Jawa Tengah

6 Tempat Wisata Di Semarang Dan Sekitarnya

sewa mobil jogja banner

Semarang pesona asia, memang sangat cocok melekat pada kota Provinsi Jawa Tengah ini. Bagaimana tidak? Kota metropolitan terbesar ke lima di Indonesia ini memiliki pesona yang luar biasa. Salah satunya pesona pariwisata. Berikut merupakan beberapa tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang ramai pengunjung, antara lain :

Baca Juga : 10+ Fakta Tentang Wisata Kampung Warna Warni Jodipan

1. Masjid Agung Jawa Tengah

masjid agung semarang
https://www.instagram.com/tom_oktam/

Masjid yang berlokasi di Jl. Gajah raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari ini menjadi tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang ramai pengunjung. Masjid Agung Jawa Tengah ini dibangun selama kurang lebih 6 tahun, sejak tahun 2001 hingga 2006. Bangunan seluas 10 hektar ini dapat menampung sekitar 13.000 orang dan memiliki banyak ciri khas arsitektur campuran antara Jawa dan Romawi.

2. Klenteng Sam Poo Kong

kelenteng sam poo kong
https://www.instagram.com/luckyafsa_/

Menjadi tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang berada di jalan Simingan no 129 Bongasari, Semarang Barat. Tempat ini dulunya adalah persinggahan pertama seorang laksamana tiongkok bernama Zheng He atau yang akrab dikenal Cheng Ho yang beragama islam. Karena bentuk bangunan berasitektur Cina dan mirip dengan klenteng, maka saat ini sering digunakan sebagai tempat pemujaan atau persembahan dan tempat ziarah agama Kong Hu Chu. Harga tiket masuk untuk komplek wisata mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 15.000 dan untuk area sembahyang mulai dari Rp. 15.000 hingga 45.000 tergantung hari dan usia.

Baca Juga :   6 Rekomendasi Tempat Wisata Dі Kota Tegal Yаng Wajib Dikunjungi

Baca Juga : 13 Tempat Asyik Ngabuburit di Kota Semarang dan Sekitarnya, ini Daftar Lengkapnya

3. Gedung Lawang Sewu

lawang sewu tempat wisata di semarang
https://www.instagram.com/diisnj_e/

Gedung yang dulunya adalah sebuah kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (perusahaan kereta api di Hindia Belanda) kini menjadi tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang sering dikunjungi wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Tiket masuk untuk anak-anak Rp. 5.000 sedang dewasa Rp. 10.000. Masyarakat sekitar menyebut gedung ini lawang sewu yang dalam bahasa indonesia berarti seribu pintu. Namun pada kenyataannya tidak berjumlah seribu. Berlokasi di Komplek Tugu Muda Jl Pemuda Sekayu Semarang Tengah Kota Semarang

4. Candi Gedung Songo

Candi yang memiliki kesamaan dengan candi dieng ini ditemukan oleh Thomas Stamford Raffless tahun 1804, berlokasi Di Desa Candi, Bandungan, Semarang dengan ketinggian 1200 meter diatas permukaan air laut memiliki suhu sekitar 19 – 27 derajat. Dengan biaya masuk Rp. 10.000 per orang. Tempat bersejarah ini merupakan tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang kini bertambah hits dengan hadirnya spot foto Ayana  yang berlokasi di sekitar komplek candi. Cukup menambah uang sebesar Rp. 20.000 untuk dewasa dan Rp. 10.000 untuk anak para pengunjung bisa menikmati berbagai spot foto yang disediakan.

Baca Juga : 5 Rental Motor di Semarang Area Barat, Daerah Kota DLL 2019 Jasa Sewa Murah

Baca Juga :   Sekilas Info Dan Daftar Oleh Oleh Tegal

5. Umbul Sidomukti

Wisata alam pegunungan yang berlokasi di Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang berada di ketinggian 1200 meter diatas permukaan air laut memiliki empat kolam pemandian bertingkat yang berbeda kedalamannya. Fasilitas yang disediakan antara lain Adrenalin Games, Camping, Pondok Wisata, Kolam Renang, Pondok wisata dan sebagainya. Harga tiket masuk berkisar Rp. 8.000 hingga Rp. 10.000.

6. Pantai Tirang

Lokasi pantai ini tidak jauh dari Bandar Udara Ahmad Yani, yakni di Tambak Rejo, Tugu, Semarang. Pantai ini merupakan hasil abrasi dari pulau kecil yang berada di ujung Kampung Tapak. Pulau tersebut bernama Tirang, dan kini menjadi nama dari pantai tersebut. Pantai yang banyak dipenuhi pohon mangrove ini terkenal akan budidaya ikan bandeng.Para  pengunjung biasanya menghabiskan waktu dengan memancing, ada banyak jenis ikan yang bisa di pancing diantaranya  ikan baramundi atau ikan kakap putih, ikan rusah-rusah, ikan kedokan. Namun, untuk ikan bandeng dan udang tidak diizinkan untuk di pancing. Dengan  membayar tiket masuk Rp. 5.000 saja pengunjung sudah bisa menikmati keindahan pantai yang menjadi tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang sering dikunjungi.

Itulah beberapa tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang ramai pengunjung, semoga menambah informasi untuk memilih wisata mana yang akan di kunjungi di Semarang dan sekitarnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh