4 Tempat Wisata di Mojokerto Dekat Stasiun SELAIN Objek Patung Budha Tidur

40130 views

4 Tempat wisata di mojokerto dekat stasiun objek budha tidur jawa timur pacet terbaru trawas trowulan dalam bahasa inggris dan sekitarnya jatim wahana peta air terjun patung malam hari jombang baru4 Objek Wisata Menarik di Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur

Anda sedang mencari tempat wisata di Mojokerto? Tepat sekali, artikel ini akan mengulas beberapa tempat menarik yan harus anda kunjungi saat berlibur di Mojokerto. Sekilas mengenai Mojokerto, kota ini merupakan salah satu daerah di provinsi Jawa Timur.

Kabupaten Mojokerto berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang di arah selatan, Kabupaten Lamongan di arah utara, Kabupaten Jombang di sebelah barat, serta di sebelah timur berbatasan dengan Sidoarjo, Pasuruan, dan Gresik.

Kota Mojokerto yang berjarak sekitar 50 km dari arah barat daya kota Surabaya ini memiliki cukup banyak kawasan wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Nah, apa saja objek wisata yang harus dikunjungi di Mojokerto?

1. Air Terjun Dlundung


Anda menyukai wisata alam? Maka tempat yang satu ini wajib anda kunjungi saat menginjakkan kaki di Mojokerto. Air Terjun Dlundung menyajikan nuansa alam pegunungan yang asri dan sejuk, disertai rimbunan pohon-pohon hijau yang alami dan menyegarkan mata.

Lokasi tempat wisata ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Mojokerto, yaitu hanya sekitar 40 km ke arah selatan, tepatnya di Desa Kemloko Kecamatan Trawas. Anda bisa mencapai lokasi wisata ini dengan menggunakan sepeda motor atau mobil.

2. Candi Bajangratu


Candi Bajangratu merupakan salah satu tempat wisata di Mojokerto yang terletak di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi ini sangat eksotis karena terbuat dari bata merah yang berbentuk seperti gapura dengan sayap kiri dan kanan.

Pada jaman dulu, candi ini difungsikan sebagai pintu masuk bangunan suci. Di dalam bangunan candi terdapat relief kepala garuda, kepala kala yang diapit singa, matahari yang diapit naga, serta binatang dengan telinga yang panjang.

Sedangkan pada bagian kaki candi terdapat relief cerita Sritanjung dan cerita Rama pada bagian sayap.

3. Candi Jalatunda


Jika anda menyukai wisata sejarah, Candi Jalatunda juga harus ada dalam agenda perjalanan anda. Candi ini terletak di lereng Gunung Bekal, tepatnya di Desa Seloliman Kecamatan Trawas.

Menurut sejarah masa lalu, candi ini dulunya dipersiapkan untuk raja Bali, Raja Udayana, yang ingin mempersunting seorang putri dari Jawa yaitu putri Gunapriyadharmapatni, yang kemudian melahirkan Airlangga sebagai buah perkawinan mereka.

Bangunan candi ini terbuat dari batu kali yang berukuran panjang 16,85 m, lebarnya 13,52 m, dan tingginya 5,20 m.

4. Kolam segaran


Kolam segaran merupakan sebuah kolam raksasa yang pada jaman dulu difungsikan sebagai tempat menjamu para tamu bangsawan kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.

Konon, peralatan makannya terbuat dari emas mulai dari sendok, piring, cangkir, hingga nampan.

Untuk memamerkan kekayaannya, setelah menjamu para tamu, peralatan makan tersebut dibuang ke dasar kolam sebelum mereka pulang. Kolam ini terletak di Desa Segaran, Kecamatan Trowulan, sekitar 500 m arah selatan dari jalan raya Mojokerto-Jombang.

Tags: #Air Terjun Dlundung #Candi Bajangratu #Candi Jalatunda #Kolam segaran