentu saja tidak berbahaya untuk anak. Selain itu ada juga wahana Mach 5 yang memberikan fasilitas papan seluncur dengan 5 jenis variasi hanya dalam 1 menara. Ada juga wahana Superloop yang memiliki kecepatan meluncur yang sangat cepat.

Tidak hanya itu saja kelebihan lainnya dari tempat ini ada gazebo yang ber AC lalu ada pijat air hangat atau Jacuzzi. Serta ada lagi wahana air ombak, air arus, dan kolam olympic, lengkap bukan. Kekurangan dari tempat ini tentu saja harga tiket masuk yang terbilang cukup tinggi namun tentu saja fasilitas yang diberikan sangat sesuai.

Baca Juga : 7 Rental Sewa Mobil di Medan Lepas Kunci Tanpa / Dengan Supir Murah 2018

Tempat Wisata di Medan

Taman Mora Indah

Berikutnya yang tidak kalah keren di Medan adalah Taman Mora Indah yang menggabungkan rekreasi kolam renang dan area bermain anak. Tempat wisata di Medan ini terletak pada Jalan Sisingamangaraja, tepatnya di Amplas Medan dengan harga tiket Rp. 5.000,- untuk yang berwisata di tamannya saja. Serta tiket seharga Rp. 50.000,- untuk yang ingin memasuki  kolam renang juga. Dibuka sejak pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore dimana telah berdiri dari tahun 1994 dan tetap eksis hingga sekarang.

Kelebihan tempat ini yang membuatnya tetap eksis adalah penggabungan antara taman dan kolam. Dimana tersedia wahana kolam renang anak serta dewasa lalu ada juga wahana Flying Fox. Tempat ini juga telah menyediakan tempat makan dengan menu yang enak. Kekurangan dari tempat ini hampir tidak ada mungkin hanya perlu menyediakan kesabaran ekstra saat wisatawan yang datang ramai. Dimana kolam renang dan juga taman akan sangat ramai terutama saat musim liburan.

Hairos Water Park Medan

Wisatawan dapat juga mencoba tempat wisata di Medan yang populer ini, dimana terletak di Jalan Letjend Djamin Ginting tempatnya di Km 14,5. Dimana sudah dibuka pukul 10 pagi hingga 6 sore, pertama harus membayar Rp. 5.000,- untuk memasuki wilayah ini. Sedangkan untuk tiket masuk Rp. 40.000,- hari biasa dan Rp. 60.000,- pada hari libur. Keunikan dari tempat ini terletak pada wahana dan kolam yang sengaja diberikan cat berwarna-warni. Sehingga akan nampak sangat ceria, lalu akan ada yang menghiasi sudut kolam dengan tanaman dan pohon. Keasrian akan sangat terasa di tempat ini.

Wisata keluarga ini memiliki wahana yang dapat digunakan mulai dari bombom cair, ATV, happy dragon, video game hingga kuda pusing yang tentunya seru dan keren. Kelebihan lainnya terdapat juga kursi refleksi yang menyambut di pintu masuk, ada juga kebun binatang mini dan juga kolam renang khusus anak. Lalu ada juga kolam menari yang terlihat unik dan lucu ada juga kolam ombak dan kolam air terjun. Lalu ada juga water slider yang mengusung waterpark yang berisikan waterboom tinggi serta ada kolam arus juga.

Untuk kekurangan tempat wisata di Medan ini tidak ada kekurangannya hanya perlu menggunakan map saat akan menuju tempat ini karena jalan yang cukup rumit.

Funland Mickey Holiday

Terletak di Jalan Letjend Jamin Ginting tepatnya pada kecamatan Brastagi, wisata ini dibuka mulai pukul setengah 9 pagi hingga pukul 6 sore. Letaknya yang sedikit jauh dari pusat kota Medan yaitu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan tidak membuat tempat ini sepi. Semua itu karena tempat ini merupakan Funpart terbesar yang ada di Medan dengan wahana yang tersedia hingga 35 lebih dengan luas 13 Ha. Untuk harga tiket Rp. 100.000,- di hari biasa dan akan naik saat hari raya atau libur menjadi Rp.120.000,- per orang. Wahana yang tersedia cukup banyak namun tentunya setiap wahana di patok dengan harga lain diluar tiket masuk.

Area pegunungan akan memberikan kesejukan dan juga keindahan yang lebih untuk wisatawan yang datang. Kelebihan dari tempat ini adalah adanya diskon atau harga khusus yang diberikan untuk orang tua diatas umur 50 tahun dan juga yang datang berombongan. Wahana yang tersedia seperti Buzz Coaster sebuah kereta luncur panjang lalu ada juga Bon Voyage yang akan memberikan sensasi berlayar. Serta ada juga Sea Moster sensasi menegangkan dari kapal tinggi yang bergetar serta masih banyak lagi wahana lainnya.

Kekurangan tempat ini mungkin hanya lokasinya yang cukup jauh dari Kota Medan namun hal lainnya dapat dijadikan kelebihan yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

Lokasi Wisata Terbaik di Medan

Masjid Raya Medan

Medan juga mempunyai wisata religi yang populer dan harus dijadikan referensi berlibur. Tempat wisata Masjid Raya ini terletak di Jalan Sisingamangaraja di pusat Kota Medan ini dibuka selama 24 jam. Tentu saja tempat beribadah ini tidak dikenakan tiket masuk. Hal itu membuat semakin banyak wisatawan yang berdatangan ke Masjid dengan nama Masjid Raya Al-Mashun ini.

Kelebihan dari masjid ini adalah sejak berdiri yaitu tahun 1906 hingga sekarang masjid ini tidak pernah mengalami renovasi sedikit pun. Sehingga masjid ini sangat bergaya arsitektur kuno namun sangat sarat akan nilai seninya. Masjid ini juga dekat dengan objek wisata lainnya di Medan yaitu istana Maimun sehingga akan sangat fleksibel.

Air Terjun Telaga Dwi Warna

Sesuai dengan namanya yaitu air terjun Telaga Dwi Warna, keunikan air terjun ini karena terdapat dua warna pada gradasi airnya. Dimana air terjun yang terjun ke bawah berwarna biru muda namun saat jatuh  serta di tampung akanr menjadi berwarna putih keabu-abuan. Hal ini membuat kekaguman tersendiri dengan wisata yang terletak di Sibolangit, Deli Serdang. Di buka mulai pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore hanya dengan membayar Rp. 25.000,- wisatawan sudah dapat menikmati keindahan air terjun ini.

Di tempat ini memiliki 3 air terjun yang dimana warna air yang biru memiliki keunikan dengan suhu dingin dan air putih keabu-abuan dengan suhu hangatnya. Kelebihan lainnya dari tempat wisata di Medan ini adalah karena tingginya tempat ini yaitu mencapai 1475 Mdpl akan memberikan keindahan tersendiri. Bahkan wisatawan dapat membuat perkemahan yang tentunya harus izin terlebih dahulu dengan penjaga air terjun ini. Kekurangan dari tempat ini hanya akses jalan yang jauh dan cukup menguji adrenalin karena terletak di kawasan hutan yang masih alami.

Danau Toba

Siapa yang tidak mengenal Danau Toba yang ada di Medan ini khususnya terletak di Paya Pasir, Marelan, Medan. Hanya cukup membayar Rp. 5.000,- saja wisatawan dapat menikmati keindahan bersejarah di Medan ini selama 24 jam. Perlu diketahui danau ini adalah danau yang paling besar yang ada di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Pemandangan yang indah dan tentu mengagumkan akan ditemukan disini, dimana keajaiban alam akan dapat dilihat langsung di sini.

Kelebihan lainnya terletak juga pada pemandangan hijau dari pegunungan yang akan menambah kehangatan di Danau Toba ini. Lalu ada juga pemandangan air terjun yang berwarna biru akan menyambut wisatawan. Kekurangan dari tempat ini mungkin hanya lokasinya yang sedikit sulit untuk dilalui kendaraan roda empat.

Danau Siombak

Salah jika menilai bahwa Medan hanya memiliki Danau Toba saja karena ada juga Danau Siombak yang terletak di Paya Pasir Medan Marelan ini. Dimana buku mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore hanya dengan membayar parkir sebesar Rp. 2.000,- saja. Danau buatan ini diapit oleh Sungai Terjun dan Sungai Deli yang juga terkenal di Medan, dimana luas danau ini hingga 40 Ha. Orang yang tidak mengetahui pasti akan mengira air terjun ini asli dan bukan buatan. Semua itu karena danau ini berwarna biru kehijauan yang berasal dari lumut yang tumbuh.

Kelebihan dari tempat ini adalah wisatawan dapat memancing dan juga bersantai serta telah tersedia juga pondok, kolam renang anak beserta komedi putar juga. Serta tersedia juga penyewaan perahu dayung, perahu motor, speed boat, paddle boat, sepeda air dan juga bumper boat. Keunikan lainnya adalah ada musik penghibur dan wisatawan dapat bernyanyi sampai puas disana.

Kekurangan dari tempat ini adalah air danau yang mulai tercemar akibat sampah yang menumpuk. Sehingga lama kelamaan menjadi mengganggu pemandangan, padahal sudah begitu banyak fasilitas yang ada disini.

Pantai Mangrove

Tempat wisata di Medan yang keran adalah sebuah pantai yang tidak kalah populer yaitu Pantai Mangrove. Terletak di Serdang Bedagai hanya dengan membayar Rp. 30.000,- sudah dapat menikmati keindahan pantai sejak pukul 8 pagi hingga 6 sore. Kelebihan dari pantai ini adalah pemandangan unik yaitu adanya tanaman mangrove di pinggir pantai ini. Di pantai ini tersedia penyewaan boat yang akan menambah keindahan berkeliling pantai jauh lebih baik lagi.

Pantai ini memiliki keindahan matahari tenggelam yang sangat terkenal dan sangat diburu oleh wisatawan. Namun kekurangan pantai ini adalah kurang fasilitas serta promosi sehingga tidak terlalu ramai pengunjung. Namun hal ini justru membuat pantai ini masih sangat alami dan sepi.

Itulah beberapa referensi tempat wisata di Medan yang populer dan juga keran. Keanekaragaman wisata Medan inilah yang membuat kota ini tidak pernah sepi wisatawan. Mulai dari wisata buatan hingga alamnya sudah cukup banyak dan dapat dijadikan referensi untuk berlibur.

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker