Yogyakarta

5 Tempat Wisata Jogja Kota Yang Mesti Dikunjungi

sewa mobil jogja banner

Siapa yang tak kenal dengan kota Jogja? Kota yang berada di jawa tengah ini senantiasa padat oleh turis pada saat liburan datang. Jogja sendiri merupakan tempat tujuan wisata utama bagi banyak warga Indonesia setelah Bali. Penasaran tempat tujuan wisata yang ada di kota ini? Berikut ini adalah tempat wisata Jogja kota yang bisa dikunjungi.

1. Jalan Malioboro

wisata di jogja dekat malioboro

Jalan yang paling terkenal di Jogja adalah Jalan Malioboro. Di sepanjang jalan ini terdapat toko-toko serta pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang. Dari mulai pakaian, kerajinan, sampai makanan. Salah satu yang khas dari Jalan Malioboro ini adalah penjual makanan lesehannya.

Selain itu, pada malam hari terdapat beberapa orang yang mengenakan berbagai macam kostum yang bersedia difoto tanpa bayaran. Jalan Malioboro ini senantiasa menarik untuk dikunjungi. Suasana jalan ini memang sangat unik terlebih jika berkunjung ke tempat ini pada malam hari.  Jalan-jalan ke Jogja tanpa berkunjung ke Jalan Malioboro rasanya kurang lengkap.

2. Pasar Beringharjo

pasar beringharjo dalam

Tempat wisata Jogja kota yang selanjutnya adalah Pasar Beringharjo. Pasar Beringharjo ini terletak di Jalan Malioboro, sebuah pasar tertua yang ada di Jogja dan terkenal sebagai tempat turis membeli oleh-oleh dengan harga yang murah.

Baca Juga :   Pantai Drini Jogja? Info Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Berbagai macam barang pun tersedia di tempat ini. Dimulai dari batik, makanan tradisional, uang kuno, bahan dasar untuk jamu tradisional, sampai dengan barang antik.

3. Benteng Vredeburg Jogjakarta

Benteng Vredeburg

Satu lagi tempat wisata di Jogja kota yang dekat dengan Malioboro adalah Benteng Vredeburg Jogjakarta. Tempat wisata ini tepat berada di depan Gedung Agung. Benteng yang kini telah menjadi museum yang berisi diorama mengenai sejarah Indonesia ini sangat cocok sekali untuk dikunjungi saat berlibur ke Jogja. Terlebih jika ingin menambah wawasan mengenai sejarah Indonesia.

Pada waktu-waktu tertentu, benteng ini juga dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan beberapa festival kebudayaan. Jika hanya ingin bersantai sambil menikmati benteng Belanda ini maka kunjungilah cafe yang menyajkan berbagai macam makanan khas Belanda yang berada didalam benteng tersebut yakni Cafe Indische Koffie.

4. Museum Ullen Sentalu

keunikan-museum-ullen-sentalu

Museum yang terletak di Jalan Boyong Km 25 Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta ini merupakan tempat wisata yang dibangun diatas area seluas 1,2 hektare. Dan mempunyai arsitektur yang sangat unik. Untuk memasuki ke museum sendiri terdiri dari beberapa undakan, kelokan serta labirin yang menuju ke salah satu ruang pameran yang berada dibawah tanah.

Museum Ullen Sentalu ini berisi koleksi mengenai sejarah dan kebudayaan kerajaan Mataram yang merupakan cikal bakal dari kerajaan Yogyakarta dan Solo itu sendiri. Berkunjung ke museum ini pastinya akan menambah wawasan mengenai sejarah kebudayaan jawa. Pemandu di museum ini pun akan memberikan penjelasan dengan detail mengenai semua benda seni yang terdapat didalam museum ini.

Baca Juga :   Menyibak Air Terjun Sri Gethuk, Foto + Tiket Masuk, Surga Tersembunyi Di Gunungkidul

5. Keraton Yogyakarta

Salah satu tempat wisata budaya yang lainnya di Yogyakarta adalah Keraton Yogyakarta. Keraton tersebut ini merupakan salah satu bangunan bersejarah kesultanan yogyakarta yang ditempati oleh sultan beserta keluarganya. Di keraton ini juga terdapat museum yang didalamnya memamerkan barang-barang kesultanan yogyakarta. Barang-barang tersebut terdiri dari barang rumah tangga sampai dengan barang-barang unik yang sebagiannya merupakan hadiah dari raja Eropa.

Waktu yang paling baik untuk mengunjungi Keraton Yogyakarta ini adalah pada pagi hari. Karena tempat ini hanya dibuka sampai jam 2 siang saja. Bila berminat maka bisa juga menyewa pemandu yang telah disediakan keraton untuk menjelaskan mengenai arsitektur serta sejarah keraton dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Itulah beberapa tempat wisata Jogja kota yang bisa dikunjungi saat berlibur ke kota gudeg ini. Dengan berlibur ke tempat wisata tersebut kamu pun bisa mendapatkan berbagai macam wawasan ditengah-tengah liburan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh