11 Tips Wisata Saat Puasa Bulan Ramadhan – Mengisi Liburan Penuh Cerita dan Pengalaman


11 Tips Wisata Saat Puasa Bulan Ramadan – Mengisi Tujuan Tempat Liburan Penuh Cerita dan Pengalaman

Tidak ada larangan untuk melakukan traveling pada saat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, karena agama memang tidak melarangnya, selama aktifitas berwisata tersebut tidak membatalkan puasa yang merupakan ibadah wajib bagi umat Islam.

Jangan pula merasa khawatir puasa kita akan batal karena harus menempuh perjalanan jauh yang menguras energi, selama kita mampu menyiasatinya.

Untuk dapat menikmati aktifitas berwisata dengan tetap menjalankan ibadah puasa serta memperbanyak melakukan amal kebaikan dibulan yang suci, tips wisata saat puasa berikut ini bisa dijadikan rujukan:

1. Rencanakan Perjalanan dengan Matang

Agar perjalanan wisata memberikan pengalaman yang menyenangkan dan aktifitas berpuasa dapat berjalan dengan lancar, rencanakan dengan matang perjalanan yang akan dilakukan, bila perlu buat catatan secara detail.

Mulai dari tempat-tempat wisata yang akan dijadikan tujuan, aktifitas apa saja yang akan dilakukan di tempat wisata tersebut sampai dengan perkiraan waktunya.

Dengan merencanakan perjalanan secara matang, kita bisa memperhitungkan waktu, sehingga ketika tiba saat berbuka, kita tidak sedang berada di tengah perjalanan.

2. Pilih Destinasi Wisata Yang Dapat Memperkaya Pengalaman Rohani

Pada saat merencanakan perjalanan, masukkan tempat-tempat wisata yang bernuansa religi, karena selain dapat menambah perbendaharaan pengetahuan tentang agama Islam.

Pengalaman rohani kita juga akan terasah lewat perbincangan yang kita lakukan dengan orang lain atau dengan penduduk sekitar usai menjalankan sholat tarawih.

Cara lain untuk memperkaya pengalaman rohani adalah melakukan hal yang sebaliknya, yaitu memilih destinasi dengan penduduk Islam sebagai minoritas.

Di tempat tersebut tentunya banyak cerita menarik dari pemeluk agama Islam dalam mempertahankan aqidahnya di tengah-tengah masyarakat yang berbeda kepercayaan dengannya.

3. Batasi Jumlah Destinasi yang Dikunjungi

Tips wisata saat puasa lainnya adalah membatasi jumlah destinasi yang dikunjungi. Tidak ada larangan memang untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata. N

amun harus disadari bahwa untuk datang ke sejumlah destinasi wisata dibutuhkan energi, dan pada saat menjalankan puasa, energi yang kita miliki terbatas.

Sehingga meskipun bisa sampai ke tempat tujuan, namun belum tentu bisa menikmati suasana berwisata karena tubuh dalam keadaan lelah.

4. Pilih Wisata Indoor

Saat membuat rencana perjalanan, pilih tempat-tempat wisata yang berada di dalam ruangan seperti museum, masjid, atau yang lainnya, karena selain terbebas dari sinar matahari yang dapat menjadi penyebab dehidrasi, kita juga dapat leluasa beristirahat saat tubuh merasa lelah.

5. Batasi Perjalanan Pada Siang Hari

Dalam merencanakan perjalanan wisata, atur pula jadual perjalanan dengan membatasi perjalanan pada siang hari. Tips wisata saat puasa ini penting untuk diperhatikan, karena perjalanan di bawah terik matahari akan menguras cukup banyak tenaga dan cairan tubuh.

Idealnya perjalanan dilakukan pada pagi hari hingga sekitar pukul 09.00, karena pada saat itu tubuh masih dalam keadaan fit dan sinar matahari juga tidak terlalu menyengat.

6. Pelajari Informasi Seputar Destinasi Yang Akan Dituju

Mengetahui informasi seputar tempat wisata yang akan dituju merupakan tips wisata saat puasa berikutnya, karena minimnya informasi dapat membuat kita repot mencari fasilitas-fasilitas yang kita butuhkan.

Hal ini tidak boleh terjadi karena dapat menguras cukup banyak energi, sementara pada saat yang sama energi yang kita miliki terbatas karena menjalankan puasa.

7. Bawa Barang Secukupnya

Jika rencana perjalanan sudah disiapkan dengan matang, persiapkan perbekalan yang hendak dibawa. Satu hal yang harus diperhatikan, bawa barang secukupnya dan yang benar-benar dibutuhkan selama dalam perjalanan.

Sebab dengan membawa barang terlalu banyak, tentunya juga akan menguras tenaga. Jika memang tidak benar-benar dibutuhkan, atau jika barang tersebut bisa diperoleh dengan mudah selama berada dalam perjalanan, usahakan untuk tidak membawa dari rumah.

8. Bawa Sarana Beribadah dan Sarana untuk Mempertebal Keimanan

Tips wisata saat puasa yang satu ini untuk lebih menegaskan bahwa berwisata bukan merupakan penghalang untuk mengisi waktu dengan ibadah dan memperbanyak berbuat kebaikan.

Agar tidak sampai melewatkan waktu beribadah, seperangkat mukena bagi kaum perempuan wajib mengisi barang perbekalan.

Selain itu siapkan uang khusus untuk bersedekah kepada mereka yang membutuhkan selama dalam perjalanan, dan jangan sampai mengambil uang yang menjadi bagian dari budget perjalanan.

Isi ponsel dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan ceramah keagamaan, untuk diputar dikala ada waktu senggang.

9. Konsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi

Pada saat akan berangkat atau selama dalam perjalanan, usahakan makan sahur dengan makanan dan minuman yang bergizi dan kaya akan nutrisi, bila perlu tambah pula dengan suplemen kesehatan. Sehingga disaat melakukan traveling, tubuh senantiasa fit karena kebutuhan akan asupan gizi terpenuhi.

10. Ukur Kemampuan Diri

Jaga kesempurnaan puasa agar tidak sampai batal gara-gara aktifitas yang dilakukan di lokasi wisata, seperti diving, snorkeling, atau menyusuri track-track yang berat.

Karena itu tips puasa saat wisata yang satu ini mengharuskan kita untuk dapat mengukur kemampuan diri, sejauh mana aktifitas yang kita lakukan di tempat wisata tidak mengganggu ibadah puasa yang kita kerjakan.

11. Usahakan untuk Tidak Melakukan Traveling Seorang Diri

Melakukan perjalanan wisata seorang diri memang sangat menyenangkan, karena dapat lebih bebas untuk melakukan apapun tanpa harus memikirkan teman seperjalanan.

Namun jika perjalanan wisata tersebut dilakukan saat berpuasa, akan lebih baik jika dilakukan beramai-ramai bersama teman atau keluarga.

Manfaat yang bisa diperoleh jika melakukan perjalanan bersama, selain bisa berbagi tenaga juga berbagi kegembiraan sehingga membuat waktu terasa lebih cepat berlalu.

Demikian tips wisata saat puasa yang perlu diperhatikan, agar perjalanan wisata dapat tetap menyenangkan dan kewajiban menjalankan ibadah puasa juga dapat mencapai kesempurnaan.

Leave a reply "11 Tips Wisata Saat Puasa Bulan Ramadhan – Mengisi Liburan Penuh Cerita dan Pengalaman"

Author: 
    author