Jawa Timur

14 Tempat Wisata Di Surabaya Yang Murah Dan Seru

Tempat Wisata di Surabaya – Surabaya adalah kota metropolitan di Jawa Timur sekaligus kota terbesar kedua di Indonesia. Meskipun termasuk kota metropolitan, tempat wisata di Surabaya justru  semakin beragam. Dari mulai museum hingga pemandangan kota ketika malam dapat dinikmati para travellers.

Bagi para travellers, kota ini bisa menjadi tujuan travelling yang memanjakan mata. Banyaknya tempat wisata di Surabaya mengajak para travellers untuk menjelajah serta menikmatinya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang dapat menjadi pilihan berlibur para travellers. 

Tempat Wisata di Surabaya Terbaru

Hutan Bambu Keputih

hutan bambu keputih surabaya

Hutan ini merupakan salah satu wisata alam yang cukup terkenal di Surabaya. Tempat wisata ini dapat dikunjungi di alamat Jl. Raya Marina Asri, Kecamatan Keputih, Kabupaten Sukolilo, Surabaya Jawa Timur. Tempat ini dimanfaatkan dan  dikembangkan menjadi tempat wisata serta lahan hijau yang ditanami dengan berbagai jenis bambu.

Kelebihan tempat wisata ini yaitu adanya fasilitas batu refleksi dapat memanjakan para lansia yang datang ke tempat ini. Para pengunjung dapat melakukan terapi kaki disini. Ada baiknya mengunjungi tempat ini ketika sore hari untuk menghindari suasana panas di kota Surabaya. Lokasi ini juga biasa dijadikan sebagai tempat untuk foto prewedding.

Suasananya serta pemandangan yang unik menjadikan beberapa fotografer menggunakannya sebagai spot foto prewedding. Disini terdapat juga taman bunga sakura yang terkenal menjadi spot foto menarik di Hutan Bambu Keputih ini. Untuk menikmati keindahan hutan bambu ini para pengunjung cukup membayar biaya parkir Rp 2000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Saat ini belum ada harga tiket masuk yang harus dibayarkan oleh setiap pengunjung.

Kenpark Surabaya

kenpark kenjeran surabaya

Tempat wisata yang satu ini lumayan terkenal di kalangan travellers. Kali ini para travellers dimanjakan dengan pasir putih serta ombak laut yang tenang. Akan tetapi pesona pantainya agak terkikis karena kondisinya yang tidak dijaga. Namun jangan risau bagi para traveller tempat ini menyajikan tujuan wisata baru yang letaknya di 1 km dari pantai yang lama.

Lokasi wisata yang baru ini terkenal dengan nama Kenpark atau singkatan dari Kenjeran park. Alamatnya ada di Jl. Sukolilo, kampung sukolilo baru, Bulak, Surabaya kode pos 60113. Tempat wisata ini terdapat banyak wahana yang dapat dinikmati para pengunjung. Mulai dari permainan outbond sampai menunggang kuda.

Selain itu, tempat ini menawarkan objek wisata yang lain seperti tiruan dari Temple of Heaven di China yang sering dijadikan spot foto bagi travellers yang berkunjung. Yang menjadi mascot dari tempat ini adalah gerbang dengan ornamen cina yang khas serta patung naga di kanan kirinya.

Gerbang berwarna merah ini sangatlah kontras dengan pemandangan pantai yang indah. Tiket masuk wisata ini pun cukup murah yaitu Rp 5.000 per orang. Jika ingin menikmati berbagai wahana yang tersedia maka pengunjung harus membayar tiket Rp 100.000 (anak-anak) dan Rp 125.000 (orang dewasa) tiket ini sudah termasuk biaya makan sebesar Rp 25.000.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Surabaya Yang Bisa Menggoyang Lidah

Food Junction Grand Pakuwon

food junction surabaya

Tempat wisata di Surabaya ini adalah tempat favorit bagi culinary travellers. Food Junction Grand Pakuwon ini menjadi salah satu tempat wajib yang harus dikunjungi setiap ke Surabaya. Tempat ini dibuka pada Januari tanggal 22 di tahun 2016. Tempat wisata ini letaknya tepat di Jalan Grand Banjar Boulevard, Desa Banjar Sugihan, Kecamatan Tandes Margomulyo, Surabaya Barat.

Baca Juga :   15 Rental Motor di Malang 2019 Dekat Stasiun Kota Baru Sewa Murah

Pada waktu sore, tempat ini menyajikan suasana eksklusif di Surabaya. Tempat ini berkonsep seperti Pujasera namun sedikit berbeda. Dari pusat kota, untuk ke tempat ini dapat ditempuh dengan jarak 20 menit saja. Namun harap memilih waktu yang tepat karena banyaknya warga kota Surabaya yang kesana menyebabkan tempat ini lebih ramai ketika memasuki waktu weekend.

Desainnya yang memukau dapat dijadikan spot foto di kala memanjakan lidah dengan kuliner yang ada disana. Kuliner yang tersedia cukup banyak pilihan. Tenant yang tersedia lumayan banyak. Ada sekitar 100 tenant makanan yang dapat menjadi pilihan untuk dicicipi dan disesuaikan dengan selera lidah para travellers. Tenang saja tiket masuk ke tempat ini gratis alias free. Cukup membeli makanan yang sesuai dengan selera para pengunjung.

Baca Juga : 37 Tempat Makan di Surabaya Yang Murah dan Enak

Tempat Wisata Gratis di Surabaya

Air Mancur Menari

air mancur menari surabaya

Tempat wisata ini berbentuk sebuah jembatan yang dibangun di sepanjang pesisir Pantai Kenjeran. Panjang jembatan ini sekitar 800 meter dan ada 3 lajur yang satu arah dengan dekorasi megah yang sungguh memanjakan mata. Selain itu, ketika malam hari akan hidup lampu yang sengaja dipasang di sana untuk memperindah jembatan ketika malam.

Tempat wisata di Surabaya yang satu ini menyajikan pemandangan malam yang indah. Ada iringan lagu yang sangat khas dengan kota Surabaya di Jembatan Merah. Tempat inilah yang menjadi spot unik para pengunjung untuk mengabadikan gambar dengan latar air mancur menari. Alamat tempat wisata ini ada di Desa Kenjeran, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya Jawa Timur 60123.

Disini terdapat juga spot foto lain selain jembatan dengan air mancur menari tadi. Jadi, para travellers memiliki banyak pilihan buat berfoto dengan latar belakang indah nan unik.

Pelabuhan Tanjung Perak

pelabuhan tanjung perak surabaya

Bagi para travellers yang menyukai dunia fotografi dengan landscape unik serta tidak biasa, maka tempat wisata di Surabaya yang satu ini adalah jawabannya. Tempatnya yang tidak biasa dapat dijadikan objek foto yang unik serta estetik. Siluet kapal-kapal tua yang berada di tengah laut berpadu dengan langit sore berwarna jingga keemasan seketika memanjakan mata bagi yang melihatnya.

Banyak dari para travellers yang mengambil waktu di sore hari karena pemandangannya yang indah ini. Tempat ini juga gratis dan terbuka untuk umum, cukup membayar uang parkir Rp 5.000 motor dan Rp 10.000 mobil. Selain itu, dengan dijadikannya tempat ini sebagai terminal peti kemas sehingga banyak fotografer yang menggunakannya sebagai landscape untuk berfoto pemandangan alam.

Ekowisata Mangrove

ekowisata wonorejo surabaya

Tempat wisata di Surabaya yang satu ini menyajikan hijaunya hutan mangrove yang menyejukkan mata. Alamat tempat wisata ini ada di desa Wonorejo, Kecamatan Rungkut Surabaya Jawa Timur. Bagi para travellers yang ingin ke tempat ini tidak harus takut dengan harga tiketnya yang mahal. Harga tiket masuk ke tempat ini kurang dari Rp 5.000, itu pun sudah termasuk dengan parkir.

Pemandangannya yang menyejukkan dapat membuat suasana adem ketika panasnya Surabaya sedang menyerang. Tempat ini juga menyediakan penyewaan speed boat dan perahu yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Harganya pun sangat terjangkau yaitu Rp 15.000 untuk anak-anak dan Rp 25.000 untuk dewasa. Biaya ini yang harus dikeluarkan jika  ingin menyewa perahu. Sedangkan untuk speed boat biaya sewanya berkisar 600.000 Rupiah untuk 6 orang.

Tempat ini juga difasilitasi area jogging track. Bayangkan saja, jogging di tengah rimbunnya hutan mangrove sangatlah menyejukkan dan nyaman. Bagi para travellers yang ingin menikmatinya dapat datang langsung ke tempat wisata di Surabaya yang satu ini.

Baca Juga :   4 Daftar Sewa Bus Pariwisata Surabaya 2018 Harga Murah

Kebun Bibit

kebun bibit wonorejo surabaya

Bagi para travellers yang menyukai kegiatan bercocok tanam, tempat wisata di Surabaya yang satu ini adalah jawabannya. Tempat ini berada di Jl. Kendal Sari Blok RK No. 70, Desa Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya Jawa Timur 60297. Di tempat ini, anak-anak dapat bermain outbond  dan di playground yang tersedia.

Tempat ini memiliki 2 kawasan, yang pertama ada di Ngagel Jaya dan kedua ada di Wonorejo. Hanya saja banyak pelancong yang mengincar daerah Wonorejo karena tempatnya yang lebih instagramable. Selain itu, kebun bibit ini juga menghidangkan pemandangan taman-taman yang rimbun serta dapat berinteraksi dengan para hewan serta memberi makan langsung rusa yang dibiarkan berkeliaran.

Tempat ini juga bersahabat bagi travellers dan keluarga yang sedang berlibur dengan buah hati. Hal ini dikarenakan tempat ini tidak dipungut biaya sepeser pun. Gimana, asik bukan?

Surabaya Carnival Night Market

Tempat wisata ini adalah tempat rekreasi yang jam operasinya pada saat malam hari. Di sini juga menyediakan berbagai macam wahana yang menarik dan seru. Sejenis dengan pasar malam yang sering terlihat, wahana di dalam tempat ini dihiasi dengan lampu warna-warni yang cantik.

Selain itu, tempat ini banyak menawarkan area nongkrong bagi para muda-mudi yang ingin sekedar melewati malam ataupun berkumpul dengan teman-teman. Terdapat beberapa café yang nyaman untuk nongkrong, tempat berbelanja seperti fashion dan aksesoris.

Alamat tempat wisata ini ada di Jalan Ahmad Yani No. 333, Desa Dukuh Menanggal, Gayungan, Surabaya. Tempat wisata ini mematok harga mulai dari Rp 50.000 untuk anak-anak dan Rp 80.000 untuk dewasa. Ada juga tiket terusan yang bisa dibeli dengan harga Rp 90.000 untuk hari biasa dan Rp 100.000 untuk hari libur. Selain terjangkau dan juga menghibur, tempat wisata ini menyajikan spot foto yang unik-unik seperti lukisan 3 dimensi.

House of Sampoerna

museum sampoerna

Tempat wisata di Surabaya ini adalah museum tembakau Sampoerna yang terletak di Surabaya. Arsitektur tempat ini dipengaruhi gaya colonial Belanda dengan empat pilar besar yang menyangga gedung utama. Tempat ini dibangun pada tahun 1862 dan merupakan tempat bersejarah hingga kini.

Dulu ada panti asuhan khusus untuk anak laki-laki yang pernah dirawat dan dikelola oleh pemerintah Belanda. Setelah itu panti asuhan di beli oleh Liem Seeng Tee sang yang merupakan pendiri Sampoerna pada tahun 1932. Jadi tempat ini dijadikan awal mulanya produksi rokok Sampoerna.

Hal-hal menakjubkan kini banyak disediakan oleh tempat wisata di Surabaya yang hanya dengan sekali berangkat juga akan menjadi daya tarik sendiri. salah satunya adalah museum perkembangan industry rokok Sampoerna ini. Tempat ini menyediakan tempat edukasi sekaligus museum rokok dan produk Sampoerna.

Saat sudah puas mengelilingi museum rokok, para travellers dapat menikmati naik bus gratis yang disediakan oleh House of Sampoerna. Surabaya Heritage Track adalah sebutan untuk bus yang disediakan. Dengan menaiki ini, travellers akan dibawa untuk mengunjungi jejak-jejak masa lalu di Kota Surabaya hingga masuk ke dalam Balai Kota.

Balai Kota Surabaya

Travellers yang menyukai arsitektur klasik dapat mengunjungi tempat wisata di Surabaya yang terletak di Jalan Walikota Mustajab Surabaya ini. Para travellers bisa mengabadikan foto yang berlatar bangunan dari balai kota tersebut. Di bagian dalam balai desa ada tempat yang memang menjual berbagai oleh-oleh khas Surabaya.

Biasanya lokasi yang dijadikan spot foto adalah tulisan yang ada di depan balai kota. Hal ini dikarenakan saat malam hari tulisan tersebut akan menyala. Keindahannya dapat diabadikan melalui foto yang ditangkap oleh para travellers.

Taman Bungkul

Taman Bungkul ini termasuk dalam tempat wisata di Surabaya yang menjadi ruang public yang kece. Alamat tempat wisata ini ada di daerah  Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya Jawa Timur. Tempat ini sering dijadikan tempat berkumpul beberapa komunitas yang ada di Kota Surabaya.

Baca Juga :   Oleh Oleh Khas Malang Yang Wajib Dibawa Pulang Ke Rumah

Banyaknya fasilitas gratis yang disediakan tempat ini menjadikan Taman Bungkul sebagai tempat nongkrong favorit bagi warga kota Surabaya maupun pelancong yang berkunjung. Adanya jogging track serta skate park ini menjadikan warga kota nyaman berkunjung disana.

Asal muasal nama bungkul memiliki kisah unik. Ada seorang tokoh ulama atau tokoh agama yang bernama Ki Ageng Supo dan akrab disapa Sunan Bungkul atau disebut juga Mbah Bungkul. Dari nama tokoh inilah pemberian nama pada taman ini tercipta. Taman ini juga tidak memiliki harga tiket masuk alias gratis untuk umum.

Ciputra Waterpark

Tempat wisata di Surabaya ini menyajikan kesegaran serta keseruan di dalam wahana kolam renang yang terletak di kawasan Citraland, Sambikerep. Para travellers tetap dapat menikmati udara panas dengan nuansa bahari yang menyejukkan.

Di dalam tempat wisata ini terdapat beberapa wahana seru lainnya seperti, kolam arus, seluncuran dan berbagai permainan air lainnya. Harga tiket masuk tempat wisata di Surabaya ini saat hari biasa adalah Rp 75.000 dan saat hari libur Rp 95.000. Namun untuk harga tiket mahasiswa atau pelajar tentu berbeda yakni Rp 55.000 untuk hari biasa dan Rp 85.000 hari libur. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu.

Gereja Katolik Santa Perawan Maria

Gereja dengan atap kerucut tinggi ini merupakan bangunan dengan struktur ala Eropa yang dapat menjadi alternatif tempat wisata di Surabaya. Bentuknya yang unik dan interior dalam yang indah membuat para pelancong ingin berkunjung atau sekedar melihat-lihat.

Gereja ini berlokasi di jalan Kepanjen, Surabaya. Gereja tua ini dibangun oleh arsitek asal Semarang yang bernama W. Westmaas pada tahun 1899 dan diresmikan pada Agustus tanggal 5 tahun 1900. Tempat ini adalah gereja tertua yang ada di Surabaya.

Selain itu, menurut berbagai sumber gereja ini dibangun atas ide dari seorang pastor Belanda yang bernama Hendricus Waanders. Gereja ini mendapatkan penghargaan dari Komunitas Pelestarian Arsitektur Surabaya pada tahun 1996 dan ditetapkan sebagai cagar budaya sesuai ketentuan Walikota Surabaya pada tahun 1998. Tempat ini dapat menjadi tujuan bagi para travellers yang mengagumi arsitektur unik khas Belanda serta yang menyukai sejarah suatu tempat.

Kebun Binatang Surabaya

Tempat wisata di Surabaya yang selanjutnya adalah kebun binatang tertua yang ada di Indonesia. Ada sekitar 315 hewan yang masih bertahan hidup di kebun binatang ini. Kebun binatang ini sudah ada sejak zaman penjajahan bangsa Belanda.

Tempat wisata ini beralamat di Jalan. Setail No.1, Daerah Darmo, Kecamatan. Wonokromo, Surabaya Jawa Timur. Untuk menikmati liburan di tempat wisata ini tiket yang harus dibayar adalah Rp 15.000 hari biasa dan Rp 20.000 untuk hari libur. Cukup murah untuk tempat yang lumayan bersejarah, ini kan.

Bagaimana rekomendasinya? Banyak pilihan untuk menjadi planning liburan para travellers, bukan.? Selain tempat yang dikunjungi indah dan memiliki pesona yang tidak dapat ditolak, budget yang dibutuhkan pun tidak banyak. Tempat-tempat ini dapat menjadi rekomendasi untuk para travellers yang ingin mengunjungi Kota Pahlawan ini.

Untuk menghindari kerusakan pada tempat wisata yang ada. Hendaknya sebagai pelancong, harap menjaga kebersihan yang ada dan tidak merusak fasilitas yang sudah diberikan pemerintah. Agar kelak tempat-tempat wisata ini dapat dijadikan cagar budaya ataupun situs sejarah yang dapat dinikmati oleh semua generasi.

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker