Jawa Timur

11 Wisata Blitar Yang Terpopuler Dan Wajib Dikunjungi

Blitar ternyata menyimpan pesona wisata yang cukup menarik, dan tidak kalah dengan kota lain di Jawa Timur. Mau tahu wisata apa saja yang ada di kota tersebut? Berikut tempat wisata blitar yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Tempat Wisata di Blitar

Bukit Teletubbies

bukit teletubbies blitar            

Bila ingin bernostalgia dengan masa kecil dengan serial tv teletubbies, salah satu tempat wisata blitar ini bisa menjadi pilihan. Bagi yang ingin berkunjung, tempat ini ada dusun kampung anyar, tepatnya desa Sumbersari, Ngengklok Blitar. Bukit teletubbies ini kebetulan terletak di lereng gunung kelud.

Dari pusat kota Blitar, tempat ini bisa dicapai kira-kira 1 jam perjalanan. Jalan yang dilalui juga cukup nyaman, namun di beberapa area memang harus berhati-hati. Misalnya jika melewati jembatan sabuk yaitu jalan aliran lahar gunung Kelud. Kebetulan jembatan ini hanya mampu dilewati oleh 1 buah kendaraan jadi tidak bisa berpapasan.

Bukit teletubbies menawarkan pemandangan elok khas perbukitan bagi para pengunjungnya. Banyak terdapat spot berfoto seru seperti taman selfie, spot ayunan, balon raksasa, dan lain sebagainya. Apalagi didukung dengan kesejukan udara pegunungan yang makin menambah suasana nyaman. Biaya tiket masuk untuk tempat ini juga cukup terjangkau.

Biaya masuk untuk pengunjung dewasa sebesar lima ribu rupiah saja. Sementara untuk anak-anak gratis tidak dipungut biaya.

Baca Juga : 30 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur Yang Indah Wajib Dikunjungi Daerah Tabanan Blitar Wates Kandangan

Pantai Tambak Rejo

pantai tambak rejo blitar

Selanjutnya salah satu wisata blitar yang juga paling favorit dan wajib untuk disinggahi yaitu pantai Tambak Rejo. Kalau musim liburan dan akhir pekan, pantai ini sangat penuh sesak oleh para wisatawan. Keunikan utama dari pantai tambak rejo ini adalah pasirnya yang berwarna putih bersih. Didukung dengan air laut yang jernih membiru menyejukkan mata.

Lokasi pantai  berada di desa Tambak Rejo, Wonotirto, Blitar. Pengunjung harus sedikit memerlukan tenaga demi menuju tempat ini. Pasalnya jalan yang akan dilalui sebagian besar merupakan jalan yang berkelok-kelok serta naik turun. Pengunjung disarankan untuk memakai kendaraan yang benar-benar prima. Sebab tak jarang beberapa kendaraan mengalami mogok di tengah jalan.

Meskipun jalan yang dilalui sedikit ekstrim, namun pengunjung tetap bisa menikmatinya. Udara di sekitar pantai sangat sejuk karena memang banyak pepohonan di sekitar perbukitan menuju arah pantai. Supaya tidak terlalu bosan, pengunjung dapat bersua foto di sepanjang jalan sebelum sampai pintu gerbang masuk pantai Tambak Rejo ini.

Sampai pintu gerbang pantai, pengunjung terlebih dahulu harus membayar biaya tiket masuk. Biaya tiket masuk ke pantai terpopuler dan menjadi salah satu wisata Blitar yang paling diminati ini cukup terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan tarif sekitar 3.000 rupiah saja per orangnya. Sebanding karena pengelola juga belum terlalu melengkapi fasilitas pantai tersebut.

Air Terjun di Blitar

Air Terjun Coban Wilis

air terjun coban wilis blitar

Ada lagi salah satu pemandian alami yang juga termasuk salah satu wisata Blitar terpopuler wajib disinggahi. Tempatnya masih 1 lokasi dengan kawasan gunung kelud dan kampung wisata ekologis semen Gandusari. Air terjun ini letaknya ada di desa Semen, Gandusari, Blitar.

Air terjun ini punya daya tarik dimana airnya sangat alami. Pengunjung dapat mencoba untuk berenang atau sekedar bermain air menikmati kesegaran air terjun. Di sekitar air terjun juga banyak tumbuh pepohonan rindang yang dapat menambah suasana menjadi lebih sejuk. Apalagi kawasan ini nampaknya benar-benar dirawat oleh pengelola, sehingga sangat bersih.

Selain itu pengelola juga telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Seperti area parkir, kamar mandi, tempat istirahat, dan lain-lain. Namun, untuk bisa sampai di tempat ini sebaiknya pengunjung menggunakan kendaraan roda 2. Jika memilih memakai kendaraan roda 4 cukup riskan, karena jalan yang akan dilalui belum terlalu bagus.

Menariknya, salah satu wisata Blitar ini tidak menarik biaya masuk bagi pengunjungnya. Bila mungkin ada biaya mungkin hanya ongkos parkir kendaraan. Itupun harga yang dikenakan sangat terjangkau.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata di Blitar Jatim dan Sekitarnya Yang Bagus dan Dekat Stasiun

Baca Juga :   7 Homestay di Surabaya yang Murah Harga 80 Ribu-an Dekat UNAIR, ITS DLL

Gumuk Sapu Angin

gumuk sapu angin blitar

Mau mencari tempat wisata Blitar yang instagramable? Gumuk Sapu Angin ini bisa menjadi rekomendasi. Lokasi tepatnya Gumuk Sapu Angin ini berada di desa Resapombo, Doko, Blitar. Tempat ini menyajikan pemandangan perbukitan yang indah dan elok menyegarkan mata. Pengelola menyiapkan sebuah gardu pandang yang kerap dijadikan spot berfoto oleh para pengunjung.

Dari gardu pandang tersebut, pengunjung selain dapat bersua foto juga dapat menikmati keindahan gunung kelud jika dilihat dari jauh. Bukan hanya gunung kelud saja, gunung Kawi juga bisa terlihat melalui gardu gumuk sapu angin ini. Udara di sekitarnya yang sejuk menambah kenyamanan dan menyegarkan pernafasan.

Namun sayangnya, akses menuju tempat ini masih tergolong ekstrim. Jalan yang dilalui cukup menanjak dan banyak belokan tajam. Selain itu di salah satu ruas jalan, pengunjung juga akan menemui jalan yang berbatu. Sehingga harus berhati-hati apalagi saat musim hujan tiba.

Pengelola masih belum banyak menyediakan fasilitas penunjang di salah satu wisata blitar yang paling diminati ini. Hal ini disebabkan karena Gumuk Sapu Angin ini masih tergolong wisata baru sehingga masih perlu banyak pengembangan. Untuk itu, biaya tiket masuk masih murah yaitu 2.000 rupiah hari biasa sedangkan hari libur 3.000 rupiah.

Pantai di Blitar

Pantai Jolosutro

pantai jolosutro blitar

Selain pantai Tambak Rejo, wisata Blitar juga punya alternatif lain yaitu pantai Jolosutro. Daya tarik pantai ini adalah pasir pantainya yang cenderung berwarna hitam namun sangat halus. Bagi yang senang bermain pasir pantai, pantai ini sangat disarankan. Pantai Jolosutro sendiri letaknya ada di Desa Ringinrejo, Wates, Blitar.

Pantai ini juga punya daya tarik lain yaitu ombaknya yang cukup besar. Tak khayal, pantai ini menjadi destinasi favorite para peselancar. Oleh karena ombak yang besar inilah, pengunjung memang tidak diperkenankan untuk berenang di laut. Jika masih ingin berenang pengelola menyarankan untuk berenang di muara sungai, sebelah barat pantai.

Pengelola cukup lengkap memberikan fasilitas. Sudah ada gazebo untuk memancing, kolam pemancingan, penginapan, serta beberapa warung makan. Tempat parkir, masjid, toiled juga sudah lengkap tersedia. Pantai ini sangat cocok digunakan untuk wisata alam maupun wisata keluarga. Jadi jangan sampai terlewatkan.

Untuk pengunjung dewasa akan dikenakan tarif sebesar 3.000 rupiah. Sementara untuk anak-anak, tarifnya sedikit lebih murah yaitu sebesar 2.000 rupiah saja. Jangan lupa jika sedang membawa kendaraan pribadi juga dikenakan tarif parkir. Untuk semua jenis kendaraannya, tarif parkir yang dikenakan sama saja yaitu 1000 rupiah saja.

Candi di Blitar

Situs Arca Warak

Jika mencari wisata Blitar yang unik serta khas nilai primitif, situs arca warak ini bisa coba dikunjungi. Desa Mondangan, Nglegok, Blitar merupakan lokasi situs ini. Arca Warak ini sebenarnya merupakan reruntuhan bangunan kuno bekas kerajaan Hindu Budha. Setidaknya ada 3 arca yang dapat dilihat langsung bentuknya.

Sebuah arca gajah serta 2 buah arca raksasa lainnya. Pengunjung juga dapat sekalian belajar tentang sejarah karena di tempat tersebut ditemukan beberapa artefak. Diantaranya ada Kemuncak, Jaladwara, serta Lumpang. Meskipun tempatnya tidak terlalu luas, namun tempat ini cukup asri dan sejuk.

Penduduk sekitar percaya jika arca dan artefak ini merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit. Namun, lokasi wisata Blitar ini sangat minim informasi. Bahkan papan penunjuk keberadaan situs juga tidak ada. Beberapa pengunjung mengaku mengandalkan warga sekitar untuk mencapai lokasi.

Oleh karena itu, tiket masuk situs juga masih gratis. Pengelola masih perlu mengembangkan fasilitas serta melakukan penelitian lebih lanjut seputar artefak yang ada di situs tersebut. Situs Arca Warak ini termasuk yang harus dilestarikan karena punya nilai sejarah yang cukup tinggi.

Kebonrejo

Kebonrejo merupakan salah satu wisata blitar yang bentuknya adalah taman. Lokasi ini sangat cocok sekali untuk dijadikan spot bersantai atau jalan-jalan. Taman Kebonrejo ini berada di Jalan Diponegoro, tepatnya di depan SMAK Diponegoro Blitar. Pengunjung dapat menikmati wahana permainan ringan yang disediakan pengelola.

Taman ini merupakan lahan asri yang menawarkan keindahan alami. Banyak spot-spot yang unik dan layak dijadikan background foto. Lokasi taman ini juga banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang rindang. Bisa menambah suasa sejuk yang menenangkan bagi pengunjung taman.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan beberapa koleksi hewan yang bisa digunakan menjadi sarana edukasi bagi anak-anak. Diantara hewan yang turut dipamerkan yaitu burung beo serta burung belibis. Taman ini juga terdapat beberapa patung unik yang bisa dijadikan spot bersua foto yang menarik.

Jangan khawatir tentang fasilitas, tempat ini cukup lengkap menyediakan beragam fasilitas untuk mendukung kenyamanan pengunjung. Sudah ada toilet serta rumah makan yang diperuntukkan bagi pengunjung yang sedang lapar. Tempat ini juga cukup bersih dan terawat.

Namun pengunjung disarankan untuk datang pagi-pagi, karena siang hari tempat ini sangat ramai. Semakin ramai tentu saja membuat liburan jadi kurang menyenangkan. Meskipun begitu, pengunjung yang datang ke tempat wisata blitar ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Candi Kalicik

Candi Kalicik merupakan salah satu wisata Blitar yang merupakan peninggalan kerajaan majapahit.  Berdiri di desa Candirejo, Ponggok, Blitar. Keunikan dari Candi ini adalah seluruh permukaan candi terbuat 100% dari batu bata. Memang ada beberapa bagian candi yang memakai batu andesit. Namun itu hanya untuk bagian relung dan anak tangga candi.

Pengunjung di tempat ini dapat secara tidak langsung belajar sejarah. Ada fasilitas pemandu yang akan menjelaskan seputar sejarah candi ini. Walaupun candi Kalicik ini sudah tidak seberapa kokoh berdiri, namun pengelola sudah membangun sebuah taman bunga. Taman bunga ini ada di seputaran lokasi candi.

Pengunjung juga dapat bersua foto dengan background candi ini. Ada banyak spot foto yang cukup menarik. Bisa berfoto di area dalam maupun luar candi. Beberapa relief candi juga tampak elok dan mengandung makna sejarah yang tinggi. Taman bunga di seputaran area candi juga sangat menarik dijadikan tempat berfoto sebagai kenang-kenangan.

Akses jalan yang dilalui untuk sampai ke tempat ini cukup ekstrem karena ada beberapa jalan yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu pengunjung dituntut penuh kehati-hatian saat berkendara. Untuk masuk ke tempat wisata blitar ini, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis.

Namun jika berkunjung ke tempat ini saat hari libur sebaiknya datang lebih baik. Oleh karena wisata candi kalicik ini cukup ramai jika hari libur tiba.

Wisata Telaga Rambut

Jika ingin mencari wisata telaga di Blitar, Telaga Rambut ini cukup popular di kalangan wisatawan. Ada di desa Klisik, Gandusari, Blitar tempat ini sangat indah dan sayang sekali jika dilewatkan. Ada banyak daya tarik yang ditawarkan pada pengunjung tempat ini.

Diantaranya penduduk lokal yang terkenal ramah. Selain itu, Telaga rambut ini juga sering dijadikan umat hindu sebai tempat bersembayang. Dan yang paling menjadi ikon adalah keberadaan telaganya yang sangat jernih dan unik karena berwarna biru tosca. Namun sayangnya, telaga ini tidak boleh dijadikan tempat berenang karena khawatir akan merusak kelestariannya.

Namun pengunjung tidak perlu berkecil hati, karena mereka pun bisa menikmati keindahan alam sekitar telaga yang sangat asri. Hijaunya pepohonan serta kesejukan udara akan menambah suasana nyaman. Di dalam telaga pun kadang sering dijumpai ikan berwarna hitam keabuan.

Ukuran ikannya sekitar 30 cm dan uniknya punya sirip yang kadang mencuat ke permukaan mirip hiu. Fasilitas di telaga tersebut juga sudah lengkap. Sudah terdapat area parkir luas, mushola, toilet yang bersih, rumah makan dan lain-lain.

Wisata Telaga Rambut Blitar ini buka setiap hari. Untuk jam operasionalnya yaitu mulai jam 7 pagi hingga pukul 5 sore. Pengunjung sebelum masuk juga harus membayar tiket walaupun masih sangat terjangkau. Hanya sebesar 5.000 rupiah saja untuk tiap pengunjung yang datang.

Gua Embultuk Blitar

Salah satu wisata alam Blitar yaitu Gua Embultuk ini. Gua Embultuk sendiri terletak di desa Tampakkepuh, Bakung, Blitar. Sama seperti penampakan gua pada umumnya, pengunjung di gua ini bisa menikmati eksotisnya stalaktit maupun stalakmit. Banyak warga setempat mengaku jika tempat ini sempat dijadikan tempat persembunyian salah satu pelaku PKI dulu.

Gua ini juga sebetulnya punya nama lain yaitu Gua Umbul Tuk. Selain stalaktit dan stalakmit yang menghiasi ruang gua, ada pula kehidupan hewan di dalamnya. Misalnya seperti kelelawar serta beberapa jenis udang. Di dalam gua juga terdapat sungai bawah tanah, air terjun, serta sebuah kolam dalam.

Dari mulut gua, pengunjung harus berusaha untuk mengarungi sungai dengan berjalan maupun berenang. Maka tak heran, pengunjung akan kotor dan basah jika tidak melengkapi diri dengan baju yang tepat. Lebih baik pengunjung memakai sepatu yang kuat sehingga air tidak bisa masuk ke dalam kaki. Dalam gua masih alami, ada suara gemericik air yang khas.

Pengunjung dapat berfoto jika sudah sampai ujung pintu keluar gua. Di tempat tersebut, dibuat semacam aula luas yang disebut batu selendang Putri. Untuk masuk ke tempat ini memang gratis, mengingat tempat ini masih dalam pengembangan pemerintah setempat. Namun jika ingin menyewa pemandu, akan dikenakan tarif sebesar 50.000 rupiah.

Makam Bung Karno

Wisata Blitar yang paling terkenal lainnya adalah makam bung karno. Wisata sejarah ini terletak di desa Bendogerit, Blitar. Makam bung karno ini berada di sebuah bangunan Joglo. Dulunya area sekitar makam masih dilengkapi kaca sehingga pengunjung tidak bisa sembarang masuk. Namun sekarang sudah dibuka, sehingga pengunjung dapat lebi bebas.

Selain makam bung karno, pengunjung juga disediakan sebuah perpustakaan yang menyajikan buku-buku seputar bung karno. Ada juga pajangan foto-foto yang disebar di area gedung yang bisa dijadikan untuk spot berfoto. Pada beberapa kesempatan, pengunjung pun dapat secara langsung melihat film dokumenter yang diputar tentang perjalanan sang proklamator.

Sayangnya, untuk bisa menuju pintu keluar pengunjung diharuskan untuk melewati terlebih dahulu pasar oleh-oleh. Hal ini dikarenakan, pintu keluar dianggap terlalu sempit digunakan jika penggunaannya sekaligus menjadi pintu masuk. Untuk bisa sampai lokasi ini, pengunjung dikenakan tarif yang cukup murah.

Fasilitas pendukung yang disediakan juga cukup lengkap. Sudah ada mushola, gazebo serta taman. Untuk masuk ke kawasan makam bung karno ini pengunjung harus membayar sebesar 3.000 rupiah tiap orang.

Itulah beberapa rekomendasi Wisata Blitar yang bisa coba dikunjungi. Blitar yang merupakan salah satu kota di Jawa Timur ternyata tidak kalah dengan kota lain. Blitar juga punya banyak tempat wisata menarik yang pastinya sangat sayang untuk dilewatkan.

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh