KulinerYogyakarta

Inilah 5 Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Paling Legendaris

Wisata kuliner selalu menjadi topik pembicaraan yang sangat menarik dan menjadi objek destinasi dari para penikmat kuliner yang selalu mengincarnya. Mereka tidak hanya dari dari kalangan orang dewasa, bahkan banyak para pelajar juga menggandrungi wisata kuliner ternikmat, salah satunya Yogyakarta. Memilih Yogyakarta untuk kunjungan kuliner memang menjadi hal menarik. Ada 5 tempat wisata kuliner di Jogja yang menjadi legenda hebat bagi para penikmat kuliner.

1. Angkringan Lik Man

Salah satu hal yang menjadikan wisata kuliner di jogja begitu melegenda, karena memiliki nuansa berbeda dari tempat lain.  Di Jogja angkringan tak hanya menjadi tempat kuliner rakyat yang murah meriah, berbincang dan bercanda apa saja disana dari malam hingga pagi namun juga menjadi sebuah tradisi dan kebudayaan.

Angkringan begitu mudah mudah ditemui di Yogyakarta, namun angkringan Lik Man menjadi kunjungan istimewa dari para penikmat kuliner. Angkringan Lik Man memang begitu istimewa, karena angkringan ini menjadi angkringan pertama di Yogyakarta sejak tahun 1970. Menu yang disajikan pada umumnya seperti nasi kucing, sate telur puyuh dan aneka macam gorengan.

Namun ada satu sajian yang begitu menarik dan berbeda, yaitu Kopi Joss.Kopi Joss menjadi menu utama di tempat wisata kuliner ini. Cara penyajian kopi ini begitu unik karena kopi akan dicampur dengan arang merah menyala. Bunyi khas “jooooossssss” inilah yang menjadikanya disebut Kopi Joss.

Baca Juga :   5 Wisata Alam Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Konon katanya, arang yang dicampurkan ke dalam kopi akan menetralisir kandungan kafein sehingga aman untuk pencernaan. Hanya dengan merogoh uang sebesar 10.000 – 20.000 Rupiah saja, menikmati Kopi Joss dan nasi kucing dilengkapi dengan lauk sederhana menjadi pengalaman kuliner yang sama hebatnya dengan mengunjungi restoran ternama di Indonesia.

2.Gudeg Pawon

Berbicara tentang kuliner Yogyakarta, kurang rasanya bila tidak mengingat gudeg. Gudeg seakan telah menjadi kuliner simbolis bila berkunjung ke Yogyakarta. Kuliner berbahan daging nangka muda ini banyak ditemui di berbagai tempat makan pelosok Yogyakarta. Jika ingin menyantap gudeg dengan rasa khas yang berbeda, Gudeg Pawon menjadi alternatif yang tepat.

Gudeg Pawon adalah salah satu tempat wisata kuliner ternama di Yogyakarta. Tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1960 ini melayani setiap pelanggannya dengan cara yang unik dan berbeda. Mereka membuat gudeg ini dengan tungku sederhana ini langsung dari dapur atau pawon dalam istilah Jawa. Meskipun tempatnya begitu sederhana, namun cita rasa  gudeg di sini tak ada bandingannya.

3. Mie Telap 12

Kemudian wisata kuliner Jogja yang tak kalah menarik juga dapat kita temukan di warung Mie Telap 12. Hebatnya, wisata kuliner ini juga memberikan keistimewaan bagi siapapun pembelinya. Disini setiap pelanggan dapat menikmati mie yang disajikan sama persis dengan gambar listnya.

Misalnya, seorang pelanggan memesan mie instan soto ayam, maka pelanggan akan mendapat semangkuk mie instan rasa soto  ayam yang sama persis dalam list gambar bungkusnya. Untuk minuman, kita bisa menikmati berbagai macam minuman nikmat seperti milkshake dan soda float.

Baca Juga :   Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Murah Meriah

4. Rumah Raminten

Tempat wisata kuliner ini telah membuktikan bahwa, menu tradisional bisa disajikan dengan cara yang elegan dan berkelas. Beberapa makanan yang disajikan di House Reminten ini seperti tahu bola, sate lilit dan nasi kucing.  Tidak sampai disitu saja, tempat ini memiliki arsitektur yang luar biasa indah. Kita bisa melihat ruangan berarsitektur Jawa dengan wangi dupa khas sekaligus gending jawa yang mengalun di rumah makan ini.

5. Sate Klathak Pak Pong

Tempat wisata kuliner bercorak sate, khususnya sate kambing. Memang selalu memicu menetesnya air liur. Apalagi Sate Klathak Pak Pong ini tidak ada di tempat lain dan hanya dijumpai di Yogyakarta. Keunikan yang menjadikan Sate Klathak ini spesial adalah karena memiliki cita rasa yang nikmat yang diciptakan oleh bumbu yang digunakannya.

Garam, merica dan kecap menjadikan Sate Klathak memiliki cita rasa yang berbeda. Selain bumbu yang unik dan berbeda, juga menggunakan alat yang berbeda. Jika biasanya daging dibakar dengan tusuk sate bambu yang hanya sekali pakai, Sate Klathak Pak Pong menggunakan jeruji besi sepeda. Karena terbukti menghasilkan daging matang lebih merata.

Itulah 5 tempat wisata kuliner di jogja yang begitu melegenda di mata masyarakat Indonesia. Yang akan membuat siapapun terpesona akan kehebatan rasa dan nuansanya, kemudian akan memancing untuk berkunjung kembali. Semoga apa yang telah kami tuliskan dapat memberikan gambaran dan wawasan untuk memilih wisata kuliner terhebat di Yogyakarta.

Baca Juga :   Tempat Wisata Alam Di Jogja Dengan Segala Keindahannya
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh