Yogyakarta

7 Tempat Wisata Jogja Murah Dengan Nuansa Alam

sewa mobil jogja banner

Tempat Wisata Jogja Murah  – Mengunjungi objek wisata dengan budget yang sedikit sepertinya adalah impian semua orang. Bagaimana tidak, berwisata selama ini selalu identik dengan pengeluaran yang sangat banyak dan sering kali malah menguras kantong. Bukan malah senang, namun malah jadi risau. Adalah Jogja, kota yang terkenal sebagai destinasi tempat wisata murah. Banyak sekali pilihan tempat wisata jogja murah meriah.

Apalagi bagi wisatawan yang suka dengan wisata yang bernuansa alam, Jogja memiliki banyak sekali alternatif pilihan yang bisa dikunjungi. Tentu dengan harganya yang murah, membuat minat para wisatawan juga sangat tinggi. Berikut ini ada tujuh tempat wisata jogja murah bernuansa alam yang sangat menarik:

Tempat Wisata Jogja Murah

1. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo Jogja

Tempat wisata jogja murah dengan nuansa alam yang pertama ini berlokasikan di Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Sebelum menjadi tempat wisata, Kebun Teh Nglinggo ini adalah sebagai lahan mata pencaharian masyarakat sekitar. Kemudian, oleh masyarakat setempat, kebun teh ini diubah menjadi tempat wisata dengan tatanan yang menarik.

Berkunjung ke tempat wisata ini, wisatawan bisa melihat langsung petani yang sedang memetik daun teh. Selain itu, dengan nuansa alamnya, para wisatawan juga bisa menjadikannya objek untuk berfoto. Masalah harga sendiri, tidak perlu khawatir, karena hanya dengan Rp. 3.000 saja, para wisatawan bisa menikmati pemandangan alam di Kebun Teh Nglinggo tanpa batas.

Baca Juga :   Keunikan Museum " De Mata" Atau Museum 3 Dimensi Jogja

2. Tebing Breksi

Lokasi Tebing Breksi

Sama seperti Kebun Teh Nglinggo, tempat wisata jogja murah satu ini juga awalnya adalah lahan mata pencaharian masyarakat setempat. Berlokasikan di Dusun Groyokan, Sambirejo, Kabupaten Sleman, Tebing Breksi ini dulunya adalah sebuah tambang batu breksi.

Namun, tempat ini diubah oleh masyarakat menjadi tempat wisata alam yang begitu diminati oleh khalayak umum. Para wisatawan bisa mengunjungi Tebing Breksi mulai pukul 5 pagi hingga pukul 6 sore. Untuk tiket masuknya sendiri, jangan kaget karena para pengunjung tidak dikenakan tariff sepeser pun alias gratis.

3. Kalibiru Kulon Progo

kalibiru jogja

Selanjutnya, tempat wisata jogja murah yang menawarkan keindahan alamnya adalah Kalibiru Kulon Progo. Seperti halnya namanya, wisata alam ini ada di daerah Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Tempat wisata alam yang satu ini bisa dikatakan sudah memiliki fasilitas lengkap termasuk penginapan dan rumah makan. Pemandangan dari Kalibiru sendiri begitu indah dan memanjakan mata, cocok untuk diabadikan dengan kamera.

Kalibiru Kulon Progo dibuka pada pukul 6 pagi hingga 5 sore. Untuk tarif masuknya, perorang diharuskan membayar sebesar Rp. 3.000.

4. Hutan Mangrove Kulon Progo

hutan mangrove di pantai maron semarang
foto: Allersgron

Tempat wisata jogja murah ini juga masih berlokasikan di Kulon Progo, tepatnya di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon. Belakangan ini, wisata dengan nuansa tumbuhan mangrove menjadi pilihan yang sangat disukai masyarakat. Hal ini juga yang disadari oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Hutan Mangrove Kulon Progo, sehingga mengubahnya menjadi tempat wisata.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Jogja

Di tempat wisata ini, banyak sekali spot-spot foto yang tidak kalah menarik dengan hutan mangrove di daerah lain. Dengan harga tiketnya yang hanya Rp. 3.000, pastinya tidak akan menguras pengeluaran kantong. Apalagi dengan tarif semurah itu, para pengunjung bisa menikmati pemandangan sepuasnya.

5. Hutan Pinus Mangunan

hutan pinus mangunan jogja

Hutan Pinus Mangunan ini merupakan wisata alam yang berlokasikan di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Hanya butuh 45 menit saja dari pusat Kota Jogja untuk datang ke tempat ini. Banyak orang yang datang ke wisata alam satu ini karena penasaran dengan keindahan pohon-pohon pinus yang konon dinamai dengan Pinus Merkusii.

Berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan adalah pilihan yang tepat ketika mencari tempat wisata jogja murah. Para pengunjung hanya dikenakan tarif parkir saja saat datang ke wisata alam ini. Untuk jam operasionalnya sendiri, dibuka pada pukul 6 pagi hingga setengah 6 sore.

6. Kebun Buah Mangunan

 

Berwisata alam sambil belajar tentang tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan adalah hal yang akan didapatkan oleh wisatawan ketika berkunjung ke Kebun Buah Mangunan. Banyak sekali aneka buah yang bisa ditemukan. Seperti durian, mangga, jeruk, hingga jambu air.

Seperti namanya, Kebun Buah Mangunan ini ada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Dikarenakan kebun buah ini berada di ketinggian 200 mdpl, maka suhu udara di sini bisa dikatakan cukup dingin.

Baca Juga :   Ini Dia Ulasan Lengkap Obyek Wisata Pantai Sadranan

Jangan khawatir untuk masalah tarif masuk, karena hanya diperlukan uang Rp. 5.000 saja. Sehingga bisa dikatakan tempat ini sebagai tempat wisata jogja murah meriah. Tempat wisata ini dibuka pada pukul setengah lima pagi hingga pukul 6 sore.

7. Pantai Jogan Jogja

pantai jogan jogja

Pantai yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Dikarenakan adanya air terjun setinggi 12 meter yang turut menambah kecantikan dan keeksotisan pantai.

Lokasi dari Pantai Jogan Jogja berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Dengan tariff Rp. 3.000 saja, maka bisa dikatakan kalau tempat wisata ini adalah tempat wisata jogja murah dengan nuansa alam yang indah.

Dengan adanya tujuh pilihan tempat wisata murah di Jogja di atas, pastinya tidak perlu risau lagi apabila ingin berwisata. Bahkan dengan budget dibawah Rp. 10.000 saja, para pengunjung bisa puas menikmati masing-masing dari wisata di atas.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh