DKI Jakarta

Deretan Lengkap Tempat Wisata Di Jakarta, Cocok Untuk Tujuan Liburan

Bagi yang berada di daerah ibu kota dan sekitarnya mengisi hari libur ke tempat wisata menarik tidak lah perlu ke luar kota. Di Jakarta sendiri ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dipilih berdasarkan dengan tema wisata tujuan. Tempat wisata di Jakarta memiliki koleksi sangat lengkap, mulai dari wisata alam, sejarah, wisata keluarga dan kuliner.

Kesemua tempat wisata di jakarta akan memberikan berbagai kenangan yang mengesankan. Maka pandangan liburan menyenangkan harus ke luar kota tidak berlaku lagi di Jakarta. Berikut ini deretan tempat wisata di jakarta tersebut :

Tempat Wisata Di Jakarta Dengan Tema Alam

Jakarta tidak hanya identik dengan kota metropolitan yang penuh dengan gedung-gedung tinggi. Namun jakarta juga memiliki koleksi tempat-tempat asri yang menyejukkan hati. Meskipun terdengar agak aneh, nyatanya tempat ini benar-benar ada dan mudah untuk dikunjungi. Dimana kah itu semua? Berikut ini ulasannya :

1. Hutan Kota Srengseng

Penamaan hutan kota ini diambil dari letaknya yang berada di jalan H. Kelik atau di daerah Srengseng, Kecamatan Kembangan. Secara umum menjadi tempat yang menyenangkan untuk berkumpul bersama dengan keluarga. atau hanya untuk berjalan-jalan santai dalam suasana sejuk di ibu kota.

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan, bahkan termasuk untuk memancing pun diijinkan dilakukan di hutan kota Srengseng. Untuk bisa menikmati sejuk udara di tengah kota Jakarta ini pengunjung hanya perlu membayar sebesar dua ribu rupiah saja. Dengan ditambah biaya parkir yang juga sangat murah.

Untuk sepeda motor adalah dua ribu sedangkan mobil dikenakan biaya parkir sebesar empat ribu. Kelebihan yang dimiliki dari tempat wisata di jakarta ini adalah harganya yang sangat murah. Dibandingkan dengan objek-objek lain di ibukota yang sudah memiliki HTM sangat tinggi.

Sesuai dengan harga yang dipatok, di hutan Kota Srengseng yang murah belum ada layanan publik yang mewah. Namun sangat bisa digunakan untuk berekreasi bersama dengan keluarga tercinta.

2. Taman Cattleya

Penasaran dengan tempat wisata di jakarta yang tidak menggunakan tiket masuk? Taman cattleya adalah jawabannya. Berada di daerah Tomang atau di sebelah kiri dari tol Jakarta Merah dan dekat sekali dengan Mall Taman anggrek.

Taman cattelya seperti menjadi titik sejuk di udara jakarta yang pengap. Dengan berbagai jenis pohon yang ada di taman cattleya membuat suasana hijau sangat indah di tengah gedung-gedung tinggi.

Tanpa tiket masuk, taman cattleya adalah tempat piknik yang pas yang sangat hemat. Berlibur ke tempat ini tidak akan menjadikan pemborosan meskipun dilakukan bersama dengan rombongan keluarga yang besar.

Kekurangan yang ada di taman cattleya ini adalah masih sering dijumpai sampah yang tidak dibuang pada tempatnya. Kurangnya kesadaran pengunjung akan kebersihan meskipun telah disediakan layanan publik berupa tempat sampah.

3. Pantai Festival

pantai tangsi lombok

Sebuah pantai yang berada di wilayah ancol ini lebih tepatnya berada di daerah Lodan Timur, pademangan, Jakarta. Untuk harga tiket masuk pengunjung sangat murah dan ada biaya untuk retribusi parkir.

Pemandangan yang sangat mengagumkan bisa diperoleh melalui tempat ini. Mulai dari lautan lepas yang tenang dengan ombak yang bersahabat. Angin yang bertiup akan menerbangkan seluruh penat yang telah lama menumpuk selama menjalani rutinitas.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah Cocok Untuk Pelajar

Kekurangan yang ada pantai ini adalah bermula dari kurangnya kesadaran pengunjung akan menjaga kebersihan pantai. Hal ini membuat sampah mudah terlihat di sepanjang garis pantai yang mengurangi keindahan Pantai Festival.

Tempat Wisata Sejarah Jakarta

Jakarta adalah kota penting sekaligus menjadi ibu kota dari Indonesia. Banyak sejarah yang tersimpan di kota ini. Sehingga pengenalan sejarah kepada anak-anak tidak lagi harus melalui buku-buku tebal dan kuno. Itu semua bisa dijumpai dalam tempat wisata di Jakarta yang ketal kaitannya dengan histori Indonesia. Beberapa tempat tersebut adalah :

1. Monumen Nasional

Monumen-Nasional-Tugu-Monas-Via-Kompas

Monas menjadi bagian pertama yang dibicarakan banyak orang ketika membahas wisata sejarah di jakarta. Sebagai monumen terbesar nasional dengan tinggi yang fantastis ini membuatnya menjadi icon ibu kota.

Untuk berlibur ke tempat ini pengunjung hanya perlu membayar tiket mulai dari 2-5 ribu rupiah saja. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di tempat ini yaitu mulai dari melihat pemandangan hijau sekitar monumen, berolahraga, mengunjungi museum serta melihat air mancur yang indah.

Kesemua itu bisa dinikmati dengan harga yang sangat murah dan terjangkau. Banyak sekali pengunjung yang memenuhi monumen nasional di hari libur. Hal ini membuat monas menjadi penuh sesak dan harus berhati-hati saat membawa anak-anak.

2.Taman Ismail Marzuki

 

Tempat wisata di jakarta yang berikutnya adalah taman ismail marzuki atau dikenal sebagai galeri kesenian nasional Indonesia. Untuk berkunjung ke tempat ini tidak ada tiket masuk yang dikenakan. Pengunjung bisa masuk ke area taman dengan gratis tanpa biaya.

Di dalam taman terdapat beberapa objek yang memerlukan biaya tambahan sebelum pengunjung menikmatinya. Koleksi pertunjukan kesenian sangat lengkap dan menjadi tempat wisata di jakarta yang ramah anak-anak. Fasilitas publik yang begitu memadai ini membuat pengunjung merasa nyaman untuk berada lama di taman ismail marzuki.

Mulai dari pertunjukan tari, teater, drama sampai dengan musik ada semua di taman ini. gedung ini telah dibuka sejak tahun 1968 dan masih terjaga sampai dengan sekarang. Banyak fasilitas yang modern meskipun bangunan sudah berdiri sangat lama.

Fasilitas seperti penginapan pun bisa di jumpai dengan mudah oleh pengunjung ketika berada di tempat ini. objek wisata yang berada di daerah Cikini, Menteng, Jakarta pusat ini pun tutup sampai dengan larut malam, yaitu pada pukul 23.00.

3. Masjid Istiqlal

masjid istiqlal jakarta

Berbeda dengan tempat wisata lain di jakarta, objek satu ini adalah sebuah tempat wisata rohaniah umat islam yang penuh sejarah. Yaitu sebuah masjid terbesar yang telah mulai dibangun pada tahun 1951. Pembangunan ini bahkan diprakarsai oleh presiden rebublik Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno.

Sebagai tempat peribadahan yang telah lama dibangun masjid ini telah memiliki arsitektur yang bisa dikatakan sangat modern. Banyak sekali kegiatan keagamaan yang bisa dilakukan di tempat ini. Lokasi masjid berada di Kecamatan Sawah Besar, Jakarta dan dekat dengan bangunan bersejarah lainnya seperti gereja terbesar.

Tempat yang begitu besar ini bahkan bisa menampung sampai dengan dua ratus ribu jamaah yang beribadah. Di masjid istiqlal bahkan ara pengunjungnya bisa menikmati fasilitas seperti pusat olahraga, internet, Taman pendidikan al-quran dan masih banyak lagi yang lain.

Tempat Wisata Keluarga Di Jakarta

Bagi sebagian orang yang telah berkeluarga, menghabiskan waktu liburan bersama orang-orang terdekat dan terkasih adalah impian. Menemukan tempat wisata keluarga di Jakarta sangat mudah. banyak objek yang dapat dengan mudah dijumpai. Seperti beberapa di bawah ini :

Baca Juga :   7 Tempat Rental Mobil di Jakarta Selatan Berserta Alamat-nya

1. TMII

taman mini indonesia indah

Taman mini indonesia Indah adalah objek wisata keluarga yang sudah sangat legendaris dan terkenal. Keberadaan banyak  wahana, museum, taman bermain dan gedung-gedung yang penuh dengan edukasi. Hal ini menjadi sangat cocok bila dikunjungi bersama dengan buah hati.

Harga tiket masuk ke TMII adalah 15 ribu rupiah, dan untuk masuk ke beberapa wahana perlu membeli tiket masuk lagi. pengunjung bisa puas bermain di tempat ini mulai dari jam 7.00. Sedangkan beberapa wahana di TMII memiliki jam tutup yang tidak sama.

Dengan mengunjungi satu tempat di daerah Cipayung, Jakarta Timur ini maka sudah sangat cukup untuk mengisi seharian waktu liburan. Objek yang lengkap serta fasilitas yang sangat memadai telah memanjakan pengunjungnya. Anak-anak akan menjadi sangat antusias untuk berada di TMII. Bangunan yang megah dan juga penuh dengan permainan yang seru.

Sebagai tempat wisata yang sudah sangat terkenal, terkadang pengunjung harus berdesakan dengan pengunjung yang lain. Trafik kunjungan yang sangat tinggi membuat TMII begitu penuh sesak dengan wisatawan.

2. Kebun Binatang Ragunan

kebun binatang ragunan

Pendidikan pada anak bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sebagai contohnya adalah edukasi mengenai pengenalan satwa yang bisa orang tua lakukan saat liburan. Yaitu dengan mengunjungi kebun binatang, dan yang sangat menggembirakan bahwa jakarta memiliki salah satu yang terbesar.

Adalah kebun binatang ragunan dengan harga tiket masuk sangat murah yaitu berkisar antara 3-4 ribu rupiah saja. Koleksi satwa yang lengkap serta fasilitas yang diberikan pun sudah sangat mumpuni.

Untuk berkunjung kesini para wisatawan sudah tidak bisa menggunakan uang tunai lagi. yaitu sudah berupa uang elektronik atau jakcard. Bagi sebagian orang tentu ini bukan hal asing lagi untuk menggunakan uang elektronik. Namun tak jarang masih ada beberapa pengunjung yang kesulitan dalam menggunakannya.

3. Planetarium Jakarta

Satu lagi objek wisata menarik di daerah Cikini Jakarta yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan buah hati. Selain sebagai sarana rekreasi objek ini juga berfungsi sebagai edukasi. Objek apakah yang memiliki banyak keunggulan dan terletak dalam kota jakarta ini? Adalah Planetarium, sebuah tempat wisata di Jakarta yang sangat sesuai bila dikunjungi di musim liburan sekolah.

Mengunjungi objek ini maka orang tua telah membantu anak-anak meraka untuk tetap belajar hal-hal baru di waktu liburan sekolah. Ada banyak hal yang bisa di anak-anak pelajari mengenai tata surya di tempat ini.

Harga tiket yang cenderung yaitu hanya berkisar 5 ribu sampai dengan 12 ribu rupiah. Harga tiket ini berbeda untuk rombongan atau untuk perorangan. Fasilitas publik yang dimiliki sudah sangat lengkap dan memadai.

Namun untuk kekurangannya adalah jam buka dari planetarium yang tutup terlalu awal. yaitu hanya sampai jam 15.00, sehingga untuk bisa puas berada di tempat ini pengunjung harus berangkat sangat pagi.

Tempat Wisata Kuliner  Di Jakarta

Tidak sedikit tempat makan yang menyajikan hidangan lezat dan terrekomendasikan di kota jakarta. Hidangan-hidangan ini akan memberikan sensasi baru dan sangat memanjakan lidah. Tempat yang menarik bersih dengan harga yang juga terjangkau. Berikut tempat wisata di jakarta yang menawarkan kuliner yang akan membuat ketagihan :

1. Bubur Kwang Tung

Berada di kecamatan Gambir yang lebih tepatnya di Jalan Pacenongan nomor 671. Memiliki koleksi menu sangat lengkap dan dengan harga yang hanya mulai 50 ribu per orang saja. Tempat yang sangat nyaman menjamin para mengunjung untuk betah berlama-lama dalam resto Bubur Kwang Tung.

Tempat parkir yang nyaman juga  menjadi poin unggulan yang menarik pengunjung.  Resto bubur kwang tung adalah resto makanan china. Menu chines yang berada di tempat ini sangat beragam dan lengkap. Namun untuk kekurangnannya adalah terbatasnya menu makanan yang disediakan di luar menu chines. Sehingga  pengunjung yang kebetulan menginginkan menu makanan selain chinese akan kesulitan memesan di tempat ini.

Baca Juga :   6 Oleh Oleh Dari Jakarta Yang Wajib Dibeli

2. Roti Bakar Eddy

Tempat kuliner yang satu ini adalah salah satu tempat nongkrong malam hari yang menjadi favorid banyak warga ibukota. Bertepatan di depan kampus al-azhar  blok M, Kebayoran Baru atau di Jalan Raden Patah nomor 11. Menjadi salah satu titik pusat keramaian dengan pilihan kuliner malam yang sangat beragam.

Jam buka mulai dari jam 18.00-01.00 wib, roti bakar eddy menawarkan banyak sekali menu makanan yang sangat bervariatif. Memiliki harga yang sangat ekonomi, harpa per menu dibandrol hanya mulai dari sembilan ribu rupiah saja.

Dan tidak hanya menawarkan roti bakar, ada pula jajanan, makanan berat serta aneka minuman yang bisa dipilih. Bentuk warung roti bakar eddy yang merupakan bangunan  tidak permanen terkadang membuat beberapa pengunjung menjadi tidak nyaman. Untuk beberapa menu yang ditawarkan terkesan tidak memiliki ciri khas, seperti pada makanan siap saji.

Namun kelebihan yang tidak akan pernah diperoleh di tempat lain adalah bahwa roti bakar eddy terdiri dari beberapa warung yang menyerupai foodcurd. Sehingga akan ada banyak pilihan makanan yang tidak akan membosankan.  Meskipun setiap malam menghabiskan waktu di tempat ini akan selalu ada menu baru untuk dicoba.

3. Restoran Trio

Bila menginginkan makanan khas China, restoran Trio adalah rekomendasi yang bisa dikunjungi. Sebuah restoran yang berada di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Tempat makan khusus masakan china ini berdiri pada tahun 1947 dan pendirinya merupakan asli penduduk Tiongkok.

Menyediakan semua jenis makanan china yang memiliki cita rasa yang tidak berubah dari daerah asalnya. Hal inilah yang membuat restoran ini tetap dipenuhi pengunjung meskipun sudah berusia sangat tua.

Kekurangan dari restoran trio adalah bangunannya yang tidak di pugar dan dibiarkan tetap menggunakan jenis bangunan lama. Serta beberapa pengunjung terkadang masih merasa panas karena hanya menggunakan kipas angin untuk membantu sirkulasi udara.

4. Nasi Uduk Gondangdia

Sebuah warung nasi uduk yang berasal dari cikini ini memiliki ciri khas yang berbeda dari nasi uduk lainnya. Yaitu nasi uduk yang dibungkus dengan daun pisang hingga memiliki harum nasi yang berbeda dengan nasi uduk lainnya.

Dengan banyak koleksi lauk membuat pelanggan menjadi lebih bebas dalam mengkombinasikan nasi uduk varian jenis protein yang ditawarkan. Porsi nasi uduk cenderung agak kecil sehingga membuat beberapa pengunjung harus memesan 2 porsi nasi untuk  bisa merasa kenyang. Sedangkan untuk warungnya sendiri memiliki kesan agak kuno dan kurang tertata.

Untuk harganya sendiri, satu porsi nasi uduk dihargai dengan tujuh ribu rupiah. Dan untuk lauknya sangat bervariatif sesuai dengan pilihan. namun untuk satu menu nasi uduk dengan lauk tidak akan mencapai lima puluh ribu sekali makan satu orang.

Itulah deretan tempat wisata di jakarta dari berbagai kategori yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berwisata melepaskan penat menjalani aktivitas rutin tidak perlu harus bepergian jauh. Hanya cukup di dalam kota jakarta saja semua kategori tempat wisata lengkap tersedia. Liburan pun menjadi semakin menyenangkan, hemat waktu dan hemat biaya.

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker