21 Tempat Wisata Saat Lebaran di Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali Yang Buka Favorit Murah Sepi

21 Tempat wisata saat lebaran di jakarta bandung yang buka libur favorit murah sepi ramai tujuan jogja bali dieng 2017 paket enaknya kemana ya anak sekolah 2017 jadwal cerita rumah nenek pantai pulau tidung pulau seribu tanggal berapa PNS
21 Tempat Wisata Favorit di Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali yang Buka Saat lebaran

Enaknya kemana ya menghabiskan libur lebaran? Pertanyaan itu kerapkali terlontar, karena selain berbagi maaf, lebaran juga merupakan saat yang tepat untuk menikmati destinasi wisata, karena pada saat itu seluruh keluarga dapat berkumpul sehingga aktifitas berwisata dapat dilakukan bersama-sama.

Masalahnya, momen yang tepat tersebut ternyata dimanfaatkan oleh hampir semua orang, sehingga tempat-tempat wisata pun dibanjiri para pengunjung.

Dengan suasana yang ramai dan hiruk pikuk, tentunya akan membuat suasana tenang dan damai yang kita harapkan dari kunjungan wisata tersebut menjadi hilang. Belum lagi dalam perjalanan tidak jarang terjebak oleh kemacetan, sehingga waktu lebih banyak dihabiskan di atas kendaraan.

Selain itu, persoalan lain yang muncul saat berwisata di hari lebaran adalah tidak semua tempat wisata dibuka untuk pengunjung. Jika itu yang terjadi tentunya akan sia-sia perjalanan yang kita lakukan dari rumah.

Kalaupun ada tempat wisata yang buka, momen lebaran justru dimanfaatkan oleh para pengelola tempat pariwisata untuk menaikkan tiket masuk dengan harga yang jauh lebih mahal dari hari-hari biasa.

Meski harus memendam rasa kesal, mau tidak mau tiket tersebut harus kita beli, karena sudah terlanjur tiba di tempat tujuan.

Agar tidak merasa kecewa saat berlibur di hari lebaran karena tempat wisata yang kita tuju ternyata tidak buka, atau karena menaikkan harga tiket masuk setinggi langit.

Atau karena tempat wisata tersebut dibanjiri pengunjung hingga di luar batas, ada baiknya untuk melihat tempat wisata saat lebaran di Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali berikut ini yang dipastikan tidak akan membuat kecewa karena persoalan-persoalan tersebut.

Berikut daftar tempat wisata yang dimaksud:

Jakarta

Mengawali daftar tempat wisata saat lebaran di Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali yang layak untuk dipilih, dimulai dari ibukota. Meski disaat lebaran banyak penduduk Jakarta yang mudik ke kampung halaman, namun sebagian ada yang tetap tinggal di tempat, utamanya para PNS yang harus tetap menjalankan tugas.

Waktu libur lebaran tersebut biasanya akan mereka habiskan bersama keluarga di lokasi wisata. Sementara para pelancong juga lebih suka mengisi liburan lebaran ke tempat yang sama. Itu sebabnya, sebagian lokasi wisata di Jakarta dijubeli oleh pengunjung.

Berikut tempat wisata favorit di Jakarta yang tetap dapat dinikmati disaat lebaran:

1. Monas (Monumen Nasional)

Monas, Sumber : yogireza07.blogspot.com

Bangunan setinggi 132 meter dengan emas seberat 35 kg di puncaknya ini merupakan ikon Jakarta dan banyak orang yang mengatakan masih belum lengkap rasanya jika ke Jakarta tidak mengunjungi Monas (Monumen Nasional).

Selain bermahkota emas, Monas terbagi atas tiga bagian, yaitu bagian dasar yang menjadi lokasi Museum Sejarah Nasional Indonesia, bagian cawan yang memiliki Ruang Kemerdekaan, tempat yang dipakai untuk menyimpan replika naskah proklamasi dan peta NKRI berlapis emas.

Serta bagian Pelataran Puncak dan Api Kemerdekaan yang dilengkapi dengan teropong untuk melihat kota Jakarta dari atas ketinggian.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah, Sumber : agnesningrum95.blogspot.com

Dengan area seluas 150 hektar, TMII akan menjadi tempat yang tenang untuk berwisata meskipun banyak pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini.

Selain melepas penat, TMII dapat dipakai sebagai wahana untuk menggali pengetahuan tentang keanekaragaman tradisi dan budaya Indonesia.

Karena selain dilengkapi dengan rumah-rumah adat yang ada di seluruh penjuru tanah air, juga terdapat berbagai macam museum, pusat IPTEK, serta flora dan fauna, sehingga pas sebagai tempat rekreasi bagi anak sekolah.

Namun begitu, untuk wahana rekreasi keluarga pun juga cukup ideal karena di lokasi ini dapat ditemui berbagai wahana untuk keluarga, seperti Snowbay, Istana Boneka dan teater IMAX Keong Mas.

3. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan, Sumber : jswstreet.blogspot.com

Menikmati libur lebaran di Kebun Binatang Ragunan akan memberikan pengalaman yang menyenangkan utamanya bagi anak-anak, karena di tempat yang memiliki luas 140 hektar ini dapat ditemui beraneka macam binatang yang terdiri atas 295 spesies serta 4.040 spesimen.

Selain melihat tingkah polah aneka fauna, pengunjung juga dapat berkeliling lokasi kebun binatang dengan menunggang kuda, onta, atau gajah, serta berfoto dengan berrbagai macam jenis binatang.

Pengalaman menunggang kuda, onta atau gajah tersebut tentunya akan menjadi cerita menarik bagi anak-anak yang dituturkan kepada teman-temannya.

4. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol, Sumber : cerita-uniktapinyata.blogspot.com

Diantara sekian banyak tempat wisata saat lebaran di Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali serta tempat-tempat lain di seluruh Indonesia, Taman Impian Jaya Ancol merupakan taman rekreasi terbesar dan paling popular, sehingga tidak heran jika saat libur lebaran dikunjungi banyak wisatawan.

Namun tidak usah khawatir karena taman rekreasi yang berlokasi di Jalan Lodan Timur No.7 ini memiliki areal seluas 80 hektar sehingga mampu menampung puluhan ribu pengunjung setiap harinya.

Berbagai aktifitas dapat dilakukan di tempat wisata ini, mulai dari menikmati olah raga pantai, menikmati wahana air lewat Atlantis Water Adventure yang memiliki 8 kolam dengan ombak besar beserta seluncuran.

Serta menikmati 27 wahana yang memacu adrenalin seperti Niagara, Hysteria, Tornado, Halilintar, Kicir-kicir sampai dengan Roller Coaster besar. Di tempat wisata ini pengunjung juga dapat menjumpai Eco-Park dan Ocean-Park, serta Pasar Seni.

5. Pulau Seribu

Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, Sumber : pacapaku.blogspot.com

Suasana yang tenang dan damai saat menikmati libur lebaran akan dirasakan dengan berwisata di Pulau Seribu. Destinasi wisata yang membentang di Teluk Jakarta ini merupakan gugusan pulau yang menjadi bagian dari Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Tercatat sebanyak 110 pulau besar dan kecil yang ada di Taman Nasional ini dan dari jumlah tersebut hanya sebanyak 20 pulau yang memiliki sarana akomodasi serta hanya 6 pulau yang ditempati oleh penduduk.

Beberapa pulau di gugusan Kepulauan Seribu sengaja dikelola untuk industri pariwisata, sehingga fasilitas untuk para wisatawan pun tersedia lengkap, termasuk bungalow bagi mereka yang ingin menginap dan menikmati sensasi liburan di Pulau.

Beberapa pulau yang dikelola untuk industri pariwisata tersebut adalah Pulau Pramuka yang menjadi Pusat Pemerintahan Kabupaten kepulauan Seribu, Pulau Putri, Pulau Kotok, Pulau Ayer, Pulau Pari, Pulau Harapan, dan yang paling difavoritkan para wisatawan adalah pulau Tidung.

Bukan tanpa alasan jika Pulau Tidung menjadi tujuan utama para wisatawan saat berlibur ke Pulau Seribu, karena tempat wisata ini memiliki panorama yang eksotis dengan pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai.

Dan serangkaian fasilitas yang akan memanjakan wisatawan, seperti banana boat, jetski, juga peralatan menyelam untuk mereka yang ingin menikmati pemandangan bawah laut lewat aktifitas diving dan snorkeling.

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pulau Seribu utamanya ke Pulau Tidung, dapat dilihat dari jadwal kunjungan wisatawan di sejumlah perusahaan Tour & Travel di sepanjang tahun 2017.

Tanggal berapa dan bulan berapa para wisatawan tersebut berkunjung, semua tercatat di perusahaan-perusahaan tersebut. Bahkan paket wisata Pulau Tidung juga sudah ada yang memesan untuk tahun 2017.

Bandung

Berikutnya adalah destinasi yang ada di Bandung yang menarik untuk dikunjungi saat Idul Fitri diantara beberapa tempat wisata saat lebaran di Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali. Bandung yang kaya akan wisata alam memiliki cukup banyak alternatif destinasi wisata di saat hari raya.

Karena itu bagi mereka yang tengah bersilaturahmi pada hari yang fitri ke rumah nenek, orang tua, atau sanak kerabat yang ada di Bandung dan sekitarnya, silahkan menikmati beberapa destinasi wisata berikut ini untuk dapat lebih mengenal Bandung dengan segala keindahannya:

6. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung, Sumber : wisatabahari-jawatimur.blogspot.co.id

Karena merupakan salah satu objek wisata yang menjadi favorit masyarakat Bandung, dapat dipastikan jika saat lebaran, tempat ini ramai oleh pengunjung.

Tapi jangan khawatir, dengan area seluas 14 hektar, banyaknya pengunjung tidak akan mengganggu kenyamanan saat menikmati tingkah polah berbagai macam satwa yang terdiri atas 213 jenis, 79 diantaranya masuk dalam kategori satwa langka yang dilindungi.

Tidak hanya melihat, menikmati, dan mempelajari berbagai macam satwa saja yang bisa dilakukan kebun binatang yang berdiri sejak tahun 1930 ini, tapi pengunjung juga akan dimanjakan dengan kesejukan suasana hutan dalam kota dengan berbagai macam jenis pohon.

Mulai dari ukuran yang kecil hingga yang besar, bahkan beberapa diantaranya sudah berumur ratusan tahun.

Pengunjung juga dapat berkeliling lokasi dengan menunggang kuda, onta, atau gajah, serta menikmati berbagai fasilitas hiburan yang disediakan.

Seperti fasilitas bermain untuk anak, flying fox, mengelilingi pulau buatan dengan menyusuri kolam menggunakan perahu dan sepeda air, serta menikmati pertunjukan seni di pentas permanen yang ada di lokasi wisata ini.

7. Tahura Ir. H. Juanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, Sumber : westjavatourisminfo.blogspot.com

Tahura (Taman Hutan Raya) Ir.H. Juanda berdiri di atas lahan seluas 590 hektar dengan koleksi tanaman sebanyak 2.500 jenis.

Berada di objek wisata ini, pengunjung akan dapat menikmati keindahan alam dengan berbagai jenis tumbuhan dan sejuknya udara hutan serta dapat melihat keberadaan goa Jepang yang merupakan objek wisata sejarah.

Perjalanan menuju lokasi akan menjadi lebih berkesan jika dilakukan dengan bersepeda, karena selama ini Tahura memang menjadi spot favorit bagi masyarakat Bandung penggemar mountain bike.

Tidak heran jika di sepanjang jalan menuju Tahura banyak dijumpai warung-warung dan tempat untuk parkir sepeda.

8. Tebing Keraton

Tebing Keraton, Sumber : www.beritaberbeda.com

Karena masih belum terjangkau fasilitas angkutan umum, membuat lokasi wisata yang keindahannya sangat luar biasa ini tidak begitu ramai pada saat lebaran, meski tidak bisa dibilang sepi. Untuk mencapai lokasi, selain dengan menggunakan kendaraan pribadi dapat pula memanfaatkan jasa ojek.

Akses jalan yang menuju ke puncak Tebing Keraton cukup sulit, karena selain menanjak juga terjal. Namun keindahan pemandangan di kanan-kiri, membuat sulitnya perjalanan akan terobati.

Apalagi jika sudah sampai di puncak tebing, indahnya Taman Hutan Raya dari atas ketinggian menjadi suguhan yang tidak akan pernah terlupakan. Tidak heran jika foto-foto dengan latar belakang Tebing Keraton menjadi mainstream di Instagram.

9. Hutan Pinus Batu Kuda

Hutan Pinus Batu Kuda, Sumber : im-angga.blogspot.com

Wisata hutan pada umumnya relatif sepi pada saat lebaran, karena itu jika berkunjung ke Bandung dan ingin berwisata di hari lebaran, hutan pinus Batu Kuda yang lokasinya di Gunung Manglayang Bandung Timur dapat dijadikan sebagai alternatif.

Selain menikmati keindahan hutan pinus dengan udaranya yang sejuk, berbagai aktifitas dapat dilakukan di sini, seperti bersepeda, trekking, dan camping bersama teman dan keluarga sambil berbagai keakraban di hari lebaran.

Selain itu, di lokasi ini dapat dilihat sebuah batu besar yang bentuknya mirip dengan kuda, dan menurut mitos, batu kuda tersebut dahulu adalah seekor kuda sembrani yang terbang dan jatuh di kawasan hutan. Karena itu, hutan tempat batu kuda tersebut berada dinamakan dengan Hutan Pinus Batu Kuda.

10. Goa Pawon

Gua Pawon, Sumber : lestariandriyani.blogspot.com

Ingin berlebaran sambil melihat sisa-sisa peninggalan jaman pra-sejarah? Datang saja ke Goa Pawon, karena di goa prasejarah ini dapat ditemui sisa-sisa peninggalan jaman prasejarah berupa tulang belulang manusia yang konon merupakan nenek moyang dari masyarakat Suku Sunda.

Berwisata ke tempat bersejarah bisa dijadikan sebagai alternatif, karena pada saat lebaran tempat wisata sejarah pada umumnya kurang begitu diminati oleh masyarakat.

11. Stone Garden

Stone Garden, Sumber : maoels.blogspot.com

Selain Goa Pawon, situs purbakala lainnya yang dapat dikunjungi selama lebaran di Bandung adalah Stone Garden yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Goa Pawon, tepatnya di puncak Gunung Pawon. Nama Stone Garden diberikan untuk tempat ini karena di lokasi memang dipenuhi bebatuan dengan berbagai bentuk yang unik.

Jika diamati dengan seksama, batu-batu yang ada di sini serupa dengan batu karang yang ada di laut namun dengan bentuk yang lebih keras. Bahkan beberapa batu yang ada berwujud seperti makhluk dasar laut, seperti kerang dan fosil tumbuhan laut.

Stone Garden pada jutaan tahun yang lalu diperkirakan dataran yang berada di dasar laut, namun karena perubahan alam membuatnya terangkat dan menjadi wilayah pegunungan.

Jogja

Selanjutnya akan kita bahas tempat wisata di Jogjakarta yang ideal untuk dikunjungi pada saat idul Fitri, untuk melengkapi daftar tempat wisata saat lebaran di Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali.

Ideal yang dimaksud sudah barang tentu yang lokasinya tidak terlalu padat oleh pengunjung, tiket masuk relatif murah, dan tetap buka pada hari lebaran.

Nilai kekerabatan yang sangat kental pada diri masyarakat suku jawa, membuat momen Idul Fitri seolah menjadi satu kewajiban untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan sanak kerabat.

Tidak heran jika saat Lebaran Jogjakarta jauh lebih padat dibanding hari-hari biasa, disebabkan karena banyaknya mereka yang mudik. Hal tersebut berimbas pada meningkatnya jumlah pengunjung di semua tempat wisata.

Meski semua tempat wisata mengalami lonjakan jumlah pengunjung, namun yang terbanyak biasanya adalah tempat wisata yang berada di Jogjakarta Kota, Bantul, dan Gunung Kidul, yang merupakan tempat-tempat wisata ternama dan pada umumnya dijadikan satu paket dengan paket wisata Dieng.

Sehingga destinasi wisata yang berada diketiga wilayah itulah yang sebaiknya tidak dikunjungi pada saat lebaran. Berikut beberapa destinasi wisata di Jogja yang ideal untuk dijadikan tempat liburan pada saat lebaran:

12. Goa Tanding

Goa Tanding, Sumber :kemanakita.com

Sebagai objek wisata baru, Goa Tanding memang masih kalah popular dibanding Goa Pindul. Namun selama lebaran sebaiknya lebih memilih Goa Tanding untuk dikunjungi dengan pertimbangan jumlah pengunjung yang jumlahnya hampir bisa dipastikan lebih sedikit sehingga kenyamanan berwisata akan lebih terasa.

Selain itu pada 1 Syawal 1437 H atau pada hari Raya Idul Fitri di tahun 2017 ini, merupakan launching objek wisata baru tersebut, sehingga layanan yang diberikan pihak pengelola kepada para pengunjung tentunya akan lebih istimewah.

Meski merupakan objek wisata baru, Goa Tanding cukup menarik untuk dikunjungi karena dikelola secara profesional dengan memenuhi berbagai fasilitas yang dibutuhkan para wisatawan, termasuk pembangunan gerbang masuk goa dengan panjang 100 meter yang berhasil dirampungkan belum lama ini.

Sensasi yang ditawarkan Goa Tanding kepada para pengunjung adalah perjalanan menyusuri sungai bawah tanah yang terdapat di sepanjang lorong goa yang memiliki lebar 4 – 8 meter tersebut.

Perjalanan di atas air berkedalaman sekitar 4 meter itu dilakukan selama kurang lebih 1,5 jam dengan menempuh jarak sejauh 450 meter.

13. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok, Sumber ; situssolo.blogspot.com

Jika pada umumnya selam permukaan yang dikenal dengan snorkeling dilakukan di lepas pantai untuk melihat keindahan habitat bawah laut, maka di tempat wisata Umbul Ponggok aktifitas snorkeling dilakukan oleh para wisatawan untuk menikmati pemandangan bawah air di dalam sebuah kolam yang berisi ribuan ikan dari berbagai jenis.

Kolam berukuran 45 x 75 meter itu memiliki kedalaman antara 1,5 – 3 meter sehingga cukup aman bagi pengunjung yang baru bisa berenang sekalipun.

Destinasi wisata yang memberikan suguhan berbeda bagi para pengunjungnya ini berlokasi di kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, dan dikelola oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Tirta Mandiri Desa Ponggok.

14. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan, Sumber : sobondeso.blogspot.com

Menempati areal seluas 23,3415 hektar dan berada di ketinggian 150 – 200 meter dpl membuat Kebun Buah yang terletak di Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul ini menyuguhkan udara yang sejuk dan segar.

Selain itu pemandangan yang memukau berlatar belakang hijaunya pegunungan Sewu dengan lembah, ngarai dan kelak-kelok sungai dari atas ketinggian menjadi lukisan alam yang keindahannya sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata.

Di kebun buah ini dapat ditemui 1500 batang pohon durian, 950 batang pohon mangga, 300 batang pohon jambu air, 220 batang pohon jeruk, serta 200 jenis tanaman buah-buahan lainnya. Pengunjung juga dapat menyaksikan proses pembibitan sapi yang jumlahnya tidak kurang dari 40 ekor.

Untuk menambah kenyamanan para wisatawan, tersedia pula berbagai macam fasilitas, seperti: flying fox, jembatan goyang, outbond, reflying, bumi perkemahan, kolam renang anak, tempat pembelajaran pembibitan tanaman dan pembuatan pupuk, ruang pertemuan, serta penginapan.

15. De Mata Trick Eye dan De Arca Museum

De Mata Trick Eye, Sumber : diarysivika.com

Diantara tempat-tempat wisata yang masuk ke dalam daftar tempat wisata saat lebaran di Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali yang difavoritkan, De Mata Trick Eye dan De Arca Museum ini menghadirkan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya.

Meski menggunakan istilah museum, para pengunjung yang datang ke sini tidak hanya sekedar melihat benda-benda bersejarah sebagaimana museum pada umumnya, tapi juga berfoto bersama objek-objek yang ada, dan justru aktifitas berpose di depan kamera menjadi satu kewajiban bagi para pengunjung.

Kenapa demikian? Karena museum yang terletak di Jl. Veteran, Pandeyan, Jogjakarta ini menyuguhkan koleksi gambar-gambar tiga dimensi yang membuat hasil jepretan seolah nyata.

Bagi mereka yang gemar berfoto narsis dan menguploadnya ke sosial media tentu akan betah berlama-lama di sini karena bisa memperoleh gambar berlatar belakang kincir angin seolah-olah berada di negeri Belanda, atau seolah naik balon udara, memanjat bamboo bersama seekor panda, serta objek-objek lainnya yang berada di ruang labirin dengan luas 1600 meter persegi.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat berfoto bersama tokoh-tokoh terkenal dalam wujud patung yang dibuat menyerupai aslinya baik bentuk maupun ukurannya. Museum patung terbesar di Indonesia ini terbagi atas tiga zona atau area, yakni area presiden, area tokoh nasional dan area tokoh dunia.

16. Desa Wisata Bonorejo, Pentingsari dan Kali Biru

Pentingsari, Sumber : wisataliburanjogja.blogspot.com

Berkunjung ke Desa Wisata menjadi aktifitas menarik untuk mengisi libur lebaran, karena selain suasana pulang kampung menjadi lebih terasa, di desa wisata tersebut kita juga akan menemukan saudara-saudara baru.

Betapa tidak, para warga di Desa Wisata yang sebagian dari kamarnya disewakan untuk para wisatawan, akan memperlakukan tamu-tamunya seperti keluarga sendiri.

Terdapat 3 Desa Wisata di Jogjakarta yang menarik untuk dikunjungi, yakni Desa Bonorejo dan Pentingsari yang letaknya bersebelahan serta Desa Kali Biru.

Di Desa Wisata tersebut bukan hanya keramahtamahan penduduknya saja yang bisa dinikmati, tapi juga bangunan-bangunan rumahnya yang berbentuk joglo, keindahan alam dan suasana alam pedesaannya yang masih kental

Juga adat istiadat, tradisi yang masih terjaga, pentas seni tradisional yang kerapkali dipertunjukkan, serta kuliner tradisional yang menggugah selera.

Bali

Meski mayoritas penduduk Bali non-muslim, namun datangnya hari raya Idul Fitri memberikan pengaruh yang besar terhadap geliat pariwisata di Pulau Dewata tersebut.

Libur panjang selama bulan puasa ditambah libur satu minggu selama lebaran, membuat tempat-tempat wisata di Bali dibanjiri wisatawan lokal. Belum lagi ditambah wisman yang tidak pernah ada habisnya.

Itu sebabnya tidak semua destinasi wisata di Bali dapat dimasukkan ke dalam daftar tempat wisata saat lebaran di Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali.

Pantai Kuta misalnya, meski gaungnya terdengar sampai ke manca Negara, namun pada saat lebaran sebaiknya tidak berkunjung ke pantai legendaris ini, karena dipastikan akan dipenuhi para pelancong. Jangankan menikmati keindahannya, untuk dapat duduk di pasirpun masih sulit mencari tempat.

Beberapa tempat wisata di Bali yang pas untuk dikunjungi pada saat lebaran diantaranya adalah:

17. Candidasa

Candidasa, Sumber : nakarasido.com

Jika Bali bagian Selatan dijejali oleh wisatawan disaat lebaran, tidak demikian halnya dengan Bali bagian Timur.

Lokasinya yang jauh dari pusat pariwisata Bali ditambah masih belum adanya hotel-hotel berstandar Internasional, membuat Bali bagian Timur relatif sepi dari wisatawan. Padahal keindahan alam yang disuguhkan tidak kalah meski dengan nuansa yang berbeda, salah satu diantaranya adalah Candidasa.

Objek wisata yang terdapat di Teluk Amuk ini merupakan sebuah resor dengan pemandangan pantai yang indah serta tempat yang tenang dan nyaman untuk dipakai beristirahat.

Sejumlah tempat penginapan, bungalow, vila dan hotel siap menyambut para tamu, disamping sejumlah fasilitas yang lain seperti tempat layanan informasi wisata, rental mobil, restoran, spa, juga layanan snorkeling dan diving.

Beberapa pulau kecil yang terdapat di kawasan Candidasa ini merupakan objek yang menarik untuk melakukan diving maupun snorkeling, seperti GIli Mimpang, Gili Tepekong dan GIli Biaha yang memiliki pemandangan bawah laut menakjubkan.

Bagi wisatawan yang menyukai olah raga surfing, gelombang ombak di kawasan Teluk Amuk cukup ideal untuk dipakai berselancar.

18. Pantai Pandawa

Jalan menuju Pantai Pandawa, Sumber : edyraguapo.blogspot.com

Diantara tempat wisata saat lebaran di Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali, salah satu yang suasananya relatif sepi adalah Pantai Pandawa yang lokasinya di Kabupaten Badung, tepatnya di area Kuta Selatan.

Pantai Pandawa jauh lebih sepi dibanding tempat-tempat wisata yang ada di sekitarnya, selain karena merupakan destinasi wisata baru, juga karena lokasinya yang tersembunyi, tertutup oleh dua tebing. Itu sebabnya banyak wisatawan yang menyebutnya Secret Beach atau pantai Rahasia.

Tidak berbeda dengan pantai-pantai yang ada di Bali lainnya, Pantai Pandawa juga berhiaskan hamparan pasir berwarna putih yang membentang luas, dengan air lautnya yang biru dan jernih.

Selain keindahan pemandangan pantai, pengunjung juga akan merasakan suasana yang sepi dan tenang saat beristirahat di tempat-tempat duduk berpayung besar yang menghiasi sepanjang pinggiran pantai.

19. Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung, Sumber : honest-8.blogspot.com

Wisata pantai lainnya di Bali yang sepi saat lebaran adalah pantai Gunung Payung yang berada di kawasan Desa Adat Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Untuk menuju ke bibir pantai, dari pintu masuk area pengunjung masih harus melewati 283 anak tangga yang berliku-liku berdinding tebing dan berbagai jenis tanaman serta rerumputan.

Meski perjalanan menuju ke pantai cukup melelahkan, namun begitu sampai di lokasi, rasa lelah akan langsung terbayar oleh indahnya pemandangan pantai berpasir putih dengan lautnya yang jernih.

Dengan suasananya yang sepi, para pengunjung akan dapat leluasa berjemur di atas pasir, bermain di sepanjang pantai, atau menikmati suara gemuruh dari deburan ombak. Bagi yang suka berselancar, ombak di Pantai Gunung Payung ini juga cukup ideal untuk dipakai aktifitas surfing.

20. Pantai Karma Kandara Ungasan

Pantai Karma Kandara Ungasan, Sumber : cumilebay.com

Inilah pantai yang lokasinya paling Selatan di Pulau Bali dan banyak yang menyebut pantai yang bernuansa pesisir Mediterania karena pantainya berhiaskan pasir putih yang bersih dengan warna air laut yang biru jernih serta ombaknya yang kecil.

Meski relatif sepi dari pengunjung dan tidak ada satupun pedagang yang berjualan, termasuk disaat lebaran, soal keindahan tidak perlu disangsikan, bahkan banyak yang mengatakan kalau pantai Karma Kandara Ungasan merupakan pantai yang terindah di Bali.

Mengapa pantai yang begitu indah justru sepi dari pengunjung? Karena pantai ini hanya dapat dilalui lewat dua akses, pertama dengan cara menginap di salah satu dari dua resort bintang lima yaitu Hotel Banyak Tree Ungasan dan Hotel Karma Kandara.

Kedua dengan menggunakan escalator untuk menuruni tebing yang sangat curam. Untuk cara yang kedua, pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp.250.000.

Bukankah Rp.250.000 tidak murah? Untuk menilai mahal atau murah, cukup relatif. Terlebih tiket tersebut untuk dipakai menikmati pantai yang terindah di Bali, serta untuk membeli makanan dan minuman yang disediakan pihak pengelola, yaitu Karma Beach Bali.

21. Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan, Sumber : infowisata-bali.blogspot.com

Bali tidak hanya memiliki pantai yang indah, tapi juga menyuguhkan keindahan alam lainnya yang menakjubkan, salah satu diantaranya adalah air terjung Tegenungan yang terletak di daerah Kemunuh Gianyar.

Karena lokasinya berada di area pegunungan, untuk mencapainya pengunjung harus terlebih dahulu melewati anak-anak tangga yang tingginya hanya beberapa meter. Selanjutnya akan dapat ditemui air terjun yang deras dengan debit air yang besar serta keindahan alam yang menakjubkan.

Karena air terjun Tegenungan ini merupakan salah satu destinasi wisata baru di Bali, membuatnya kurang begitu dikenal, sehingga tidak begitu banyak pengunjung yang datang ke sini, termasuk pada saat lebaran.

Itulah 21 tempat wisata saat lebaran di Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali, yang tetap buka pada saat lebaran, dengan suasana yang tidak terlalu ramai dan tiket masuk yang relatif murah.

Leave a reply "21 Tempat Wisata Saat Lebaran di Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali Yang Buka Favorit Murah Sepi"

Author: 
    author