Yogyakarta

5 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Jogja

sewa mobil jogja banner

Jogja merupakan salah satu tempat yang banyak memiliki keindahan alam. Tak heran jika disana menjadi tempat populer yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Selain dikenal dengan keindahannya, di Jogja juga memiliki banyak kuliner, kesenian, dan budaya. Ada beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja.

Salah satunya yaitu pantai parangtritis. Pantai yang satu ini terkenal dengan pasir hitamnya. Sehingga menjadi salah satu faktor penarik wisatawan untuk berkunjung di pantai ini. Selain pantai parangtritis, masih ada banyak lagi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja. Agar semakin tidak penasaran, yuk ikuti beberapa pembahasannya.

1. Desa Wisata Kalibiru

kalibiru jogja

Desa Wisata Kalibiru merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh kalangan anak muda. Terletak di Jl. Waduk Sermo, Kalibiru, Kulonprogo. Tempat ini masih berada di daerah pegunungan yang cukup tinggi. Sehingga menjadi salah satu titik sudut yang pas untuk berpose. Disana juga terdapat sebuah pohon pinus yang tinggi.

Dilengkapi dengan beberapa papan kayu yang sengaja dibuat agar pengunjung dengan mudah untuk berada di atasnya. Hanya dengan mendekati pohon tersebut, pengunjung sudah dapat melihat dengan jelas keindahan alam yang ada di bawahnya. Selain itu, biaya masuknya juga murah yaitu hanya dikenakan Rp 10.000/orang saja.

Baca Juga :   5 Wisata Pantai Di Jogja Yang Unik Dan Menarik

2. Kebun Buah Mangunan

hutan pinus mangunan jogja

Terletak di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul yang jaraknya cukup jauh dari kota. Kebun Buah Mangunan memiliki ketinggian kurang lebih 150-200 mdpl sehingga membuat pemandangan alam dapat terlihat dengan jelas. Disana juga terdapat Sungai Oyo yang bentuknya berkelok-kelok.

Selain itu, pada musim tertentu disana juga terdapat buah-buahan seperti jeruk, mangga, dan jambu yang dapat dipetik dan dinikmati langsung oleh pengunjung. Sebaiknya berkunjunglah di tempat ini pada pagi hari atau sore hari karena pemandangannya akan terlihat lebih indah. Biaya masuknya pun sangat murah yaitu Rp 5.000/orang saja.

3. Puncak Becici

Rumah Pohon Keren Puncak Becici

Puncak Becici terletak di Dusun gunung Cilik, Desa Gunung Putuk, Dlingo, Bantul. Dengan ketinggiannya dari puncak gunung, pengunjung sudah dapat melihat semua pemandangan yang menakjubkan.

Namun tempat ini memang belum memiliki pengunjung yang ramai. Selain itu fasilitas yang tersedia juga belum lengkap sehingga masih terkesan sederhana. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan bagi orang-orang yang ingin menikmati pemandangan di atas puncak untuk berkunjung di tempat ini.

4. Hutan Pinus Mangunan

Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja lainnya adalah Hutan Pinus Mangunan berada sekitar 23 km dari pusat kota. Tempat ini terkenal dengan sejumlah pohon pinus yang cukup tinggi. Akibat pohon pinus yang menutupi seluruh kawasan membuat tempat ini lebih teduh dan dingin. Dengan begitu tidak perlu takut kepanasan ataupun kecapekan.

Baca Juga :   7 Tempat Belanja Di Jogja Yang Murah Meriah

Karena disana tersedia tempat duduk melingkar yang dibuat dari batang pohon. Tidak ada tarif yang dikenakan untuk memasuki kawasan ini hanya cukup membayar parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

5. Gua Kidul

gua kidul jogja

Ingin memiliki liburan yang berbeda dan lebih menantang bisa di dapat dengan berkunjung ke Gua Kidul ini. Gua ini memiliki panjang sekitar 300 meter dan di dalamnya terdapat stalaktit besar. Di bagian dasar gua, terdapat air yang mengalir. Sehingga untuk dapat menelusuri tempat ini, pengunjung diharuskan menggunakan ban dan alat pengaman. Untuk dapat memasuki area ini pengunjung dikenakan tarif Rp 30.000/orang saja.

Itulah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja. Dan masih ada banyak lagi tempat menarik yang dapat dikunjungi. Bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke Jogja tapi bingung mau kemana, beberapa tempat di atas dapat dijadikan sebagai pertimbangan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh