11 Tips Liburan Saat Pas Cuti Habis – Libur Bersama Lebaran Atau Akhir Tahun 2018

11 tips liburan saat pas cuti habis - libur bersama lebaran atau akhir tahun 2018

11 tips liburan saat pas cuti habis – libur bersama lebaran atau akhir tahun 2018

Menikmati liburan bagi mereka yang setiap harinya berkutat dengan pekerjaan menjadi suatu keharusan, karena rutinitas sedikit banyak akan membuat stress serta dapat menurunkan kualitas serta kuantitas kinerja seseorang.

Persoalannya, tidak jarang kesempatan untuk berlibur musnah disebabkan karena jatah cuti dipakai untuk keperluan yang lain.

Jika hal tersebut yang terjadi, apakah otak harus dibiarkan stress dengan berbagai macam pekerjaan yang tidak pernah ada habisnya, dan apakah dibiarkan karir terancam disebabkan menurunnya kinerja? Tentu saja tidak.

Kalau memang jatah cuti telah habis untuk keperluan yang lain, masih ada cara lain untuk menyiasatinya agar otak dapat kembali fresh. Berikut tips liburan pas cuti habis:

1. Memanfaatkan Liburan Akhir Pekan

Meski jatah cuti telah habis, bukankah masih ada libur akhir pekan yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan traveling. Dengan jatah waktu yang terbatas memang tidak memungkinkan untuk menjelajah destinasi sebanyak yang kita inginkan.

Namun jika kualitas liburan terjaga, artinya waktu yang kita gunakan untuk traveling benar-benar mampu merefresh otak dari rutinitas pekerjaan, maka pikiranpun akan kembali segar dan semangat kerja akan kembali menyala.

2. Memanfaatkan Hari Libur Nasional

Selain libur akhir pekan, masih ada lagi waktu yang bisa dipakai untuk bersantai dan melepaskan diri dari rutinitas pekerjaan, yakni datangnya hari libur nasional.

Menjadi lebih menyenangkan jika hari libur nasional tersebut waktunya berdempetan dengan libur akhir pekan, karena akan semakin panjang waktu bersantai yang dapat dinikmati.

3. Kunjungi Tempat Wisata Terdekat

Tips liburan pas cuti habis dengan memanfaatkan libur akhir pekan dan libur nasional tersebut adalah dengan mengunjungi tempat-tempat wisata terdekat dan mudah dijangkau.

Tidak perlu harus pergi ke tempat yang jauh jika tujuannya untuk meredam stress. Justru jika spot yang dituju terlalu jauh serta menguras waktu dan tenaga, pada saat masuk kerja stamina kita akan menurun.

4. Menekuni Hobby

Mengendorkan syaraf tidak harus dengan melakukan traveling. Menekuni hobby dan aktifitas yang kita senangi juga dapat mengembalikan kesegaran otak.

Itu sebabnya, tekuni kembali hobby yang selama ini dilupakan serta lakukan berbagai aktifitas yang membuat hati merasa senang.

5. Pelajari Hal Baru

Tips liburan pas cuti habis yang lain adalah dengan mempelajari hal-hal yang baru. Hal-hal baru yang dimaksud bisa berbagai macam, tapi yang pasti usahakan yang memancing minat untuk mempelajarinya.

Dengan mempelajari sesuatu yang baru, akan memberi ruang bagi otak untuk sejenak melupakan aktifitas rutin yang menjenuhkan.

6. Bernostalgia

Berkumpul dengan teman-teman semasa kecil atau saat masih remaja juga merupakan sarana rekreasi, sehingga dapat dimasukkan kedalam tips liburan pas cuti habis.

Dengan bernostalgia, bercerita tentang masa lalu saat masih kecil atau ketika remaja, akan membawa kita ke destinasi yang melintasi ruang dan waktu.

7. Mewujudkan Keinginan

Coba diingat-ingat kembali, adakah suatu keinginan yang dulu pernah menyiksa pikiran karena tidak terwujudkan.

Jika ada, manfaatkan waktu luang di rumah untuk mewujudkan keinginan tersebut, karena kepuasan dalam mewujudkan keinginan memiliki efek yang sama dengan melakukan liburan.

8. Saatnya Bersosialisasi

Bersosialisasi, terutama dengan tetangga terdekat juga merupakan tips liburan pas cuti habis. Karena pada saat itu, kita tidak hanya sekedar melakukan interaksi sosial, tapi juga berbagai cerita dan persoalan yang dapat membuat rutinitas kerja dapat sejenak terlupakan.

Itu sebabnya dalam agama Islam melakukan interaksi sosial atau bersilaturahmi sangat dianjurkan, karena selain memperlancar rejeki juga membuat umur panjang.

9. Bangun Keakraban dengan Keluarga

Bercengkeramah, bersendagurau, dan melakukan berbagai aktifitas di rumah bersama keluarga menjadi salah satu tips liburan pas cuti habis, karena dampaknya memang tidak jauh berbeda dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata. Bahkan, aktifitas ini memiliki manfaat ganda, karena selain untuk mengendorkan syaraf juga membangun keharmonisan rumah tangga.

10. Enjoy dengan Pekerjaan

Jika merasa waktu libur akhir pekan dan libur hari besar nasioanal dirasa masih belum cukup untuk mencharge kembali semangat kerja, kenapa tidak berusaha untuk mengurangi ketertekanan yang muncul di tempat kerja?

Dengan menikmati pekerjaan, dan menganggap pekerjaan sebagai aktifitas yang menyenangkan akan menekan datangnya stress ke titik yang terendah.

11. Mengambil Hikmah

Hilangnya kesempatan berlibur karena waktu cuti telah habis untuk keperluan yang lain, seharusnya juga disikapi dengan mengambil hikmah dari momen tersebut.

Dengan tertundanya kesempatan melakukan traveling, mungkin akan membuat kita lebih matang dalam merencanakan perjalanan wisata untuk tahun depan, atau membuat kita dapat mengumpulkan uang dalam jumlah yang lebih besar sehingga dapat mengunjungi destinasi wisata yang butuh budget besar, atau yang lain.

Demikian tips liburan pas cuti habis, yang bakal merefresh kembali otak dan membangkitkan kembali semangat kerja.

Leave a reply "11 Tips Liburan Saat Pas Cuti Habis – Libur Bersama Lebaran Atau Akhir Tahun 2018"

Author: 
    author