Jawa Timur

10 Wisata Banyuwangi Yang Menarik Dan Paling Sering Dikunjungi Wisatawan

Kota Banyuwangi memang cukup terkenal dengan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. banyaknya destinasi wisata Banyuwangi ini juga didukung dengan pemandangan indah yang terhampar di setiap sudut daerahnya. Ada banyak pantai yang terdapat di Banyuwangi yang memiliki pemandangan yang indah. Namun, ada juga puncak yang dapat didaki wisatawan agar dapat menyaksikan pemandangan dari atas puncak.

Agar dapat sampai ke Banyuwangi, pengunjung dari luar kota dapat menempuh perjalanan ke Banyuwangi dengan menggunakan pesawat ataupun dengan kereta api. Perjalanan menuju Banyuwangi juga dapat ditempuh dengan menggunakan bus untuk beberapa kota tertentu. Walaupun memakan sedikit biaya dan waktu agar dapat sampai ke Banyuwangi, dijamin pemandangan alami dari destinasi wisata Banyuwangi ini akan terbayarkan.

  1. Taman Nasional Baluran

Salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang wajib dikunjungi yaitu Taman Nasional Baluran. Banyak wisatawan dari luar kota bahkan dari Banyuwangi sendiri datang ke destinasi wisata ini saat liburan ataupun saat weekend. Pemandangan alami yang segar akan didapatkan pengunjung saat berdatangan kemari. Hamparan padang rumput yang hijau terhampar pada destinasi wisata ini.

Destinasi wisata ini memang lebih mirip dengan padang rumput yang luas dan menyegarkan. Beberapa pohon tumbuh di beberapa sudut lokasi ini menambah kesegaran dari taman nasional baluran. Walaupun taman nasional ini sebagian besar terdiri dari padang rumput yang luas, destinasi ini juga dilatari oleh barisan gunung yang megah. Jika ingin mengunjungi destinasi ini sebaiknya dilakukan saat musim panas tiba.

Taman nasional baluran dapat dikunjungi di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Jawa Timur. Lokasi taman ini memang lebih condong ke daerah Banyuwangi. Destinasi wisata dengan hamparan rumput ini juga terdapat beberapa macam satwa yang tinggal didaerah ini. Tak jarang beberapa peneliti melakukan penelitian pengetahuan alam di destinasi ini.

Harga tiket masuk taman nasional baluran untuk wisatawan lokal berkisar Rp. 15.000 dan untuk wisatawan mancanegara bisa meningkat hingga sepuluh kali lipat. Untuk hari libur ataupun weekend, harga tiket bisa naik sedikit karena wisatawan lebih padat saat hari weekend daripada hari kerja. Destinasi wisata ini juga membagi lokasi wisatanya seperti hutan musim, pantai bama, padang rumput, hutan evergreen dan masih banyak lagi.

  1. Rumah Kurcaci Glenmore

Rumah kurcaci glenmore merupakan salah satu destinasi wisata Banyuwangi dengan budget yang rendah. Tempat ini sangat cocok dikunjungi dengan anak-anak karena ada beberapa wahana yang menarik disini. pemandangan indah akan dapat dinikmati di destinasi ini. Desain bangunannya yang unik sangat mendukung untuk menjadi latar foto bersama keluarga dan kerabat.

Banyak sekali spot menarik yang ada pada rumah kurcaci glenmore ini. Pengunjung bebas mengabadikan moment dengan sentuhan latar yang menarik dan kekinian. Selain terdiri dari bangunan dengan desain menarik, disini juga terdapat kafe dan resto. Sangat cocok digunakan sebagai tempat nongkrong setelah menjelajah di seluruh sudut rumah kurcaci. Walaupun destinasi wisata ini belum banyak dikenal, namun akhir-akhir ini tempat ini mulai dipadati oleh pengunjung.

Lokasi destinasi wisata ini masih dalam daerah Banyuwangi tepatnya berada di Jalan Untung Suropati, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Tempat ini memang sangat mudah ditemukan karena letaknya yang cukup strategis dan masih berada di perkotaan Banyuwangi. Lokasi ini juga sudah tercantum pada peta digital untuk memudahkan perjalanan menuju destinasi ini.

Tidak ada harga tiket masuk yang perlu dikeluarkan untuk mengunjungi lokasi ini. Pengunjung cukup membayar biaya parkir kendaraan. Disini juga terdapat kafe dan resto yang menyediakan berbagai kuliner lezat dengan harga yang terjangkau. Sehingga pengunjung tak perlu khawatir mengenai tempat untuk bersantai ataupun dengan menu makanan karena semua sudah tersedia di destinasi ini.

  1. Air Terjun Kalibendo
Baca Juga :   Oleh Oleh Khas Malang Yang Wajib Dibawa Pulang Ke Rumah

Berbagai macam destinasi wisata Banyuwangi ini. hal yang wajib dilakukan saat berlibur di daerah Banyuwangi ini adalah mengunjungi air terjunnya. Banyak air terjun yang dapat dikunjungi di daerah Banyuwangi ini. selain itu, pemandangan eksotis mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di air terjun di Banyuwangi ini. lokasi air terjun yang cukup diminati wisatawan karena pemandangannya yang asri dan menyegarkan salah satunya adalah air terjun kalibendo.

Untuk sampai di air terjun kalibendo, pengunjung perlu menempuh perjalanan dengan melalui perkebunan yang asri. Pemandangan dari perkebunan ini akan menyegarkan mata pengunjung karena terdapat pepohonan dan pemandangan hijau nan asri. Lokasi ini jauh dari perkotaan sehingga suasana tenang akan didapatkan disini. Setelah menempuh perjalanan melalui perkebunan yang asri ini, barulah pengunjung dapat menemukan air terjun yang eksotis.

Lokasi air terjun kalibendo ini terdapat di Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Destinasi ini juga sudah terdapat pada peta digital sehingga pengunjung akan mudah menemukan lokasi ini. Jarak tempuh yang dilalui memang lumayan melelahkan. Namun, jika sudah sampai di air terjunnya, dijamin semua lelah karena perjalanan yang ditempuh akan hilang.

Untuk tiket masuk sendiri, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk menikmati keindahan dan pesona air terjun kalibendo ini. Pengunjung cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 1000 saja. dengan biaya yang sangat terjangkau ini, pengunjung sudah dapat menikmati pesona air terjun kalibendo. Jangan lupa untuk membawa perbekalan secukupnya dan selalu menjaga kebersihan di lokasi.

  1. Pantai Sukamade

Selain air terjunnya yang indah, Banyuwangi juga sangat dikenal dengan keindahan pantai yang dimilikinya. Keindahan pantai di sudut Banyuwangi ini mampu menarik pengunjung lokal dari berbagai daerah bahkan wisatawan mancanegara. Tak heran saat musim liburan tiba, banyak orang yang berdatangan untuk berlibur di Banyuwangi ini dengan mengunjungi pantainya. Pantai yang cukup terkenal di Banyuwangi ini adalah Pantai Sukamade.

Pantai Sukamade sudah terkenal cukup lama. Pemandangan di sekitar pantai memang mampu memanjakan pengunjung untuk betah berlama-lama di pantai ini. Suasananya yang tenang juga dapat memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjung. Salah satu keunikan dari pantai ini yaitu pengunjung dapat menemukan penyu yang ada di area ini. Penyu yang ada disini sudah dilindungi dan diberikan area khusus agar tetap lestari.

Area pantai ini berada di barat daya Banyuwangi. Di peta digital juga sudah tertera alamat lengkapnya saat mengetik Pantai Sukamade. Perjalanan yang ditempuh agar sampai di lokasi ini kurang lebih tiga hingga empat jam. Ada lokasi bebatuan yang perlu dilalui pengunjung. Walaupun perjalanan yang dilalui dengan medan yang cukup sulit, pemandangan di pantai ini akan mengganti semua lelah yang dilalui.

Harga tiket masuk berkisar dari Rp. 20.000 dan bisa berubah saat weekend. Cukup terjangkau bukan untuk menikmati pesona pantai sukamade dengan penyu yang tinggal di pantai.

  1. Jawatan Benculuk

Destinasi wisata Banyuwangi ini jika dibahas memang tiada habisnya. Banyak sekali di sudut daerah Banyuwangi ini memiliki pemandangan yang indah dan dijadikan sebagai tempat wisata dan berekreasi. Bahkan, dengan pemandangan yang indah ini sudah mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah hingga mancanegara. Destinasi wisata lainnya yang memiliki pemandangan menarik yaitu Jawatan Benculuk.

Banyak wisatawan yang masih asing dengan nama destinasi wisata ini. namun pengunjung yang berdatangan juga sudah pasti memadati lokasi ini saat musim liburan tiba. Pemandangan pohon nan rindang dengan hijaunya rerumputan mampu menarik perhatian pengunjung untuk berdatangan. Seringkali, tempat ini dijadikan sebagai latar foto prewedding oleh pengunjung.

Baca Juga :   5 Objek Tempat Wisata di Madiun Dekat Stasiun Terbaru yang Menarik

Lokasi Jawatan Benculuk ini berada pada desa Benculuk, Kecamatan Curing, Banyuwangi. Akses jalan yang mudah ditempuh membuat tempat wisata Banyuwangi yang satu ini cukup dipadati pengunjung saat hari libur. Waktu perjalanan yang ditempuh pun tidak sampai memakan waktu hingga dua jam.

Destinasi wisata ini tidak mengambil biaya tiket masuk. Pengunjung cukup membayar biaya parkir kendaraan saja saat berkunjung ke Jawatan Benculuk.

  1. Desa Osing Kemiren

Selain destinasi wisatanya yang padat dikunjungi wisatawan, di Banyuwangi juga terdapat sebuah desa yang dapat dijadikan sebagai tempat kunjungan yang menarik. Desa ini bernama desa Osing Kemiren. Di desa Osing Kemiren, terdapat sekelompok suku yang bernama suku osing. Suku osing tinggal di daerah ini dengan keunikan budaya dan adat istiadatnya.

Wisatawan dapat berkunjung ke daerah ini. di daerah ini pengunjung akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai kebudayaan suku osing. Walaupun di desa ini sebagian besar ditinggali oleh suku osing, ada beberapa fasilitas wisata yang dapat dinikmati pengunjung saat berkunjung disini. Wisatawan juga dapat mencoba berbagai rangkaian kegiatan budaya disini seperti kegiatan setelah panen, tarian adat, dan berbagai macam kegiatan lainnya.

Lokasi desa osing ini berada di kecamatan Glagah, Banyuwangi. Tempat wisata desa osing ini akan menunjukkan kebudayaan dan adat istiadat masyarakat setempat. Namun, pengunjung juga tidak perlu khawatir, disini juga terdapat tempat penginapan yang dapat digunakan pengunjung untuk bermalam.

Untuk masuk wilayah ini, pengunjung perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 5000 saja. Sangat terjangkau bukan? Dengan harga yang terjangkau, pengunjung sudah dapat menonton pertunjukan budaya setempat.

  1. Pantai Teluk Hijau

Wisata Banyuwangi yang tak kalah populer  yaitu pantai teluk hijau. Pesona dari pantai ini yang didominasi dengan warna hijau memang wajib dikunjungi. Pasirnya yang putih dan jernihnya air pantai akan memukau pengunjung yang berdatangan. Banyak wisatawan berdatangan saat musim liburan untuk menikmati keindahan dari pantai teluk hijau ini.

Dinamai pantai teluk hijau karena air pantainya ada yang warna hijau. Warna hijau ini sebenarnya disebabkan karena terdapat alga yang tumbuh di tepi pantai. Selain pantainya yang mempesona, disini juga terdapat air terjun yang lokasinya berdekatan dengan pantai. Pengunjung dapat menikmati segala pemandangan pantai bahkan air terjunnya dengan nyaman.

Lokasi destinasi wisata ini terdapat di Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Jarak yang akan ditempuh wisatawan hingga ke pantai ini kurang lebih 100 kilometer. Letaknya yang mudah ditemukan akan memudahkan pengunjung berdatangan. Pengunjung tidak perlu khawatir karena di jalan akan ada petunjuk untuk mengarahkan ke pantai ini.

Tidak ada biaya tiket masuk yang dipungut untuk berkunjung di tempat ini. Pengunjung diharapkan untuk membawa perlengkapan sendiri dan secukupnya saja. Jika ingin berkemah di tepi pantai, pengunjung harus melakukan izin dengan petugas dan warga setempat agar keamanan lebih terjamin.

  1. Waduk Bajulmati

Di Banyuwangi, terdapat destinasi wisata yang tidak jauh berbeda dengan raja ampat. Memang pesona raja ampat sangat memukau, namun tempat ini juga tak kalah indah dan populer dari raja ampat. Destinasi wisata ini dinamai dengan waduk bajulmati. Pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menikmati keindahan dari pemandangan ala raja ampat ini.

Waduk bajulmati memang sangat populer di Banyuwangi. Pemandangan ala raja ampat dapat dinikmati disini dengan pesonanya yang tak kalah menarik. Lokasi ini juga berdekatan dengan objek wisata lainnya sehingga wisatawan yang memadati wilayah ini selalu ramai. Walaupun tempat ini masih tergolong baru, pesona yang ditampilkan sangatlah memukau.

Baca Juga :   7 Wisata Pantai Pacitan Yang Memiliki Panorama Indah

Lokasi waduk bajulmati ini berada di Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum untuk sampai di lokasi wisata ini. Di gerbang pintu masuk waduk ini terdapat sepasang patung penari sebagai pedoman perjalanan.

Untuk tiket masuk cukup terjangkau. Pengunjung cukup membayar Rp. 5.000 untuk menikmati pemandangan di sekitar waduk ini. Untuk wahana dan fasilitas yang ada akan disesuaikan lagi dengan petugas.

  1. Kawah Ijen

Bagi yang suka mendaki, kawah ijen merupakan tempat yang wajib dikunjungi. Destinasi ini sangat terkenal hingga ke wisatawan mancanegara. Pemandangan dan pesona yang dimiliki kawah ijen perlu diacungi jempol. Wisatawan tidak akan menyesal mendaki untuk sampai ke kawah ijen ini.

Kawah ijen letaknya di puncak gunung ijen. Maka dari itu, untuk sampai di kawah ijen, pengunjung wajib mendaki gunung ijen terlebih dahulu. Gunung ijen terletak pada daerah atau area perbatasan Kabupaten Bayuwangi. Pesona yang dimiliki kawah ijen ini memang sangat menarik perhatian pengunjung hingga membuat wisatawan asing rela mendaki agar dapat menikmati keindahan kawah ijen.

Hal menarik dan yang menjadi pesona gunung ijen memang terdapat pada kawah ijennya. Di kawah ijen, wisatawan dapat menikmati fenomena alam yang menarik yaitu blue fire. Fenomena blue fire inilah yang membuat kawah ijen terkenal hingga ke luar negeri. Selain fenomena blue fire yang menakjubkan, sunrise di kawah ijen juga sangat menakjubkan. Keindahan dan pesona kawah ijen mampu membuat wisatawan tak berkutik. Wisatawan yang berdatangan selalu menyempatkan dirinya untuk mengabadikan momen saat di kawah ijen.

Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal berkisar Rp. 10.000 sedangkan untuk wisatawan mancaegara bisa mencapai sepuluh kali lipatnya. Pemandangan yang dinikmati nantinya akan membayar seluruh biaya dan tenaga yang dikeluarkan.

  1. Blue Bay

Blue bay atau teluk biru juga merupakan destinasi wisata Banyuwangi yang cukup populer namun belum banyak yang berkunjung ke destinasi wisata ini. Suasananya yang tenang dan asri menambah pesona dari pantai teluk biru ini. lokasi ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan untuk menghabiskan waktu bersama kerabat terdekat.

Blue bay atau teluk biru memiliki pesona yang menakjubkan. Kejernihan air lautnya akan membuat pengunjung tertarik untuk bermain air di lokasi ini. pantai ini memang didominasi dengan warna kebiru-biruan pada air pantainya. Maka dari itu, lokasi ini diberi nama teluk biru atau blue bay.

Lokasi blue bay atau teluk biru berada di kawasan taman nasional alas purwo. Masyarakat setempat sering menyebut teluk biru ini dengan nama senggrong dibandingkan teluk biru. Wisatawan yang ingin mengunjungi teluk biru atau blue bay ini dapat menggunakan travel ataupun kendaraan pribadi. Namun, untuk tiba di lokasi pantai ii, wisatawan wajib menyewa perahu terlebih dahulu.

Harga tiket masuk ke blue bay atau teluk biru ini berkisar Rp. 5000 saja. namun, harga dapat berubah sewaktu waktu, tergantung dengan kebijakan penduduk setempat. Bawa perbekalan secukupnya untuk berwisata di pantai ini.

Itulah beberapa tempat wisata Banyuwangi yang wajib dikunjungi terutama saat musim liburan tiba. Masih banyak lagi destinasi wisata Banyuwangi yang wajib dikunjungi dengan pemandangannya yang indah. Untuk menikmati pesona alam yang indah, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Di negeri kita ini terdapat banyak sekali tempat wisata yang memiliki pesona yang sangat indah. Bahkan biaya yang dikeluarkan juga sangat terjangkau.

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker