Jawa Barat

6 Tempat Wisata Di Puncak Cipanas Yang Wajib Dimasukkan List Kunjungan

Tempat wisata di puncak memang selalu menghadirkan daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjungnya. Suasana alam yang sejuk dan segar, serta pemandangan alam yang indah mampu membuat siapapun betah untuk berkunjung ke tempat ini. Selain itu, puncak juga banyak memberikan spot foto yang instagramable, sehingga banyak menarik minat para remaja. Salah satu kawasan yang dapat memberikan suasana berlibur di puncak adalah daerah Cipanas, Cianjur. Beberapa tempat wisata di puncak Cipanas yang bisa dimasukkan ke dalam list kunjungan diantaranya :

1. Istana Kepresidenan

Tempat wisata di puncak Cipanas ini merupakan tempat bersejarah yang dibangun pada tahun 1740 untuk digunakan sebagai tempat peristirahatan Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada masa itu. Namun setelah kemerdekaan, bangunan ini difungsikan sebagai tempat peristirahatan presiden dan wakil presiden serta keluarga.

Istana kepresidenan berlokasi di kaki Gunung Gede, Desa Sindangjaya, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Wisata ini beroperasi pada hari Senin hingga Minggu, kecuali pada hari Jum’at dan tanggal merah. Selain itu, pengunjung disarankan untuk melakukan pemesanan paling tidak satu minggu sebelum datang ke tempat ini.

2. Telaga Biru

foto-telaga-biru-semin-mirip-danau-kalimutu-170616l-005

Telaga biru merupakan salah satu tempat wisata di puncak Cipanas yang favorit dikunjungi wisatawan. Tempat wisata ini sebenarnya masih termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang berada di Desa Sindangjaya, Cipanas. Telaga ini berada pada ketinggian 1.575 mdpl dengan luas sekitar 500 meter persegi.

Baca Juga :   5 Daftar Tempat Wisata Di Cipanas, Paling Unik Dan Populer

Pemandangan air telaga yang biru dikelilingi pohon asri di sekitarnya membuat pengunjung menjadi tenang berada di tempat ini. Sehingga, tempat ini cocok dipilih bagi pengunjung yang ingin beristirahat sejenak dari berbagai macam rutinitas pekerjaan.

3. Little Venice

little venice di cianjur

Little venice merupakan tempat wisata di puncak Cipanas yang paling banyak dikunjungi akhir-akhir ini. Tempat wisata ini berlokasi di Batulawang, Cipanas, Cianjur. Pengunjung yang ingin datang kemari harus menyediakan uang 20.000 rupiah untuk setiap orang yang digunakan untuk membeli tiket masuk. Little venice beroperasi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Kawasan wisata little venice dirancang mirip dengan kota Venesia di Italia. Sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan kota Venesia dengan kearifan lokal di Indonesia tercinta. Disini, pengunjung juga bisa menikmati pengalaman berkeliling danau dengan menggunakan gondola sembari melihat pemandangan ala-ala kota Venesia Italia.

4. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Tempat wisata ini juga berlokasi di Sindangjaya. Kawasan ini merupakan padang rumput luas yang menyuguhkan berbagai macam pemandangan alam seperti air terjun, air mancur, rumah kaca, hingga koleksi tanaman langka.

Kebun raya Cibodas juga memberikan pemandangan berupa taman sakura bak di negeri Jepang pada setiap pengunjungnya. Pohon sakura di kebun ini telah ditanam sejak tahun 1971 dan berbunga setiap dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Januari hingga Februari dan bulan Juli hingga Agustus.

Baca Juga :   13 Referensi Restoran Steak Terbaik di Bandung

5. Kebun Wisata Inkarla

kebun raya inkarla

Tempat wisata di puncak Cipanas yang satu ini memiliki jarak yang cukup berdekatan dengan kebun raya Cibodas yaitu sekitar 100 meter. Kebun wisata inkarla tepatnya berada di Jl. Singabarong, Cimacan, Cipanas. Kawasan ini menyuguhkan keindahan alam dari berbagai macam bunga cantik yang bermekaran.

Beberapa jenis bunga yang menghiasi kebun wisata ini adalah bunga selosia, anyelir, dan crysant. Selain itu, tempat ini juga memberikan berbagai fasilitas tambahan bagi pengunjungnya seperti adanya kolam renang air hangat indoor, play ground untuk anak-anak, ruang meeting, dan juga ruang penginapan.

6. Puncak Pass

puncak pass resort

Puncak pass merupakan tempat wisata di puncak Cipanas yang mampu menghadirkan keindahan area perbukitan dan perkebunan teh. Sehingga, tak heran jika tempat ini menjadi salah satu wisata yang sangat terkenal di Bogor. Wisata ini berlokasi di Ciloto, Cipanas, Cianjur.

Di kawasan ini, pengunjung dapat melihat panorama matahari terbit pada waktu pagi hari dan matahari tenggelam saat sore hari. Selain itu, tempat wisata ini juga menyuguhkan keindahan alam yang bagus digunakan untuk mengabadikan momen bersama keluarga atau sahabat.

Itulah beberapa tempat wisata di puncak Cipanas yang mungkin bisa dimasukkan ke dalam list kunjungan. Tempat wisata diatas juga bisa digunakan sebagai referensi bagi kalian yang mungkin penat dengan rutinitas dan membutuhkan rekereasi.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata Alam Atau Pantai di Bekasi Utara Timur Selatan Barat Yang Murah

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh