Yogyakarta

7 Tempat Wisata Kota Jogja Yang Bisa Ditempuh Dengan Jalan Kaki

Kota Jogja merupakan salah satu Kota di Indonesia yang tertata rapi. Sebagai kota yang menyajikan beragam wisata, kota Jogja termasuk yang bisa di jelajahi dengan mudah. Untuk wisatawan yang ingin menikmati liburan di kota Jogja ada beberapa pilihan destinasi yang bisa didatangi. Berikut daftar tempat wisata kota Jogja yang bisa di tempuh jalan kaki dan tidak mengeluarkan biaya terlalu besar, di antaranya

1. Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Museum ini letaknya 350 meter dari pasar Beringharjo. Yang menarik dari tempat wisata kota jogja ini adalah bangunannya  memiliki arsitektur khas kolonial Belanda. Di dalam museum ini wisatawan bisa melihat diorama-diorama perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Fasilitas tempat ini cukup lengkap. Di museum ini terdapat cafe yang bernama Indische Koffie. Jika wisatawan merasa lapar kafe ini bisa menyediakan berbagai menu makanan mulai dari masakan khas Indonesia hingga Eropa.

2. Tugu Yogyakarta

tempat wisata kota jogja

Tugu Yogyakarta adalah simbol dari kota Jogja. Letak tugu ini di persimpangan Jalan Margo Utomo, Jalan Soedirman, Jalan A.M Sangaji, Dan Jalan Diponegoro. Mitosnya tugu Jogja ada keterkaitannya dengan laut selatan, keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi. Katanya, jika di tarik lurus Semua tempat-tempat itu memiliki pola.

Baca Juga :   Tempat Wisata Di Bantul Terbaru Yang Sedang Ngehits

Untuk anak muda yang ingin meramaikan sosial medianya, bisa mengambil foto di saat malam hari. Karena cahaya lampu bisa menambah keindahan di foto. Tempat wisata Indonesia di kota Jogja yang satu ini merupakan spot foto favorit di Kota Pelajar.

3. Taman Sari Yogyakarta

taman sari jogja

Taman ini di bangun oleh Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1758 – 1765. Pembangunan taman ini di peruntukan kepada para selir Sultan untuk tempat peristirahatan dan hiburan. Tempat ini di buka pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Untuk masuk ke tempat ini sebesar IDR 5000,00. Lokasi taman ini dapat di tempuh selama 10 menit dari Keraton Yogyakarta. Taman ini memilikii pemandangan yang indah untuk di dokumentasikan ke kamera.

4. Alun-Alun Kidul

alun alun kidul jogja

Berjalan kearah timur Taman Sari ada Alun-Alun Kidul. Di daerah sini banyak sekali orang yang berjualan makanan khas Jogja. Wisatawan bisa menikmati aneka kuliner dengan tema outdoor di Alun-Alun Kidul.

Pada pagi sampai siang hari wisatawan bisa bermain tutup mata dan melewati jalan diantara dua pohon yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Konon katanya yang bisa melewati pohon ini keinginanya akan terkabul. Ritual ini dinamakan ritual masangin.

5. Plengkung Gading

plengkung gading

Dulu Plengkung Gading bernama Pelengkung Nirmaya yang memiliki arti gerbang tanpa bahaya. Konon ceritanya semasa hidup Sultan tidak boleh melewati gerbang Pelengkung Nirmaya. Namun ketika Sultan meninggal, rombongan jenazah melewati gerbang ini.

Baca Juga :   23 Tempat Wisata di Jogja Yang Sangat Indah Dan Murah Meriah

6. Kampung Sosrowijayan

Tidak hanya Bali yang memiliki banyak turis asing. Di Jogja juga ada kampung yang banyak bule bersliweran. Namanya adalah kampung Sosrowiijayan. Hal ini disebabkan oleh sepanjang jalan Sosrowijayan berdiri hotel yang turis asing tinggali.

7. Kampung Cyber

Kampung ini letaknya tidak jauh dengan Malioboro. Keistimewaan kampung ini adalah memiliki konsep yang unik, yaitu terdapat komputer dengan akses internet yang bisa di gunakan oleh wisatawan. Disana juga terdapat grafiti yang di lukis oleh penduduk lokal. Jadi, bagi wisatawan yang ingin mengambil foto bisa menjadikan grafiti sebagai latar belakang.

Dari ketujuh daftar tempat wisata kota Jogja diatas wisatawan dapat mengunjunginya dengan tidak merogoh kocek terlalu dalam. Berbagai fasilitas wisata di Jogja sudah lengkap dan membuat wisatawan merasa nyaman untuk berlama-lama tinggal di Jogja.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh