Jawa Tengah

4 Tempat Wisata di Jawa Tengah, Apa Saja Yang Paling Bagus Bagian Selatan Utara Barat Timur?

4 Tempat wisata di jawa tengah, apa saja yang menarik dan paling bagus bagian selatan utara barat timur semarang murah wajib dikunjungi indah terkenal alam pantai pegunungan air terjun terbaik terindah gunung keluarga belum terjamah populer keren berpotensi4 Objek Liburan di Jawa Tengah yang Menarik, Populer, Bagus, Indah dan Terkenal Wajib Dikunjungi

Banyak sekali tempat wisata di Jawa Tengah yang bisa dijadikan tujuan saat anda berlibur bersama keluarga maupun sahabat. Tak hanya Pulau Bali, tapi Jawa Tengah juga kerap dijadikan destinasi wisata karena memiliki daya tarik tersendiri.

Jawa Tengah tak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang indah, tapi juga wisata budaya yang beraneka ragam, seperti candi-candi peninggalan masa lampau.

Bahkan bisa dikatakan, Jawa Tengah merupakan pusat candi-candi besar yang terkenal. Beberapa tempat wisata di Jawa Tengah yang terkenal dan bisa anda kunjungi diantaranya:

1. Candi Borobudur


Siapa yang tak kenal Candi Borobudur? Candi Budha ini sudah terkenal di seluruh dunia, karena pernah dinobatkan menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Candi yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini pertama kali dibangun sekitar abad ke-8 pada masa pemerintahan Raja dari Dinasti Syailendra, yakni Samaratungga.

Candi Borobudur sangat megah dengan luas 123×123 meter persegi yang didalamnya terdapat patung Budha sejumlah 504 buah, 72 stupa terawang dan 1 buah stupa induk yang berdiri tepat ditengah-tengahnya.

2. Candi Prambanan


Selain Candi Borobudur, ada satu lagi situs candi di Jawa Tengah yang banyak diburu wisatawan domestik maupun luar negeri, yaitu Candi Prambanan.

Candi Hindu terbesar di Indonesia ini berjarak sekitar 20 km ke arah timur kota Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Prambanan, Sleman dan Kecamatan Prambanan, Klaten.

Candi Prambanan dibangun pada tahun 850 Masehi oleh Raja kedua Wangsa Mataram I, yaitu Rakai Pikatan. Candi ini memiliki tiga bangunan utama, yaitu Candi Brahma, Candi Wisnu, dan Candi Siwa. Bangunan tertinggi adalah Candi Siwa yang memiliki ketinggian mencapai 47 m.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata di Jogjakarta dan Sekitarnya Terbaru 2018 Bisa Untuk Anak Beserta Alamatnya

3. Kepulauan Karimun Jawa


Kepulauan Karimun Jawa merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang paling banyak menyedot wisatawan maupun turis asing. Tempat wisata ini berlokasi di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Di kepulauan ini terdapat sekitar 27 pulau-pulau kecil yang seluruh wilayahnya memiliki luas 7.129 hektar serta 107.225 hektar untuk luas perairannya.

Beberapa objek wisata menarik yang bisa dikunjungi di Kepulauan Karimun Jawa diantaranya Pulau Menjangan Kecil dan Manjangan Besar, Tanjung Gelam, Genting, Legon Lele, Parang, Kembar, Cemara dan Krakal.

Ada banyak kegiatan menari k yang bisa anda lakukan di Karimun Jawa, seperti snorkeling, selancar air, berlayar, berenang, berjemur, dan masih banyak lagi.

4. Dataran Tinggi Dieng


Dataran Tinggi Dieng merupakan sebuah tempat wisata alam yang menyajikan panorama alam yang sangat menakjubkan. Objek wisata ini berupa kaldera raksasa dari gunung berapi yang masih aktif, sehingga terdapat banyak kawah-kawah yang masih menyeburkan belerang.

Letak Dataran Tinggi Dieng berada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, berjarak sekitar 180 km dari Kota Yogyakarta.

4 Tempat Wisata di Jawa Tengah, Apa Saja Yang Paling Bagus Bagian Selatan Utara Barat Timur?
Rate Postingan ini
Tags
Show More
Yunita DwiFajarwati

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close