Jawa Timur

60 Wisata Batu Malang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

sewa mobil jogja banner

Kota Malang dan Batu telah menjadi kota wisata yang sering dikunjungi oleh para turis. Turis lokal maupun mancanegara berlomba datang ke kedua kota ini untuk mengeksplor berbagai tempat wisata. Adapun berbagai jenis wisata Batu Malang yang menarik untuk dikunjungi, yaitu:

Wisata Wahana Dan Permainan

Ketika berkunjung ke tempat wisata Batu Malang, wisata wahana dan permainan tentu masuk dalam list perjalanan. Ada beberapa tempat wisata sekitar kota Batu dan Malang yang menyediakan fasilitas tersebut. Beberapa tempat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jatim Park I

jatim park batu malang

Jatim Park I adalah taman rekreasi pertama yang dibangun dan dikembangkan oleh Jawa Timur Park Group. Taman rekreasi ini sangat populer dari dulu sampai saat ini. Jatim Park I menyediakan berbagai jenis wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung dan tentu saja sebagai tempat liburan yang menyenangkan.

Disini, pengunjung dapat menikmati wisata edukasi. Berbagai ilmu pengetahuan science tersedia di tempat ini, sehingga itu dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pengunjung, terutama anak-anak. Selain itu, Jatim Park I juga menyediakan berbagai wahana permainan yang memicu adrenalin. Berbagai wahana wisata air pun tersedia di tempat ini.

Adapun lokasi Jatim Park I yaitu di jalan Kartika No.2 Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk dapat menikmati liburan di tempat ini, para wisatawan dapat mengeluarkan biaya sebesar kurang lebih 75.000 (weekday) sebagai harga tiket masuk. Adapun tiket yang tersedia dalam bentuk paket.

Keuntungan yang dapat diperoleh ketika berkunjung kesini adalah wisatawan dapat menikmati semua wahana dalam sekali pembayaran di loket tiket. Dengan adanya sistem ini, wisatawan dapat mencoba semua wahana sepuasnya. Akan tetapi, tidak sedikit wisatawan yang merasa tidak cukup waktu untuk menikmati setiap wahana yang tersedia.

Baca Juga : 52 Tempat Wisata di Malang Terbaru Murah Yang Jarang Dikunjungi Malam Hari : Batu Selecta Raya Selatan Jatim Dekat Stasiun 2019

2. Jatim Park II

jatim park 1 malang
jatim park 1 malang

Berbeda dengan Jatim Park I, Jatim Park II memfasilitasi para wisatawan yang ingin menikmati wisata seperti kebun binatang. Para wisatawan akan diajak untuk berkeliling melihat satwa-satwa yang ada. Tentu saja, tempat wisata ini sangat bermanfaat untuk para wisatawan yang ingin mengenal berbagai jenis satwa di Indonesia.

Satwa-satwa yang tersedia disini pun sangat banyak jenisnya. Mulai dari yang mudah ditemui sampai dengan yang jarang ditemui dan diketahui. Oleh karena itu, tentu ini akan menambah poin sebagai tempat wisata Batu Malang yang wajib dan harus dikunjungi. Terutama bagi para orangtua karena akan menyenangkan ketika membawa anak-anak berlibur ke tempat ini.

Beberapa wahana yang dapat dikunjungi di Jatim Park II adalah Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan Eco Green Park. Seperti halnya Jatim Park I, Jatim Park II juga menyediakan beberapa paket untuk tiket masuknya. Harga tiket untuk masuk ke Jatim Park II adalah sekitar Rp 85.000 (weekday) dan Rp 120.000 (weekend).

Di Jatim Park II, para wisatawan juga dapat menikmati semua wahana dan permainan yang tersedia dalam sekali pembayaran. Itu akan membuat para wisatawan memiliki kebebasan untuk bereksplorasi. Akan tetapi, juga pastikan untuk memperhatikan dan mengatur waktu ketika berwisata ke tempat ini.

Jatim Park II terletak tidak jauh dari Jatim Park I, yaitu di jalan Oro-oro Ombo, Kota Batu. Bahkan disini juga tersedia tiket masuk bagi wisatawan yang ingin berwisata ke Jatim Park I dan II sekaligus. Sehingga itu juga akan menghemat waktu ketika berkunjung ke tempat wisata Batu Malang.

3. Jatim Park III

jatim park 3

Jatim Park III tergolong tempat wisata yang baru saja diresmikan oleh Jawa Timur Park Group. Tempat wisata ini menyediakan wisata zaman purbakala. Bagi orang-orang yang tertarik akan sejarah pada zaman purba, tentu akan tertarik untuk berkunjung kesini. Dino Park menjadi tujuan utama wisatawan ketika berkunjung kesini.

Tidak hanya itu, tempat ini juga menyediakan wahana lainnya. Misalnya, Galeri Musik Dunia, Zona Korea, Zona Jepang, Invinity World, dan masih banyak lagi. Selain itu, para wisatawan yang berkunjung kesini pun dapat menikmati beberapa spot yang bisa dijadikan latar foto yang bagus.

Baca Juga :   Memilih Paket Liburan Ke Bromo Murah 2018, ini 4 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Untuk bisa masuk kesini para wisatawan dapat membayar sesuai dengan kebutuhan tempat yang akan dikunjungi. Berbeda spot wisata, akan berbeda pula harga tiket yang harus dibayar. Karena itu, para wisatawan dapat memilih spot wisata mana yang akan dikunjungi, sehingga tidak akan merugikan dalam hal waktu.

Beberapa harga tiket masuk Jatim Park III antara lain Rp 30.000 (weekday) dan Rp 40.000 (weekend) untuk Fun Tech 40k, Rp 37.000 (weekday) dan Rp 50.000 (weekend) untuk berkunjung ke Galeri Musik Dunia, Rp 75.000 (weekday) dan Rp 100.000 (weekend) untuk tiket Dino Park. Untuk lokasi Jatim Park III adalah di jalan Ir. Soekarno No. 144, wilayah Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

4. Batu Night Spectacular (BNS)

 

Batu Night Spectacular memfasilitasi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya di malam hari. Tempat ini buka setiap hari dan dibuka hingga tengah malam. Oleh karena itu, akan menguntungkan untuk wisatawan yang bingung mencari tempat pelepas stres di malam hari.

Batu Night Spectacular menyediakan berbagai wahana yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Beberapa diantaranya Taman Lampion, Rumah Kaca, 4D, Rumah Hantu, Go Kart, Sepeda Udara dan masih banyak lagi. Tentu dengan banyaknya wahana yang tersedia, akan sangat disayangkan untuk dilewatkan.

Untuk bisa masuk, wisatawan dapat membayar Rp 12.500 (weekday) dan Rp 15.000 (weekend). Akan tetapi, ada beberapa wahana yang menambahkan tarif tambahan untuk dapat menikmati wahana tersebut. Sementara itu, lokasi dari Batu Night Spectacular adalah di Oro-oro Ombo Kota Batu, tepatnya di jalan Hayam Wuruk No.1.

5. Taman Rekreasi Selecta

selecta wisata di batu

Tentu bagi warga Malang dan Batu, Taman Rekreasi Selecta bukanlah tempat wisata yang asing. Taman Rekreasi Selecta adalah taman rekreasi yang bisa dinikmati oleh para keluarga ketika berkunjung ke kota Batu. Lokasinya di jalan Raya Selecta, daerah Bumiaji kota Batu.

Disini beberapa wahana dan permainan tersedia. Kolam renang, waterboom, dan beberapa wahana permainan seperti flying fox dan sky bike tersedia di tempat ini. Tidak hanya itu, disini juga disediakan taman bunga yang indah dan membuat ini menjadi salah satu ciri khas dibanding tempat wisata lainnya.

Selain itu, harga tiket masuk ke Taman Rekreasi Selecta pun tidak mahal dan terjangkau yaitu sekitar Rp 25.000 sampai dengan Rp 30.000. Akan tetapi, tidak semua wahana dapat dinikmati. Hal itu dikarenakan ada beberapa wahana yang membutuhkan biaya tambahan, seperti flying fox dan sky ride.

6. Hawai Waterpark

hawai waterpark

Tempat wisata selanjutnya adalah Hawai Waterpark. Jika para wisatawan ingin merasakan hiburan dan keseruan bermain wahana air, Hawai Waterpark bisa menjadi salah satu pilihan. Para wisatawan dapat mencoba dan menikmati berbagai macam wahana yang telah tersedia disini.

Adapun wahana tersebut seperti rainbow fall, water house, jet coaster slide, waikiki beach, waimea stream river, hula-hula slide, dan sebagainya. Hawai Waterpark juga menyediakan beberapa fasilitas outbound yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Tentu ini akan menarik bagi para wisatawan baik yang ingin mengajak keluarga ataupun kaum anak muda yang berlibur bersama teman.

Hawai Waterpark terletak di Jl. Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari, Malang. Untuk bisa masuk kesini, wisatawan dapat membayar Rp 75.000 (weekday) dan Rp 100.000 (weekend dan hari liur nasional). Harga tiket dewasa dan anak-anak sama. Karena itu, mungkin terbilang mahal, tetapi wisatawan dapat menikmati semua wahana sepuasnya.

Wisata Alam Pegunungan

Jika pergi berlibur ke Malang dan Batu, tentu tidak akan jauh dari yang namanya situasi pegunungan. Wisata alam pegunungan adalah jenis wisata yang harus dicoba ketika mencari dan bermaksud pergi ke tempat wisata Batu Malang. Berikut tempat wisata yang bisa dikunjungi:

1. Coban Rondo

labirin coban rondo

Wisata air terjun ini sudah menjadi tempat wisata yang terkenal di daerah Malang, tepatnya Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon. Coban Rondo terletak dekat dari kota Batu. Jadi para wisatawan juga bisa mampir ke Batu untuk berlibur.

Terdapat banyak hal yang dapat dinikmati di Coban Rondo. Tempat ini sudah sangat dikembangkan, sehingga selalu ramai pengunjung. Karena selain dapat melihat pesona pemandangan air terjun yang indah, wisatawan juga dapat mencoba wahana lain yang tersedia.

Beberapa wahana yang tersedia adalah fasilitas outbond, labirin, serta wisata satwa dan kebun. Fasilitas outbond yang dapat dinikmati adalah flying fox, fun tubing, sepeda gunung, shooting target, treewalk, dan lainnya. Bahkan disini disediakan camping ground untuk wisatawan yang ingin berkemah.

Baca Juga :   Informasi Obyek Wisata Pantai Teluk Asmara

Tiket masuk ke Coban Rondo berbeda antara wisatawan lokal dan mancanegara, yaitu Rp 15.000 (lokal) dan Rp 25.000 (mancanegara) pada hari biasa. Pada akhir pekan harga tiket menjadi Rp 18.000 (lokal) dan Rp 30.000 (mancanegara). Akan tetapi, itu tidak termasuk biaya untuk wahana lainnya selain air terjun.

2. Coban Talun

foto coban talun malang

Selain Coban Rondo, wisata air terjun yang bisa dikunjungi adalah Coban Talun. Tidak jauh berbeda dengan Coban Rondo, Coban Talun memiliki beberapa spot wisata yang dapat dieksplor. Diantaranya adalah taman bunga, hutan pinus, serta ATV dan rafting bagi wisatawan yang ingin berpetualang.

Selain itu, disini juga tersedia fasilitas camping seperti Apache Camp dan Pagupon Camp. Kelebihannya adalah fasilitas camping ini memiliki suasana yang berbeda. Apache Camp memiliki keunikan sendiri dengan suasana Indian Camp. Sementara Pagupon Camp memiliki bentuk tenda yang unik menyerupai burung dara. Beberapa cafe juga tersedia untuk para wisatawan yang berkunjung kesini.

Jika ingin menginap di Apache Camp dan Pagupon Camp, wisatawan dapat menyiapkan dana sebesar Rp 300.000 sampai Rp 500.000 per malamnya. Sedangkan harga tiket masuk ke Coban Talun sekitar Rp 15.000. Coban Talun sendiri berlokasi di dusun Wonorejo, Bumiaji, Kota Batu.

3. Wisata Paralayang

paralayang di Batu Malang

Tidak seperti tempat lainnya, wisata Paralayang Batu dapat dijadikan pilihan bagi wisatawan yang ingin mencoba wahana olahraga ekstrim. Wisata Paralayang berlokasi di Songgokerto, Kecamatan Batu, tepatnya di jalan Gunung Banyak. Untuk bisa masuk, wisatawan dapat membayar tiket masuk dan parkir kendaraan sekitar Rp 15.000 sampai Rp 35.000.

Wahana paralayang dapat dicoba dengan membayar sekitar Rp 450.000 sampai dengan Rp 850.000 sesuai paket yang dipilih. Selain itu, ada beberapa fasilitas yang tersedia seperti sewa kendaraan dan penginapan. Aktivitas lain yang dapat dicoba selain paragliding adalah trekking, rafting, berkuda, dan masih banyak lagi.

Memang membutuhkan biaya yang cukup besar, tetapi ini akan setara dengan pengalaman dan keseruan yang didapat. Karena itu, wisatawan juga tidak akan merasa rugi. Di sekitar wahana paralayang juga terdapat beberapa spot wisata seperti taman langit, omah kayu, cafe sawah, wisata petik strawberry, dan lainnya.

Wisata Alam Pantai

Wisata Batu Malang selanjutnya adalah wisata alam pantai. Jika Batu memiliki tempat wisata yang bernuansa pegunungan, Malang juga memiliki alam dengan suasana pantai. Wisata pantai yang wajib dikunjungi adalah sebagai berikut:

1. Pantai Batu Bengkung

pantai batu bengkung

Pantai Batu Bengkung memiliki ciri khas tersendiri. Batu-batu besar yang diterjang ombak besar di kawasan pantai ini adalah ciri khasnya. Wisatawan dapat melihat keindahan panorama pantai yang menakjubkan disini. Bahkan tempat ini selalu menjadi tempat yang ramai pengunjung.

Selain itu, disini terdapat bukit yang dapat didaki oleh wisatawan untuk melihat pemandangan dengan view yang sangat indah. Akan tetapi, diperlukan kewaspadaan untuk dapat mendakinya. Wisatawan juga dapat menikmati keindahan sunset ketika berkunjung di sore hari.

Harga tiket untuk masuk ke pantai Batu Bengkung juga sangat terjangkau, yaitu Rp 10.000. Dengan harga segitu, wisatawan sudah sangat dipuaskan dengan keindahan alam pantai Batu Bengkung. Lokasi Pantai Batu Bengkung sendiri ada di jalur Lintas Selatan, RT.42 RW.05, Gedangan, Gajahrejo, Malang.

2. Pantai Goa Cina

pantai goa china

Pantai Goa Cina termasuk pantai yang terkenal dan ramai pengunjung. Objek wisata pantai ini memiliki ombak yang besar dan kawasan yang luas. Para wisatawan dapat menikmati keindahan pantai imebak besar disini. Bahkan disini sudah tersedia fasilitas umum yang sangat memadai.

Fasilitas tersebut diantaranya adalah warung-warung makan dan kamar mandi umum. Wisatawan juga banyak yang merasakan sensasi berenang di pantai ketika mengunjungi pantai ini. Akan tetapi, perlu waspada karena ombaknya yang cukup besar.

Pantai Goa Cina berada di Desa Sitiarjo, Kabupaten Malang, tepatnya di daerah Dusun Tumpak Awu. Harga tiket masuk kesini sebesar Rp 10.000 sampai Rp 20.000. Selain itu, kelebihan dari pantai ini adalah banyaknya pohon-pohon yang membuat wisatawan lebih mudah untuk mencari tempat berteduh.

3. Pantai Tiga Warna

pantai tiga warna

Jika kedua pantai diatas memiliki keindahan ombak pantai yang besar. Di pantai ini wisatawan dapat menikmati ketenangan pantai dengan ombak yang tidak besar. Selain itu, keunikan dari pantai ini adalah gradasi warna air laut dan pantai yang dihasilkan, sehingga dinamakan pantai tiga warna.

Baca Juga :   8 Foto Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur, Lokasi Peta Google Map & Harga Tiket Masuk-nya

Akan tetapi, para wisatawan perlu melakukan reservasi/booking dan akan dipandu oleh seorang guide untuk berkunjung kesini. Hal itu dikarenakan pantai tersebut adalah kawasan konservasi, sehingga tidak sembarang orang bisa masuk. Untuk bisa menyewa guide, wisatawan dapat membayar Rp 100.000 per rombongan. Dengan ketentuan maksimal rombongan berjumlah 10 orang.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan fasilitas olahraga snorkling. Wisatawan dapat menikmati keindahan terumbu karang bawah laut yang hanya ditemukan di Pantai Tiga Warna. Sewa alat snorkling membutuhkan biaya Rp 15.000/set. Pantai Tiga Warna terletak di jalan Sendang Biru, daerah Sumbermanjing, Malang.

4. Pantai Sendiki

pantai sendiki malang

Pantai Sendiki menjadi tempat wisata yang sempat populer di kawasan Malang Selatan. Hamparan pasir pantai yang luas dan panjang dengan ombak yang tenang menjadi daya tarik tersendiri. Untuk lokasinya, Pantai Sendiki tidak jauh dari pantai Tiga Warna yaitu ada di daerah Sumbermanjing, Malang.

Di pantai Sendiki, banyak para wisatawan yang memanfaatkan momen liburan dengan berkemah. Bagi wisatawan yang ingin camping dapat membayar Rp 20.000 dengan menggunakan tenda pribadi. Sedangkan untuk wisatawan yang ingin menyewa tenda dapat membayar sebesar Rp 30.000.

Selain camping, beberapa wahana lain yang tersedia adalah gazebo, ayunan kayu dan rumah pohon. Beberapa fasilitas umum yang dibutuhkan juga telah tersedia dan cukup memadai. Harga tiket masuk pantai Sendiki sekitar Rp 15.000 sampai Rp 35.000. itu sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Wisata Bersejarah

Berwisata tidak hanya sebatas mencari hiburan, tetapi akan lebih baik bila menambahkan unsur pengetahuan dan pendidikan ke dalamnya. Berwisata ke tempat bersejarah akan memiliki kesan tersendiri. Berikut beberapa wisata Batu Malang yang memiliki nilai dan unsur sejarah:

Museum Angkut

Ketika berlibur ke Batu Malang, tentu Museum Angkut tidak boleh dilewatkan. Apalagi bagi kaum muda yang suka mencari spot foto terbaik. Museum Angkut memiliki begitu banyak spot foto yang menarik.

Di Museum Angkut, para wisatawan dapat menikmati sejarah dunia, khususnya dibidang transportasi. Disini ada begitu banyak jenis transportasi dari zaman dahulu sampai dengan saat ini. Dengan begitu para wisatawan juga dapat mengetahui proses berkembangnya alat transportasi di dunia.

Selain itu, hal-hal yang menarik dari Museum Angkut sendiri adalah terdapat beberapa zona yang mengusung tema-tema khusus. Seperti Zona Edukasi, Zona Batavia dan Pecinan, Zona Gangster & Broadway Street, Zona Hollywood, Zona Eropa, dan masih banyak lagi. Dan menariknya lagi, di Museum Angkut juga mengadakan beberapa show untuk dinikmati wisatawan.

Museum Angkut sendiri berlokasi di Ngaglik, Kecamatan Batu, tepatnya di jalan Terusan Sultan Agung No.2. Harga tiketnya Rp 70.000 (weekday) dan Rp 80.000 (weekend). Akan tetapi, bagi wisatawan yang membawa alat kamera seperti polaroid, DSL dan lainnya, akan dikenakan biaya ekstra.

2. Museum Musik Indonesia

Museum Musik Indonesia adalah museum musik pertama di Indonesia. Pada tahun 2016 lalu, museum ini baru saja diresmikan. Bagi para pencinta musik lawas, tempat wisata ini wajib untuk dimasukkan dalam list perjalanan ketika mengunjungi tempat wisata Batu Malang.

Museum Musik Indonesia berada di kawasan kota Malang. Lokasinya di Jl. Nusakambangan No.19, Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Tepatnya di lantai 2 Gedung Gajayana.

Museum ini memiliki banyak koleksi musik lawas. Kaset pita, piringan hitam, DVD, serta alat- alat musik lawas adalah beberapa koleksi yang tersedia di museum ini. Para wisatawan dapat mendengarkan dan menikmati musik-musik lawas dari tahun 1930an.

Harga tiket untuk masuk kesini pun sangat murah. Dengan hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000, para wisatawan sudah memiliki kesempatan untuk mengeksplor musik-musik lawas yang tersedia. Sementara itu, bagi anak-anak tidak dikenakan biaya. Bahkan pihak dari museum juga telah menyediakan fasilitas alat musik bagi para pemain musik yang ingin perform.

Itulah beberapa jenis pilihan wisata Batu Malang yang menarik untuk dikunjungi. Seperti yang sudah dijabarkan diatas, setiap tempat memiliki daya tarik dan keunikan masing-masing. Bahkan ada beberapa tempat yang membutuhkan persiapan khusus. Karena itu, akan lebih baik persiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum pergi berlibur ke setiap tempat wisata.

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh